Skip to main content

Posts

Showing posts from May, 2017

Perjuangan Pertama dan Terakhir (Sebuah Cerita OSP)

Karena minggu ini banyak kegiatan, akhirnya ada post lagi deh :v. Berhubung kameraku kualitas kurang, dan foto terburu buru, jadi foto foto mungkin kualitas jelek :v

Aku mulai mengenal seleksi OSN waktu kelas 7 SMP. Walau cupu, aku ikut bidang matematika. Gapernah lolos xD, 20 besar saja tidak pernah. Harapanku setiap tahun selalu adalah belajar lebih serius. Yang ada malah ga belajar dan tahun depan gak lolos lagi :(. Namanya anak SMP, masih labil dan aku fokus ngejar hal yang enggak-enggak.

DUlu SMP kelas 8 sempet kenal yang namanya pascal. Hello worldku ngebug jadi nanya di grup FB; masalahnya cuma lupa pencet alt+F4. Aku ga lanjutin lagi karena membosankan. Saat SMA ini karena aku sudah tidak kuat matematika dan khususnya geometri, aku mau pindah bidang. Fisika? udah pernah dan gakuat juga. Kimia? Kukira teori doang. Komputer? nah ini boleh!

Aku belajar ulang komputer dan jadi lumayan jago jawab soal kombin anak SMP. Tetap saja OSK 2016 aku gak lolos dengan peringkat 4 :(. Aku sed…

Teknik Rekursi untuk Menjawab Soal di Kertas

Teknik rekursi buat OSP OSP kurang dari seminggu lagi dan dengan semakin seringnya muncul soal tipe ini,ingin  mencoba membahasnya. Kata orang kalau kita ngajarin orang lain jadi tambah ngerti maka jadilah post ini :v

(untuk alasan lupa dan kurangnya niat mencari soal asli, beberapa soal di post ini mungkin memiliki deskripsi berbeda dengan soal aslinya) pendahuluan

“banyaknya string biner dengan panjang 8 dimana tidak ada 2 angka 1 yang berdampingan adalah?”

saat membaca  soal ini, mungkin kita akan nyoba pake inklusi ekslusi yaitu banyaknya semua kemungkinan – banyaknya kemungkinan 2 angka 1 dempet + banyaknya kemungkinan 3 angka 1 dempet -… tp kasus banyak bakal mabok. Trus nyoba kuli aja, kelamaan. Jadi disini solusi yang tepat adalah menggunakan rekursi.

Misal F(n) banyaknya string yang memenuhi syarat tersebut dengan panjang n. Misal kita punya F(n) dan F(n-1), maka kita bisa mendapat F(n+1) sebagai berikut: Karena F(n) tidak mungkin memiliki 2 angka 1 yang berdampingan, maka didepan …