Skip to main content

Tentang Aku

sumber: slurp-ramen


Halo, namaku Galangkangin Gotera, hanya seseorang yang tertarik dengan ilmu komputer.

Sesuai namanya, "jurnal galang", tujuan blog ini adalah untuk dokumentasi hidupku di saat masih muda. Enaknya blog, tulisannya gabakal hilang. Sambil menyelam minum air, aku juga belajar nulis dengan PUEBI yang benar. Bisa coba di bandingkan tulisan-tulisan awalku sama yang terbaru hehe. Tentunya aku juga suka cerita.

Tentang aku:

Aku lahir di Denpasar, Bali di tanggal yang ngenes, 29 Februari 2000. Cukup iri melihat orang buat-buat suprise ultah, sedangkan aku? sekalinya aku ultah, hari libur :"). Kalau di sekolah sih aku cukup normal, gapernah loncat kelas ataupun ga naik kelas.  Aku SD di Cipta Dharma, SMP di SMPN 3 Denpasar, SMA di SMAN 1 Denpasar.

Mulai kenal olimpiade dari kelas 5 SD, bermula dari math. Olimpiade pertamaku adalah IMC 2012 yang kebetulan di Bali. Memang ga tanggung-tanggung aku, lomba pertama sudah main inter aja :),  peranku adalah sebagai pemain angklung.

Baru ikutan benerannya mulai kelas 6 SD, dan sampai lulus SMP gapernah menang kecuali kalau orang-orang yang imbanya ga ikut. Aku bisa dibilang berada di 'batasan' antara olimpiade dan pelajaran sekolah. Terlalu cupu untuk olimpiade, cukup jago untuk 100 terus di sekolah.

Mulai mengenal koding awalnya dari kelas 8. Saat itu aku kesusahan ngoding hello world, maka aku nanya grup oliminfo. Setelah sukses, aku ga lanjut ngoding.


semua orang pernah mulai kan?

Ikut komputer lagi menjelang OSK kelas 10. Percayalah aku saat itu memang masih kurang skill, aku ikut Open OSN 2016 dan engga tau samsek caranya ngesolve pasar 16 ilir.

Aku jadi lebih giat belajar dan juga dibantu kakak-kakak toki yang ramah-ramah. Aku baru merasakan manisnya kemenangan ketika kelas 11 :). Lumayan mendapatkan Emas OSN komputer pertama untuk Bali.

Walaupun sering menang, aku merasa kena "kutukan 3". Berikut list lombaku:


- NPC 2016 juara 3
- PCS UGM juara 3
- Statistics Competition ITS juara 3
- LKTI Matematika Unud juara 3
- Emas BNPCHS 2017 (rank 3)
- Ranking 3 nasional TO UI 2018
- Emas 3 OSN 2017
Tiap lomba aku kalah sama orang yang beda kok :)

Aku ngarep ini masih berlaku saat aku pelatnas 3, yakni aku lolos dengan peringkat 3. Sayangnya aku engga lolos. Tapi ternyata kutukannya memang berlaku, yaitu aku sudah sampai pelatnas 3. Aku fokuskan tenagaku daftar MIT sehingga ga banyak latihan pelatnas.

Aku saat ini sedang kuliah di Fasilkom UI. Masih aktif lomba CP (competitive programming), dan tentunya ngeblog.

hiddentesla?




Bagi yang sering ngeCP pastinya ga asing dengan handle hiddentesla. Tentunya tahu dong siapa yang punya. Berikut latar belakangnya barangkali penasaran. Intinya aku terinspirasi bangunan hidden tesla COC.

Setelah OSN 2017, aku mendapat beberapa message yang nanya krg lebih "kamu belajar dimana, kok bisa jago?", aku jadi mengetahui bahwa sebelumnya aku tidak dikenal. Akupun inget bangunan hidden tesla, yang awalnya sembunyi tak terdeteksi, namun tiba-tiba bisa nongol mengejutkan penyerang xD. Aku pikir ini cukup lucu untuk jadi identitasku, jadi sejak saat itu handleku di platform CP pasti hiddentesla.

Agar lebih menghayati titleku, setiap postingan di blog ini selalu ada beberapa "hidden texla". contohnya seperti ini.

Catatan: Aku sudah tidak main COC ketika pertama buat handle tersebut.

Hal - hal favorit:

I. Hobi

- ngeblog (tentunya)

Aku biasa nulis blog tiap weekend. Blogku selalu saja ada draft :)

- nonton anime

sumber: medium.com

Anime itu keren karena genrenya cukup bervariasi. Aku ga nonton anime-anime yang eksotis,. Tontonanku ga jauh-jauh dari top 10 season suatu season.

- Yu - Gi - Oh!

sumber: youtube YCS

Kalau dulu pas SMP aku main yugioh cukup kompetitif. Waktu masih ada dueling network aku pernah menang beberapa turnamen, dan timku (IDT) pernah menang war season. Kalau sekarang aku cuma ngikutin anime dan scene competitifnya (nonton featured match YCS, baca-baca set baru).

Aku dulu berhenti main karena dikira judi sama ortu :/

II. Film Favorit


sumber: tribunnews
3 idiots.

Kalau nonton film sedih, mataku tak pernah berair. Bisa jadi karena kalau sudah sedih dari awal, otak sudah terkondisikan. 3 idiots ini film komedi, namun ada satu adegan yang powerfull:

(spoiler bagi yang belum nonton)


waktu di akhir film ketika Rancho berhasil buat anaknya si rektor melahirkan. Rektornya jawab pertanyaannya Rancho yang ditanyain di awal masuk kuliah, lalu ngasi pulpen saktinya ke Rancho

Selamat kepada 3 idiots, satu-satunya film yang buat aku nangis :)

Aku sudah nonton banyak film, namun belum ada yang bisa memberikan efek yang sama seperti film ini. Ayo nonton bagi yang belum :v

III. Makanan Favorit

3 besar, diurut.

3. Roti Canai

sumber: Roti n Rice

Rotinya simple, tapi membentuk "reaksi kimia" dengan kare yang jadi enak banget. Punya properti unik yaitu baru bikin kenyang saat minum air.

2. Sate Kambing

sumber: resepkoki

Maksudku disini sate daging kambing ya, bukan lemak :". Memang katanya sate itu salah satu makanan favorit indonesia, tapi daging kambing yang lembut ini thebest.

1. Takoyaki

Sumber: Sakura-Cahaya Takoyaki

Sebelum ngecap bau bawang, Aku kenal takoyaki JAUH sebelum aku nonton anime. Aku masih belum bisa menjelaskan kenapa menggoreng gurita didalem tepung bisa enak dengan citra rasa unik, tapi ya gitu. Intinya kalau mau makan takoyaki ajak-ajak ya :(

Sukanya takoyaki murni. Bukan lokalisasinya yang sudah diisi saos sambel + sosis :"v

V. Pepatah Favorit

"Tuhan hanya menciptakan angka, manusialah yang menciptakan aljabar"

Kurang lebih maksud dari pepatah ini adalah semua orang terlahir dengan kapasitas yang sama dan bisa menjadi apa saja dengan langkah-langkah yang benar. Gara-gara pepatah ini aku tak pernah merasa minder dalam menekuni sesuatu dan aku jadi sangat super respect sama orang-orang yang berprestasi, ga nyinyir "ah dia mah bakat, dari lahir udah bisa ngelakuin!"

Makin jelas setelah aku searching dikit tentang neuroscience. Kasarnya, "Ingatan" itu tercipta karena reaksi berantai dari neuron-neuron di otak kita. Untuk membuat suatu "Ingatan", reaksi berantai neuron-neuron baru diciptakan untuk "menampung" ingatan tersebut. Jadi "Ingatan" bukan suatu "Benda" fisik dan tidak mungkin didapatkan dari keturunan.

[Awalnya mau ada banyak argumen tambahan. bisa kontak aku kalau mau berdebat]


Masa Depan Blog ini:

Topik utama blog ini bakal tetap tentang cerita kehidupan ditambah materi komputer (yang menarik).

Paling tidak blog ini bakal terus update sampai aku lulus dari Fasilkom. Setelah aku lulus, aku tidak tahu, karena aku sudah jadi orang dewasa (mudah-mudahan). 

Aku masang target 100 postingan sebelum aku boleh pensi. Sebelum saat itu, selamat menikmati blog ini :)

Comments

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Pembahasan OSN 2016 Day 1 + Day 2

OSN tinggal lagi sebulan. Aku sadar bahwa ada pembahasan resmi OSN 2015 dan 2017, tapi gaada yang 2016 :(. Terutama ada soal super asik "wisata palembang" yang dimana orang yang AC setelah dua tahun ini baru dua orang (sekarang 3, karena ada aku :v). Jadi aku buat pembahasan OSN 2016. Mungkin soalnya udah basi(:v) tapi mudah-mudahan masih dapat dijadikan pembelajaran.

Catatan:
Aku engga ngeshare source codeku, karena implementasi itu bagian serunya. Tapi bakal ada beberapa pseudocode, aku tulis menggunakan bahasa pseudopascal :v.

Day 1

Pasar 16 Ilir

Subtask 1-6,8  (67 poin)

Perhatikan bahwa N*M paling banyak 20, cukup kecil jadi kita bisa buat semua kemungkinan jalannya. Kita asumsikan kasus terburuk, yaitu N*M=20. ini akan maksimum ketika R=4 dan C=5 (atau sebaliknya). Jadi banyaknya kemungkinan jalan cukup sedikit. Kita bisa simpan semua kemungkinan jawabannya dalam array, dan apabila ditanya harga antar P dan Q tinggal iterasi saja isi arraynya.

Nah, sekarang tinggal gimana …

Jurnal Pelatnas 2 TOKI 2018, Minggu 3: Gochisōsama (+MIT Application)

Catatan: dikarenakan betapa gregetnya minggu terakhir ini, aku sama sekali gak sempet nulis harian seperti pada jurnal-jurnal sebelumnya. Berdasarkan nilai kuis minggu ini dan nilai-nilaiku minggu lalu, performaku divonis menurun oleh Pak Rully. Maka, minggu terakhir ini aku memutuskan untuk fokus total pada pelatnas dan ga ngeblog harian seperti biasanya. Aku baru bisa mulai menulis sepulangnya aku dari pelatnas 2. Jadi gaya penulisan pada tulisan ini bakal sedikit berbeda. Artinya gaada ROTD :(

Pelatnas 2 sudah memasuki minggu terakhir, dan seperti yang ditulis pada catatan diatas, minggu ini bisa jadi merupakan minggu yang paling menantang dalam karir komputerku.

Rabu, 7 Maret 2018

Ah, hari rabu, hari maut…

Seperti yang sudah diketahui, Setiap hari Rabu bakal diadakan kuis, semacam tes penilaian yang bobotnya sangat besar dalam menentukan siapakah yang bakal lolos ke pelatnas 3 nantinya. Setiap pagi selalu diawali dengan hal yang sama yakni dibangunin Kak Dimas (Sepertinya bebera…