Skip to main content

OSN 2017 Bagian 1: Persiapan

*catatan: kameraku masih jelek, mohon di maklumi kualitas fotonya

aku lolos ke OSN! keluargaku ngerayain dengan makan siang di restoran. OSN ini eventnya cukup besar, jadi blog ini akan aku bagi 3. selamat menikmati!

Sebulan Sebelum OSN

Karena ini OSN pertama, aku penasaran bakal ada pembinaan atau ga. Hasil mendesak grup denpasar:



Aku kelarin soal-soal yang ada di ada di daftar hutangku dulu. Kelar semua, aku rada bingung mau belajar apa. Ini kira-kira seminggu setelah pengumuman OSN. Aku terpaksa fokus belajar UKK (Ujian Kenaikan Kelas).

Yeah, datang email PJJ! Akhirnya bisa ngambis pikirku. Aku dapet SV (supervisor) kak Yonas
Email dari kak Yonas

Dapat kontaknya, langsung ku bombardir pertanyaan tentang BBST. Aku lalu dibimbing untuk mengerjakan soal OSN 2012, yang menurutku OSN tersusah :|

keberuntungan datang lagi, ternyata ada pembinaan!



Kalau orang luar nyebutnya pelatda, di Bali kami nyebutnya training centre :). Aku sebenernya baru tahu H-3 mulai acaranya, tapi aku cukup bersemangat!

Oiya ada rapotan di sekolah. Aku naik kelas...

Minggunya ada tryout OSN. tujuannya cuma buat membiasakan diri dengan lingkungan lomba jadi pada gak serius ngerjainnya dan aku bisa rank 1 :P

Training Centre (a.ka. Pelatda)

Ah! akhirnya pelatda. Pagi-pagi temenku nanya mau pake apa kesana dan aku bilang "baju bebas celana pendek". dianya bilang oke, tapi ujung-ujungnya tetep pake baju sekolah.

Sampai disana aku bergabung dengan yang peserta lainnya. Kali ini yang lolos dari SMANSA cuman aku doang. Sampai disana langsung foto dengan tim Denpasar:

Difotoin anak Badung 

Habis ngukur baju OSN, saatnya makan siang. Aku makan diluar karena ingin mencari udara segar bersama teman-temanku yang tidak lupa kutanya apakah mereka masih normal yakni gak percaya flat earth.

Baru mau pulang, aku dicegat ibu-ibu didepan gerbang. Dia bilang jam 3 ada kumpul;  saat itu menunjukkan pukul 2.50. Aku kira mau mau mulai belajar jadi aku panggil temen-temenku "WOY SIAP-SIAP MAU BELAJAR NIH!". Yaelah,t ernyata cuma pengarahan tentang surat OSN yang semua orang sudah dapat.

Aku melihat ada kesempatan emas saat sesi tanya jawab. Aku tanya "boleh foto rame rame?"

Jadilah foto ini

Dosen-dosen setiap bidang diperkenalkan. Semua dosen dari universitas lokal seperti UNUD, Undiknas, dll. kalau komputer dari UNUD dosennya. Yang lolos komputer Bali tahun ini ada 3 yaitu aku, Tama, dan Ramben. 2 orang sudah pernah dapat perunggu jadi aku pendatang baru :(.  Rencananya, kita cuma belajar di hotel. Agak ngiri dengan bidang lain; ada yang ke undiknas dan ada yang ke UNUD jimbaran untuk praktikum.

Kalau rencana belajarnya kami sepakat langsung 3.5 jam saja paginya, jadi aku bisa pulang. Ga kaya bidang lain yang pagi siang sore :P. Yep, aku gak nginep di hotel. Rumahku deket dan aku merasa nyaman dirumah. Pagi-pagi aku menyelinap ke hotel dan selalu bilang dari toilet :P

Hari-hari pembinaan berlangsung. Inilah kerjaanku 4 hari pertama:
bangun -> siap-siap -> ke hotel -> dikasi soal dari OJ lain -> dikerjain -> bahas -> ambil snack yang banyak -> mampir ke stand smansa -> pulang :)

Snacknya banyak dan enak-enak setiap hari. Yang terenak antara lain donat, brownies, dan kue minyak (gak tau namanya apa, tapi enak banget). Biasanya aku yang ambilin tim komputer snacknya. Sistematikanya sama, makan dua ditempat, ambil 5 buat ke pembinaan yaitu masing-masing satu buat Tama, Rama, dan Pembina, dan dua buat aku.

Kita pakai sebuah ruangan di hotelnya dan kita selalu seruangan dengan bidang mat. Mereka pakai bagian depan ruangan sedangkan kita bagian belakang. Karena soal-soal mereka ditulis di papan, kadang aku iseng jawab juga xD. Gak usah khawatir kekurangan colokan karena Ramben selalu bawa colokan tiap hari.

Gaya ngodingku itu lebih banyak ngurek di kertas. Aku pernah ditanya dosennya kenapa ga mulai ngoding disaat temen-temenku sudah mulai dari awal baca soal. Aku jelasin teoriku yaitu ngoding perlu 2 tangan jadi gaada yang ngalir ke otak, sedangkan kalau nulis cuma perlu 1 tangan jadi sisa 1 tangan lagi dipakai ngirim signal ke otak.

laptop kalah, tapi face factor nggak kalah
(penampakan mtk)


Jaga stand!

Selama di training centre, aku gak pernah melepas jaket merahku (karena keren). Ada hanya satu pengecualian: waktu itu dikasi soal CF div2 E untuk dikerjain. Aku rasa harus mengeluarkan kekuatan penuh jadi jaketnya aku lepas (kaya piccolo). Memang akhirnya tetep gak dapet, tapi ngerjain gak pake jaket berasa lebih mengalir gitu. Mungkin bisa jadi pertimbangan bagi yang lomba suka make jaket :).

percakapan dengan Tama selama di training centre

Galang: "we tam kalau usernameku cuman galang, gaada identitasnya. mulai sekarang usernameku hiddentesla"
Tama: "bukannya udah ada ya?"
*hening*
Tama: "oh kamu hiddentesla?"
Galang: "enggak..." (dengan nada menyakinkan)

*ngomongin keracunan tahun lalu*
Galang: "we tam, kamu berapa hari kuat makan mekdi?"
Tama: "palingan 3 hari"
Galang: "nanti OSN kan 7 hari. 3 hari mekdi, 3 hari kaefsi, 1 hari fitza hats"
Tama: "1 hari UGD lang"

*ngomongin mau nonton di bioskop*
Galang: "we tam yuk nonton jane doe"
Tama:"kalau cowok apa?"
Galang: "john doe"
Tama: "kalau cewek?"
Galang: "jane doe"
Tama: "kalau kamu?"
Tama: "jomblo"

*lagi buka TLX dan ngecek berapa orang yang udah ac sebuah problem*
Galang: (ngeliat ada orang yang ngespam 1 halaman) "we tam ada yang ngespam submission!"
(buka halaman berikutnya)
Tama: "lang -_-" (terlihat kalau aku ngespam 3 halaman)

Galang: "we tam..."
Galang: "..."
Tama: "apa?"
Galang: "lupa mau ngomong apa!"
Tama: "arah bilang aja gak mau ngomong"

Tak terasa sudah hari terakhir saja di training centre. Hotelnya lumayan sepi pagi harinya, padahal biasanya pada makan nasi kotak di aula. Setelah aku tanya temenku, katanya mulai jam 12. Aku mengira hari terakhir ini jadwalnya beda jadi aku mau pulang.  Yah, dicegat nenek-nenek lagi dan dibilang guru komputernya  (pak Santi) sudah dateng.

Tama dan Ramben belom dateng, jadi ku telpon. Mereka ternyata masih di kamar. Mereka coba buka pintunya tapi gabisa-bisa. Pak Santi deh yang bukain. Pembinaan dimulai dan diserahkan soal OJ lain seperti biasa.

pak Santi: "kali ini saya sudah pilihin soal dari tempat aneh, gak mungkin tau dari mana!"
*baca soal*
Galang: "ini dari PandaOJ ya?"

tempat aneh -> OJ yang menurutku paling terkenal nomor 2 di Indonesia? (setelah TLX)

Selesai pelatihan langsung penutupan. Aku pingin jaga stand jadi aku ijin duluan.

Dapat uang pembinaan :D

Sabtu dan minggunya ada simulasi OSN dari TOKI. hari Sabtunya aku gak bisa ikut karena buat hadiah untuk adik kelasku

anak kimia harus kimia dong hadiahnya :v (rip alas nulis)

 Hari minggunya aku ikut simulasinya parsial, jadi cuma dapat peringkat 5.

ada 4 perfect score. takutttt....



2 Minggu sebelum OSN

minggu pertama aku jadikan kesempatan pas untuk mengejar soal-soal yang pending. Biar semangat, aku buat "daftar hutang"

Penampilannya pada hari senin tgl 19 juni

Saat latihan, kalau ada soal yang nyerah, akan kumasukkan ke daftar hutang biar merasa bersalah :"v. Awalnya aku masih sering mampir ke stand sekolah; baru seminggu sebelum OSN aku sadar banyak orang hebat baru yang muncul jadi aku gamau keluar kamar untuk belajar kecuali untuk mandi dan makan.

H-3 keberangkatan, tim Bali ngumpul di dinas pendidikan untuk sembahyang bersama. Meski datang paling awal, berkas OSNku ketinggalan jadi aku balik lagi kerumah. Waktu tempuh dari dinas ke rumahku deket, tapi dari rumahku ke dinas jauh karena satu arah. Saat aku balik semua sudah siap-siap sembahyang dan aku jadi yang terakhir :"v.

Lalu ada pengarahan yang digabung SD dan SMP. SD ada 8 orang, SMP 9 orang, SMA 19 orang. seperti biasa ada sesi foto. Karena tempat foto sempit, SMA dibagi 2:

ini aku yang foto :v

mata kucing

Yang SMA diberi baju endek dan baju OSP lalu tanda tangan penerimaan uang hadiah. Selesai itu aku  pulang. Aku gunakan waktu sisaku untuk istirahat. Besoknya ada simulasi terakhirku yaitu punya Kak Arnold. Nilaiku keci :"v: 15 dan 12. Ini karena aku masih fokus ac dan gamau nyampah. Dapat pelajaran berharga dari sini.

H-1 keberangkatan, beginilah tampak daftar hutangku

wah.. masih ada yang belom lunas :| 

aku beli sepatu baru karena sepatuku umurnya sudah 2 tahun :v. Barangkali bisa memikat orang disana. Siangnya pergi ke Tabanan (kampung halamanku) untuk sembahyang semoga bisa dapat emas karena saingannnya kuat-kuat :v.

Setelah dipikir-pikir aku gak pernah dapet pelatihan CP intensif. Ada orang yang rela bolak-balik Jawa Sumatra 2x untuk pelatihan dengan medalis OSN. Untuk OSN ini akan kugunakan semua ilmu yang kumiliki dari ilmu ngetroll sampe strukdat aneh!

malam H-1, Aku baru nyadar aku butuh 14 celana dalam, sedangkan aku cuma punya 11. yaudah akhirnya aku masukin aja berharap sesuatu terjadi.

Keberangkatan

Aku bangun pagi-pagi sekali jam setengah lima. berangkat deh ke bandara.  Di bandara temenku sudah masuk tapi pembinanya masih diluar nunguin aku. Janji kumpulnya jam 5.30, waktu itu masih 5.32. Saat aku masuk mereka masih check-in bagasi. Aku ngantre dibelakang mereka dan pura-pura gaada yang terjadi. Ternyata masi ada yang lebih telat, jadi aku gak terbebani sama sekali.

Tidak butuh waktu lama untuk boarding karena pesawat jam 7. Aku nonton Arrow di pesawat. saat mau mendarat masih ada waktu 12 menit aku coba nyari musik. Nemu Bruno Mars locked out of heaven. Kualitas musiknya bagus banget, terasa saat bagian "e e e e e e ee e O!".

*selesai pemeriksaan tas*
Galang: (teriak heboh)"WE TAM!!! SUPERVISOR!!!"
Tama: (tidak kalah kerasnya)"MANAA??!!"
Galang: (menunjuk) "ITU!!!!"


aku langsung ngakak keras kaya orang gila sampai nabrak tembok :"v

Kami harus nunggu 3 jam di Jakarta untuk transit. Satu jam pertama berlangsung dengan tidak produktif, rasanya kaya tau-tau aja satu jam sudah lewat. Aku bengharapkan banyak peserta OSN daerah lain yang kesini, tapi hanya ketemu dari 2 tempat saja yaitu DIY dan Jambi.

Fotoan dengan tim dari DIY



30 menit sebelum naik pesawat, aku mulai lapar jadi aku ngajak temen temenku siapatau ada yang mau ikut cari makan. Ada 3 orang yang ikut yakni Akbar, Jimmy dan Raka. Kita beli makan di burger king yang diluar gate. Aku berasa kaya karena baru dapat 1 juta jadi pesen burger paling mahal, kejunya 4 jenis! Kami maunya langsung lari kebawah, tapi karena gapake iket pinggang kami cuma jalan cepet.

Burger habis, langsung beli starbucks. Saat mesen, eh pesawatku dipanggil! Aku tidak menunjukkan reaksi apa-apa dan tetep mesen. Minuman dateng, aku langsung LARI. Yaelah ngantrenya masih panjang. Untuk mengakomodasi, sky priority dibuka; aku masuk pake sky priority :v.

Ini pertama kali aku beli starbucks. Ditanyain nama gitu. Waktu minuman diserahkan, mbaknya bilang "ini minumannya, galang", aku baper.

ada yang aneh?

Karamel di minumannya enak banget! aku lanjutin nonton arrow lagi trus saat makanan dateng aku mesen jus jambu. Aku ada ide nyampurin jus jambu dengan starbucksnya tapi beresiko. Udah keburu mendarat ae xD.

Sampai di Pekanbaru!

Yang Bali satu bus, nanti di turunin di hotelnya masing masing. Jaraknya untuk setiap hotel cukup jauh memicu diskusi hal-hal penting seperti micin itu ternyata nama lain MSG. Muncul pertanyaan, micin itu nama pasaran atau nama gaul? aku bilang gaul sedangkan ada yang bilang pasaran. Kami selesaikan dengan googling, "asal muasal nama micin"

Hasil pertama judulnya "40 kata gaul" aku baca keras-keras biar semua denger. "cumi, baper, kamseupay, ... , alay, lebay, jablay. Loh micinnya mana?".  Backtrack dan liat hasil kedua, menarik nih "menemukan arti kata micin menggunakan metode Pytagoras". Satu bus ngakak karena bagi kami pytagoras itu a^2 + b^2 = c^2. 

Aku harus baca dengan keras isi situsnya. Mustahil menahan untuk tidak ketawa sambil baca ini. Artikel diawali dengan penjelasan metode pytagoras, dilanjutkan dengan "analisisnya". Berikut arti nama micin menurut metode Pytagoras:
-Ambisius/gemar/bernafsu mengejar kehormatan
-Berhasil dengan baik, cerdas dan beruntung
-Kesesatan dan kedukaan
"Kok gaada yang namain anaknya micin, wayan micin misalnya" -seseorang selengkapnya: http://ramalanartinama.com/arti-nama-micin.html

Pertama ngedrop kimia lalu komputer!  aku baca plang hotelnya: "Hotel grand elite, Wah bintang 4! eh? kok Lnya hilang?". Pak kordinator provinsi memilih aku sebagai kordinator komputer Bali.

Liftnya ganas! biasanya lift dipegang bakal berhenti, namun ini tetep nutup. Tama jarinya bakal terjepit dengan sadis kalau gaada yang narik. 

Di lobby ketemu lagi dengan Fausta dkk dari Jogja. Aku ambil welcome drinknya yaitu jus mangga. Enak, aku nambah terus sambil nunggu registrasi. Maunya buka soal JOI tapi kok malas; yaudahlah, bersosialisasi. Registrasi lama karena pengecekan berkas. Untung kami datang saat relatif sepi >_<

Selama ini ngira "AMnu" itu si Rizqy soalnya mukanya Pede dan memancarkan aura imba gitu pas PCS. Baru tahu AMnu itu yang mana saat Tama kenalan.

Kamarku luas banget! gak heran bintang 4! Masuk kamar aku langsung tidur. Saat bangun sudah jam setengah 8. Terlihat temen sekamarku, Ghozi, sedang buka laptop. Dia masih kelas 9 dan, sudah ditebak, pindahan dari Math.

Tiba di tempat makan, aku satu meja dengan Salman dan Yoga. Ada sebuah makanan yang aku kira terong, aku cium; tambah yakin terong. Aku endus lebih dalam, pelayan datang bilang itu fillet ikan; aku ambil 4! Filletnya enak banget! aku jadi nambah fillet + nasi doang.

Selesai makan, ada orang imba dateng m(_ _)m. Tama dan Ramben duluan, tapi aku nunggu dulu. Setelah puas liatin orang tersebut makan, kita langsung ke kamar. Baru beberapa saat udah balik lagi untuk ngambil tas OSN -_-. Ternyata belum dateng! duh males balik lagi dah!

Jam setengah 10 Tama bilang tasnya sudah dateng. Tempat ngambilnya sepi jadi ambil tas langsung balik kamar. Sebelum tidur aku tes kecepatan internetnya dengan nonton anime, sempet-sempetnya.

Lalu aku baca buku panduan OSN yang dikasi

tebel :(



Hari pertama

hari ini pembukaan. berangkatnya pagi jam 6. Aku setel alarm jam 5.30. Pagi-pagi dibangunin alarm aku ngerasa ada yang janggal :|. Ternyata alarmnya masih jam Bali, oke dapat tidur satu jam.

Sarapan, ada jus. Lalu naik bus. Bidang komputer paling telat, jadi kami terpisah dengan kontingen Bali yang lain. Karena dapetnya bagian sisi panggung, suaranya ga jelas jadi malah ngobrol.  Tama mau BAB tapi gak keluar-keluar. Ngotot sih, padahal udah diperingkatkan Hocky. Setelah lama, dia dateng dengan muka penuh penyesalan.
kita dapet bagian sisi panggung

Ada acara nyanyi laskar pelangi dipimpin seseorang. Hocky bilang itu Giri Nidji beneran. Aku menjadi semangat karena bisa denger dan ikut nyanyi bareng artisnya langsung. Eh taunya diakhir lagu dia bilang kalau dia asli Pekanbaru...

Aku baru sadar bahwa buku panduannya ada yang kaya ditempelin stiker gitu. Kita membongkar rahasia:

hmm...

:v

selesai pembukaan kita keluar untuk fotoan lagi bersama bu Inge

tama jahat ah, misah
Lalu siap-siap berangkat ke lokasi day 0 yaitu di politeknik caltex riau.

Intermezzo:
Aku berencana jualan pie susu di OSN ini. Supervisorku bilang boleh asal gak pas kontes. Aku udah nyiapin survey pie susu, hasil mentahnya bisa dilihat disini saat masih ada "uzumaki naruto" dan "uchiha sasuka". Banyak yg bilang harga pie susu lebih besar dari 3000 jadi aku rasa jual Rp 5000 bakal laku keras. Saat ketemu tim DIY di bandara Soetta mereka dah nanyain tentang pie susunya karena aku udah umumin di grup. Tentunya aku gak jual di sana karena bakal diciduk.

bersambung

Comments

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Mengikuti ICPC 2018

ah, ICPC. Singkatan dari International Collegiate Programming Contest. Perlombaan paling bergengsi untuk anak kuliahan. UI sendiri cukup aktif mengikuti perlombaan ini. Aku sebagai Maba dapat kesempatan untuk mengikuti lomba ini dan dapat keluar negeri juga. hehe. Berikut cerita ICPCku tahun ini. Selamat menikmati.

Pembentukan Tim


Di UI ada seleksi untuk pembentukan tim ICPC yang nantinya akan mewakili UI ke regional yang ke luar negeri. Seleksi ini dibuka untuk seluruh UI, kating-kating sampai maba boleh daftar, bahkan untuk non fasilkom pun boleh (Pak Denny bilang pernah ada anak FMIPA lolos :O).

Seleksi ini cukup singkat. Ada 3 kontes. 2 kontes pendek dan 1 kontes panjang.

Kontes pendek itu durasinya 2.5 jam dan ngerjain di lab. Dapet poin berdasarkan ranknya yaitu max(18-rank,2). Kontesnya di Vjudge.

Kontes panjang itu durasinya 1 minggu dan dapet poin cuma berdasarkan jumlah solve. kontesnya dari selasa - selasa depannya.

Ini aku ada kendala di laptop. Jadi laptopku saat itu (ROG…

Jurnal Fasilkom Semester 1: Mengamati Budaya Trap

Bentar-bentar,
"Kok ada lagi? bukannya udah?" 
Postingan tersebut adalah karena terlalu banyak konten bagi maba :(. Ini postingan rutinnya. Oiya, karena suatu kesalahan, 2 section terakhir di postingan itu hilang :/ jadi aku terpaksa kelarin ini.
Kali ini cuma bahas 3 Section doang: - Budaya Trap Fasilkom - Akhir PMB - Perkuliahan Fasilkom Budaya Trap Fasilkom
Ah, trap. Awal masuk, pengertianku tentang trap itu adalah seseorang yang suka bilang ga belajar, taunya belajar. Namun aku makin bingung gitu lama-lama. Orang belajar di perpus -> trap, orang nanya dosen -> trap, ga deadliner -> trap.

Yang aku pahami tentang sistem trap ini:



Kata trap dipake dengan semakin liar seiring berjalannya waktu, ngerasa kaya asal pake aja. Aku cukup risih sih kalau dibilang trap. Kalau nanya, paling-paling jawabanya OSN 2017 atau Compfest 9 tahun lalu (Aku ada alasannya loh :v). Aku ga terlalu suka budaya tuduh trap ini, apakah bisa di hentikan?
Akhir PMB
PMB (Pembinaan Mahasiswa Baru…