Skip to main content

Tentang Aku

sumber: slurp-ramen


Halo, namaku Galangkangin Gotera, hanya seseorang yang tertarik dengan ilmu komputer.

Sesuai namanya, "jurnal galang", tujuan blog ini adalah untuk dokumentasi hidupku di saat masih muda. Enaknya blog, tulisannya gabakal hilang. Sambil menyelam minum air, aku juga belajar nulis dengan PUEBI yang benar. Bisa coba di bandingkan tulisan-tulisan awalku sama yang terbaru hehe. Tentunya aku juga suka cerita.

Tentang aku:

Mulai kenal olimpiade dari kelas 5 SD, bermula dari math. Olimpiade pertamaku adalah IMC 2012 yang kebetulan di Bali. Memang ga tanggung-tanggung aku, lomba pertama sudah main inter aja :),  peranku adalah sebagai pemain angklung.

Baru ikutan benerannya mulai kelas 6 SD, dan sampai lulus SMP gapernah menang kecuali kalau orang-orang yang imbanya ga ikut. Aku bisa dibilang berada di 'batasan' antara olimpiade dan pelajaran sekolah. Terlalu cupu untuk olimpiade, cukup jago untuk dapat nilai 100 terus di sekolah.

Mulai mengenal koding awalnya dari kelas 8. Saat itu aku kesusahan ngoding hello world, maka aku nanya grup oliminfo. Setelah sukses, aku ga lanjut ngoding.


semua orang pernah mulai kan?

Ikut komputer lagi menjelang OSK kelas 10. Percayalah aku saat itu memang masih kurang skill, aku ikut Open OSN 2016 dan engga tau samsek caranya ngesolve pasar 16 ilir.

Aku jadi lebih giat belajar dan juga dibantu kakak-kakak toki yang ramah-ramah. Aku baru merasakan manisnya kemenangan ketika kelas 11 :). Lumayan mendapatkan Emas OSN komputer pertama untuk Bali.

Walaupun sering menang, aku merasa kena "kutukan 3". Berikut list lombaku:


- NPC 2016 juara 3
- PCS UGM juara 3
- Statistics Competition ITS juara 3
- LKTI Matematika Unud juara 3
- Emas BNPCHS 2017 (rank 3)
- Ranking 3 nasional TO UI 2018
- Emas 3 OSN 2017
Tiap lomba aku kalah sama orang yang beda kok :)

Aku ngarep ini masih berlaku saat aku pelatnas 3, yakni aku lolos dengan peringkat 3. Sayangnya aku engga lolos. Tapi ternyata kutukannya memang berlaku, yaitu aku sudah sampai pelatnas 3


hiddentesla?




Bagi yang sering ngeCP pastinya ga asing dengan handle hiddentesla. Tentunya tahu dong siapa yang punya. Berikut latar belakangnya barangkali penasaran. Intinya aku terinspirasi bangunan hidden tesla COC.

Setelah OSN 2017, aku mendapat beberapa message yang nanya krg lebih "kamu belajar dimana, kok bisa jago?", aku jadi mengetahui bahwa sebelumnya aku tidak dikenal. Akupun inget bangunan hidden tesla, yang awalnya sembunyi tak terdeteksi, namun tiba-tiba bisa nongol mengejutkan penyerang xD. Aku pikir ini cukup lucu untuk jadi identitasku, jadi sejak saat itu handleku di platform CP pasti hiddentesla.

Agar lebih menghayati titleku, setiap postingan di blog ini selalu ada beberapa "hidden texla". contohnya seperti ini.

Catatan: Aku sudah tidak main COC ketika pertama buat handle tersebut.

Hal - hal favorit:

I. Hobi

- ngeblog (tentunya)

Aku biasa nulis blog tiap weekend. Blogku selalu saja ada draft :)

- nonton anime

sumber: medium.com

Anime itu keren karena genrenya cukup bervariasi. Aku ga nonton anime-anime yang eksotis,. Tontonanku ga jauh-jauh dari top 10 season suatu season.

- Yu - Gi - Oh!

sumber: youtube YCS

Kalau dulu pas SMP aku main yugioh cukup kompetitif. Waktu masih ada dueling network aku pernah menang beberapa turnamen, dan timku (IDT) pernah menang war season. Kalau sekarang aku cuma ngikutin anime dan scene competitifnya (nonton featured match YCS, baca-baca set baru).

Aku dulu berhenti main karena dikira judi sama ortu :/

II. Film Favorit


sumber: tribunnews
3 idiots.

Kalau nonton film sedih, mataku tak pernah berair. Bisa jadi karena kalau sudah sedih dari awal, otak sudah terkondisikan. 3 idiots ini film komedi, namun ada satu adegan yang powerfull:

(spoiler bagi yang belum nonton)


waktu di akhir film ketika Rancho berhasil buat anaknya si rektor melahirkan. Rektornya jawab pertanyaannya Rancho yang ditanyain di awal masuk kuliah, lalu ngasi pulpen saktinya ke Rancho

Selamat kepada 3 idiots, satu-satunya film yang buat aku nangis :)

Aku sudah nonton banyak film, namun belum ada yang bisa memberikan efek yang sama seperti film ini. Ayo nonton bagi yang belum :v

III. Makanan Favorit

3 besar, diurut.

3. Roti Canai

sumber: Roti n Rice

Rotinya simple, tapi membentuk "reaksi kimia" dengan kare yang jadi enak banget. Punya properti unik yaitu baru bikin kenyang saat minum air.

2. Sate Kambing

sumber: resepkoki

Maksudku disini sate daging kambing ya, bukan lemak :". Memang katanya sate itu salah satu makanan favorit indonesia, tapi daging kambing yang lembut ini thebest.

1. Takoyaki

Sumber: Sakura-Cahaya Takoyaki

Sebelum ngecap bau bawang, Aku kenal takoyaki JAUH sebelum aku nonton anime. Aku masih belum bisa menjelaskan kenapa menggoreng gurita didalem tepung bisa enak dengan citra rasa unik, tapi ya gitu. Intinya kalau mau makan takoyaki ajak-ajak ya :(

Sukanya takoyaki murni. Bukan lokalisasinya yang sudah diisi saos sambel + sosis :"v

V. Pepatah Berkesan

1. "Tuhan hanya menciptakan angka, manusialah yang menciptakan aljabar"

Kurang lebih maksud dari pepatah ini adalah semua orang terlahir dengan kapasitas yang sama dan bisa menjadi apa saja dengan langkah-langkah yang benar. Gara-gara pepatah ini aku tak pernah merasa minder dalam menekuni sesuatu dan aku jadi sangat super respect sama orang-orang yang berprestasi, ga nyinyir "ah dia mah bakat, dari lahir udah bisa ngelakuin!"

Makin jelas setelah aku searching dikit tentang neuroscience. Kasarnya, "Ingatan" itu tercipta karena reaksi berantai dari neuron-neuron di otak kita. Untuk membuat suatu "Ingatan", reaksi berantai neuron-neuron baru diciptakan untuk "menampung" ingatan tersebut. Jadi "Ingatan" bukan suatu "Benda" fisik dan tidak mungkin didapatkan dari keturunan.

[Awalnya mau ada banyak argumen tambahan. bisa kontak aku kalau mau berdebat]

Catatan: Komponen puisi seperti "tuhan" tidak menggambarkan stance dalam agama. Quotes ini hanya quotes pertama yang aku temuin yang bisa menggambarkan maksudku secara benar.

2. "Give a man fish, feed him for a day. Give a man poisonous fish, feed him for a lifetime"

Nah, ini pepatah favoritku di seluruh dunia! Aku pertama tahu ini saat di kereta mau wawancara suatu event. Dan aku ngakak terus sampai selesai wawancara dan balik ke kamar kos. Di permukaan, ini mungkin terlihat seperti pepatah plesetan belaka. Namun, ini mengandung makna yang sangat dalam, yaitu jika kamu menyakiti seseorang (ngasih ikan beracun), dia akan dapat pembelajaran yang diingat seumur hidup!


Masa Depan Blog ini:

Topik utama blog ini bakal tetap tentang cerita kehidupan ditambah materi komputer (yang menarik).

Paling tidak blog ini bakal terus update sampai aku lulus dari Fasilkom. Setelah aku lulus, aku tidak tahu, karena aku sudah jadi orang dewasa (mudah-mudahan). 

Aku masang target 100 postingan sebelum aku boleh pensi. Sebelum saat itu, selamat menikmati blog ini :)

Comments

  1. wiw wiw imba sekali osn langsung emas, kak mau nanya latihan CPnya di web apa ? pakai buku apa ? buku bahasa apa ? sehari berapa jam ? matematika perlu gak ? matematika yang paling sulit materi apa di CP ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku latihan di tlx.toki.id dan codeforces.com. Aku selalu upsolve soal-soal kontes, either dengan atau tanpa baca editorial. Selain itu, jangan lupa AC 100 di semua soal OSN tahun-tahun lalu ya :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intern Semester 2: Data Science Intern di OVO

Fuih, ini pengalaman internshipku sekitar setahun yang lalu. Karena segala kesibukan akademis dan organisasi, aku baru sempat kelarin sekarang. So sorry! X(. Hmm sebenernya engga sibuk-sibuk amat sih... mungkin aku kebanyakan procrass? anw, ya kali ini aku bakal nyeritain pengalamanku intern di data science di OVO setahun yang lalu, yaitu dari juni - agustus 2019. Oiya, Sebenernya postnya udah 90% kelar di akhir agustus lalu, tinggal penutupnya doang tapi entah kenapa aku lupa total ngerjain post-postku. Awalnya rencananya mau detail banget deskripsiin tiap minggu kek blog intern GDP Labsku, tapi setelah aku baca-baca lagi kok ngebosenin ya? jadinya aku refactor besar-besaran dan jadilah blog post ini. Selamat menikmati ya :D Liburan Semester 2 Aku cukup senang karena durasi libur di Fasilkom 3.5 bulan. Ini memberi banyak waktu untuk beristirahat dari semua kesibukan-kesibukan selama kuliah. Tapi, apakah memang benar kita butuh 3.5 bulan untuk kembali segar? aku tidak! Aku c

Jurnal Fasilkom Semester 5: Nilai Partisipasi

Yahallo! Aku baru kelar semester 6 di Fasilkom namun blog ini tentang saat menjalani semester 5 sekitar setahun yang lalu (September 2020 - Desember 2020). Wadoh kok telat sekali? gak tau sih, sebenernya liburan lalu bisa dikerjain namun mental lumayan down karena sudah kelamaan menjalani PJJ di masa pandemi COVID-19. Beberapa bagian dari blog ini sebenernya sudah sempet ditulis selesai semester 5, beberapa lagi baru ditulis selesai semester 6. Biar konsisten, kuanggap baru selesai semester 5 aja ya >:( Berbeda dengan semester 4 yang sangat ramai dimana aku ngambil 22 sks, PIC CPC COMPFEST, dan Asdos, semester 5 aku "hanya" mengambil 17 sks dan part-time di Bareksa jadi blog ini hanya 1 bagian (blog ini!). Strukturnya biasa, membahas mata kuliah diikuti kegiatan lain: Desain dan Analisis Algoritma (DAA), Wajib Ilkom Jaringan Komputer (Jarkom), Wajib Ilkom Pemrograman Sistem (Sysprog), Wajib Ilkom Pengolahan Citra (Pengcit), Peminatan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Wajib

Jurnal Fasilkom Semester 6: Konteks

Halo lagi, Ketemu lagi di blog semesteran ini. Kali ini aku mau ceritain gimana sih aku menjalani semester 6 di Fasilkom UI. Kondisinya masih pandemi, jadi kegiatan perkuliahan masih full online. Pada semester ini, kalian akan ketemu dengan satu-satunya matkul di Fasilkom yang kuambil di tiga semester . Sebelum-sebelumnya kegiatanku selalu sibuk yah :| Semester 3 ngambil 22 sks + 3 organisasi + asdos Semester 4 ngambil 22 sks + PIC compfest + asdos Semester 5 ngambil 17 sks + part-time Bareksa + asdos Waduh semester 6 sibuk apa aja nih? -_-, semester 6 ini aku: gak ngambil sks banyak (dibawah 20) gak part-time/full-time gak ikut kepanitiaan lagi, apalagi jadi ketuanya gak ikut kegiatan external "Wah Galang mau santai?" tujuannya begitu :( Pingin sekali-sekali ngerasain gabut jadi aku menghindari hal-hal yang potensi sibuk, aku bahkan resign dari part-timeku karena ingin fokus akademis.  Sayangnya sepertinya aku magnet kesibukan, berasa gak tenang aja kalau ada waktu gabut. Ba