Skip to main content

Menjadi Maba yang Penuh Ketidaktahuan


UI baru saja selesai UTS tadi, dan UTSnya sangat greget. Postingan sebelumnya sebenernya hanya untuk bilang kalau sekarang aku punya domain, ini postingan yang sebenernya.

Jadi kali ini aku bakal buat nyeritain gimana aja sih selama 3 bulan pertamaku kuliah di UI. 

Catatan: bukan berarti bakal ada update tiap 3 bulan ya, wkwkwk. Kurang lebih postingan ini jadi karena sangat banyak kegiatan-kegiatan "orientasi" yang aku alami dan sudah terlalu banyak bahan. Aku yakin nanti kegiatan perkuliahannya bakal membosankan dan mungkin saja bakal update 1x pertahun.

Kamus:

Maba = Mahasiswa Baru.
Pacil = Fasilkom.
Kutek = Kukusan Teknik (daerah di belakang UI)
Kukel = Kukusan Kelurahan (daerah di belakang UI)
Detos = Depok Town Square (Nama suatu pusat pembelajaan di Depok)
kuis = ulangan
PA = Pembimbing akademis (Paling mirip dengan "wali kelas" di SMA)

KAMABA


Singkatan dari Kegiatan Awal Mahasiswa Baru. KAMABA  dibagi menjadi banyak kegiatan-kegiatan kecil yang dimana masing-masing memiliki tujuannya tersendiri.

Kegiatan-kegiatan KAMABA:

1. Padus
Di UI ada kegiatan latihan padus yang dilakukan oleh semua maba. Latihan pertamanya sudah dimulai tepat 3 hari setelah aku mendarat di Depok. Tujuan padus ini adalah tampil di acara wisuda bulan agustus.

Padusnya dibagi jadi 4 suara: tenor (tinggi cowo), bass (rendah cowo), sopran (tinggi cewe) dan alto (rendah cewe).

Masing-masing harus milih mau join apa. Aku bingung karena aku gabisa nyanyi. Aku pilih bass karena suaranya rendah (apakah rendah = kecil?).

Padus ini cukup sering latihan. Pada dasarnya, apabila suatu hari gaada acara KAMABA lain, maka itu adalah hari latihan padus. Aku belajar banyak lagu-lagu keren seperti rayuan pulau kelapa, genderang UI, dan yang keroncong kemayoran yang sangat keren.

Di hari penampilannya yaitu saat wisuda. Memang benar acaranya sangat bagus. Aku hampir terharu mengikuti acaranya walau kerjaanku cuma bilang "HEI". Di penghujung acara, wisudawannya nyanyi keroncong kemayoran "untuk terakhir kali", aku bisa merasakan efek keharuannya.

sumber: UI Shitposting


2. Orientasi Belajar Mengajar (OBM)

Ini adalah 3 hari dimana kita merasakan bagaimana belajar di UI. Ini jadi ada 4 materi yang harus diikuti yaitu:
- Computer Mediated Learning (CML): Gimana caranya memakai portal-portal yang ada di UI seperti siak, sso, office365, dll.

- Reading: Gimana caranya berbahasa yang baik dan benar. Diajarkan antara lain cara mengoreksi kalimat, tentang kalimat baku, kalimat efektif, dll. Blog ini tulisan pertama setelah aku ambil matkul tersebut, mudah-mudahan ngaruh ya.

- Student Centered Active Learning (SCAL): Gimana sistem pembelajaran UI itu ada di mahasiswanya. Ada simulasi PPT, dan Homegroup focusgroup. Ini sebenernya gajauh beda dengan K13 dan katanya kalau seluruh Indonesia udah K13, Materi OBM ini mau dihapus.

- Information Literature: Mengajarkan caranya membaca literatur yang benar. Caranya agar gak termakan hoax, dan cara memakai perpustakaan yang ada di UI.

3. OKK
Semacam kegiatan BEM untuk MABA. Jadi semua maba dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok diberikan mentor. Lalu ada tugas-tugas ringan yang berkaitan dengan pencarian jati diri gitu. Lagu OKKnya bagus banget dan menginspirasi. Sayangaku gagal nemuin lagunya lagi di youtube. Bagi yang punya dikirim ya...

4. Program Cinta Kampus
Ya sesuai namanya, ini programnya kita belajar bersih-bersih kampus. Paginya belajar mademin api pake pemadem api, siangnya ada ceramah di balairung.

Seru dan keren deh. Apalagi ada video cara survive di gempa/kebakaran dengan adegan beneran. Jadi ada editan gitu lantainya pecah-pecah di gedung UI, atau ada api-api dan caranya ngelewatin. Gila keren banget videonya!

5. Display UKM
Ini seharian  menonton penampilan-penampilan dari UKM-UKM di UI.

UKM di UI ternyata sangat prestisius dan beberapa sudah lomba-lomba keluar dan kelihatannya memang serius menekuni bidangnya. Penampilannya juga bagus-bagus. Ada dance sport, karate, wushu, orkestra, dkk. Keren-keren deh.

6. PSAU (Pengenalan Sistem Akademik Universitas)
seharian full mendengarkan materi-materi tentang UI. Ada banyak pembicara dengan materi-materinya. Mulai Kantor Internasional sampai Satpam, semua mengisi materi yang berhubungan.

Namun aku ga setuju dengan beberapa materinya sih. contoh ada pembicara yang bawain materi tentang pengenalan cara menanggani cairan kimia laboratorium dan itu aku ngerasa ga cocok diisi di PSAU karena fakultas yang make lab kimia rasanya cukup sedikit. Materi-materi seperti itu harusnya bisa diganti dengan materi yang lebih faedah seperti tambahin alokasi waktu pemateri beasiswa. Itu materi bagus namun dipotong :(

Bukannya gimana, ini kan PSAU, harusnya relevan untuk semua fakultas dong. Materi lab-lab gitu seharusnya dibawakan di acara yang dibawah ini:

7. PSAF (Pengenalan Sistem Akademik Fakultas)

Untuk PSAF, ada 4 hari.

Hari 0 itu briefing. Maba pacil dibagi menjadi kelompok-kelompok besar dimana satu kelompok berisi sekitaran 40 orang. Nama kelompokku Cygnus.

Untuk PSAF benerannya,  ada 3 hari. Kita dikenalkan hal-hal yang khusus di fakultas kita (pacil).

Hari 0 itu materinya akademik fasilkom. Tiap kantor di fasilkom membawa materinya. Ada kantor sekre, akademik, lab-lab (rasanya)? ada juga pengenalan pemimpin-pemimpin dan beberapa dosen pacil.

Kalau hari 2 itu yang ilkom dan SI dipisah dan dapat materi sesuai prodinya. Yang ngisi materi salah satunya Pak Yugo tentang plagiarisme. Selain itu ada materi tentang fasilitas di Fasilkom juga dan cara meminjamnya.

Kalau hari 3 ini ada display ukor-ukor di fasilkom. Diakhir acara ada penampilan dari masing-masing kelompok besar. Kelompokku penampilannya Naruto vs Sasuke, aku jadi narutonya.

Aku bisa dibilang orang yang pesimis. Namun, ketika aku liat penampilan kelompok lain, aku sudah merasa bahwa cygnus bakal menang jauh :v. Ternyata itu juga dirasakan oleh teman-temanku dan memang benar, cygnus juara.

Inti ceritanya si para ninja rebutan scroll yang isinya matkul auto A. Terus suatu hari naruta dan susuke rebutan scrollnya dan diselesaikan dengan dance off. Naruta panggil bayangannya sebagai squad, susuka panggil squadnya. Lalu diakhir penampilan ada pesan moral bahwa jangan selalu berpatokan pada matkul auto A.

Ada bagian-bagian dari penampilan dramanya direkam panitia. Waktu aku menulis blog ini, sudah sekitar 2 bulan berlalu semenjak penampilan itu. Walau ketika aku nonton lagi ada perasaan agak cringe, rasanya ga afdol kalau ga di share:


Perlu dicatat bahwa panggung luas dan agar gerakan maksimal kami gapake microfon. Jadi maklum suaranya yang selalu berteriak.

ada kesalahan fatal pada bagianku yaitu harusnya aku yang mulai dance duluan karena ceritanya aku yang ditantang. Tapi musiknya ga terlalu kedengeran jadi Wildan (aka susuke) improvisasi dan mulai bagiannya. Sayang sih dance bagian awalku ga tampil padahal keran banget... Tapi secara keseluruhan aku seneng banget, walaupun ini penampilannya buat lucu-lucuan, tetap digarap dengan cukup serius oleh sutradara kita Figo dan koreografi dance kita, Riri.


Tetap Competitive Programming



Awalnya aku ingin pindah bidang di kuliah ini. Aku sempat pindah ke CTF (hacking) karena menurutku keren gitu. Aku menggunakan liburan panjangku untuk belajar hacking. Namun sayangnya kemajuanku sangat lambat karena aku tidak memiliki dasar-dasarnya. Alhasil liburanku terbuang tanpa belajar banyak.

berbulan-bulan belajar, cuma bisa gini doang

Kalau di SMA lomba programming algoritma disebutnya Informatika. Di kuliah lebih sering disebut CP (Competitive Programming). CP ini ternyata memiliki manfaat tersendiri di kuliah. Salah satunya adalah magang. Maka aku lanjut menekuni CP dan target WF.

Kalau di kuliah ada seri kompetisi bergengsi bernama ICPC. Itu ada seri kontesnya seperti provincial, national, regional, sampai WF. Nah itu nanti aku rencana mau buat blog terpisah karena panjang banget -_-". Ini lomba-lomba non ICPCnya aja dulu.

Compfest

Pencarian tim compfest sudah dimulai sebelum Pelatnas 3. Karena kita yang pelatnas 2 sudah diterima di UI maka kita boleh daftar compfest sebagai mahasiswa. Awalnya aku mau ngeteam sama Kezia, namun karena kebanyakan wacana dari pihak ku, Kezia sudah punya team. Aku di penghujung P3 belum punya tim dan mulai panik. Beruntung setelah pengumuman kelolosan ke P4, di mobil Igo balas lineku dan bilang mau ngeteam. Kesedihanku karena gak ke Jepang membaik lah.

Tim Compfestku: Aku, Igo, dan Tama.
Nama Timnya: Cilukba!
Filosofi: Mau membuat "kejutan" di scoreboard.

ada yang mengingat foto ini?

Penyisihan compfest, aku cuma bisa nyumbang AC 1 soal doang. Igo dan Tama nyumbang 2. Berasa cupu sih, aku inget aku ngotak-atik soal sekitar setengah jam, lalu karena ga ketemu aku oper Tama dan dia langsung ACkan.

Menjelang final, kita cuma dapat latihan 2x doang karena masalah tugas-tugas PMB.

Di final kita startnya lumayan kuat. Di 2 jam terakhir baru mulai panik. Igo ada ide soal E, aku ada ide soal F. Kita back to back rebutan komputer untuk betulin kode masing-masing. WA-WA semua. Akhirnya E dan F gaada yang AC dan kita rank 11 dari 20. :(

Untuk compfest ini timku menerapkan prinsip SMP, Selesai Makan Pulang.

Gemastik

Karena tim inti UI belum dipilih, maka gemastik ini juga buat tim sendiri. Awalnya mau sama seperti tim compfest tapi si Tama gamau jadi aku ajak Kak Alfian.

Nama tim kami: Terserahh

Untuk latihan tim gemastik ini, sejujurnya tidak pernah :". Alasannya karena aku dan Igo ada compfest dan kesibukan masing-masing. Ditambah dengan kepedean bakal lolos auto karena kita ngiranya diambil 20 besar.

Penyisihan dimulai dan aku gak ingin banyak komen.

*tapi aku bakal komen*

 Intinya kontesnya cuma 3 jam kami gabisa akses soalnya 2.5 jam karena masalah server. Di saat-saat terakhir aku dan Igo sampe ngemis soal ke tim lain. "bagi soal dong... bagi soal dong..." dengan putus asa. Untungnya ada Kakak Firman yang baik mau bagi-bagi soal.

Jadi menjelang 30 menit terakhir, kami mulai ngerjain. Udah dapet 4 dari 5 deskripsi soal. Lalu kontesnya diperpanjang jadi 5 jam. Yaudah udah AC 3 soal. Sisa 2 soal lagi, 1 math, 1 gatau. Igo ngerjain soal terakhir, aku dan Kak Alfian menggabungkan kekuatan untuk soal math tersebut.

Inti soalnya:
Diberikan Ada N orang dan N buah toko yang masing-masing memiliki tepat 2 buah porsi makanan (satu toko memiliki sebuah porsi yang identik, toko berbeda memiliki makanan yang berbeda). Apabila setiap orang akan membeli tepat dua buah porsi makanan, berapakah banyaknya kemungkinan mereka mendapatkan makanan-makanannya.

Disaat banyak tim yang sudah menyelesaikan soal itu, Kata-kata aneh seperti "Cycle", "Cardinality", dan "FFT" mulai terdengar dari meja tim terserahh. Pokoknya ide-ide gila bermunculan deh.

Sampai akhir, tim kami tidak AC soal tersebut dan mendapat peringkat 17. Ternyata yang diambil hanya 10 besar dan perangkingan dilakukan dengan banyaknya submission non AC. Karena banyak yang ac soal tersebut, maka tim kami tidak lolos.

Tapi aku mendapat pengalaman berharga. Ada web yang bernama "OEIS" yang selama ini aku gapernah pake. Ternyata cara solve soal math itu menggunakan web ajaib tersebut :v


untung gajadi Maling ac. WOKWOKWOK

Kak Rey ngepos kitabisa untuk menggalangkan server buat ITS. Ngakak anjir yang di lab nyusun kitabisanya bareng-bareng. Besoknya udh di close :(

Untuk panitia Gemastik, aku ga bermaksud menjelek-jelekkan gemastiknya ya. Tapi ayolah sadar diri itu servernya memang perlu di upgrade :).

NPC

Ini seminggu sebelum UTS.

Sebenernya yang lolos dari UI cukup banyak tapi yang berangkat cuma 2 orang yaitu aku dan Salman.

Untuk keberangkatan, Salman mau balik minggu malam sedangkan aku senin pagi. Alasannya adalah pesawat minggu malam sekitar 1jt paling murah, sedangkan minggu pagi ada yang 400rb dan aku nginep di hotel lagi 1 malam itu 300 rb, jadi lebih untung nginep lagi 1 malam.

Waktu check-in di hotel, kamar yang aku pesen udh habis. Kirain bakal digusur, tapi malah di free upgrade ke kamar eksekutif. Aku malemnya cuma tidur doang gaada ngapa-ngapain.

Paginya brangkat deh ke ITS. Disana terlihat bahwa aku yang terakhir datang.
"Ini seperti lomba internal BINUS" - Salman
Valid sih, yang non-BINUS cuma 3 orang.

Kontesnya memiliki beberapa momen-momen menarik.

Aku ackan soal bonusnya (A) dengan cepat.

Lalu baca B, kurang lebih ada matriks NxM lalu ada 2 tipe query. Range update tambahin semua value dalam submatrix, dan query nilai dari suatu sel. Aku baca ini jelas soal BIT 2D jadi aku skip dan baca soal lain. 1 jam masih ac 1 dan yang lain sudah AC 3, aku kerjain juga soal BIT 2D itu dan butuh sekitar setengah jam hingga rampung.

Nah, aku submit dan dapat RTE di sample. Bingung, padahal disini bener-bener aja. Ternyata masalahnya itu ada functionku yang gaada returnnya, aku tulis return typenya string. Aneh, harusnya ga ngaruh tapi malah RTE di gradernya. Aku ganti return typenya jadi void dan AC setelah kena penalty 3x.

Ternyata constraintnya N,M <=100 yang seharusnya bisa di bruteforce. Aku baru baca itu selesai kontes.

tambahkan di list kebodohan: ga baca constraint langsung hajar solusi susah

Next ada soal E. Aku hanya bisa komen dengan meme ini


Ada soal "bignum" lagi 1 sih, soal F. Itu SoS DP combin tapi ga di-mod dan cuma diminta mana yang gedean dari dua hasil SoS DP. Nah itu ideku dua pangkatnya disimpan di segment tree lalu di simulasiin penjumlahannya. Lumayan menantang namun ga AC karena aku salah rumus (harusnya 2^j -1, aku 2^j. Aku kira sama aja).

Dari sini aku mendapatkan ilmu baru yaitu soal klasik bisa dijadikan soal kontes kalau ada bignumnya. Ayo Kak @rey dicatat barangkali nanti butuh saat CPC :v :v

Terakhir aku juga sial di soal H.
Pada dasarnya itu soal DP precompute. Tapi inputnya sampe sejuta. Aku awalnya pake cin dengan ios:base dapet TLE. Ganti scanf TLE juga. Akhirnya pake fastio baru AC. Ampas dah kena penalty 2x. -_-.

Kontes selesai.

Salman langsung ke bandara dan meninggalkan bajunya.
Aku ditanya sama sama orang-orang BINUS apakah aku nambah. dan tentu saja aku jawab TIDAK karena memang bener aku gak nambah saat freeze.

Aku AC 5. (A, B, D, E, H) dengan penalti yang seharusnya tidak perlu. Karena aku ga nambah saat freeze dan rankku rank 7, maka bisa di deduksi bahwa aku gabakal dapat juara.

Terus aku denger ada kabar burung yang bilang aku boong kalau bilangga nambah saat penyisihan. Noh chat aslinya bagi yang tertarik dan mencegah fitnah.



Habis ngontes ada acara di balai kota Surabaya. Ini acaranya bagus dan makanan enak. Di piringku terbentuk gunung dengan bahan dasar ikan segar dan capcay. mas-mas penjaganya ngakak senyum-senyum gitu. Bodoamat, kapan lagi bisa makan ikan yang bukan pecel lele?

Orang-orang di mejaku tampangnya pasrah semua. Ternyata, mereka semuanya dapat juara NPC junior -_-". Bagi adek-adek yang pada saat itu duduk sama aku boleh banget ya masuk UI, disini bisa banget jadi "trap" yang handal :))))

Gamau pulang tanpa sepeser pun foto
terbentuklah foto ini
Salman juara dan karena dia sudah pulang, maka aku yang bawain pialanya. Pesawatku besok pagi jam 7.20, nyempe depok jam 9, ada kuis DDP jam 10, pesawat lion, Mantapgan aku tenang malam ini.

Waktu seninnya syukurnya engga delay. Sampe halim langsung gojek sampe UI dengan tetap menggenggam piala. Sampe kelas aku ketok pintunya pake pialaku dan dikasih masuk. kuis deh...

Kuisnya banyak yang ceroboh. Soalnya OSK style, minta output dari pseudopython. Ada soal diminta print(a,b,c), aku cuma jawab a doang. ampas kan? --" kapok dah ikut lomba yang ga dijamin reimburse.

TOKI Gathering



Ah TOKI gathering. Aku sudah tahu acara ini dari aku SMA. TOKI Gathering itu bertujuan sebagai pengenalan TOKI-TOKI di lingkungan UI. Ini dihadiri oleh maba, kating-kating pacil, dan beberapa alumni yang dapat hadir. 

Motivasi lain bagi maba

Diundang beberapa pembicara-pembicara keren yaitu:
- Bu Mirna, PAku, berbicara mengenai TOKI-TOKI pacil walau berprestasi sangat jarang ada yang mencalonkan diri untuk jadi mapres atau kegiatan pertukaran pelajar dan mengajak untuk ikut.
- Pak Yugo, Berbicara mengenai caranya TOKI UI berkontribusi untuk Informatika di Indonesia. Antara lain dengan jadi panitia OSN atau nyumbang soal bebras. Ditambah ngajar-ngajar (kayanya?)
- Pak Denny, Berbicara mengenai kondisi CP UI saat ini, dimana apabila ingin sukses CP di kuliah itu tidak cukup dengan logika dan insting saja, harus juga mengerti algo-algo aneh.
- Guest star Kak Reinhart, Mirip-mirip Pak Yugo deh rasanya... cuman lebih ke practical karena Kak Reinhart sudah terjun lama untuk mengembangan Informatika.




Maba-maba minta perlindungan 

Manjiw makanannya













Makan-makannya enak. Terutama bagi anak kos yang kesehariannya cuma makan tahu+sayur. Aku dapat mencicipi nikmatnya ikan segar dan ayam kremes. Selesai makan, banyak sisaan makanan dan staff restorannya peka dengan langsung bawa bungkus-bungkus styrofoam. Dengan sigap aku mengambil 3 potong ayam bakar, 2 ayam goreng keju, dan sebanyak mungkin cumi-cumi segar. Hasilnya? 4 bungkus penuh styrofoam, untuk makan 2 hari kedepan.

Tenang, aku ambilnya bertahap ko. Kalau aku liat udah gaada yang mau ngambil lagi, aku baru ambil lagi. Banyak yang gamau ambil karena argumennya besok udah gaenak kalau seafood. Aku? bodoamat yang penting ga laper.


Penutup

Wah, memang maba-maba memiliki banyak sekali kegiatan. Salah satu alasan lain kenapa aku buat postingan ini karena sudah terlalu banyak konten jadi enaknya dibuat aja.

Lalu aku juga minta maaf karena sedikit foto kehidupan di UI dengan alasan lupa.

Perasaanku selama kuliah 2 bulan ini: sangat menantang. Tidak heran bahwa UI adalah univ terbaik di Indonesia (huehue). Soal-soal ujiannya semuanya "HOTS" (istilah SMA) dan biasanya essai.

Disini dosen & asdos yang mereksa kuis/ujian itu beneran niat mereksanya. Trik "menyembunyikan jawaban salah dengan kalimat panjang" tidak berlaku disini karena jawaban salah bakal di lingkari. Tapi, dikasih tahu kenapa kita salah.

Walau kuliahnya susah, atmosfirnya disini sangat adem. Banyak kegiatan belajar bareng, beng-beng, dan kating-katingnya sekre yang ramah. Aku bakal betah disini. cuman aku belum join circle nih, ada yang mau invite aku ga? :(

Semoga tulisannya bisa dinikmati. Sekian dari saya. Mohon koreksinya apabila ada kata-kata yang salah.

Comments

  1. Galang memang Top, selain jago di competitive programming, jago juga buat blog/jurnal, saya selalu baca tulisanmu sejak masih galangblog12.blogspot. Sukses terus ya Galangkangin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih pak, walaupun jurnal galang umurnya baru 1 bulan hahaha

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Mengikuti ICPC 2018

ah, ICPC. Singkatan dari International Collegiate Programming Contest. Perlombaan paling bergengsi untuk anak kuliahan. UI sendiri cukup aktif mengikuti perlombaan ini. Aku sebagai Maba dapat kesempatan untuk mengikuti lomba ini dan dapat keluar negeri juga. hehe. Berikut cerita ICPCku tahun ini. Selamat menikmati.

Pembentukan Tim


Di UI ada seleksi untuk pembentukan tim ICPC yang nantinya akan mewakili UI ke regional yang ke luar negeri. Seleksi ini dibuka untuk seluruh UI, kating-kating sampai maba boleh daftar, bahkan untuk non fasilkom pun boleh (Pak Denny bilang pernah ada anak FMIPA lolos :O).

Seleksi ini cukup singkat. Ada 3 kontes. 2 kontes pendek dan 1 kontes panjang.

Kontes pendek itu durasinya 2.5 jam dan ngerjain di lab. Dapet poin berdasarkan ranknya yaitu max(18-rank,2). Kontesnya di Vjudge.

Kontes panjang itu durasinya 1 minggu dan dapet poin cuma berdasarkan jumlah solve. kontesnya dari selasa - selasa depannya.

Ini aku ada kendala di laptop. Jadi laptopku saat itu (ROG…

Jurnal Fasilkom Semester 1: Mengamati Budaya Trap

Bentar-bentar,
"Kok ada lagi? bukannya udah?" 
Postingan tersebut adalah karena terlalu banyak konten bagi maba :(. Ini postingan rutinnya. Oiya, karena suatu kesalahan, 2 section terakhir di postingan itu hilang :/ jadi aku terpaksa kelarin ini.
Kali ini cuma bahas 3 Section doang: - Budaya Trap Fasilkom - Akhir PMB - Perkuliahan Fasilkom Budaya Trap Fasilkom
Ah, trap. Awal masuk, pengertianku tentang trap itu adalah seseorang yang suka bilang ga belajar, taunya belajar. Namun aku makin bingung gitu lama-lama. Orang belajar di perpus -> trap, orang nanya dosen -> trap, ga deadliner -> trap.

Yang aku pahami tentang sistem trap ini:



Kata trap dipake dengan semakin liar seiring berjalannya waktu, ngerasa kaya asal pake aja. Aku cukup risih sih kalau dibilang trap. Kalau nanya, paling-paling jawabanya OSN 2017 atau Compfest 9 tahun lalu (Aku ada alasannya loh :v). Aku ga terlalu suka budaya tuduh trap ini, apakah bisa di hentikan?
Akhir PMB
PMB (Pembinaan Mahasiswa Baru…