Skip to main content

Pengalamanku Membuat Soal untuk Smansa (+soal dan pembahasan)

*Sebelumnya aku mohon maaf, karena tulisan ini sebenarnya dijadwalkan selesai sebulan yang lalu namun karena aku lagi sibuk dan malas akhirnya baru selesai sekarang.*

Jadi baru-baru ini (tanggal 23-24 Juli) di sekolahku SMA Negeri 1 Denpasar mengadakan dua buah lomba matematika untuk anak SMP se-Bali.

Tanggal 23 Juli adalah lomba yang diadakan oleh SMART (Smansa Mathematics Authorized Reliable Team), klub matematika kita. Nama lombanya SPMC (Smansa Pure Mathematics Contest). Jadi ini intinya lomba matematika perorangan pada umumnya, dengan sistem normal yaitu penyisihan lalu final. pernah ada pesan khusus buat aku, soal logika gak boleh :v. Oh iya ini lomba baru diadakan untuk ketiga kalinya!.

 Sedangkan tanggal 24 Juli adalah lomba yang diadakan oleh SCC (Smansa Computer Community), ekstra komputer kita. Kalau yang ini nama lombanya Matematika logika (biasa disingkat matlog). sebenernya Matematika logika ini bagian dari rangkaian acara lombanya SCC yaitu TDC (Three Divisions Competition) yang berlangsung dari 24-27 Juli. Lomba-lomba yang diadakan: Matematika logika, LCC, Desain Blog, Desain Poster. Oh iya Matematika logika itu kayaknya istilah yang kita buat sendiri. Sebenernya soal yang diujikan itu matematika diskrit tapi biar tidak kedengeran serem di mata orang awam. TDC udah diadakan untuk ke delapan kalinya. Lomba matlog ini bertim (2 orang)

 Nah, aku termasuk Sie Soal (pembuat soal) di kedua lomba ini :). Aku ingin nyeritain gimana serunya.

 Sebelumnya, tahun lalu aku juga jadi pembuat soal di dua lomba diatas, namun karena aku masih sangat cupu (skill = gak lolos OSK) jadi soal-soalku sangat kurang kualitasnya, bahkan tahun lalu soal final matlog dari 10 soal ada 4 soal yang tidak ada bisa menjawab!. Kalau ada yang minta soal tahun lalu aku gamau ngasih karena malu :(.

 Tahun ini sudah berbeda, kemampuanku mendingan lah. Berbekal pengalaman membuat soal tahun lalu dimana aku minta lembar jawaban adik-adiknya untuk aku analisis tahun depan, aku merasa bisa membuat soal-soal berkualitas tahun ini.

ingat aku itu Sie soal, buat pembuat soal sendiri. Ada tim pembuat soal. Jadi kita bagi-bagi tugas. karena aku memiliki cukup banyak pengalaman, akhirnya akulah yang membuat semua soal final untuk lomba-lomba tersebut

Demi kenyamanan bercerita, ini link soal-soal final tahun ini
Final SPMC: https://www.dropbox.com/s/z5wry9gwmw83c1l/SPMC%20final.docx?dl=0
Final TDC: tinyurl.com/finaltdc2017

Awal Tahun

YA! aku sudah mulai membuat soal jauh-jauh hari sebelum lombanya direncakan. yaitu Februari!. Sebenernya fokusku lebih ke buat soal TDC karena tdc freestyle gitu soalnya jadi aku bisa keren-kerenan buat soal.

Sebenarnya dari selesai TDC  tahun lalu  aku udah ada ide untuk sebuah "tema" tahun ini. Bahkan aku sudah ada ide untuk konsep pengerjaan soal yang aku rasa belum pernah di Indonesia (kalau ternyata sudah, setidaknya belum pernah untuk lomba SMP) yaitu jawab soal dengan program!. Beberapa soal pun dari tahun lalu sudah kepikiran jadi aku simpen idenya di folder khusus.

Penjelasan: final TDC memiliki sistem pos. Jadi awalnya setiap tim dibagi-bagi ke pos untuk mengerjakan soal. saat waktu habis tim tinggal pindah pos, dimana setiap pos itu bersebelahan. Tujuannya sih agar tim bisa mengeksplorasi semua soal dan tidak kehabisan waktu di satu soal saja ;)

Tahun ini TDC  berbeda soalnya yaitu soal final bertema. temanya adalah aku yang bisa kagebunshin untuk mengerjakan 3 bidang. jadi intinya ada 3 aku, yang bisa komputer (G0), matematika (G1), dan astronomi (G2). ini berdasarkan pengalaman asli karena aku pernah mengikuti 3 bidang tersebut. karena tahun lalu banyak yang sakit hati karena nama tokohnya "Galang" maka tahun ini kalau ada "Galang" aku samarkan jadi "G" saja.

Salah satu kendala final tahun lalu adalah finalnya kelamaan, 5 pos dan 1 pos 30 menit dan setiap pos jumlah soal bisa beda-beda tergantung tingkat kesusahan (bisa 1 soal susah, 2 mudah 1 sedang, atau 2 sedang). nah tahun ini aku cuman buat 4 pos dan dipukul rata 2 soal per pos. untuk setiap pos pun aku ingin satu soal mudah dan satu soal menengah/susah.

Agar sesuai tema, maka tema soal tiap pos:
-pos umum, jadi intinya ketiga bayanganku terlibat
-pos matematika, intinya G1 yang terlibat dan soalnya tema matematika
-pos komputer, intinya G0 yang terlibat dan soalnya tema komputer
-pos astronomi, intinya G2 yang terlibat dan soalnya tema astronomi

Aku sudah dapat 4 ide soal pertama dari selesainya TDC tahun lalu, dan dapat ide terakhir selesai mengikuti STATION ITS 2017
-soal segel-segel naruto ( sekarang jadi pos 1 soal 1)
-flowchart (sekarang jadi pos 1 soal 2)
-adu kekuatan (sekarang jadi pos 3 soal 1)
-adu kekuatan 2 (batal :v)
-Salahbacasoal (sekarang jadi pos 2 soal 1)
*catatan: tidak seperti soal programming, soal-soal ini sebenarnya tidak punya nama resmi, cuman aku kasi nama di blog ini agar mudah di refrensikan


Saat itu soal tersebut masih merupakan ide-ide doang. karena waktunya masih sangat lama. aku pun SANGAT santai membuat deskripsi soalnya. Buat deskripsinya pun ga ngambis. kadang bisa seminggu ga kerja apa-apa, kadang bisa sehari jadi 2.

pertama aku buat soal segel-segel naruto. itu waktu itu masih bentuk mentah. kurang lebih kayak gini versi awalnya.

nanti kalau udah fix  tinggal ganti jadi simbol aja

caranya aku buat soal ini itu adalah tentukan jawaban akhir. 4 baris pertama aku buatnya kira-kira tergantung jawaban akhir. nah habis itu aku coba jawab manual dan ternyata ada banyak banget kemungkinan. Jadi untuk mengurangi aku tambahkan baris kelima. Setelah itu agar pasti aku buat program C++ untuk ngecek banyaknya kemungkinan. dan ternyata masih banyak tapi kemungkinan yang tidak di inginkan memiliki sesuatu yang sama. jadi aku tinggal tambahin baris ke enam dan setelah di cek di programku cuman ada satu kemungkinan.

tentunya, karena aku yang buat sangat susah mengecek tingkat kesulitannya karena aku sudah tahu jawabannya. maka aku minta bantuan salah satu guru matematikaku (yang ternyata akan menjadi juri lomba ini) untuk coba menjawab.
pura-pura ketemu soalnya di internet

asik berarti soal ini sukses. Saat itu aku masih ngelatih adik kelasku Jennifer untuk OSK komputer yaudah jadi aja aku kasi dia sebagai salah satu latihan dan dia cuman perlu waktu 20 menit untuk jawab. Oh iya karena aku takutnya dia bakal ngasi temennya karena soalnya seru, aku bilang bahwa aku yang buat soal ini sebagai entry dalam lomba "cipta soal puzzle urutan tersusah" dan aku bilang kalau kamu sebar, nanti dia juga nyebar, dan akhirnya soalnya terkenal nanti aku dikira plagiatin soalnya orang lain dan bakal di diskualifikasi.

trivia: Sebelum aku jadi pembuat soal TDC, babak final TDC ada pos buat program menggunakan pascal. Nah aku ga setuju ini karena anak SMP belum lancar pascal jadi dia harus kebut semalam belajar itu. Saat aku jadi pembuat soal tahun lalu aku pun berjuang untuk menghapus pascal dari TDC dan sukses!. Final tahun lalu murni jawab soal

Tahun ini, aku ingin bereksperimen yaitu menjawab soal menggunakan program. bukan ngoding tapi kita menggunakan semacam program bantuan gitu untuk jawab soalnya. Aku sudah dapat ide salah satu soalnya dari tahun lalu, yaitu adu kekuatan, (dan adu kekuatan 2)

Aku buat deskripsi adu kekuatan. itu awalnya panjaang banget deskripsinya, sampai 2 halaman!. trus aku masih gatau kekuatannya adi maunya berapa yaudah aku jadiin X aja dulu. Aku sih diemin aja deskripsinya panjang karena bisa aku perbaiki belakangan. Nah deskripsi adu kekuatan 2 jadi pendek banget (cuman 4 baris) maka aku ngerasa sih gaapa adu kekuatan 1 panjang deskripsinya karena diimbangi dengan deskripsi pendek. jadi untuk saat itu soal pos DUA sudah selesai (waktu itu soal pos ini aku jadiin pos 2 biar ngurut G0 G1 G2).

Karena OSK H-2 minggu maka buat soalnya aku pending dulu untuk fokus OSK. iya, OSK terakhir aku harus serius belajarnya. Sekalian aku juga bina Jennifer. saat itu soal yang udah punya deskripsi baru tiga aja.

Selesai OSK

OSK sudah selesai! aku punya beberapa waktu untuk ngerjain soalku lagi. Kali ini aku buat deskripsinya soal salahbaca. Itu soal kisah nyata saat aku ngerjain soal penyisihan Statistics Competition ITS bulan januari lalu :v.

==flashback dimulai
jadi ceritanya aku ikut lomba Statistics Competition ITS (STATION). Itu lomba bertim berdua, aku sama Ananda. saat penyisihan aku nemu soal itu (x=15,y=10). dan aku salah baca soal. "AH EZ NIH! 15x10 = 150". Aku silang juga di soalnya agar bisa di koreksi selesai lomba.

nah selesai lomba, Ananda ngecek jawabanku. dia liat aku cuman nulis 15x10 = 150 di soalnya trus dia bingung kok kayak gini caranya?. aku cek, yah salah baca soal. Aku langsung panas mendadak dan dengan pasrah aku hitung jawabannya yang bener. Wah kebetulan sama!. aku pun langsung teriak-teriak.

oh iya akhirnya kita menang lho lomba itu!, dapet juara 3

ada angka "2" yang ketutupan

==flashback selesai

Buat deskripsi soal ini sangat mudah. Kalau aku bilang, perbedaan deskripsi awal dan akhir soal ini paling sedikit. Yang aku inget cuman digantinya "minimal 8" jadi "tidak kurang dari 8". kenapa minimal 8? agar semua peserta jawab x=15, y=10 :). (itu nilai minimal yang memenuhi)

Nah akhirnya aku buat deskripsi flowchart. Ini deskripsi awalnya ceritanya sangat kompleks dan habis dua halaman padahal yang diminta sangat sederhana. tapi gaapa lah. aku buat contoh flowchart dan flowchart di kunci jawaban aku buat pake aplikasi online (ternyata ada Online flowchart maker :| ). ini bisa jadi soal yang deskripsi awalnya di rombak habis-habisan dan setelah dirombak pun aku masih ngerasa deskripsinya panjang :"

Di deskripsinya aku berikan contoh flowchart karena pengalaman tahun lalu bahwa soal yang mengandung istilah tertentu harus diberikan contoh agar peserta mengerti. Memang aku ingin agar TDC peserta bisa mencoba menjawab semua soalnya tanpa pengetahuan spesifik tertentu.

sampai disini soalnya aku pending lagi, karena gaada ide :|

Setelah OSP

H-1 OSP aku dipertemukan lagi dengan Tama yang menjadi bahan konspirasi saat SMP. jadi aku pernah baca artikel kalau sebuah nama bisa dijadikan 13 maka itu nama mencurigakan (contoh FBI = 6 2 9 -> 6 - 2 + 9 = 13). nah saat SMP aku pernah buktiin Tama = 20log(1) + 13/1 jadi Tama mencurigakan. aku juga pernah buat cocoklogi maut untuk Tama. Sebaiknya gak aku kasi tau nanti Tama beneran dicurigai :).

Jadi intinya aku ngerasa bisa buat soal memanfaatkan membuktikan nama-nama mencurigakan. Tentunya aku harus coba sendiri namanya terlebih dahulu. Agar tidak ada yang protes, maka aku hanya akan menggunakan nama-nama anak Divisi Programming SCC.

ternyata membuktikan nama-nama mereka mencurigakan sangat mudah ~_~. semakin banyak A-> semakin mudah saja. bahkan semua anak-anak divisi programming dapat dibuktikan hanya menggunakan tambah kurang kali bagi (kecuali Dode).

Aku pun akhirnya mencoba mencari nama-nama yang lebih susah. akhirnya ketemu Vince yaitu 22 + sqrt(9) – 14 – 3 + 5. lumayan lah ada akarnya. dan ketemu nama yang LEBIH susah lagi yaitu AYU = phi(arcsin(1)) - sqrt(25) - phi(21) dimana phi(x) itu euler totient dari x.  Ini baru susah namanya :v. jadi saat itu aku punya 7 nama. aku simpen aja semua untuk saat itu.

Saat itu, soal pos komputer masih adu kekuatan 1 dan 2. intinya soal adu kekuatan 2 itu adalah nebak mana yang lebih besar, A^B atau C^D?  (a,b,c,d sudah diketahui). Program bantuan yang dipake untuk ini adalah kalkulator scientific laptop :P. Ya, aku ngerasa ini soalnya curang karena memerlukan pengetahuan tentang fungsi logaritma dan unsur logikanya kurang tapi mau gimana dong, gaada pengganti.

tapi semua berubah di dalam mimpi. Aku ada ide untuk sebuah soal tebak nama. Tapi karena untuk program pos ini batas nebaknya harus tidak terbatas jadi tentunya mudah apabila banyaknya kata benar dikasi tau. maka aku buat semacam range gitulah untuk jawabannya. Aku awalnya gapunya solusi pasti untuk nemuin jawabannya kecuali kalau udah ketemu 4 kata pertama tapi aku yakin ada solusi pastinya. aku juga tes ke Jennifer tapi dia dapetnya TIDAK MUNGKIN mulu :(

aku turunin tingkat range tidak mungkinnya jadi 0-2. berharap lebih mudah.

dengan demikian aku sudah punya pengganti untuk adu kekuatan 2. untuk saat itu, bisa dibilang inilah soal tersulitnya karena penulisnya sendiri pun tidak memiliki cara pasti untuk menjawab soal ini :v. dan dengan demikian, semua soal untuk pos ini memerlukan program bantuan. Saat itu pos ini masih menjadi Pos 2, aku akhirnya tuker jadi pos 3. agar peserta yang stress sehabis ngerjain soal segel gak tambah stress ngeliat soal program :P.

Dengan demikian, sudah 3 pos aku selesaikan. tinggal pos astronomi.  aku sudah ada ide untuk salah satu soalnya (tebak grup, pos 4 soal 1). Intinya sih tebak tebakan tapi mainin klausa "jika maka" biar ribet namun saat itu susah kebayang gimana caranya biar jadi susah. yaudah aku pending aja buat soalnya karena toh juga tugasku tinggal buat 2 soal lagi. SPMC final sama sekali belum kukerjakan. aku pikir mudah ah, toh SPMC buatnya soal straightforward.

Kesalahan besar!

Menyebar Informasi 

sebenernya buat soal diatas, aku hanya mengambil inisiatif sendiri. dari Pihak Klub dan ekstra belum melakukan atau mengumumkan lombanya untuk tahun ini. sekitar Akhir Mei selesai UAS baru di umumkan. Jadi untuk SPMC, tim pembuat soalnya adalah:

-Aku (kordinator)
-Krishna
-Jennifer (asisten kordinator)
-Pram

kalau untuk TDCnya, karena sie soal itu untuk matlog dan LCC maka dari sie soal dibagi lagi mana yang buat matlog, mana yang buat LCC. untuk yang buat matlog cuma 2

-Aku (Kordinator)
-Semara

Jadi saat rapat SPMC sie soal yang dateng cuman aku sama Jennifer doang. Awalnya aku masih mau niat kaya tahun lalu full buat soal penyisihan + final 2 lomba, tapi sekarang aku udah punya adik kelas ya aku manfaatkan dong. Jadi akhirnya kita pun bagi tugas, Aku buat final, Jennifer dan Pram buat penyisihan. Krishna bantu-bantu nyumbang soal kalau dia ketemu soal bagus, karena Krishna itu orang sibuk sering lomba matematika keluar negeri biar bisa fokus itu.

Karena Jennifer ini belum pernah mengikuti olimpiade matematika saat SMP dia pun bingung tentang materinya (dia nanya boleh masukin intergral gak). aku beri tau kalau di matematika ada 4 sub-bidang yaitu teori bilangan, aljabar, kombin, dan geometri. Aku bilang teori bilangan dan kombin kamu pasti tau karena itu yang diujikan di OSN komputer.

Berbekal pengalaman tahun lalu dimana soal-soal penyisihanku sangat susah (medalis perak OSN aja cuman jawab 13 dari 30), maka aku pun mengurangi drastis tingkat kesulitan soal tahun ini. Aku pun berpesan kepada Jennifer kalau soalnya gausah olimpiade semua. dia kan bagi tugas sama pram masing-masing buat 15 soal, masing masing 10 soal itu soal pelajaran biasa aja, 5 yang olimpiade. Karena populasi anak olimpiade SMP sekarang lumayan sedikit jadi orang bisa menikmati lah soalnya.

Di lain sisi, untuk TDC karena cuman berdua jadi sangat enak komunikasinya. Semara ini pinter banget programming, dia sudah pernah jebolin Wifi sekolah dan hotspotku dan dia juga  pernah buat OSnya sendiri. Tapi sayang kalau masalah matematika Semara ilmunya kurang karena tidak punya pengalaman mengikuti lomba matematika (dan komputer). Untuk masalah soal aku gak bilang terlalu banyak untuk Semara. aku cuman bilang kamu buat penyisihan 40 soal, aku buat finalnya. materi bebas yang penting logika. 

akhirnya pembuatan soal dimulai secara resmi. Aku sebagai kordinator soal di kedua lomba berpesan kepada tim pembuat soalnya. " aku sudah ngerjain ribuan soal, kalau ada soal copas aku pasti tau"

Tentunya agar kabar tentang lombanya menyebar, kita juga harus nyebar informasi ke sekolah-sekolah tentang lomba kita. Beruntung bagiku, untuk TDC hanya adik kelas yang nyebar. tapi untuk SPMC aku pun ikut nyebar. aku dapet tim nyebar sama 2 adik kelas yaitu Adnya dan Sherida. Sayangnya keduanya LINEnya tidak aktif jadi mempertemukan mereka kaya berburu pokemon langka saja.

Nyebarnya cuman 3 hari (5-8 Juni). jurnal hari-hari nyebar

-3 Juni

Sebenernya nyebar mulai tanggal 5 Juni (senin), tapi ada sekolahnya tante temenku yang sudah siap untuk disebar hari Jumat jadi itu kita sebar duluan (SMA Negeri 2 Abiansemal). Tim nyebarnya sama temen-temen se-angkatan yang sudah berpengalaman, yes. oiya ini nyebar sekalian sosialisasi lomba

Jadi kita ganti-gantian ngomong gitu. entah kenapa ya tiap aku ngomong mereka ketawa. Bisa dibilang nyebarnya sukses karena ada yang berminat.


Foto bareng di akhir sosialisasi

-5 Juni

Ini hari nyebar yang sebenernya bersama timku. Nah beruntung Adnya ketemu di depan. pagi-pagi adiknya dikasi jaket klub dulu (adiknya belum dapet jaket). habis itu mulai nyebar deh. karena Sherida gak dateng akhirnya aku berdua aja sama Adnya. dapetnya banyak sekolah tapi deket-deket dengan sekolah kita yang sebenernya bisa dicapai dengan jalan kaki (kecuali Smp 1 denpasar) tapi karena aku orang malas akhirnya naik motor juga.

Sudah tradisi kalau aku nyebar, harus fotoan di depan tanda sekolah untuk meninggalkan jejak. Ini gaada instruksinya sama sekali dan murni niatku doang dengan tujuan aku post di grup agar orang-orang yang gak nyebar jadi semangat nyebar. sayangnya aku punya kebiasaan parah untuk sering lupa fotoan. dan baru ingat di dua sekolah terakhir. cukup lah berdua masing-masing satu


SMP Saraswati 1 Denpasar

SMPN 1 Denpasar

Selesai nyebar balik deh...

-4 Juni

Timku gaada yang dateng (atau dateng tapi ga ketemu, hmmm). jadi bagian nyebarku hari ini aku ambil aja. ga seru banget nyebar sendiri jadi aku pulang...

-5 Juni

Hari ini jadwal nyebar yang jauh. Nah timku gaada lagi :(. trus aku pingin banget ke petang fotoan di jembatan petang. Akhirnya karena ada yang ga dapet pasangan (Eka( aku sama dia aja deh nyebarnya. lumayan jauh kita dapet SMA 1,2,3,4 Petang. karena aku gatau jalan dia jadi GPSku seperti bilang belok kiri,kanan,lurus tiap kali ada persimpangan. seperti biasa... aku lupa kalau pingin fotoan sampai di tujuan terakhir, yaitu SMA Negeri 3 Petang. Jadi biar adil aku kasi adiknya aja yang foto


SMPN 3 Petang

Setelah itu singgah bentar di jembatan petang. tahun lalu aku dapet fotoan disini saat nyebar SPMC tahun lalu. AKu ingin fotoan dengan gaya yang sama sebagai perbandingan perbedaan muka tahun ini dan tahun lalu




Berikut perbandingannya:


kiri: tahun lalu. kanan: tahun ini
kok aku merasa kerenan tahun lalu ya...
Yaudah pulang deh habis itu. maunya mampir beli sate tapi karena sudah capek rasanya pingin tidur aja dirumah...

oh iya kondisi soalnya saat ini masih sama. TDC baru jadi 3 pos, SPMC belum dibuat sama sekali.

Masa-masa Jaga Stand (12 Juni)

Iya, aku ngurusin dua lomba, tapi diatas kok rasanya banyakan ngomongin TDC yah :|. Kebetulan untuk jaga stand TDC itu senior gak terlalu terlibat jadi ini bagian ini bisa dibilang khusus SPMC :)

Jadi jaga stand itu maksudnya jaga stand pendaftaran. Kalau ada orang yang mau daftar lomba dia bisa daftar di stand kita atau bisa daftar online. Bagi yang di daerah denpasar sih lebih enak daftar langsung di stand...

Sebenernya Buat senior gaada jadwal jaga stand yang pasti (bahkan gak perlu jaga stand) tapi karena menurutku jaga stand itu seru banget, karena ekstra dan klub lain juga jaga stand jadi aku bisa keliling-keliling untuk bersosialisasi dan tentunya main bermacam-macam games kartu seperti kartu remi (paling terkenal split, lalu minum (cangkul di luar Bali)), UNO, werewolf (ini sebenernya aku cuman ngeliatin aja orang main...). jadi aku ke stand secara sukarela setiap hari.

Oh iya aku paling suka main UNO... aku kalau main rame-rame gapernah lebih parah dari juara 2

Saat minggu pertama jaga stand itu ada Training centre OSN. beruntung karena yang komputer belajarnya pagi doang, siangnya aku bisa jaga stand. Nah kadang stand kita terlantar atau cuman ada satu orang, jadi tidak jarang kalau aku sendirian yang jaga stand. biasanya jam 2 atau 3 aku pulang.


deja vu
Saat minggu pertama jaga stand aku masih ga terlalu peduli dengan OSN, aku kiranya "ah osn lagi sebulan, santai". baru saat selesai simulasi 2 OSN tanggal 18, 4 orang dapet perfect score.

Aku akhirnya tersadar bahwa OSN ternyata lagi 2 minggu! dan disaat aku main UNO ada orang yang intensif belajar buat OSN. akhirnya minggu kedua jaga stand aku pun tobat dan gak ke stand lagi. bahkan aku gamau keluar dari kamar untuk belajar kecuali untuk hal-hal dasar seperti mandi dan makan.

Aku itu fokus belajar buat OSN selama 4 hari (dari senin sampai kamis) dan untuk kejelasan bisa baca tulisan "OSN bagian 1". mulai jumat kepalaku mulai panas setela ngerjain puluhan simulasi jadi aku main lagi deh ke stand. ah segernya enak banget di stand.

Minggu terakhir sebelum OSN, aku punya strategi yaitu pagi belajar, trus siangnya ke stand. dan berhasil. Jadi paginya aku tetep belajar buat OSN, siangnya ke stand. sukses bagi waktu!

Trus aku juga mulai menyusun strategiku untuk jualan pie susu. buat google docs dan tanya ahlinya pie susu.

Minggu terakhir ini aku juga sempet nanya Jennifer dan Pram, Tim soal gimana kabar soalnya. Pram katanya sudah selesai dan ngirim, sedangkan Jennifer sudah mau selesai. oh aman...

Akhirnya hari-hari terakhir menuju OSN ini aku gunakan untuk fokus OSN, targetku tentunya emas karena aku wakil satu-satunya Smansa

Kalau masalah soal TDC. Semara sudah menyelesaikan soalnya dan minta dikoreksi tanggal 30 Mei. Soalnya secara total sudah bagus, namun dia menggunakan tokoh-tokoh anime dan ada beberapa soal yang sangat aneh. ada beberapa soal ngelawak seperti "hasil dari (0,5 + 0,6)^2" yang tidak ada logika untuk mengerjakan. Soal terparahnya menurutku adalah soal ini


Galang: "ini bukan seperti yang aku kira kan?"
Semara: "iya ini seperti yang kakak kira"



Apabila soal-soal aneh tersebut tidak difaktorkan, soal-soalnya semara jauh lebih mudah dari soal tahun lalu, jadi aku ngerasa 90 menit berdua untuk ngerjain 40 soal terlalu cepat. jadi aku minta tahun ini soalnya 50 aja. 

Totalnya aku nyuruh ganti lebih dari 11 soal.  dan aku berharap sepulangnya aku dari Riau sudah beres.  Semara gak sendirian buat soal penyisihan karena aku juga nyumbang beberapa soalku. Seperti

Di lain sisi, untuk soal final kedua lomba tersebut, selama di Stand  aku akhirnya nemu juga soal pertama SPMC. itu dapet idenya saat aku ngerjain soal penyisihan PCS 2017. aku tes di Jennifer dan dia bsa jawab.

Berangkatlah ke OSN, selama di OSN tentunya aku ga mikirin buat soal. Mungkin bisa baca cerita OSNku yang sudah dibagi menjadi 3 bagian untuk cerita selama di Riau. Berikut kejadian sepulangnya dari Riau

2 minggu tanpa koding

Di OSN bagian 3 aku sempet nyinggung kalau aku sepulangnya dari sana aku 3 minggu ga koding. nah minggu terakhir itu karena aku sakit sedangkan 2 minggu pertama aku bilang ada "tugas kepanitiaan" dan inilah dia!

Jadi sepulangnya aku dari OSN itu aku baru sadar bahwa soal untuk pos 4 belum terbentuk sama sekali! dan soal SPMC final masih kurang lagi 3. Jadi aku ingin menyelesaikan tugas-tugas ini. Aku sih awalnya mau menargetkan 1 minggu tanpa koding untuk fokus buat soal ini.

Aku baru ingat kalau aku sudah punya ide untuk salah satu soal untuk pos 4 yaitu yang  tebak grup. jadi itu aku tentuin dulu jawabannya (ADF BCE) lalu aku buat kondisi-kondisi yang menyesuaikan. Jadilah kondisi-kondisi kecuali 3 kondisi terakhir. Nah aku coba buat program c++ dan ketemu dua kemungkinan jawaban yaitu (ACD BEF) dan (ADF BCE). akhirnya aku tambahkan 2 kondisi lagi agar jawabannya cuman (ADF BCE). trus kan jawabnya bisa (ADF BCE) atau (BCE ADF) nah biar cuman ada satu kemungkinan jawaban maka aku tambahin kondisi bahwa A kelompok 1.

Ternyata ada kesalahan FATAL, yaitu seharusnya kondisinya "A pasti sekelompok dengan salah satu dari E atau F", entah apa yang aku pikirkan jadi aku nambahin kata menjadi "-A pasti TIDAK sekelompok dengan salah satu dari E atau F".  jadi (ACD BEF) masih menjadi solusi. ini aku gak sadar sampai lombanya dimulai dua minggu lagi!

Minggu pertama ini akhirnya aku bisa menuntaskan soal final SPMC. itu tiap sub-bidang harus diwakili dan karena aku lemah di geometri makanya soal geometrinya kayak gitu biar mudah diperiksa. sip tinggal fokus TDC.

Selama seminggu ini juga program pos 3nya semara sudah jadi namun sudah beberapa kali di modif karena aku nemuin bug terus.

Hari sabtu akhirnya aku ada ide untuk soal terakhir, yaitu tentang eulerian. Jadi biar seru aku perlu gambar keren yang bisa digambar. Awalnya sih biar ga terlalu susah aku rencananya titiknya cuman 7 aja. Karena Jiwa seniku kurang, aku coba kasi challenge di grup LINE OSN komputer ada gak yang bisa buat gambar abstrak dengan 7 titik aja. banyak yang ngirim tapi ternyata batas yang bisa dibuat dengan 7 titik sangat sedikit jadi tidak ada yang aku pakai


aku coba google gambar abstrak dengan garis doang... hasilnya tidak memuaskan

gila aja pake ini :v

Jadi akhirnya aku coba cari gambar sederhana anak SD. dan ketemu ada anak SD gambar mobil pake kotak-kotak doang. tapi mobilnya gaada roda jadi aku modif dikit. nah ini keren walau titiknya ada 28. aku modif dikit biar kayak rasi bintang mana ada yang lurus mulus. Gambar graf akhirnya aku pake aplikasinya csacademy. keren bisa di bengkok-bengkokin grafnya jadi beneran kaya rasi bintang.

Versi awal soalnya sangat sulit, selain harus menambah-nambahkan garis MINIMAL agar dapat digambar dengan tangan, solusi penggambaran juga harus dibuat. ini sih aku pikir terlalu susah karena anak SMP belum belajar graph teori. Untungnya aku menemukan cara untuk mempermudah soalnya. Kan garis minimalnya ada 4, jadi sudah diketahui harus nambahin tepat 4 garis. trus kasi nilai parsial tergantung persentase gambar yang dibuat. jadi walaupun mungkin tidak ada yang menjawab dengan sempurna, tapi mendapatkan nilai 6-8 untuk soal ini terjangkau lah...

Hari minggu, soalnya sudah diminta sama juri dan sayangnya aku belum selesaikan deskripsi soal terakhir. yaudah aku kebut dan senin aku rampungkan deskripsinya, aku baca ulang dan sunting-sunting agar singkat tapi tetap mengandung cerita inti. Trus karena soal nama mencurigakan masih ada 7 nama, akhirnya terpaksa vince dan ayu aku hilangkan padahal jawabannya menarik. agar nama-namanya semua anggota divisi programming

aku berikan ke juri dan juri pun jawab.


kembali ke soal segel-segel itu. aku udah konversi dari bilangan ke segel, lalu urutan eksperimennya aku acak. nah saat aku serahkan ke juri, jurinya ga nemu jawabannya. Jurinya udah bener dia caranya pertama ubah jadi angka, aku bilang jawabannya 6 2 5 3 tapi jurinya bilang gamungkin berdasar eksperimen pertama. aku cek, astaga ada yang salah saat aku ngacak eksperimennya. tapi mudah sih benerinnya tinggal cocokin 6 2 5 3 sama semua eksperimen dan bener deh...

untung saja jurinya ngecek soal ini, kalau enggak, sayang banget soal indah ini terbuang sia-sia :")

Soal final kedua lomba sudah selesai, maka tugasku sebagai pembuat soal selesai.
eits...

Masalah tentang penyisihan dateng. ada masalah minor di soal TDC dimana soal-soal barunya semara masih ada yang bermasalah seperti terlalu banyak soal kalimat logika konvers,invers,kontraposisi (satu aja cukup) dan masih adanya soal hitungan mudah seperti "3375 x 2235". total aku suruh ganti 6 soal. Tentunya aku juga bantu ganti. jadi aku ganti 4, dia ganti 2.


Kalau masalah di penyisihan SPMC agak fatal. Jadi aku minta Jennifer coba kirimin soal buatanmu dan buatannya Pram. trus aku bingung kok buatannya Pram itu "soal dan pembahasan OSK 2014" ya?. Jennifer bilang Pram suruh pake itu aja, tentunya aku gamau karena baru diajarkan "Integritas adalah masa depanmu!" dan sekolahku juga baru-baru ini dapet hadiah sebagai Sekolah Berintegritas.

Karena masalah-masalah itu, dan lombanya H-7, akhirnya aku terpaksa mengambil vakum seminggu lagi dari koding. hari itu OSN part 3 belum kubuat sama sekali! padahal aku janjinya seminggu setelah OSN :"

Untuk SPMC akhirnya aku bilang yaudah, aku deh buat bagiannya dia tapi Jennifer buat 20 ya... aku buat 10. 

Dimulailah H-7 yang sangat mengkhawatirkan.

H-7 lomba

Hari minggu ada TM untuk lomba SPMC dan aku ikut duduk didepan, tugasku jawab-jawab pertanyaan yang berkaitan dengan materi

TM SPMC tahun lalu

setelah setahun, akhirnya aku berhasil bergeser 1 posisi :)
tunggu dulu, aku masih posisi kelima -_-

hari senin dan selasa bukannya mulai buat soal, aku malahan mulai nulis OSN bagian 3!.


untuk penyisihan TDC karena buat soalnya relatif mudah dan aku selesaikan bagianku dengan cepat. beberapa soal yang kusumbangkan:







Untuk soal pertama, Letak soal diatur sedemikian rupa agar pilihan E berada pada halaman selanjutnya




Mulai hari Rabu aku mulai buat soal SPMCnya, aku targetkan minimal 3 soal perhari. tentunya di tim kita masih ada Krishna yang tentunya mau bantu buat soal. Aku tuh suka banget buat soal kombin, jadi inilah yang ada pada bagian soalku:
-soal aljabar receh
-soal kombin susah
Setelah baca soal-soal kombinku menarik juga ya :v, tapi sayang soal-soal lainnya biasa aja. Di hari jumat aku sudah buat 8 soal. dan Jennifer sudah buat 15

H-2 lomba

Nah ternyata Jennifer merasa ga adil dia buat 20 aku buat 10. katanya dia buat 10 aja sudah setengah mati. Aku akhirnya kasihan yaudah aku buat 15 deh. aku menghubungi Krishna tolong dong buatin soal geometri soalnya aku gabisa buat soal geometri. akhirnya krishna buat soal geometri. karena sisa lagi 7 soal, aku buat 4 soal dan Krishna buat 3 soal Geometri.

Aku dan Krishna akhirnya berencana kerja kelompok di rumahnya, tapi sayang saat aku sampai Krishna lagi turnamen mobile lejen trus langsung ngegym. akhirnya buat sendiri-sendiri deh. malamnya aku ngerjain puluhan soal brilliant dan soal-soal yang orang post di grup OSN matematika untuk mencari inspirasi (bukan copas yah :v).  Jadi maksudnya teknik-teknik penyelesainnya coba diterapkan di soal-soal lain. Akhirnya ketemu deh 4 soalku. 

Namun gaada ide. Tetapi aku masih ingat ada "soal cadangan" tahun lalu. beberapa soal yang tidak jadi dipakai tahun lalu. aku terselamatkan

nah aku berharap Krishna bisa menyelesaikan bagian soalnya. Krishna bilang mau ngasi soalnya besok aja (aku sih curiganya dia belum selesai).

Sambil nunggu, aku baru nyadar aku belom buat pembahasan soal-soalnya untuk para juri (TDC dan SPMC). jadi karena SPMC duluan akhirnya aku buat. Pembahasan soalnya cukup straightforward jadi tidak membutuhkan banyak waktu.

H-1 lomba

Pagi harinya saat aku ngidupin laptop untuk ngelanjutin, aku baru nyadar aku lupa ngecharge laptopku kemaren dan batrenya sekarat!. untung saja aku bawa flashdisk sakti dari TOKI jadi aku kerjain dan save di flashdisk nanti kalau laptopku mati tinggal pindahin aja.

Nah pagi-pagi Krishna udah nyari aku dan benar saja, dia baru menemukan satu soal. Itu pun soal geometri yang sangat susah aku dengerin dia jelasin pembahasannya. Akhirnya aku ragu ini masukin soal penyisihan tapi dia bilang masukin final aja. aku bilang final dah selesai. Dia liat soalku dan dia bilang soalnya mudah-mudah. aku bilang ini berdasarkan pengalaman tahun lalu dimana soalnya susah-susah agar semua orang bisa menikmati soalnya dan menurutku di soal finalnya ada 2 mudah, dan 2 susah.

Akhirnya Krishna minta tambahin aja soalnya jadi soal kelima tapi aku ragu karena nanti gaada yang bisa meriksa :|. Krishna bilang nanti dia yang meriksa yaudah aku tambahin dulu.

kita ngerjain di kelasku. karena jam kosong jadi kita ngerjain di meja guru karena ada tempat pengecasan (aku pinjem laptop temen). Setelah kerja keras selama beberapa jam untuk utak-atik dunia matematika temenku bilang di kelasnya Krishna ada guru jadi akhirnya dia balik ke kelasnya. 

aku baru ingat kalau tahun lalu aku buat file "soal cadangan" berisi soal yang tidak dipakai tahun lalu. aku sangat diselamatkan dengan file itu.

berkat dukungan dari temen-temen klub matematikaku, akhirnya aku berhasil menyelesaikan sisa soalnya!!!! ah lega sekali.

jadi beginilah soal penyisihannya:
nomor 1-15 buatan Jennifer
nomor 16-27 buatanku
nomor 28-30 buatanku dan krishna

Oh iya akhirnya kita cuman buat satu soal geometri aja karena menurutku buat 3 soal geometri berturut-turut kurang baik dan aku sudah malas ngacak nomornya lagi.

Jadi bisa dibilang penyisihan SPMC ini sekitar setengah buatanku. Banyak soal mudah tapi aku ada beberapa soal yang menurutku menarik







Akhirnya tinggal selesaiin pembahasan SPMC. tak terasa sudah siang. oh iya waktu itu seharian gaada guru.

Nah ada gladi bersih buat besok, file soalnya diminta mau di print tapi aku bilang pembahasannya lagi sedikit selesai akhirnya minjem laptopnya adik kelas untuk nyelesaiin dan akhirnya selesai! ah tugas satu lomba sudah selesai. sayangnya aku jatuh sakit jadi gabisa ikut gladi bersih.

2 minggu ini aku kerjanya sangat keras, bahkan lebih keras dari 2 minggu persiapan OSN. Jadi akhirnya aku jatuh sakit juga. anehnya aku gatau aku sakit apa. Tangan dingin, dada panas, kepala dingin. dan lemesnya bukan main, masa tenaga untuk ngeluarin ingus aja gaada.

Sampe dirumah aku baru inget belum buat pembahasan final TDC sama sekali. dan jurinya minta skrg biar bisa di cek bener gak jawabannya.

Jadi jam 8 malam dengan sakitku aku mulai ngerjain pembahasan final TDC dari nol. aku bilang sama juri kalau jam 10 sudah selesai. Setelah satu jam ngerjain aku baru saja menyelesaikan pembahasan satu soal yaitu segel-segel pos 1 :(. Memang saat mengerjakan peserta diharapkan menggunakan sedikit coba-coba untuk menyelesaikan tapi di pembahasan aku ingin membuktikan bahwa cuman ada satu jawaban yang memenuhi.

Tapi syukurnya untuk soal-soal lain pembahasan selesai dengan cukup cepat karena sebelumnya aku sudah dapat buat kunci jawaban. detail singkat saat pengerjaan masing-masing pembahasan
pembahasan pos 1 nomor 2
gak niat bos...

saat buat pembahasan pos 2, tidak banyak masalah. untuk soal satu itu cuman aljabar cepet buatnya dan untuk  soal nomor 2 tinggal copas solusi yang ada di kunci jawaban tanpa memberikan penjelasan apa pun karena rasanya udah jelas (sebenernya aku males aja)

untuk pos 3. soal 1 sih mudah buat pembahasannya. Memang solusi yang aku buat di pembahasan bukan solusi yang bertanya tersedikit, tetapi ini solusi yang menurutku lebih praktis karena gak perlu melakukan banyak aritmatika dengan angka jelek.

nah untuk pos 2, aku baru inget kalau soalnya belum pernah aku analisis. jadi saat itu solusinya baru "cari 4 huruf yang pasti, lalu jalanin algoritmanya". jadi akhirnya dengan keadaan sakit-sakitan aku pun analisis soalnya dan akhirnya berhasil mereduksi solusinya jadi hanya perlu mendapatkan output BISA JADI untuk mendapat jawabannya.

dan aku baru nyadar program yang dikirim Semara kriterianya masih yang lama (tidak mungkin = 0-3). Bisa aja aku suruh ganti, tapi aku juga mikir apakah 0-2 terlalu mudah?. akhirnya aku gambling dan ga aku minta ganti kriterianya.

Saat buat pembahasan pos 4, lagi-lagi virus malas keluar. untuk soal 1 aku cuman tulis kalau banyaknya kemungkinan cuman 10, coba-coba aja satu-satu (males parah)

nah soal terakhir ini agak beda. kunci soal ini belum buat ( baru selesai minggu lalu) dan aku harus buat solusi yang memenuhi. disini tidak bisa malas-malasan. Jadi akhirnya disini aku pun membuat pembahasan yang cukup niat, bahkan cara menggambarnya pun aku kasih tau.

Pembahasan selesai jam 11 kurang dikit. Lumayan cepet cuman ngaret 1 jam dari target. yang lama itu buat pembahasan segel, mencarinama, dan rasibintang. sisanya cepet. yaudah aku langsung kirim ke jurinya.

Walau aku sudah sekarat, aku bisa berembus nafas lega. karena tugas-tugasku sebagai sie soal sudah selesai. besok dan lusa adalah penentuan apakah soalku sukses atau tidak.

Hari H SPMC (23 Juli)

Sebenernya sudah di infokan kalau panitia datang jam 6. Temen-temenku bilang kalau aku orang penting pokoknya harus dateng karena juri SPMC belum tahu soal finalnya. tapi ya aku orang sakit dan lombanya mulai jam 9, yaudah deh aku dateng jam 9 aja.

Saat aku bangun aku sempatkan diri ngecek line dan sesuai ekspektasiku ada beberapa temenku yang ngespam aku tapi tidak ngefek karena aku ngeline di laptop. yaudah aku siap-siap dan berangkat.

sekitar jam setengah sepuluh aku sampai disekolah langsung ke ruang multimedia (biasa disebut mulmed) . nah disana ketua klubnya (Kiya) sudah nyindir kok aku telat dan aku  bilang aku sakit. Ternyata peserta olimpiade matematikanya sudah mulai ngerjain dan di mulmed ada presentasi final lomba esai. jadi tahun ini SMART selain ngadain olimpiade juga mengadakan hal baru yaitu lomba esai. aku pingin nonton sebentar jadi aku duduk di kursi belakang juri.

Orang yang sedang presentasi sedang membawa tema "kegunaan golden ratio di kehidupan sehari-hari". Nah aku cukup tertarik dengan presentasi ini karena aku juga pernah meneliti golden ratio. Saat sesi tanya jawab aku bisik-bisik ke panitia di sebelahku boleh gak aku nanya, ternyata gak boleh. jadi salah satu presentasinya itu dia nulis hubungan fibonacci dengan golden ratio dan aku mau nanya apakah bisa dibuat suatu rumus suku fibonacci dengan golden ratio (tentunya bisa, dikenal dengan rumus Binet). mungkin itu bisa mendongkrak nilainya karena kelihatannya jurinya kurang paham dengan golden ratio :v. emang sih akhirnya dia juara 1 tapi kan bisa menang dengan margin yang lebih gede

Setelah puas akhirnya aku ngecek keadaan olimpiade. saat buka ruangan aku merasa ada hawa tegang gitu (padahal soalnya udah mudah :( ) jadi aku tutup lagi pintunya. akhirnya aku ke ruang panitia.

Badanku mulai terasa lemas lagi saat konsumsi datang. Nasi kotak yang diberikan cukup unik karena isinya daging semua. temenku Ananda yang vegetarian muram mukanya. Setelah selesai makan aku bertambah segar sedikit jadi aku dikasi nasi lagi.

Nah saatnya bolongin kertas untuk meriksa!. aku pun buka laptopku untuk nyari kunci jawabannya tapi alangkah terkejutnya aku saat kunci jawabannya sekitar setengah lebih kosong!!!. aku pun syok astaga jangan-jangan kemarin lupa ngesave!. tapi berkat pelatihan mentalku dari OSN syok tersebut hanya bertahan kurang dari sedetik. aku langsung ingat kalau aku lanjutinnya di flashdisk dan adik kelasku udah ada ngesave di flashdisknya dia. akhirnya dicolok dan bolongin kertas pun dimulai!

karena suatu alasan tertentu kita tidak bisa bolongin kertasnya, katanya susah. jadi kami meriksanya manual dan setiap orang dikirimin kunci jawabannya via line. akhirnya kita melanjutkan menunggu jawaban.

suasana ruang panitia sambil menunggu hasil penyisihan
itu aku lagi menjelaskan salah satu soal geometrinya jennifer ke jurinya karena juri tidak kepikiran caranya
aku pun tidak mampu untungnya dia buat pembahasan untuk jaga-jaga

Setelah waktu cukup lama melakukan hal yang tidak produktif, akhirnya lembar penyisihan peserta datang. kami pun mulai memeriksa. peserta olimpiade kita tahun ini ada 50 lebih orang namun karena kita meriksanya rame-rame (ada lebih dari sepuluh orang yang ikut memeriksa) maka dalam waktu 15 menit sudah selesai dan tinggal di rekap yang membutuhkan waktu sekitar 15 menit juga. karena memang kita cuma ngasi waktu istirahat 30 menit untuk peserta jadi langsung kita umumin deh :)

Sedikit komentar tentang soal penyisihan ini. menurutku soal penyisihan SPMC tahun ini sudah lebih bagus dari tahun lalu. tahun lalu paling banyak benar 13 sedangkan tahun ini 21. Ada beberapa senior yang memberikan komentar bahwa soal tahun ini terlalu mudah. Mungkin iya buat mereka tapi tidak mudah banget lah buat anak SMP. aku juga memiliki target untuk mengurangi tingkat kesulitan dari soal tahun lalu dan aku rasa sudah berhasil

Juri sudah kuberikan pembahasan soal finalnya dan akhirnya menghilang dari ruang panitia selama masa pengerjaan final. Aku merasa khawatir karena tahun lalu aku harus menjelaskan soal-soalnya lagi kepada juri.oh iya soal geometri susahnya Krishna aku batalkan karena sudah kuduga Krishna ga datang hari ini dan dia doang yang bisa meriksa soal itu xD

Selama final aku sempet ngawas ruangan bentar untuk melihat ekspresi mereka saat ngerjain soal-soalku. cukup tenang dan tidak ada yang putus asa berarti minimal cukup lah buat mereka tertarik, yess. aku melihat ada kesempatan emas untuk memperluas pembaca blogku jadi aku bilang sama pengawas selesai ngerjain soal tolong dong promosiin blogku bilang bakal ada pembahasan soalnya minggu depan. sebenernya dari sinilah ideku untuk buat tulisan ini.

akhirnya aku pun balik karena sakitku kambuh lagi. sebenernya aku tuh sakit harusnya istirahat aja di ruang juri tapi aku ngotot pingin liat lombanya. Untunglah jurinya datang saat-saat terakhir sebelum lembar-lembar final berdatangan. tahun ini ada 3 juri jadi kita bagi tugas meriksanya

Pak Sadia khusus meriksa nomor 1
Pak Merta khusus meriksa nomor 2
Aku meriksa nomor 3 dan 4

Karena nomor 3 aku expect banyak solusi casework dan dibutuhkan orang yang cukup niat untuk memeriksa seberapa banyak kasus yang terlewati dan aku juga ingin tahu solusinya peserta. nomor 4 karena mudah meriksanya dan itu bisa jadi soal termudah di babak final ini. benar saja ada yang caseworknya 3 halaman.

temen-temenku pingin meriksanya cepet selesai agar mereka bisa cepet pulang tapi aku bilang meriksa final ini harus tenang agar adil. akhirnya setelah setengah jam meriksa 10 pekerjaan orang, hasil akhir sudah keluar.

Tapi tentunya ga langsung diumumin karena peserta masih istirahat. selama istirahat aku ke daerah peserta lagi untuk nawarin peserta SPMC kalau besok ada lagi lomba matematika yaitu Matlog TDC yang masih bisa daftar. akhirnya kita mendapat beberapa pendaftar hari-H besoknya :D

Akhirnya peserta dikumpulkan di ruang multimedia dan langsung diumumkan tanpa banyak basa-basi. sayangnya yang ngumumin ga heboh dan gaada yang tepuk tangan. dia bacainnya juara 3, juara 2, juara 1 dengan sedikit jeda. kalau aku yang bacain sih bakal kaya gini:

Galang: "JUARA 3!!!!!! (jeda 5 detik) DENGAN PEROLEHAN NILAI x!!! (jeda 5 detik) DIRAIH OLEH!!! (jeda 30 detik) (insert nama juara 3)!!!!!
(tepuk tangan meriah)

tenang, dalam waktu dekat ini aku diberi kesempatan untuk membuktikan kata-kataku kok :).

Selesai pengumuman juara langsung bubar adik kelasnya. mantap yang esai golden ratio dapet juara 1. akhirnya foto-foto deh




Tim soal SPMC ini kan 4 orang (aku, Krishna, Jennifer, Pram) namun yang hadir di SPMC cuman aku doang :(. jadi sie lain pada fotoan sedangkan aku gamau ah foto sendiri terkesan jomblo. dalam waktu dekat ini aku bakal fotoan kok tunggu updetan selanjutnya

aku bilang bakal memberikan pembahasan final SPMC, ini dia. jadi pembahasan ini yang digunakan para juri untuk ngertiin soalnya. tapi juri kita cukup berpengalaman kok jadi kalau ada solusi lain yang benar mereka bisa nilai. mohon maaf apabila pembahasannya formal karena ini dipakai saat acara :). untuk mengimbangi keformalan di bagian bawah aku tambahkan catatan-catatan untuk setiap soal. berikut pembahasannya

Saat Hari-H, kita cuman buat tabel Nama dan Total nilai. Karena aku yang bawa pulang hasil peserta untuk analisis tahun depan, maka aku pun berinisiatif untuk membuat tabel lengkap per-soal, agar peserta dapat mengoreksi kesalahannya dan non-peserta bisa liat kemampuan peserta saat lomba


bagi peserta, Ini lombanya sudah mau lewat sebulan jangan protes apabila merasa ada yang salah :(  (tapi boleh sih hubungi aku nanti aku jelasin salahnya dimana).

Oh iya, saat lomba ingat bahwa satu juri khusus meriksa satu nomor, jadi pemeriksaannya sudah adil. aku tidak tahu kriteria penilaian juri lain saat pemeriksaan, jadi sebisanya sih nanya nomor 3 dan 4 aja ya :P.

Selesai sudah rangkaian acara SPMC ketiga ini. Sesuai tradisi bakal ada makan-makan namun waktunya belum ditentukan.

Malam harinya, sakitku tambah parah dan aku akhirnya minum antibiotik. ini sakit bener-bener aneh, aku gatau aku lagi sakit apa. pokoknya gejalanya macem-macem deh.

Hari H Matlog TDC (24 Juli)

Jadi aku bangun pagi itu lemess banget. aku berniat sekolah dulu karena hari ini upacara pertama di tahun ajaran baru dan sudah pasti aku bakal diumumin karena OSN. mulai tahun ini Smansa menerapkan jam masuk baru yaitu mulai belajar jam 7.30. Nah kebetulan hari itu senin jadi aku mikir jam upacaranya juga dimajuin.yaudah aku santai aja berangkat jam 7 dari rumah.

Sampai disekolah pintu masuk ditutup, aku mulai punya firasar buruk. akhirnya aku lewat jalan samping dan OH, upacara tetep jam 7. aku takut diciduk karena sangat ironis kalau aku sebagai contoh baik berada di barisan telat trus saat di umumin maju beberapa langkah. Karena aku melewati jalan belakang aku  melewati aula dan disana aku tambah takut karena tinggal lurus sudah sampai ke lapangan upacara dimana banyak guru berkeliaran. Untung saja pada detik-detik penentuan ada panitia TDC manggil aku dan aku ingat aku ada dispen TDC dari jam pertama jadi akhirnya aku nunggu di aula. sebenernya lumayan sayang karena aku gabisa denger namaku diumumin.

Namun aku memiliki kesempatan saat ada adik kelas yang mau ngambil peralatan di sekretariat SCC(biasa disebut sekre) dan rutenya melewati lapangan upacara jadi aku tanpa pikir panjang minta ikut. Saat kita melewati "tangga-tangga rahasia" Pak Kepala Sekolah sedang memberi amanat dan sedang menyebutkan prestasi-prestasi Smansa tahun ini. aku minta adik kelasku berhenti sebentar, karena bakal ada aku

Pak Kepala Sekolah: "Ke Riau..."
Galang: (saat denger kata-kata itu, bilang ke adik kelas) "wah aku ni, wah aku ni!"
Pak Kepala Sekolah: "...duta anak!!"

akhirnya aku merasa terlupakan jadi aku melanjutkan perjalanan saat kepala sekolah masih menyebut prestasi namun ternyata saat penyebutan terakhir

Pak Kepala Sekolah: "Terbukti kita hanya mengirim 1 orang, dan mendapatkan satu-satunya emas untuk Bali
Galang: "WAH AKU NI!" (mencubit adik kelasku)
 Pak Kepala Sekolah: "Atas nama Galangkangin Gotera!!"
Galang: "yassssssssssss!!!!!"

Terdengar sorak dan aku pun senang namun sayang aku sedang tidak ada di lapangan. Akhirnya setelah sampai di sekre aku memutuskan untuk diam disana sampai upacara selesai. Disana ada beberapa adik kelas akhirnya kita bahas soal NLC.

Setelah selesai upacara aku pun balik ke aula. Di aula pembukaan mau mulai. disana aku sempet bingung karena di kursi juri ada 1 kursi kosong. jurinya udah bilang itu kursiku tapi aku gak percaya, ternyata beneran itu kursiku.

Saat pembukaan ada sambutan dari Kepala Sekolah tapi diwakilkan wakasek. nah lagi-lagi aku disebut sebagai peraih emas OSN!. aku pun berdiri dan melambai tangan.

Setelah pembukaan akhirnya jurinya (dan aku) pergi ke ruang juri. Jurinya sudah diberikan soalnya dari jauh-jauh hari jadi tinggal perlu jelasin dikit aja. Seperti biasa kita bagi-bagi tugas. karena ada 4 pemeriksa dan 4 pos jadi 1 orang khusus meriksa 1 pos. Karena yang paling perlu niat itu meriksa soal flowchart, jadi ya akulah yang meriksa pos 1.

Penyisihan dimulai. Diingat kembali Matlog ini beregu dan ngerjainnya bareng. soal penyisihan sepenuhnya dibuat oleh Semara kecuali beberapa sumbangan dari aku (kurang dari sepuluh nomor). Seperti biasa walau sakit aku tetap merasa aku ngecek-ngecek peserta. Ngomong-ngomong ruang juri sangat sepi gaada yang nunguin :(. akhirnya salah satu jurinya yaitu Bu Devi ngajakkin aku boomerang.


Diingat kembali bahwa aku lagi sakit. selama di ruang juri aku bawa botol minum isi air, nah aku isengin jurinya aku bilang ini dicampur obat jadi jangan diminum :v.

Selesai penyisihan akita pun meriksa. lembar jawaban TDC ini lebih kecil tempat nyilangnya tapi kita bisa kok bolong-bolongin untuk meriksa. mantap skill anak SCC!. cuman pemeriksa dikit, seharusnya kalau meriksa pilgan gak perlu juri kok, kayak kemarin SPMC ada 10 orang bantu meriksa. yasudahlah.


Sedikit komentar tentang soal penyisihan: karena soal penyisihannya dibuat oleh adik kelasku dan aku hanya nambah-nambahin dikit jadi tingkat kesulitan soalnya lebih mudah dari tahun lalu. Terbukti dari hasil penyisihan paling banyak bener 39 dari 50 soal.

3 laptop yang dipakai untuk pos 3 datang. Semara pun menginstall aplikasinya.

Selesai itu langsung saja direkap, namun tidak langsung diumumin (gatau kenapa). peserta dikumpulkan di aula dan aku balik ke ruang juri. Lalu setelah setengah jam aku ingin ngecek gimana jalannya final. aku pun terkejut karena final belum mulai!

Dan ternyata peletakkan tempat duduk di ruangan cukup aneh. karena sebuah meja diisi kursi di dua sisi. penjelasan dari adik kelas adalah agar panitia bisa ngawasin langsung, waduh!. akhirnya aku bilang singkirkanlah mejanya, gak tenang lah adiknya diawasin terus.

Peserta masih di aula, saat aku mau ngecek peserta baru keluar dari aula, aku masih bingung daritadi ngapain saja sih di aula. yasudahlah aku balik ke ruang juri.

Juri TDC ada 4, pembagian pemeriksaannya:
-Aku meriksa pos 1
-Bu Devi meriksa pos 2
-Pak Suwi meriksa pos 3
-Bu Vera meriksa pos 4

Jadi karena 1 sesi itu 25 menit maka setiap 25 menit bakal ada jawaban peserta datang kesini. 25 menit pertama dilakukan dengan tidak jelas. ruang juri masih sepi :".

Akhirnya setelah 25 menit pertama jawaban sesi pertama datang. aku meriksa pos 1nya langsung ada jawaban peserta yang analisisnya lebih hebat dari analisis pembahasanku.

Jadi selama memeriksa, kita cukup cepat memeriksanya karena soal-soalnya memang cukup mudah untuk diperiksa. setiap pos ada 1 soal uraian dan 1 soal yang minta jawaban akhir (dengan kriteria penilaian tersendiri). jadi memang cukup banyak waktu dihabiskan untuk ngobrol sesudah memeriksa.

Aku mulai khawatir karena sangat sedikit yang bisa jawab soal flowchart di awal-awal padahal itu soal mudah. jangan-jangan karena itu soal dengan deskripsi terpanjang pada lomba ini. memang aku ada rencana untuk mengurangi kerumitan deskripsi dengan menghilangkan kode-kode soal jadi kalau mau nanya matematika tinggal tulis "tanya matematika ke X". namun karena aku sudah buat kunci jawaban di laptop menggunakan sebuah aplikasi flowchart dengan kondisi awal sedangkan membuatnya butuh waktu 1 jam dan mengeditnya tidak mungkin maka karena aku malas akhirnya aku diamkan saja.

Lalu aku juga dapat laporan di awal-awal memeriksa (mungkin sesi 2) kalau soal namamencurigakan juga peserta bingung dengan soalnya. aku mulai mengkhawatirkan deskripsiku yang panjang namun aku ingat bahwa soalnya sudah diujikan oleh juri dan tidak ada ambiguitas. (jadi ini salah peserta kurang fokus xD)

Soal yang menurutku susah tahun ini adalah soal menggambar dan soal mencarinama. Aku sudah yakin tidak ada yang bakal sempurna dan memang aku berniat itu memang untuk mencari poin sebesar-besarnya dengan ketentuan penilaian bergantung pada banyaknya garis yang dibuat. namun aku salah besar karena pada sesi terakhir ada peserta yang mendapatkan nilai sempurna untuk soal itu. sakitku langsung kambuh dan aku batuk sangat lama.

Beda kasus untuk soal mencarinama. karena peserta paling bagus hanya bisa mendapat hasil BISAJADI dan yang dapat pun tidak kepikiran caranya agar menjadi hasil lengkap :(. mulai menyesal tidak minta Semara ganti ke 0-2 aja. sedih... ada soal gagal 1. Tapi di sisi lain, ini sebuah perkembangan besar dari tahun lalu dimana ada 4 soal gagal dimana tidak ada yang bisa menjawab.

ingat masalah tebakgrup? juri yang meriksa pos 4 melapor tidak sedikit yang menjawab ACD BEF. setelah kucek dan ternyata bener juga. aku baru nyadar ada typo keras di deskripsi soalnya (seperti yang aku bilang sebelumnya). jadi ya mau tidak amu ACD BEF kita benerkan juga. (ada satu peserta yang menjawab 2 kemungkinan tersebut).

untuk soal lain, ada minimal seseorang (bukan termasuk yang juara) yang mendapatkan nilai sempurna, jadi soalnya sukses, yey!

Menjelang Pemeriksaan sesi terakhir, aku baru nyadar kalau belum ada dokum ke sini, jadi aku pun memanggil dokum namun tak kunjung datang. akhirnya aku meminta salah satu juri lain untuk memanggil dan setelah menunggu tidak sebentar akhirnya dokum datang dan aku pun senang.

Kiri ke kanan: Bu Devi, Bu Vera, Aku, Pak Suwi

Setelah selesai pemeriksaan peserta dikumpulkan ke aula dan aku duduk di kursi juri lagi. Nah ini dia momen berharga, aku dikasih kesempatan untuk ngumumin juaranya artinya aku bisa buktiin kalau aku pas SPMC ga omdo :)

asik dapet kursi juri lagi

jadi aku itu dikasi tau sesaat sebelum acara mulai, aku kan mikirnya bakal ada sambutan-sambutan dulu baru aku. jadi aku pun berniat menyusun naskah yang baik dan benar. taunya saat mcnya ngomong langsung "pengumuman pemenang three division competition"

WAHH, belum buat apa-apa!!. Aku pun deg-degan namun akhirnya tenang. akhirnya aku pun berimprovisasi.

Pembukaan sambutannya sudah biasa
"Selamat pagi Dewan juri, ..."
namun karena aku harus mengamati siapa saja yang ada disana responnya cukup telat. ketika saatnya menyebutkan SCC angkatanku, ada temenku yang ngodein untung aku peka. Tadi aku sudah menyiapkan kata mutiara namun karena masih blank akhirnya malah langsung ngumumin. kalau ini sih mudah karena sudah ada teks juaranya.

"JUARA 3!!!, DENGAN NOMOR URUT X!!!, Y!!!"
(tepuk tangan yang meriah)

dalam hati aku senang banget. TERBUKTI, QED.

aku lanjut membaca juaranya.

Setelah selesai, akhirnya aku memberikan sepatah kata.
"Saya mencoba membuat soal yang bervariasi, jadi saya harap semua peserta yang mengikut lomba ini bisa mendapatkan sesuatu!"
(tepuk tangan lagi!)

jadi akhirnya pengumumannya aku tutup, NAMUN AKU LUPA BILANG SESUATU YANG PENTING BANGET. akhirnya terpaksa aku ngomong lagi di micnya walaupun sudah aku tutup

"oh iya dik, nanti bakal ada pembahasan soalnya di blog saya minggu depan. alamatnya galangblog12.blogspot.co.id" karena dimanapun, kapanpun, asal ada kesempatan harus promosi!.

Ternyata acara berikutnya adalah penyampaian kesan pesan dari para juri!. mantap! bisa ngomong banyak. aku pun sudah berbisik kepada adik kelas SMPku bahwa aku bakal ngomong lama. karena posisiku paling ujung maka aku paling terakhir ngomong.

Juri sebelum aku, Bu Devi bilang soalku susah-susah.  selesai ngomong Bu Devi mau memberikan micnya ke MC, aku hampir saja dilupakan :( jadi aku colek badannya. akhirnya saat aku ngomong:

-pertama aku bilang tiap pos udah aku kasi 1 soal mudah dan 1 soal sedang/susah.
-soalnya sudah kubuat dari jauh-jauh hari.
-aku bilang juga soalnya aku buat berdasarkan pengalaman pribadi, bukan berarti aku pernah nyoba-nyoba segel kagebunshin.

kelihatannya sedikit namun pada aslinya aku cukup lama ngomongnya.selesai itu  peserta mengambil suvenir. trus ada yang mau fotoan sama aku, walaupun cowok tapi tetaplah terharu :).

setelah itu aku promosi smansa lagi. trus peserta bubar dan ada sedikit kumpul SCC untuk membahas acara besok namun aku gakuat sampai akhir karena sakitku tambah kambuh. akhirnya aku ijin duluan tapi motorku kekunci di  gerbang!. jadi aku nyari-nyari juru kuncinya dan saat ketemu rapatnya sudah selesai -_-.

yaudah sampai dirumah aku bener-bener sakit. karena tadi saat pengerjaan soal jalan-jalan terus ngecek-ngecek acara dan baru terasa efeknya sampai rumah.

berikut rekapan final TDC tahun ini


saat perekapan hari-h, kita cuman ngerekap nomor peserta dan nilai akhir. nah sama seperti SPMC semua jawaban peserta aku bawa pulang dan nilai tiap soal pun aku rekap dengan inisiatif sendiri. catatan: nilai pos2nya peserta "matlog 12" hilang entah kemana saat aku bawa pulang :(. tapi pas lomba udah bener kokk

dari nilai dapat diperhatikan soal 1 pos 4 paling mudah (iya karena salah soal :") dan tersusah soal 2 pos 3. nah padahal soal mencarinama dan menggambar sudah aku kasi ketentuan kalau bisa dapat nilai parsial yang lumayan, tetapi sedikit peserta yang mencobanya. setelah aku tanya-tanya hari-h katanya mereka ga baca ketentuan itu.

jadi setelah aku evaluasi ternyata memang itu ketentuannya aku taro di bagian paling bawah halaman kedua jadi mungkin terlewat. ini menjadi bahan evaluasi buat aku kedepannya.

trus aku ingin juga membahas beberapa hal yang menurutku aneh.

soal flowchart di pos 1 itu aku bilang salah satu soal termudah (kalau bukan YANG termudah) tahun ini, namun nilai peserta untuk soal itu sangat memprihatinkan. jadi setelah tanya-tanya sekitar peserta kehabisan waktu untuk menjawab soal segel dan mereka malas baca soal kedua karena deskripsinya panjang banget dan aku jadi merasa menyesal ga ganti deskripsinya karena alasan malas saat itu.

soal segel ternyata susah banget :" tapi syukurlah ada yang bisa jadi soalnya ga gagal

kalau soal namamencurigakan, itu aku ga sempet banyak nanyain kenapa pada ga jawab. aku periksa semua peserta menuliskan angka-angka yang sudah di ubah dari huruf tersebut, namun tidak menuliskan operasi apapun. kemungkinannya ada dua:
1. (paling mungkin) peserta memang tidak bisa jawab xD. karena juri-jurinya pun kesusahan menjawabnya dan ada beberapa nama yang harus aku kasi tau jawabannya. apalagi aku bilang kalau bisa make operator apa saja jadi mungkin peserta mikirnya kejauhan

2. salah ngertiin soal. kecil sih kemungkinannya karena juri bisa ngertiin soalnya. tapi aku dapet nanya seorang peserta katanya dia ngira harus pake operator log dan baru nyadar saat-saat terakhir.

Berikut Pembahasan soal final matlog TDC tahun ini. pembahasan ini sudah dibuat sebelum lomba namun aku tambah-tambahkan beberapa catatan agar lebih seru. klik

Setelah lomba

besoknya bangun pagi sakitku parahh banget. tenagaku tidak ada!. tenaga untuk mengeluarkan ingus saja tidak ada. akhirnya aku tidak masuk sekolah.

Dari tadi aku terus menyebut aku sakit, tapi aku tidak menjelaskan detailnya. Jadi sejujurnya aku gatau aku sakit apa. tanganku dingin, kepala panas. tenaga gaada. dan yang menurutku gejala terparah: menurunnya selera humor dan ketawaku menjadi aneh banget dan  hal-hal kecil pun aku ketawa, jadi bisa dibilang aku berubah menjadi orang receh. Aku inget lagi scrolling timeline facebook dan liat postingan yang sebenernya galucu tapi aku ketawa ngakak. salah satunya adalah ada yang mengklaim tahu terbesar di dunia yaitu "tahu isi depok".

Waktu itu OSN part 3 belum selesai. itu juga blogpost yang tertunda. tulisan ini juga janjinya seminggu setelah lomba tapi seperti yang kalian lihat tidak terjadi karena aku sakit dan menunggu foto-fotonya.

total aku gak masuk 2 hari (selasa, rabu) dan kamis aku masuk langsung dispen karena penutupan TDC.

Akhirnya hari sabtu aku baru merasa sedikit lebih baik. ini bisa jadi salah satu sakit terlamaku karena aku sakitnya sekitar seminggu!.

Nah ada kejadian menarik gara-gara kebablasan saat OSN:

Aku  dapat mampir ke lomba-lomba lain untuk melihat gimana ekstra lain ngurus lombanya. salah satu yang aku datengin itu lomba LCC intern kelas 2 dimana  Tahun lalu kelasku dapat juara 2. Tahun ini Jennifer ikut lombanya.  karena selama OSN aku dan Tama sering banget buat jokes "eva" setiap ada suatu kesalahan panitia aku lupa kalau itu sebenernya fatal banget di smansa (bisa dibilang itu kata haram lah). Jadi ceritanya di acaranya ada suatu kesalahan minor dan aku bilang kata itu agak keras lalu dimarah sama temen-temenku dan aku langsung nyadar dan menyesal jadi akhirnya selama aku nonton disana aku diam diri saja.

Jennifer tidak lolos final dan sudah saatnya istirahat. karena peserta final gaada yang kenal akhirnya aku pun cabut. Aku sebenernya juga gaenak lama-lama karena aku bukan anggota ekstra yang ngadain dan aku masuk di selundupin temenku.

Penutup

Selesai sudah pengalamanku jadi pembuat soal untul 2 lomba berbeda di smansa. aku berharap bisa menjadi bahan pelajaran bagi panitia/orang lain khususnya yang masih berada di bangku sekolah dan berada di Bali. Mari kita tingkatkan kualitas soal lomba lokal!.

Semoga juga soal-soal buatanku bisa bermanfaat :).

khusus untuk TDC memang aku ngerasa deskripsi soalnya tahun ini panjang-panjang karena ada ceritanya, padahal yang diminta lumayan sederhana. bisa jadi aku terinspirasi ini gara-gara waktu SMP pernah ikut lomba logika dan soal finalnya deskripsinya 2 halaman, ada banyak istilah keren seperti tower,defence, koneksi, chain link, penyerang. taunya inti soalnya disuruh buat magic square biasa ukuran 5x5... (ini maksudnya magic square yang paling dasar yang algoritmanya lumrah di internet). aku berusaha untuk membuat deskripsi sependek mungkin tetapi tetap mengandung cerita utamanya. ternyata beberapa soal jadi kelihatan susah :(. biarlah jadi bahan pelajaran buatku dan tentunya tahun depan akan ada kejutan lagi :).

*catatan: aku gak ngasi soal penyisihan, karena itu tidak hanya dibuat oleh aku. aku ngerasa sih cukup mudah untuk orang-orang yang baca blog ini.

Comments

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Mengikuti ICPC 2018

ah, ICPC. Singkatan dari International Collegiate Programming Contest. Perlombaan paling bergengsi untuk anak kuliahan. UI sendiri cukup aktif mengikuti perlombaan ini. Aku sebagai Maba dapat kesempatan untuk mengikuti lomba ini dan dapat keluar negeri juga. hehe. Berikut cerita ICPCku tahun ini. Selamat menikmati.

Pembentukan Tim


Di UI ada seleksi untuk pembentukan tim ICPC yang nantinya akan mewakili UI ke regional yang ke luar negeri. Seleksi ini dibuka untuk seluruh UI, kating-kating sampai maba boleh daftar, bahkan untuk non fasilkom pun boleh (Pak Denny bilang pernah ada anak FMIPA lolos :O).

Seleksi ini cukup singkat. Ada 3 kontes. 2 kontes pendek dan 1 kontes panjang.

Kontes pendek itu durasinya 2.5 jam dan ngerjain di lab. Dapet poin berdasarkan ranknya yaitu max(18-rank,2). Kontesnya di Vjudge.

Kontes panjang itu durasinya 1 minggu dan dapet poin cuma berdasarkan jumlah solve. kontesnya dari selasa - selasa depannya.

Ini aku ada kendala di laptop. Jadi laptopku saat itu (ROG…

Teknik Rekursi untuk Menjawab Soal di Kertas

Teknik rekursi buat OSP OSP kurang dari seminggu lagi dan dengan semakin seringnya muncul soal tipe ini,ingin  mencoba membahasnya. Kata orang kalau kita ngajarin orang lain jadi tambah ngerti maka jadilah post ini :v

(untuk alasan lupa dan kurangnya niat mencari soal asli, beberapa soal di post ini mungkin memiliki deskripsi berbeda dengan soal aslinya) pendahuluan

“banyaknya string biner dengan panjang 8 dimana tidak ada 2 angka 1 yang berdampingan adalah?”

saat membaca  soal ini, mungkin kita akan nyoba pake inklusi ekslusi yaitu banyaknya semua kemungkinan – banyaknya kemungkinan 2 angka 1 dempet + banyaknya kemungkinan 3 angka 1 dempet -… tp kasus banyak bakal mabok. Trus nyoba kuli aja, kelamaan. Jadi disini solusi yang tepat adalah menggunakan rekursi.

Misal F(n) banyaknya string yang memenuhi syarat tersebut dengan panjang n. Misal kita punya F(n) dan F(n-1), maka kita bisa mendapat F(n+1) sebagai berikut: Karena F(n) tidak mungkin memiliki 2 angka 1 yang berdampingan, maka didepan …