Skip to main content

OSN 2017 Bagian 3: Titik Puncak!


malam hari ke dua aku merasa sangat lega. karena hari kontes OSN sudah selesai dan nilaiku cukup memuaskan. aku telah menjawab dengan optimal (tidak ngeblank). memang benar aku membuat beberapa kesalahan konyol tetapi itu bagian dari lombanya. bisa jadi soalnya memang di desain agar kesalahan kesalahan dibuat.

temenku Vince juga mengerjakan soal OSN. malemnya aku berdiskusi (dan membuat aliansi troll) dengannya. ternyata bukan cuman aku yang ngerasa kalau OSN tahun ini subtasknya ga adil. yaitu subtask subtask kecilnya itu tetep perlu observasi utama dan untuk dapet 100 tinggal di optimisasi dikit dikit dari observasi awal tsb. Jadi menurut Vince, pilihannya antara AC atau open subtask atau 4 subtask pertama. dan memang benar itulah yang terjadi (kecuali beberapa kasus ekstrim). akibatnya, apabila seseorang berhasil mengACkan suatu problem, sudah hampir dijamin dia akan upgrade medali.

salah satu observasi yang mendukung adalah dari para komentator OSN hari 2. Dimana banyak yang bilang "wah si ini comeback di day 2" "wah banyak yang comeback di day 2" setelah mengACkan sebuah problem.

temenku Akbar dari Riau menggali lebih dalam dan membuat grafik ogive persebaran nilai OSN 2 hari 1 + 2 sebelum freeze.

berbekal niat membongkar kebenaran

Galang: "we tam! aku punya graf persebaran sementara OSN"
Tama: "itu grafik lang..."

dapat diperhatikan bahwa banyaknya orang dengan nilai 150 kebawah turun mulus namun mulai curam pada nilai 400 (hanya ada 2 orang dengan nilai >=400 sebelum freeze yaitu Salman dan Amnu). orang orang tersebut kemungkinan besar tidak AC satu pun dan apabila mereka mendapatkan AC satu saja aku merasa bakal dapat perak :|.

Kalau tahun lalu sih menurut Vince nilainya mepet-mepet karena soalnya mudah dicari nilai parsialnya, (contoh: rompek) namun susah di ACkan. tapi yaudahlah. katanya memang OSN komputer tiap tahun mau disusahkan karena ketinggalan jauh dengan IOI.

Besok adalah rekreasi. berangkatnya rencana jam 7 jadi esok paginya jam 6 aku udah bangun. aku masih bingung bajunya pake yang mana jadi dengan santai aku pake baju tidur untuk sarapan sambil melihat lihat pada pake apa. ternyata pakai baju biru yang didapat dari goodie bag. ikannya hari ini enak banget. pake saus crabstick sama yang dipakai untuk buat sushi di depan sekolahku. bedanya disana dikasi dikit sedangkan disini sepuasnya.

yaudah selesai makan aku langsung bergegas ke kamar dan ternyata Ghozi masi main laptop yaudah aku bilang cepet siap siap. tapi aku mandi duluan sih.

trus aku denger ada pergantian tempat. awalnya mau ke istana siak tapi diubah menjadi candi muara takus (berlawanan arah dengan istana siak menurut peta yang aku dapet).

akhirnya semua ke bus. tapi kali ini aku yang sampai duluan. Tama sama Ramben sampai belakangan. ngaret sih berangkatnya. harusnya jam 7 jadi jam 8. yaudah berangkat deh.

kita mampir ke suatu tempat yang dekat terlebih dahulu. aku sempet kecewa aku ngarepnya perjalanan jauh gitu. tapi ternyata cuman diminta diem di bus trus berangkat lagi. aku gatau sebenernya ngapain disana. kayaknya ngisi bensin :v.

perjalanan memakan waktu yang tidak terduga lamanya, 2 jam!. dan di bus sama sekali tidak ada hiburan. gaada tour guide gitu kayak eksursi lomba pada umumnya. jadi akhirnya aku pun tidur. tapi tidurnya susah banget!. karena aku tidak terbiasa tidur di bus yang kaca jendelanya bergetar sangat keras.

tiba di lokasi pertama. komputer paling telat sampai jadi baru turun sebentar. reunian sama Bali bidang lain, udah disuruh naik lagi. kayaknya itu tempat pengasapan ikan.

ke candinya butuh waktu relatif sebentar. sampai disana ketemu Bali lagi. lalu dibagikan makanan. yang Bali makan bareng. lalu ada pengumuman untuk ngingetin ambil jeruk (untuk dimakan).

awalnya sih  pengumumannya formal
"bagi peserta yang belum mengambil jeruk diharapkan mengambil ke depan"

setelah beberapa saat menunggu
"bagi peserta yang belum mengambil jerus ayo diambil, manis manis lho!"

akhirnya
"ayo peserta silahkan ambil jeruknya, yang ngambil ganteng ganteng dan cantik cantik"

trus saat aku selesai makan aku ke tempat jeruk tapi udh berubah jadi tempat main musik tradisional
-_-. untungnya ada yang ngambil banyak jeruknya jadi aku minta.

lalu kita ngobrol. temenku Gus ana bilang enak sekali komputer udah tau rangkingnya jadi santai nanti saat pengumuman. aku bilang itu cuman 4 jam pertama dan hasil akhir bisa jadi sangat beda. tapi dia gak percaya. aku bertahan agar tidak bilang kalau nilaiku naik hampir 2 kali lipat dari nilai yang ditulis di scoreboard tapi aku ingat bahwa aku sedang ngetroll keras.

disini Tama dan Rama masih ga percaya skor hari 2ku cuman segitu apalagi Bku 0. mereka bilang udah tau aku dan caraku ngerjain itu santai baca semua soal gamungkinlah ga baca soal. akhirnya aku bilang, yaudah kalau aku dapet emas aku traktir deh kalian (anak kom) nonton spidermen di Bali. meski aku udah tau gede peluang aku dapat emas tapi ini diperlukan agar mereka percaya. dan ini berhasil!
tenang masih ada uang jajan dari dinas yang terlalu banyak :v

memang bener masih ada chancenya, soalnya 2B ACku kalau di rejudge dengan TC yang aku kasi cuman bakal dapet 60. aku ngerasa peluang rejudge gede banget (mendekati 1) soalnya jurinya ada 17.

akhirnya kita mau naik kendaraan khusus untuk ngelilingan candi. denger denger orang orang sana nyebutnya odong-odong, tidak seperti yang kalian pikirkan karena yang ini isi bensin dan bisa gerak. tapi sayang saat mau naik udah di stop sama panitia disuruh naik ke bis. yah liat candi aja belum!.

yaudah sampai di bus langsung jalan, dan 2 jam untuk kembali ke hotel. sebenernya aku ngerasa hari ini terbuang sia sia karena aku tidak dapat apa-apa. di busku ada yang gaikut karena pusing.nyesel aku kemaren ga bedagang biar ikut pusing :v. gadapet foto lagi!.

kita sampai di hotel jam 6. saat bus berhenti di depan hotel aku langsung teriak "wah sial lagi sejam dh berangkat lagi" dan semua yang di bisku pun menghembuskan napas. memang benar. di jadwal jam 7 sudah berangkat untuk mengikuti acara pendidikan karakter.

jadi aku makan malam dulu (masih mengenakan tas dan seragam) bersama Tama dan Ramben dan beberapa orang lainnya. trus mereka masih saja bahas kenapa ada soal dimana Tama dapet TLE. aku nguping dulu pembicaraannya akhirnya aku kasi random fact

Galang: "we tam, ga baik iterasi matriks dari atas-bawah kiri-kanan. nanti kcnya bisa rusak"
Tama: "kc? apa itu?"
Ramben: (kebingungan)
(seluruh meja makan hening)
Galang: "hah seriusan nih gatau kc? itu lhooo C-A-C-H-E"
Tama dan Rama: "OHH CACHE!!! aku dengernya kc, kirain itu ada kepanjangannya"

lalu aku pun flashback. ini bukan pertama kalinya ada kejadian salah denger yang parah. selama perjalanan OSN ini ada beberapa lagi:

===flashback dimulai
(di bus selesai day 2)
Tama: "kok tumben ya gaada bitwise"
Galang: "iya biasanya sering ada sor"
Ramben: (mulai bingung)
Galang: "kayak soal simulasi yang reformasi jalan"
Tama: OH IYA! kok tumben ya gaada"
Galang: "aku padahal suka sor sor itu itu, banyak sifatnya kerennya. a sor b sor b = a?"
Ramben: "OHH X-OR. aku kira apa itu sor sor mesorsor."

(saat training centre, sama Tama dan Ramben. maaf lupa guru mana yang ngajarin)
Guru: "kalian pada tau linguist?"
Galang: "dipake ya di OSN?" (dalam hati : wah ternyata ada linguist di komputer)
Guru: "ada kok"
Guru: "jadi linguist itu gini, misal kamu mau nyimpen data tapi memori komputer gaada yang berurutan..."
Galang: (dalam hati: wah kayaknya keren nih)
Guru: "kamu simpen datanya terpisah. misal data pertama disini, trus buat penunjuk ke..."
Galang: (memotong) maksudnya link list pak?
Guru: "iya, link list"
Galang: (dalam hati: kalau itu sih dari tahun lalu juga tau >_< ).
==flashback selesai

setelah itu naik, mandi bentar trus udah turun lagi.

ternyata berangkatnya diundur jadi jam 8 jadi aku ngobrol konspirasi sama tama dan ramben.

akhirnya kita pun berangkat ke hotel grand central. saat sampai disana kita sangat tercengang karena hotelnya sangat bagus. untuk naik, escalator, lift, dan tangga tersedia. katanya tiap tahun komputer selalu memiliki hotel terbagus tapi tahun ini dibalik.

kita pun ke ruangan dan kontingen Bali sudah membooking tempat :v. akhirnya aku pun ikutan. aku sempet nanya gimana jawab soalnya bidang lain, mungkin gak Bali juara umum? aku sedikit takut karena mereka bilang kurang optimal jawabnya.

akhrinya ada presentasi pendidikan karater. itu aku dengerin dengan baik karena pembawaannya bagus. diajarin salam "Bela Negara" yang keren. akhirnya ada foto bareng per bidang. karena bidang kimia sempet nyanyi marsnya akhirnya bidang komputer (sebenernya aku sih) gamau kalah jadi aku pun memimpin komputer untuk naik ke panggung naik mars dengklek.

dengan aba abaku kita semua teriak dengan sangat keras sambil pergi ke panggung
"PAK DENGKLEK ANGON BEBEK SAMBIL MANCING!!"
"PAK DENGKLEK BAWA BEKAL KOLANG KALING!!"
"SANG BEBEK SUKA LOOPING SORTING SEARCHING!!"
"TOKI CINTA PROGRAMMING!!!!!"
(lalu suaraku habis)

trus saat lagi foto ada beberapa orang bertanya sama aku kok kayaknya ada orang nyasar deh (warna nametagnya beda). tapi waktu itu aku gak peduli.

maunya saat selesai pake yel-yel TOKI GO GET GOLD. aku udah sebar ke orang-orang tapi persebarannya kurang jadi takutnya saat aku bilang gaada yang respon dan itu sangat aneh yaudah batal.

ternyata selesai fotoan temenku ngasi tau kalau yang nyasar itu orang Bali, Endy. yah...

lalu Bali fotoan di pojok ruangan



BELA NEGARA!

Beli sayur di pasar kreneng
sambil nyari koran terkini
jika kita foto bareng
jangan lupa gaya begini

Gatau pasar kreneng? makanya ayo buat OSN 2019 di Bali!! :D

setelah itu yang komputer langsung keluar ruangan dan diluar aku baru inget suaraku masih habis. trus ketemu Andrew aku minta airnya dan dikasi air 1 botol. aku minum dan sudah mendingan. akhirnya kita ke bus dan sampai di hotel jam 11.

infonya besok berangkat jam 1 siang jadi aku akhirnya bisa begadang.

malam hari itu aku akhirnya begadang memanfaatkan fasilitas wifi hotel. temen sekamarku (Ghozi) main di kamar temennya jadi aku sendirian di kamar. setelah puas nonton youtube akhirnya ingin tidur namun Ghozi belum balik jadi mau tidak mau semua lampu kumatikan. aku pun tidur terlelap.

aku bangun dari tidur. aku pun kaget karena Ghozi terlihat sedang main laptop di kegelapan total. aku lihat ke jendela kamarku yang lebar bahwa diluar masih gelap gulita. aku merasa sudah tidur cukup lama jadi aku tanya.
Galang: "eh gak tidur?"
Ghozi: "udah pagi kak"
Galang: (menunjuk ke jendela) "itu lho masih gelap banget"
Ghozi:" itu tembok kak"

aku akhirnya buka HP dan ternyata sudah mau jam 9 WIB! aku lalu cepat cepat pakai sendal hotel untuk sarapan. ternyata yang lain baru pada bangun juga!

setelah itu aku coba update bagian 1. akhirnya setelah masuk masukin foto siang jam 12 kelar lalu aku publikasi. trus aku liat jam laptop menunjukkan 13:00 yaudah aku buru-buru siap siap karena sebentar lagi mau jalan. tapi anehnya kok Ghozi masih santai. ternyata baru aku inget kalau laptopku masih pake jam WITA...

yaudah akhirnya aku lanjutin bagian 2. tinggal masuk masukin foto sih soalnya day 1 day 2nya aku buat di malam masing masing hari. akhirnya beberapa saat sebelum berangkat kelar. maunya aku publikasi tapi aku inget bahwa aku masih ngetroll yaudah aku tahan sampai malam aja.

akhirnya berangkat juga ke tempat terakhir.

bus akhirnya tiba di gelanggang remaja, tempat penutupan. saat turun dari bus,aku pun merangkul Tama dan Ramben sambil nyanyiin lagu ini

https://www.youtube.com/watch?v=ikZNwBkuK_o

tapi mereka bingung itu lagu apa. aku bilang lagu keren.  terus aku nyanyikan  sampe masuk gedung (jalannya lama). sesaat sebelum masuk gedung ada toko-toko tempat beli makan atau suvenir (termasuk fidjed spinner)dan aku melihat ada penari yang lagi beli sate. maunya aku ajak foto tapi udah keburu di dongsok dari belakang. sayang padahal kesempatan langka.

memasuki ruangan (hayo cari aku)

lalu sesampainya di lorong, ketemu pak gung diminta berhenti sebentar.

sempet sempetnya...


duduknya per bidang jadi yang komputer udah ada areanya.

saatnya mencari tempat duduk. banyak tempat yang sudah terpenuhi dan sisanya bolong bolong. akhirnya tim Bali menaiki tingkat dengan melangkahi tempat tempat duduk (padahal ada tangga). dan akhirnya kita nemu tempat kosong di daerah atas tapi dilarang sama bapak bapak. anehnya Tama dan Rama ini mau mau aja padahal itu palingan hanya orang tua yang sudah PW (Posisi Wenak) aja. akhirnya Tama minta aku duduk sendiri tapi aku gamau. akhirnya aku gunakan hak kordinatorku untuk pergi ke tangga dan aku melirik tama dan rama mengikuti di belakang dan akhirnya duduk di bagian belakang.

ini sebenernya foto saat pembukaan. tapi selain orang sekitar, semuanya sama

mantap juga posisi dudukku saat penutupan

aku merhatiin bapak bapak yang tadi gak nyaman gitu karena kita duduk 2 deret dibelakangnya dia. akhirnya dia noleh dan ngomong sama aku.
bapak: (nunjuk ke kursi bolong bolong di seberang tempat kita duduk, untuk bidang astronomi) "Disana kosong!"
Galang: (nunjuk ke deretan kursi kosong dibelakang panggung yang seharusnya untuk orang tua) "Disana juga kosong."
bapak : (buang muka)

lalu MC terus menghimbau bahwa orang tua seharusnya ga duduk di tempat peserta. tapi masih ada beberapa yang ngotot, termasuk bapak itu yang semakin tidak nyaman. akhirnya dia memilih untuk "stay cool".

mulai ada panitia bagiin majalah potensi, sayangnya saat sampai deretku udah habis. aku pun kecewa. di grup ada yang ngefoto. wah ada AMnu. terasa banget aura imbanya
amfun m(_ _)m

jadwal mulai jam 2, tetapi acara pertama baru dimulai jam 4 gara gara ngurusin orang tua duduk di bangku peserta. acara berlangsung lebih cepat dari yang aku duga!. yang lama cuman sambutan gubernur.

efek asapnya agak janggal, kok asapnya pekat gitu ya. jangan jangan mewakilkan kebakaran hutan...

saat jam 5(?)baru pembagian medali. kali ini dibagikan dari SD perunggu, lalu SMP perunggu, lalu SMA perunggu. MCnya sering salah bacain nama, dan setiap kali itu terjadi aku dan Tama selalu teriak "EVAA EVAA!!" (Ramben pun bingung dengan istilah Denpasar ini)

Namanya Ramben pun dipanggil! mantap!. karena aku dan Tama nilainya lebih gede, ini artinya semua anggota tim komputer Bali mendapat medali!.

menurutku pembacaan medali tahun ini terlalu cepat. masa dipanggil, dikalungin, balik. gaada foto gitu. untunglah aku cuman pake baju endek jadi gak nyesel. tapi aku sama Tama berteori kalau waktu pembacaan perunggu = pembacaan perak = pembacaan emas. jadi pembacaan perunggu dikalungin, pembacaan perak dikalungin + salaman, pembacaan emas dikalungin + salaman + foto.

pembacaan perunggu selesai, Tama keliatannya lega karena gak dapet perunggu. artinya Tama dapet perak!. sayangnya teori durasi diatas salah karena ternyata sistemnya sama saja!.

Saat pembacaan perak dimulai, aku nulis surat kecil untuk Tama, aku bilang "buka saat kamu turun dari panggung".

Saat perak pertama di panggil, aku pun lega karena kalaupun di rejudge nilaku tetap lebih gede. yee emas :D.

Ramben balik sesaat sebelum Tama dipanggil, akhirnya aku kasi ramben aja deh suratnya. ramben baca dan dia sangat tercengang. Tama penasaran tapi dia sudah keburu dipanggil.

isi suratnya?
"sebenernya aku yang B dapet 100 :)"

selesai pemanggilan perak aku mendekati orang orang Jateng yang satu sederet sama aku untuk mengaku sambil tertawa jahat. Kebetulan kak Rey lagi ada dia nunjukkin ada yang ngespam kalau dia dan temennya merasa dibohongi oleh Galang dan dia tidak lupa memberikan kata kasar.

lalu setelah semua jelas akhirnya aku siap siap saja menuruni tangga karena aku akan mendapat emas!.  pemanggilan emas SD dan SMP berlangsung cepat karena emas per biang cuman 5 orang. dan bener saja!, emas komputer namaku dipanggil ketiga. artinya aku emas ketiga!.

oh ini artinya Bku ga di rejudge atau di diemkan 100. soalnya si Inigo dapet 417 kalaupun cuman subtask terakhir yang di rejudge harusnya nilaiku lebih kecil. mantap jiwa! ada sedikit faktor keberuntungan padahal kodeku udah pake banyak fungsi harusnya sangat mudah dibaca.

Galang dari masa depan: sepertinya tidak, saat aku coba kodemu di ideone di tc tersebut, mendapat jawaban dengan cepat. sepertinya server sekarang sudah kenceng aja

berikut orang yang mendapat emas OSN komputer (berdasar nilai). menggunakan ID TLX biar beda.
1. AMnu
2. Alpha.S
3. galang
4. IgoRamli
5. raniatamara

karena aku sudah di depan cukup lama sebelum dipangil, aku sudah mempelajari kameranya dimana saja. akhirnya saat aku memasuki zona panggung aku ditanya panitia untuk cepet lari ke depan, tapi bodo amet pokoknya aku harus lama keliatan di kamera.

aku berjalan ke panggung dengan gaya jalan santai dan menyapa semua kamera dengan bahagia dan bersemangat. dari jauh keliahatan Raka dan Riska melambai lambai membawa kamera HP dan aku berikan dia gaya foto. lalu aku menaiki panggun untuk dikalungi. tampaknya penari yang bawa medali itu yang aku temuin beli  sate di luar tadi, semakin kecewa saja tadi orang-orangnya ga aku dongsok balik.

turun panggung pun harus keren

saat turun aku langsung bergegas ke tempat pengurus keuangan untuk ngisi form agar mendapat duit. ruangannya sangat panas. disana aku cukup lama mengantre. trus aku lihat Salman, dkk udah selesai padahal dia datengnya belakangan. trus ternyata aku ngantre di tempat yang salah.

jadi aku ke tempat ngantre yang bener dan setelah berkeringat deras mengantre dan saatnya giliranku, formnya habis!.

yaudah akhirnya aku minta di stand sebelah tempat bidang lain untung dikasi tanpa ngantre (udah ngatre 2x soalnya). lalu saat mau ngisi formnya aku baru nyadar, gabawa pulpen!. beruntung nemu pulpen tergelak begitu saja yaudah aku pake.

selesai ngisi form, diminta tanda tangan. setelah itu dikasi buku dibilang nanti tinggal cek aja saldonya. trus tidak lupa sebelum pergi pulpen tadi aku geletakkan kembali.

saat kembali. seluruh area tempat aku duduk sudah kosong. maksudnya bener-bener kosong! sampai tasku yang aku taro di area tersebut pun tidak ada!. kebetulan Tama juga baru selesai jadi kita sempet kebingunan nyari tas kita. akhirnya aku punya intuisi jadi kita keluar gedung. diluar ketemu ramben lagi fotoan sama banyak cewe  menggunakan medali perunggunya dan aku pun langsung menyempil tapi malah disikut, mudah mudahan mereka menyesal. aku jadi ingat komen ini.

apalagi kalau udah ganteng, trus emas.

ternyata ramben bawain tas kita semua. untung aku gak pake tas OSN jadi aku bisa menemukan tasku dengan mudah. tapi tas tama tetap tidak ada. akhirnya tama ambil ambil aja.

Tama tampak kebingungan. akhirnya tama nekat buka tasnya dan nemuin medali perunggu, Tama jadi makin merasa bersalah. tapi Tama langsung teriak teriak saat nemuin jaket phoenix di tasnya. artinya tasnya ketuker sama Kevin (Bali juga).  maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Kevinlah yang bawa tasnya Tama. setelah ditelpon ternyata benar. sayangnya tasnya Tama isi kunci kamar jadi sekarang hidupnya Tama ada ketergantungan teman sekamar.

lalu ketemu sama bu Kepala UPT diajak foto terus dicatat namanya. (sayangnya fotonya menghilang)

lalu ketemu kak rey lagi dan foto lagi

"Emas, perak, dan perunggu hanyalah logam. Beda cerita kalau terukir logo OSN" -Galang

"BALI RULE!!" -kak Rey
Setelah aku liat foto terakhir, ada kemungkinan cewe cewe itu lagi ngeliatin kita :v.

akhirnya balik ke bus karena mulai hujan. disini aku, Tama, dan Ramben mengaktifkan mode konspirasi. jadi kan Rania idnya raniatamara. tamara = tama + rama. diingat kembali sistem medali PNBITC dimana poin emas = 3, perak = 2, perunggu = 1. karena tamara mendapat emas, tama perak, dan rama perunggu maka pernyataan diatas benar setelah dilakukan substitusi.
jadi dapat disimpulkan Rania itu sekuat Tama dan Rama digabung m(_ _)m.

di dalam bus aku berniat untuk ngirim foto ini ke grup keluarga besar sebagai tanda aku dapat emas

bus berguncang beberapa kali sampe medaliku jatuh...

trus aku terkejut baca chat grup itu karena atas atasnya bapakku sudah mengambil langkah dengan mengundang satu keluarga besar untuk syukuran makan di hanamasa lagi 2 hari, waduh.

Sesampainya di hotel aku pun makan. dan ketemu banyak peserta lain dibilang trollku parah. tapi ya aku udah rela nungguin freeze untuk submit masak aku kasi tau aja nilaiku :(. akhirnya mereka mengerti.

lalu aku ke kamar dan packing. tidak lupa aku cek kamar Tama (sial! ga dibukain) dan kamar Ramben, dia sudah selesai packing. barangku dikit jadi baju bajuku aku gulung masukin koper lagi. karena gamuat yaudah aku gunakan brute force
Sebentar lagi perjalanan OSNku berakhir.

aku mengambil foto-foto terakhir bersama kamarku yang luas.

itu yg berantakan kasurnya Ghozi ya :v




lalu Akbar datang ke kamarku. dia katanya mau menepati janji kalau dapet medali beli 10 pie susuku :D. tp aku kasi 11 dengan harapan dia akan nyebarin ke orang orang.

karena besok rencana berangkat jam 9, aku merasa bisa begadang lagi memanfaatkan hari terakhir pakai wi-fi hotel yang kenceng.

Saat jam 12 WIB aku baru nyadar belum gosok gigi. dan malangnya odolku habis. kamar Ramben hanya beberapa langkah dari kamarku jadi aku telpon masih bangun gak. ternyata masih!. jadi aku pinjem odol dan akhirnya gosok gigi di kamar Ramben. besok berangkat jam 9 jadi bisalah begadang dikit...

esoknya aku bangun telat!. aku dibangunin oleh telpon dari Tama (biasanya aku yang nelpon dia). aku liat jam sudah jam 8!. yaudah aku mandi trus sarapan. Ghozi sudah pergi duluan karena dia pesawatnya pagi.

sebelum sarapan aku mampir dulu ke kamar Rachman (anak Pekanbaru) untuk ngambil celana panjangku. dia hero karena telah menyelamatkanku dengan meminjamkan celana untuk lomba :")

aku balik ke kamar, ngecek barang untuk terakhir kalinya. akhirnya aku masukin saja tas OSNnya ke koper. pukul pukul lagi biar masuk dan semua siap! saatnya berangkat!

saat aku buka pintu aku ketemu Ramben dan kita pun barengan ke bawah. di bawah kita nitip koper di depan restoran.

selesai makan kita coba mencari bus. jadi panitia menyiapkan bus yang setiap jam berangkat ke bandara. saat mau naik ke bus, aku mengambil foto-foto terakhir area sekitar hotel.

pintu masuk hotel, bapak bapak ini sempet kaget dikira aku foto dia

samping kiri hotel


depan hotel

depan hotel, bagian kanan


depan kiri hotel

samping kiri hotel

jadi hotel kita ada di sebuah pusat toko yang bernama RBC (Riau Bussiness Centre) jadi sekitarnya banyak toko.

 didepan hotel kita ada bangunan kecil bernama "top cinema". aku, Tama, dan Ramben sempet mikir itu bioskop tapi ragu karena bangunan kecil dan sempet mau nonton spidermen disana. hari terakhir ini daripada rasa penasarannya aku bawa pulang, aku pun membongkar misteri dan ternyata itu toko kaset. aku nyesel karena baru nyadar kalau toko itu gak ikut kefoto

yang baru sampai bus baru kita bertiga aja. Tama membuka grup whatsapp dan dia meliat Bali lain udah pada OTW. jadi biar ga kalah mereka foto aku yg lagi di bus trus dikirim ke grup


"Grand elite OTW pak!" -Tama ke grup whatsapp
trus Tama liat liat siapa aja yang belum OTW dan ternyata hotel mutiara belom jadi santai lah ada temen.

Sambil menunggu akhirnya kita mendaftarkan diri untuk IPSC (sebuah lomba online). nama timnya pesona mantan. IPSC itu diadakan nanti sore jam 7 WITA selama 5 jam. karena kita sampai Bali perkiraannya jam 6.30, jadi harusnya bisa kita ikut, walau mungkin mulainya telat.

saat ngisi sekolahnya aku bingung, karena harus dari satu sekolah. yaudah akhirnya aku isi Bali State School (terjemahan: sekolah negeri Bali). tapi ternyata ada yang lebih curang :v. denger denger ada tim yang isinya 4 orang (kwee vieri :v). 

kita sudah menunggu hampir sejam. akhirnya ada yang komen di grup whatsapp kok kita otwnya lama sekali. aku pun minta tama bales "macet di deket hotel!" tapi Tama cuman bilang "macet" doang. akhirnya aku turun untuk nanyain supirnya kapan berangkat. supirnya minta ngomong sama manajernya yaudah aku ngomong sama manajernya. katanya nunggu Jateng yang jam 10 bakal dateng (saat itu jam 9.52). setelah Jateng dateng berangkat deh


iklan random di perjalanan

saat sampai di bandara, ditelpon pak Gung udah sampai mana aku bilang baru sampai. trus Paknya bilang "oh bus putih itu ya?" artinya dia ada di depan bandara.

akhirnya ketemu pak Gung dikasi boarding pass trus langsung masuk, karena yang lain udah di dalem. setiap tas ku lewat X-Ray selalu ditanyain aku bawa medali gak. wah jadi yakin kalau itu emas beneran.

mau masuk ke ruang check in, ngantrenya panjang!. dibagi 2 gitu, yang bawa trolly sama enggak. aku ambil yang bawa trolly padahal enggak, numpang sama Gus Ana karena keliatannya lebih pendek ngantrenya. taunya sama saja!.

aku sempet bilang sama Tama dkk kalau aku ngeliat kak Ayaz didepan kita. mereka bingung yang mana.

sampai di tempat check-in. sambilan ngantre aku ketemu sama "kak Ayaz" itu. setelah dia noleh ternyata itu bukan dia.

Tama: "we lang, tadi kamu ketemu kak Ayaz boongan, aku ketemu kak Ammar beneran"
Galang: "mana?"
Tama: (menunjuk) "Itu!!"

aku pun meliat dan ternyata beneran. aku pun menyimpulkan juri jurinya lagi check in juga. dan benar saja! beberapa saat kemudian beberapa panitia dan juri datang ikut check in. karena sudah pengalaman untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan akhirnya aku pun nekat pergi ke tempat mereka mengantre untuk minta foto. lagian kita sudah check in tinggal drop bagasi.

Ternyata ketemu kak Ayaz beneran


"Viralkan viralkan!" -kak Radit, yang ngefoto
aku juga ngefans dengan foto moananya kak Turfa

Kak Jordan, yang membuat TLX


kita sempet bingung apa yang dipakai kak Ali. kita kira itu pelampung
tapi setelah liat timelinenya, ternyata itu jaket dingin. kak Ali mau ke Prancis(?)

Ada kak Ammar juga, tapi gak enak minta foto dua kali...

Selama perjalanan ini cuman aku doang yang mau fotoan sama Panitia dan Juri. aku sempet tawarin Tama, dkk karena ini bisa jadi kesempatan sekali seumur hidup

Galang : "We tam!, ayok ne kamu yang fotoan sekarang. misal 10 tahun lagi kamu mau baca blogku trus nyesel, "kok dulu aku gak ikut ya?"  "
Tama: "misal aku ikut. lagi 10 tahun aku baca blogmu trus nyesel, "kok dulu aku ikut ya?" "
Galang: "lebih baik menyesal karena melakukan..."
Tama: "...daripada menyesal karena tidak melakukan?"
Galang: "nah gitu dong! ayok foto!"
Tama: "enggak!"

trus akhirnya masuk ke ruang tunggu. aku liat ada tempat duduk yang deket charger. sudah ada adek-adek bocah bawa laptop mau siap-siap duduk disana. karena aku juga mau ngechas laptop akhirnya terpaksa duluan. adiknya mau aja kok, mungkin dia juga berpaham "siapa cepat dia dapat".

setelah duduk aku niatnya mau buat tulisan ini. tapi aku merasa ga nyaman karena di intip intip sama temen temenku, karena maunya tulisanku suprise gitu. yaudah aku tunda dulu.

Trus pas lagi santai ada anak komputer, Violin(?) yang datang nyelametin aku. trus keliatannya muka Tama masam karena gak diselametin :P. lalu setelah dia pergi pak Gung manes-manesin Jimmy soalnya Jimmy yang terkenal ganteng tapi ga ada yang nyelametin.

Boarding lah kita. di pesawat aku dapat duduk bertiga dengan Tama dan Ramben, sampai mereka gak percaya dan setelah di cocokkan boarding passnya beneran (ayo hitung peluangnya).

aku nonton death note. Tama ngeliatin layarku terus ah.

sayangnya udah keburu mendarat di Jakarta sebelum filmnya selesai. jadi dengan cepat aku liat durasi filmnya agar nanti bisa di lanjutkan.

Sampailah di bandara Soekarno-Hatta. disana aku berniat mentraktir Bali karena sudah dapat emas. kita dapet uang jajan 1 juta dari dinas dan selama OSN masih utuh jadi tak apa lah. tapi ternyata gaada KFC adanya burger king jadi itulah yang dimakan akhirnya. aku sih beliin paket ayam nasi untuk semuanya. waduh harganya diluar dugaan! (syukurnya masih dalam jangkuan uang jajan). pengalaman: jangan beli nasi putih di bandara.

habis itu kita langsung bergegas ke ruang tunggu, kebetulan BKnya di luar tempat check in jadi masuknya harus lewat security test lagi. jadi kita pun berlari. bedanya kali ini aku pakai iket pinggang jadi kekuatanku pun bisa ditunjukkan.

ternyata pada papan layar Gus Ana nunjukkin kalau pesawat kita delay 90 menit. yah tau gitu tadi santai aja makannya.

saat ngelewatin tempat security, aku melihat sesuatu yang mengingatkanku pada kejadian saat keberangkatan (ngeles aja sih soalnya kelupaan saat nulis part 1)

==flashback mulai
*selesai pemeriksaan tas*
Galang: (teriak heboh)"WE TAM!!! SUPERVISOR!!!"
Tama: (tidak kalah kerasnya)"MANAA??!!"
Galang: (menunjuk) "ITU!!!!"




aku pun langsung ngakak keras banget kayak orang gila sampai nabrak tembok. itu troll yang lumayan bagus menurutku.
==flashback selesai

sampai di ruang tunggu, ada waktu untuk di bakar. saat lagi duduk duduk aku liat tim Trisma lagi foto yaudah aku ada ide buat foto tim Denpasar

Tim Trisma

Tim Smansa

(foursma ga foto padahal paling banyak anggotanya,9 orang :v. tunggu update selanjutnya)

Ramben mengangkat suasanan dengan menunjukkan sebuah sulap kartu. ada ceritanya gitu jadi semua tertarik. akhirnya saat triknya jalan, semua pun teriak teriak kagum, Raka melempar kartunya ke Ramben saking tercengangnya. indahnya trick ini simpel gitu bisa dilakukan tanpa pesulap menyentuh kartu. aku percaya ini trick matematis jadi aku minta ijin sama Ramben untuk membuktikan trick ini secara induksi, tentunya harus minta ijin, sayang kalau trick bagus dibongkar sebenernya.

aku punya pengalaman, dulu aku sering nonton AGT (Americans Got Talent) yang sulap. trus aku ulang-ulang sampai ngerti caranya gimana. tentu tau caranya gimana berbeda dengan mempraktekkan sendiri yang mungkin butuh latihan bertahun-tahun. TAPI pengalaman ini tidak diperlukan disini. agar lebih mudah membuktikan bisa saja aku minta kartunya sebagai ilustrasi, TAPI biar greget aku cuman akan membuktikannya dengan menggunakan pulpen dan kertas (dan induksi).

sambil menunggu, yang lain pun bermain werewolf karena cukup banyak orang. Tama jadi adminnya.

aku akhirnya berhasil membuktikan tricknya, ternyata ga perlu induksi, cuman aritmetika modular. tapi tetep aja tricknya keren, katanya Ramben buat sendiri ini dengan observasi matematis. jadi aku menunggu mereka selesai dan aku akhirnya ikut werewolf putaran kedua.

jadi rolesnya pake kartu remi. tama udh mengkodekan gitu, jadi misal dapat angka maka jadi villager, kartu AS itu werewolf, queen itu sesuatu deh, dan seterusnya.

saat kartu dibagikan, aku sempet kecewa karena aku dapet jadi villager. adah gak seru gabisa bohong!. beruntung ada yang ga sengaja jatuhin kartunya jadi keliatan dia menjadi apa. diulang deh bagiinnya. setelah dibagiin lagi, aku dapat kartu AS!. aku pun menahan tawa karena ini peran favoritku! (werewolf) tapi berkat bimbingan dari smansa, nahan tawa segini sih gaada apa apanya!.

ronde malam, saat werewolf buka mata kok aku gak liat werewolf lain ya? oh ternyata werewolfnya duduk berjejer!. jadi aku baru tau Agus itu werewolf saat dia nyolek aku. dan werewolf lagi satunya (Endy) aku baru tau saat pemainnya sisa 4!.

ok di sesi malam pertama sih masih belum jelas karena belum ada diskusi, karena aku gasuka sama Gus Ana aku maunya bunuh Gus Ana tapi Agus bilang bunuh Ramadhana aja, yaudah akhirnya bunuh itu. trus lanjut peran lain seperti cupid memasangkan orang, dll. saat hunter buka mata, hunter langsung milih nembak dan yang ditembak itu kebetulan salah satu pasangannya cupid!. wah jadi dalam malam pertama saja sudah 3 orang yang mati xD, btw salah satu orang tersebut adalah Gus Ana :P.

akhirnya sesi siang. aku melihat Kevin senyum senyum diem gitu. jadi aku menyimpulkan Kevin lah seernya. yaudah aku nyoba menyakinkan semua orang Kevin werewolf soalnya dia yang diem. tapi akhirnya akulah yang terbunuh :v

karena aku mati day 1, jadi aku bisa mengambil foto ini

kemudian werewolf kedua (Agus) pun mati. dan aku bingung kok permainannya masih lanjut padahal werewolfnya sudah mati semua. ternyata masih ada lagi satu werewolf (Endy) yang aku gak tau. sampai pemainnya 4 dia masih bertahan. orang orang komen "wah werewolfnya pinter nih!". tapi sayang panggilan boarding, jadi voting terakhir, siapa ni werewolfnya?. tapi tebakan salah!, jadi werewolf menang!! yeeee.

btw beneran Kevin seernya.

di pesawat aku tetep satu kelompok sama Ramben tapi tidak sama Tama melainkan dengan Riska. ah Tama berhianat. karena aku gapernah ngomong sama Riska sebelumnya akhirnya aku pun ngobrol. setelah dipikir pikir kapan ya aku ngobrol sama cewek yang ikut olimpiade? (ngomong sekedar sapaan ga dihitung dan adik kelas gak dihitung), sudah terlalu lama rasanya jadi aku merasakan ada sensasi yang berbeda gitu.

yaudah lanjut nonton death node, sisa 30 menit terakhir aja. aku ngerasa death note life action ini kurang seru karena gaada karakter pinter, itulah menurutku bagusnya death note. setelah selesai aku nonton, ternyata pesawat masih di darat!. waduh lalu ada pengumuman ngantre lepas landasnya panjang banget.

yaudah aku cari film lain. oiya aku baru nyadar kalau koleksi filmnya garuda udah diperbarui!, dulu dulunya majalahnya promosi film bagus tapi kenyataannya tvnya masih film jadul. ketemu film ice age 5 yaudah aku tonton selama perjalanan. total delay sebelum keberangkatan sekitar 90 menit(?). pupuslah harapan ikut IPSC.

Saat mau lepas landas ada pengumuman dari kapten kalau ada tim OSN dari Denpasar, Bali ikut terbang bersama kita malam ini. Kasian Ramben ga dianggep.

selama dipesawat aku full menikmati film itu gak melakukan interaksi apa apa dan saat mendarat filmnya sisa lagi setengah jam. yah kecewa. waktu mendarat sekitar jam 9 jadi sangat jauh dari perkiraan awal.

menunggu bagasi

disaat yang lain sudah dapat bagasinya, bagasiku belum juga dateng!. aku mulai khawatir karena sudah lama menunggu dan konveyor mulai sepi. ada yang nanya kalau aku itu gak salah masukin kan?. tapi berkat latihan komputer aku tetep tenang. akhirnya aku tanya sama mbak mbak petugas yang nungguin katanya masih banyak bagasinya!. dan bagasiku pun langsung keluar!. 

aku langsung ambil, tapi aku liat nama yang tertulis kok bukan aku ya?. aku taro lagi di konveyor tapi aku liat ada goresan goresan khasku jadi aku kejer dan ambil lagi. akhirnya aku nekat buka bagasinya. hmm kunci kombinasinya sama, dan setelah kebuka isinya sama! kalau ada yang bilang kebetulan, masa sih bagasi random isi tas OSN juga?.


yaudah karena semua sudah siap, akhirnya aku menghimbau untuk inget foto nanti di luar. 


keluar dari bandara

sesampainya diluar sudah disambut sama keluarga tapi aku malah ketengah karena ingin foto. akhirnya aku manggil manggil "we foto we foto!!".

Jadilah foto ini

Galang: "DAB WE! DAB!!!!"

sayangnya karena ngedab membutuhkan tenaga dan semua sudah lelah akhirnya tidak ngedab. sayang padahal banyak orang ngeliatin kita.

ternyata sekeluarga jemput aku, Bapakku, Ibukku, Adikku. memang sih tidak serame Jimmy yang katanya 7 anggota keluarga jemput tapi aku tetep seneng apalagi udah dibelin burger king sama Qtalk.

akhirnya pulang deh

Ibuku langsung analisis medalinya karena ibuku bilang sangat jago masalah emas. setelah dicolek dan ditimbang. ternyata itu medalinya setengah emas. bagian kubusnya itu bukan emas, sedangkan yang ada direktorat itu emas (ditempel)

ini asli

ini enggak

selesai itu aku pergi ke kamarku yang dijaga bersih selama seminggu :). aku cek jam, sudah jam 11.waktu IPSC tinggal sejam lagi yaudah relakan saja. aku pun tidur

dan itulah akhir perjalananku di OSN pertama dan terakhir ini di Riau tanggal 2-8 Juli 2017.

"EH? katanya sudah selesai, kok scrollbarku masih panjang?"
"yang selesai kan perjalananku di OSN ini, bukan blogpostnya :P"

Berikut peraih medalis (diurutkan berdasar nilai) OSN 2017 komputer!


apabila pengumuman medalis tersebut dianalisis lebih lanjut, fakta menarik akan ditemukan:

- banyaknya cewe tahun 2015  = 1
  banyaknya cewe tahun 2016  = 2
  banyaknya cewe tahun 2017 = 4
  jadi dapat dikatakan kelajuan cewe masuk komputer bertambah secara eksponensial.

-rangkingku, Tama, dan Ramben membentuk barisan aritmatika.

-apabila rankingku dan rangking Rama apabila dijumlah trus dibagi 2 akan mendapat ranking Tama.

-rata-rata dari rangkingku, Tama, dan Rama adalah rangking Tama.

-median dari rangkingku, Tama, dan Rama adalah ranking Tama.
(wow tercengang :v )

-rangking Tama 13. perlukah membangkitkan konspirasi lama?
konspirasi saat SMP

Adapun peraih medali dari Bali. 7 orang:
EMAS:
-Galangkangin Gotera (aku) (kom, SMAN 1 Denpasar)

Perak:
-Jimmy Sardana (mat, SMAN 4 Denpasar)
-Krisna Dwitama (kom, SMAN 4 Denpasar)

Perunggu
-Rama Bena Putra (kom, SMAN 1 Kuta Selatan)
-Raka Swastika (kim, SMAN 4 Denpasar)
-Agus Arsana (bio, SMAN 4 Denpasar)
-Kevin Cahyadi Giri (fis, SMAN 4 Denpasar)

hmm pola 1 2 4 lagi. kalau nemu lagi yang berkaitan dengan OSN 2017 silahkan tulis di komentar

berikut ini beberapa fakta .

Sejujurnya aku ngerasa banyak orang yang berlatar belakang lebih hebat dari aku. ada orang orang yang pelatnas 2, ada orang yang udah ikut dari kelas 9, ada orang yang emas olimpiade matematika nasional, ada juga yang seniornya keren-keren pada IOI, bahkan ada yang bapaknya alumni IMO :O.

sedangkan aku? senior ga ada, guru gabisa ngajar, tahun lalu ga lolos OSK lagi :(.

sebetulnya aku cukup kaget karena bisa dapat emas. setelah aku analisis, aku dapat jawabannya. sebetulnya latar belakang matematika yang bagus dan senior itu bukan satu satunya faktor penentu dalam OSN. selain kerja keras dan tekun, ada satu faktor lain yang aku rasa aku sangat unggul. tentunya sebuah trik sulap tidak baik apabila dibongkar, dan aku juga merasa beberapa dari kalian mungkin bakal kecewa setelah melihat rahasiaku ini. apabila kalian masih ingin menempuh jalur sendiri silahkan di skip penjelasan detail yang di spoiler


faktor muka

beberapa fakta menarik seputar OSNku ini, fakta dibawah ini aku taruh disini karena ga cocok dengan cerita, atau karena kelupaan taro di bagian bagian sebelumnya xD. tidak di urutkan secara kronologis, tantangan: urutkan fakta fakta ini secara kronologis!

1.  aku sebenernya jualan pie susu selama OSN ini. aku udah nanya supervisorku kak Yonas boleh gak. katanya boleh asal gak pas kontes. aku udah nyiapin survey pie susu, hasil survey mentah bisa dilihat disini https://docs.google.com/forms/d/1js5e8hN0DFc8Us2GY5KUjA4-YjDAb_7o71iRB9qNeAs/viewanalytics . masih ada survey iseng seperti "uzumaki naruto" dan "uchiha sasuka". dapat diperhatikan bahwa banyak yg bilang harga pie susu lebih besar dari 3000 jadi jual dengan harga 5000 pasti laku keras.

TAPI aku tidak memperhitungkan kebijakan panitia. setiap jam selama acara selalu diantarkan snack. jadi peserta selalu kenyang jadi gaada kesempatan untuk jualan. akhirnya hari terakhir aja ada beberapa temen yang mau beli dalam jumlah banyak yaitu Hocky dan Akbar. Akbar terbanyak dengan total 11 pie susu, makasi!.

sebenernya saat berangkat ke Riau saat ketemu tim DIY di bandara mereka dah nanyain mana pie susunya? (aku udah umumin di grup). dan aku gak jual di sana karena takut diciduk. mungkin lain kali aku harus lebih greget

2. Beberapa hari sebelum OSN, kak Arnold sempet ngadain simulasi khusus untuk peserta OSN. disana skorku kecil banget day 1 dan day 2 secara berturut turut adalah 15 dan 12. itu aku beneran segitu ya! gaada akal-akalan busuk untuk ngibulin orang orang.

3. Saat Training Centre, katanya ada aturan gaboleh pulang. tapi karena rumahku deket aku diem diem pulang. dan pagi pagi selalu menyelinap lewat pintu belakang, feels like brandal telat masuk sekolah. kalau ditanya sama panitia aku pulang atau tidak, aku bilang aku habis dari toilet.

4. Makanan Saat Training centre enak enak, dan dalam jumlah yang berlebih. saat pembinaan aku sering minta ijin untuk ngambil snack, kue apapun itu hari itu dan aku bilang aku mau ambilin yang lain juga. jadi di meja snack aku makan 2. trus ambil 5 (masing masing satu buat Tama,Ramben, dan guru dan dua buat aku). meski keliatannya aku ngambil banyak, sebenernya aku hampir selalu ambil lebih banyak dari itu (kadang aku ngantongin beberapa lagi :v).

5. ngomong ngomong tentang makanan, makanan di grand elite selalu saja ada ikan. pernah suatu hari nampaknya gaada ikan. aku pun bingung dan dalam hati bilang "gimana nih grand elite?". oh ternyata ikannya menyamar jadi sayur (sayur ikan?). aku pun lega.

6. Selama di training centre materinya cukup mudah seperti linked list, brute force, dll. namun karena temen temenku keliatannya kebingungan yaudah akhirnya aku pura pura gatau aja.dan berkat saran dari keluarga dan sekolah, aku sering bohong kalau aku tuh cuman copas copas source code orang aja :v.
PLOT TWIST: mereka jg pura pura gatau

7. Tapi perjanjiannya gak berlaku saat OSN kok :(. aku udah maksa Tama sama Ramben sebelum day 1 dan day 2 ke kamarku untuk belajar. aku sampai jemput ke kamar mereka tapi mereka gak mau (aku sempet bangunin Tama yang tidur, nyuruh belajar).

8. aku sempet salah mengira AMnu itu yang mana :v. saat ketemu di PCS aku ngiranya AMnu itu si Rizqy soalnya mukanya Pede dan memancarkan aura imba. waktu itu dia bilang dia bukan AMnu. jadi saat ketemu lagi di OSN aku ketemu dia langsung aku sindir sindir tentang AMnu tetapi dia tetap bersikeras. oh iya aku ga nanyain namanya soalnya seperti ngerjain soal komputer, aku udah sangat yakin dengan analisisku. eh ternyata si Tama dateng trus kenalan dan aku denger. oh ternyata bener dia bukan AMnu...

9. saat pembukaan ada acara nyanyi laskar pelangi dipimpin oleh seseorang di panggung. nah si Hocky bilang itu Giri Nidji beneran. aku pun percaya dan aku menjadi sangat bersemangat karena bisa denger dan ikut nyanyi bareng artisnya langsung. eh taunya saat perkenalan akhir dia bilang kalau dia asli Pekanbaru...

10. aku bawa baju finalist NPC ke Riau. niatnya sih untuk nakut-nakutin orang. tapi sayangnya gaada yang takut :(
===batas akhir cerita OSN

bukan cerita sukses namanya kalau gak nyebutin  orang-orang:

Dari Bali (pihak sekolah, lingkungan)
-Keluargaku:
 Bapakku, yang selalu mencari cara agar aku kelihatan keren di mata orang lain :v

Ibukku, yang selalu khawatir pakaianku ke Riau jelek jelek dan rela beli sepatu di kota lain untukku pakai ke Riau. mungkin ada beberapa cewe yang ngelirik aku gara gara sepatunya :v

trus ada juga adikku, Sukma yang selalu gamau kalah. jadi sejak SMA sudah berkembang sih mungkin karena aku udah jadi seniornya. adikku ini belakangan ini selalu mau nganterin terus dan keliatannya peduli dengan OSN. aku jadi seneng jadi ada yang bisa kuceritakan sama adikku. beberapa percakapan dengan adikku sebelum aku berangkat ke OSN. oh iya adikku sempet nyaranin di OSN coba kenalan sama cewe biar ga jomblo terus, sayangnya adikku gatau keadaan OSN kom...

Sukma: "Kakak, tahun ini dari mana saingan terberat komputernya?"
Galang: "oh dari SMA 1"
Sukma: "SMA 1 mana?"
Galang: "Denpasar"

(ceritanya lagi pada malas mandi)
Papa: "Siapa mandi duluan nih?"
Sukma: "Kakak!!"
Galang: "yaudah sut, yang menang 3x yang mandi duluan"
Sukma: "gak adil itu!"
Galang: "kok gitu?"
Sukma: "iyakan sukma selalu menang!"

Tanpa dukungan keluargaku mungkin aku jadi gelandangan :v.

- Bu Arie, pembina komputer SMANSA. terima kasih bu sudah minjemin aku labkom untuk tempat belajar yang nyaman dan tentram. ada ceritanya pas kelas 10 karena aku masuknya pake prestasi matematika jadi sekolah nyuruhnya aku OSN matematika. tapi ibu percaya sama saya kalau saya suka komputer akhirnya di izinkan ikut komputer (walaupun aku harus diskusi dengan pak kepala sekolah dan beberapa guru matematika).

Tanpa ibu mungkin aku tetep ikut OSN matematika dan ga bakal jadi apa-apa (bahkan aku gayakin bisa lolos OSK :P).kalaupun karena keajaiban bisa lolos sampe OSN, gian yang super imba aja dapet perunggu  dan kemampuan gian saat itu sangat jauh dibandingkan kemampuanku.

- Pihak dinas, Pak Sutarjana, Pak Adi, Pak Gung yang sudah mau mendampingin Bali untuk ikut ke Riau dan pernah ngunjungin tim komputer di hotel :)

- trus juga adik adik olimpiade yang baru naik ke kelas 11 di smansa. saat aku kelas 10, aku ngerasa kalau aku sendirian di bidang olimpiade. emang sih ada beberapa orang yang "ikut" juga tapi semangatnya ga sama :(. aku senang karena ternyata adik-adik kelasku ini ada yang juga yang memiliki semangat sama dan itu sangat memotivasi dalam belajar agar aku tetap dijadikan kakel panutan :v.

kalau gaada adik-adik kelasku, artinya SMANSA ga nerima murid baru lagi.


TAPI, kalau gaada adik-adik kelas yang ikut olimpiade tersebut, ya tetep sih aku ikut olimpiade tapi bisa jadi gaada motivasi lebih dan mungkin targetku di OSN adalah perunggu.

Dari TOKI (dan orang orang yang pernah mengikuti bidang OSN komputer)
sering ada pertanyaan "gimana coba bisa kenal", maka deskripsi di bawah lebih panjang

- Kak Steven
Jadi saat aku awal-awal pindah kom, aku tuh cupu tapi nekat. lomba komputer pertamaku itu NPC ITS!. jadi ada coder class week 1nya itu mudah karena cuman sintaks dasar banget. nah mulai week 2 aku dikenalkan algoritma.  oh iya saat itu aku udah bisa sintaks programming termasuk looping dan array tapi gapernah ngerjain soal programming dan masih menggunakan pascal).
salah satu soalnya masih membekas:

"diberikan array, hitunglah perbedaan maksimum dari dua buah elemen berurutan"

kalau sekarang keluar soal gitu di lomba sih aku bakal ngakak habis-habisan. tapi saat itu soal ini aku gabisa jawab :((. entah kenapa saat itu soal ini terlihat impossible bagi aku. ideku saat itu adalah hitung perbedaan dari setiap dua buah elemen (wajar, lalu?) trus simpen di array baru lalu sort pake shell sort, aduh.... shell sortnya pun nyuri kode orang tahun 2000-an. nah kebetulan Kak Steven ini ikutan juga dan dia ngepc aku di facebook (waktu itu nama fbnya masih nyamar jadi kak Norman sih...). nah kak Steven ini ngajarin aku berpikir logis dalam ngerjain soal komputer dan masa masa noobku (sampai bab 2 TLC) aku dibantuin kak Steven. kadang kadang suka marah sih soalnya aku nanya hal simple seperti sorting, dll.

oh iya kak Steven ini yang buat aku pindah ke C++, habis NPC aku langsung pindah ke C++ padahal pascal belum lancar.

tanpa kak Steven mungkin aku ga jadi pindah kom dan bakal tetep di matematika.

- Kak Rey
Jadi selama masa-masa awal, kalau stuck di soal TLC, aku hanya bisa tersenyum dan ngesearch grup FB ngarepin kak Rey pernah nanya sebelumnya. trus suatu saat aku stuck di bab DP soalnya tentang mencari luas terbesar suatu daerah. nah kak Rey pernah nanya di grup tapi aku ga berhasil dapet solusi dari baca komen komennya.

Akhirnya aku pun nekat ngechat dan akhirnya kak Rey menjadi orang pertama dari TOKI yang aku chat yang gak gigit :v. bahkan waktu itu codeku mau di debug padahal gaya ngodingku masih jelek banget waktu itu.

memang sih waktu itu jarang ngomongnya soalnya masih menjadi orang asing(?). bahkan kalau gasalah setahun ga pernah ngomong dan baru ketemu lagi saat compfest tahun depannya. aku dapat motivasi  melihat perkembangannya, dari sebelum compfest belum bisa segment tree, sampai sekarang bisa tembus P3.

kak Rey ini juga menjelang OSN bisa dibilang supervisor kedua karena bisa ditanya tanyain dan responnya cepet banget. dan skill debugnya sangat hebat. aku gak enak karena sering disebut sebagai "lord of debug" oleh orang-orang  di grup LINE padahal sebenarnya gelar itu lebih cocok untuk kak Rey ini :)

aku suka baca blognya orang imba. kebetulan kak Rey punya blog. dan saat baca positingannya yang ini http://rwhendry.blogspot.co.id/2017/04/loh-ini-judulnya-gak-salah-gak-kok-lah.html aku tuh ngakak banget. tulisannya kak Rey itu menurutku sangat lucu dan sehabis baca tulisannya itu lah, aku terinspari dan membuat blog ini :)

kak Rey terus nanya kapan mau di post foto ini :v

post-bergaya. ternyata masih di foto sama Ramben (yang ngefotoin)

tanpa kak Rey, ga bakal ada blog ini.

- Kezia
waktu itu kira kira saat mau berangkat ke final compfest 2016. saat itu aku masih bilang terisolasi dari komunitas TOKI karena aku terbilang sering nanya di grup FB namun tidak ada bukti kalau aku itu bisa programming (waktu itu feat terbaikku itu gak lolos OSK). dan aku itu juga punya sifat pemalu jadi ga berani ngechat orang. jadi kalian bisa menarik kesimpulan aku sering ngespam di grup FB :v.
tanggal chat: 3 maret 2016

nah ceritanya aku masih penasaran sama soal penyisihan compfest yaitu go come on go. aku coba chat panitia katanya tanya Kezia aja. yaudah aku tanya. Kebetulan, aku sudah nge add dia dari kelas 8.

==flashback mulai
waktu itu aku masih main cookie run (oh iya aku pernah juara 1 LINE cookierun se-Bali loh!, DP FBku saat aku menang lomba tsb ga aku ganti dari kls 8). aku sempet ikut IMC singapur dan saat karantina aku ditanya games apa yang aku mainin aku bilang cookie run trus ada yang mengeluh dan aku nguping "kok orang orang pinter mainannya cookie run ya? Galang main,  (beberapa nama kemudian) ...Kezia pun main" .

saat itu aku taunya Kezia itu orang super imba di matematika jadi karena kita sama-sama main aku pun mau ngeadd dia untuk nunjukkin kalau aku bisa lebih hebat, walaupun hanya di cookie run (maklum bocah SMP). jadi selesai karantina aku langsung buka line trus coba-coba masukin id line yang berhubungan. biasanya kan cewe itu ID linenya sederhana (ga kaya aku). dan oneshot langsung ketemu dan aku add. awalnya TLnya kosong tapi aku cek beberapa hari kemudian aku bisa liat TLnya artinya dia nge add back.

tapi karena aku pemalu jadi aku ga berani chat dan dia pun terlupakan, mudah mudahan dia dapet liat score cookie runku :P
==flashback selesai

saat aku lagi di bandara mau berangkat untuk final compfest. saat itu pikiranku orang-orang TOKI itu galak kyk kak Steven ._. . jadi aku akhirnya nekat ngechat, kan lebih baik nyesel karena melakukan daripada tidak melakukan karena saat itu penasaranku terhadap go comeon go mengalahkan segalanya. akhirnya aku dapat merasakan sensasi ngomong sama orang yang aku tahu imba karena kelas 10 sudah dapat emas 3 OSN.

gara gara ngomong sama Kezia ini ternyata orang orang TOKI itu ramah-ramah. dan akhirnya aku pun ga ragu lagi kalau lagi ngontes trus liat ada yang AC aku langsung aja chat orangnya :v.

tanpa Kezia bisa jadi aku tetap terisolasi dari komunitas TOKI, ga dapet nanya nanya langsung sama masternya yang keliatannya jarang jawab di grup FB, dan tetep segitu segitu aja deh.

- Semua orang yang ada di grup LINE yang sudah heboh saat aku ngerjain soal OSN. aku baca kok malemnya :). yang paling berkesan sih Vince, selain kata dukungannya keren keren dia juga punya  lebih dari 3 panggilan buat aku biar tetep fresh. jadi sebagai apresiasi aku berikan foto Vince

diwakilkan deklasnya ya...

OH IYA... aku belum ngenalin tim komputer bali :). nih bagi yang ingin tahu lebih lanjut tentang mereka

1. aku, rasanya semua sudah tahu :). biar agak panjang aku berikan beberapa fakta random yang sebenernya gak penting:
-aku bisa nulis pakai dua tangan tapi belum pernah nyoba ngurek satu tangan, ngetik pake tangan lain
-aku bisa main piano. bisa aja ya... bukan berarti bagus mainnya
-aku seneng nonton anime mainstream. saat ini aku ngikutin yugioh vrains, db super, boku no hero
-aku suka warna merah. baju rumahku kebanyakan warnanya merah

aku juga wakil divisi 1 Smansa Computer Community 2016/2017



2. Tama

Sekolah di foursma, Tama sempet sekelas sama aku selama 2 tahun

Bu Leoni (pembina foursma) pernah bilang kalau Tama tuh cocok sama aku soalnya Tama itu polos dan aku kebalikannya.  ini ada benernya, aku juga polos dan pendiem tapi bisa jadi karena yang dipake perbandingannya Tama jadi aku kelihatannya ribut.

Tama sudah sedikit berubah. saat ngumpul H-1 OSP Tama itu sama sekali gak mau fotoan. selalu ngumpet. saat training centre masih sama. tetapi sudah mengalami perubahan sejak berangkat ke Riau karena sudah mau fotoan. awalnya mukanya masih datar tetapi sekarang sudah mau senyum. sayangnya masih malu-malu foto tanpa aku :P. sayang kalau masalah suara masih malu, Tama gaikut nyanyi laskar pelangi :(

Tama ngakunya "paling tau tentang aku" kalau masalah ngetroll. dia bilang dia tau lah jalan pikiranku karena pernah sekelas 2 tahun saat SMP. tapi itu sudah 2 tahun yang lalu. artinya Tama hanya tau caranya "bocah galang" ngetroll. makanya ngerjain Tama itu ada kepuasan lebih gitu lhoo.

Tama juga  suka "terlalu menyederhanakan" sesuatu. sedikit contoh:

==flashback dimulai
Galang: "denger denger, IPhO itu awalnya mau di Bali tapi gara gara debat internasional dipindah ke Jogja"
Tama & Ramben : "Masa ya?"
Galang: "iya! ah sial coba kalau jadi, aku daftarin diri jadi LO. sudah pengalaman"
Ramben: "apa tu LO?"
Galang: "LO itu Liaison Officer. itu pada dasarnya orang yang tugasnya menjadi penghubung antara dua pihak. misalnya nanti suatu Pihak perlu sesuatu (terjemahan,klarifikasi) bisa dihubungi melalui LO dan LO akan menyampaikan ke panitia"
Tama: " LO itu lho... yang nganter-nganter"

(saat penutupan OSN, MC salah baca nama orang)
Galang & Tama: "EVAA EVAA!!!"
Ramben: "Apa tu eva?"
Galang: "Evaluasi. jadi selesai acaranya mereka bakal di evaluasi sama atasan kinerjanya agar di masa depan lebih baik dan tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi"
Tama: "maksudnya habis acara bakal di marah-marah"

==flashback selesai




3. Rama/Ramben




Sekolahnya di SMA 1 Kuta Selatan. perhatikan kotanya berbeda dengan aku dan Tama.

gak dikasi ikut OSN geografi,  Rama pun banting setir ke OSN komputer. aku kira aku sebagai satu-satunya wakil Smansa itu cukup keren, tapi Rama ini satu satunya wakil Kota Badung.

kalau masalah analisis, aku merasa skill Tama dan Rama sama. tetapi karena Rama bisa dibilang pengguna baru di C++ dan belum mengeksplorasi STLnya yang dashyat, maka pengetahuan Rama tentang STL sangat terbatas dan itu menghambatnya dalam mendapatkan beberapa poin tambahan saat OSN (Rama masih buka dokumentasi C++ saat OSN). Rama tahun lalu juga membuat gebrakan sebagai satu-satunya medalis yang menggunakan pascal (cmiiw)

Karena Rama berasal dari kota yang berbeda, kadang Rama tidak paham dengan kata-kata atau singkatannya anak gaul (aka: anak Denpasar). tetapi itu menjadi sesuatu karena aku jadi belajar juga definisi dari kata-kata tersebut.

Rama ini bisa dibilang pertengahan antara aku dan Tama. dia bisa melakukan trik-trik keren yang memukau orang, tapi sayang kalau masalah foto masing malu-malu kayak Tama. tapi sepertinya tidak tengah tengah pas dan lebih condong ke aku :P, bukti: saat buat blog ini aku minta Rama kirimin aku foto sendiri untuk profil tim Bali, tapi dikasi 10 lebih :D.

Rama juga punya prinsip super yaitu "di lomba hanya ada pemenang dan pembelajar"

Hari pertama liburan (sehari setelah kedatangan dari Riau)

jadi karena OSN ini berlangsung saat liburan semester. aku ngerasa hari-hari sebelum OSN itu bukan liburan buatku karena ada rutinitas belajar. bangun -> kegiatan rumah -> belajar sampe siang -> tidur siang -> kegiatan rumah -> belajar til drop (minimal sampai  jam 11.30, pernah onfire sampe jam 2 subuh). oh iya aku gapernah sakit ya walau selalu begadang, mungkin jam biologisku sudah berubah :P

Jadi selesai OSN ini liburan semester masih ada. dan inilah sebenernya sebenernya awal dari liburanku :).

OSN Bali udah merencanakan nonton spidermen, karena jika belum sudah pasti bakal kena spoiler. aku prediksi bioskop bakal rame jadi aku rencana mau beliin tiket buat semua saat bioskop buka. jadi saat di bandara kemarin aku dh mintain uang buat yang mau nonton (enak aja pake uangku, nanti kalau batal aku yang rugi). jadi list yang nonton:
-Aku
-Jimmy
-Raka
-Kevin
-Tama
-Rama
-Gus Ana
-Rhamadana
tapi kenyataannya Rhamadana dan gus ana batal jadi adikku pun ikut.

aku sudah siap jam 9 untuk berangkat. tapi bapakku bilang sebentar lagi mau ada wartawan ke sini (rumahku). aku bilang batalkan saja dan bapakku telpon. tapi ga diangkat. beberapa detik kemudian wartawannya nelpon bilang sudah di depan.

jadi ini wawancara pertamaku! lumayan satu jam. wartawannya dari koran TOKOH. selesai wawancara waktu sudah mau jam 11 jadi aku cuss. aku bilang jam 11 mau beli tiket sepertinya bakal lewat dikit (rumahku deket sama bioskopnya kok)

jadi saat aku sampai di bioskopnya, Jimmy udah disana bersama keluarga dan aku akhirnya beli satu baris penuh jam 12:45. diluar ekspektasi antrian bioskop kosong bahkan aku ngiranya belom buka. selesai beli aku pun nunggu.

 akhirnya Raka dan Kevin dateng, aku kasi tiket trus mereka main di timezone. sekitar jam 12 Ramben LINE nanyain tempatnya. aku bilang level 21 mall dan dia bilang baru OTW dari rumahnya (di Kuta). jadi tinggal Tama aja nih yang gaada kabar.

jam 12:30 Jimmy mulai khawatir karena Tama dan Ramben belom dateng. tapi aku bilang jangan telpon Ramben biar dia bisa fokus ngebut ke sini. Tama ga ngangkat telpon. tiba tiba Ramben LINE bilang udah di depan mall. aku bilang langsung aja naik ke lantai paling atas.

Ramben yang rumahnya sangat jauh sampai duluan dari Tama yang rumahnya sangat deket... akhirnya aku kasi tiketnya Tama ke Ramben biar aku bisa beli makanan dan pergi ke toilet. selesai dari toilet Tama baru saja dateng!. adah usak filmnya lagi 5 menit mulai. tapi semua sudah terkumpul

film pun dimulai. saat nonton aku sempet nengok temen-temen foursmaku, dan gaya nonton mereka  kayak gini:
kayaknya belum bisa move on dari OSN...

Film pun selesai. saat credits kita fotoan

di fotoin adikku

kan kita udah tau kalau marvel tu biasa naro adegan lagi selesai credits. ok adegan pertama lumayan. trus credits lumayan lama. nah muncullah adegan kedua, ada kapten amerika ngomong

peringatan: kalau belum nonton spidermen disarankan habis adegan pertama langsung keluar aja dari bioskop, nanti nyesel.

selesai nonton yang lain mau makan tapi aku sama adikku pulang karena nanti sore mau makan di hanamasa, ya kan harus ngosongin perut (bahkan ada yang diundang yang ga makan dari pagi + olah raga).

jam 7 malam akhirnya keluarga besar makan di hanamasa untuk ngerayain sesuatu yang sangat besar, yaitu adikku yang baru diterima di smansa (dan aku yang dapet emas).



akhirnya adikku keliatan juga

memberikan pidato, padahal cuman bilang hal-hal generik

selesai makan, langsung pulang deh

yah, walau liburanku "cuman" sehari, aku sangat menikmatinya

Liburan berakhir

Minggu pertama sekolah

setelah OSN, aku ngerasa saatnya istirahat dari koding maka aku bertekad tidak koding selama seminggu. bukan karena "otakku panas" atau bosan. pingin aja, biar gak jenuh. lagian aku ingin fokuskan kerjaanku sebagai juri 2 buah lomba di smansa dua minggu lagi.

minggu pertama ini bisa dibilang minggu seru. guru guru yang gak pernah ketemu sama aku ngasi selamat, temen temenku yang memberikan selamat. minggu pertama ini belajarnya belum efektif sih, karena guru guru masih fokus kepada MPLS siswa baru. jadi sehari paling banyak cuman satu guru yang ngajar.

suatu hari, saat itu lagi pelajaran fisika. aku itu orang yang suka fisika tapi aku belum siap :(. buku fisika gaada, catetan belum punya. jadi aku bosan banget dikelas. beruntung, tiba tiba ada yang buka pintu, ternyaa petugas TU nyari aku. wah mantap, aku baru ngerasain salah satu "hadiah" yang didapat kalau jadi medalis OSN, yaitu diwawancara!.

bahkan, di minggu pertama ini, setiap dua hari sekali pasti aku dipanggil untuk di wawancara, dengan total 3 wawancara. berikut koran koran hasil wawancara:

POS BALI


TOKOH

favoritku koran terakhir, selain beritanya yang lebih panjang dan lengkap, ada paragraf ini
aduh terharu :')
padahal saat wawancara aku cuman mention aku punya blog dan ngasi alamatnya
katanya wartawannya sampe rumah baca blogku :"

aku coba iseng  googling namaku dan aku nemuin artikel ini:
https://www.posbali.id/kiat-kiat-smansa-cetak-siswa-berprestasi/

sayangnya, koran ketiga tidak ada kabar, karena aku lupa nanya itu dari koran mana :(. kalau mau baca berita berita diatas bisa di save kok fotonya nanti bisa di zoom, harusnya gak pecah pecah (kalaupun pecah masih terbaca).

lalu upacara bendera berikutnya (minggu depannya) aku diumumin.

masalah gak koding seminggu ini, karena sudah sekian lamanya aku ngoding nonstop di liburan. beberapa kali alam bawah sadarku bertindak.

-> buka email
-> oh coderclass compfest
-> buka contest minggu 1
-> baca judul
"Chanek Pen Scanner"
"time limit: 1 S"
"memory limit: 64 MB"
-> WHUAAA
-> tutup tab

sebaiknya postingan ini di akhirinya saja, karena sudah mulai OOT. tapi tenang, di waktu dekat ini bakal ada sebuah postingan lagi. tentunya aku juga berniat mengikut semua lomba yang bisa diikuti. dan aku jamin bakal ada postingan untuk setiap lomba :). beberapa kata-kata terakhir

rencana awalnya postingan ini bakal di rilis seminggu setelah OSN. tapi karena tugas-tugas kepanitiaan jadi ditunda lama deh :(. judul tulisan ini sudah beberapa kali aku ubah saat tahap menulis (secara kronologis)
-Memulai hidup baru (ga menarik)
-Libur Telah Tiba! (spoiler)
-Kembali ke peradaban (414y)
-Libur Telah Tiba! (iy, aku mikir balik lagi make ini)
-Climax (pingin yang bahasa indonesia :( )
akhirnya jadilah judul diatas, mudah mudahan cocok :P.

dan aku sukses tidak koding selama satu minggu. tetapi ternyata aku masih tidak koding 2 minggu kedepannya! karena tugas tugas panitia menumpuk!/

aku ingin curhat.
saat pengumuman pemenang,sekarang ini OSN komputer sangat berbeda dari OSN bidang lain. OSN bidang lain ada rasa deg-degan saat pengumuman. orang yang unggul pun bisa mendapat sesuatu yang tidak terduga karena ceroboh atau salah memperhitungkan lawan. sedangkan OSN komputer? selesai kontes tinggal tanya tanya aja nilai orang lain. eksursi santai, pengumuman tinggal pungut medali (kalo dapet). saat pengumuman, kalau nama orang yang nilainya lebih kecil dipanggil duluan, dipastikan kamu dapet medali lebih tinggi. sensasi deg-degan keringet dingin sangat kecil. kalau bidang lain saat pembagian emas apabila namamu belum dipanggil ada 2 kemungkinan: emas atau ga dapet apa-apa. sedangkan kom? kalau udah pede ya emas. fyi, OSN komputer jaman dulu ga dapet feedback, dan sampai sekarang Cina sebagai salah satu negara terkuat IOI seleksinya gapake feedback.

fakta OSN komputer: saat perak pertama dibacakan, semua orang sudah tahu bakal dapat apa.

aku punya visi untuk mengembalikan rasa tersebut. seru tau deg-degan gitu. tentunya mengubah sistem sangat susah. mudah mudahan setelah OSN kemarin orang tidak langsung percaya apabila dikasi tau nilai akhir mereka, tentunya aku tidak bisa melakukannya sendiri :(.

==curhat selesai

aku akan akhiri dengan kata mutiara
"aku senang apabila  ada orang yang setelah membaca tulisan ini terinspirasi untuk lebih semangat berjuang di OSN, tetapi aku bangga apabila ada orang yang setelah membaca tulisan ini terinspirasi untuk ikut ngetroll di dunia CP"

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Pelatnas 3 TOKI 2018 Minggu 3: Odd Future

I keep my ideals alive, when destiny calls
Everything is like a rust escaping me
And we're livin in a darker history
Every single excuse i've ever made
I just gotta learn to throw them all away
And i think i remember all my lies
I was always living with dead eyes
And now i gotta live everyday, more alive!

Aku merasa lirik dari anime boku no hero ini sangat bisa dikaitkan dengan perasaanku dalam minggu terakhir ini.
(Lirik B.Ing biar ga full wibu: https://www.youtube.com/watch?v=WJxWIsI0DNc)

Senin, 21 Mei 2018

Minggu terakhir di pelatnas, pokoknya minggu ini aku gamau mikir banyak selain belajar. Gaada lagi ke acara random ke detos untuk beli baju (walaupun baju rumahanku cuman 2). Aku udah blokir youtube di hpku juga.

Hari ini ada pengajar baru, yaitu Kak Sergio. Aku inget dulu waktu masih kelas 11 ikut compfest terus nyapa Kak Sergio di toilet dan dia menghindar, jadi aku termotivasi untuk melakukan sesuatu yang membuat Kak Sergio notice aku :) dan sekarang aku bakal diajarin Kak Ser…

Mengikuti ICPC 2018

ah, ICPC. Singkatan dari International Collegiate Programming Contest. Perlombaan paling bergengsi untuk anak kuliahan. UI sendiri cukup aktif mengikuti perlombaan ini. Aku sebagai Maba dapat kesempatan untuk mengikuti lomba ini dan dapat keluar negeri juga. hehe. Berikut cerita ICPCku tahun ini. Selamat menikmati.

Pembentukan Tim


Di UI ada seleksi untuk pembentukan tim ICPC yang nantinya akan mewakili UI ke regional yang ke luar negeri. Seleksi ini dibuka untuk seluruh UI, kating-kating sampai maba boleh daftar, bahkan untuk non fasilkom pun boleh (Pak Denny bilang pernah ada anak FMIPA lolos :O).

Seleksi ini cukup singkat. Ada 3 kontes. 2 kontes pendek dan 1 kontes panjang.

Kontes pendek itu durasinya 2.5 jam dan ngerjain di lab. Dapet poin berdasarkan ranknya yaitu max(18-rank,2). Kontesnya di Vjudge.

Kontes panjang itu durasinya 1 minggu dan dapet poin cuma berdasarkan jumlah solve. kontesnya dari selasa - selasa depannya.

Ini aku ada kendala di laptop. Jadi laptopku saat itu (ROG…