Skip to main content

Pengalamanku ikut Compfest UI


Jadi aku ngikutin acara Compfest UI. ini acara yang sangat berpengaruh kepadaku tahun lalu, jadi aku mengikutinya lagi. barangkali dapat juara.

Coder class

Aku sangat merekomendasikan coder class compfest kepada semua orang

jadi tahun lalu sebelum ikut compfest, aku tuh cupu banget. tau algoritma sih tapi arsenal problem solving kurang. coder class ini lebih fokus pada logika daripada algoritma eksotis, jadi setelah ngikutin tahun lalu, aku berkembang banget apalagi ada pembahasannya yang sangat detail. tahun lalu coder classnya cuman dikasi soal aja, tahun ini sudah lebih baik lagi dengan adanya materi per bab. coder class compfest, recomended.

kalau tahun ini, coder class sudah dimulai dari hari pertama OSN. aku gadapet liat. selesai OSN kulihat soalnya tapi sayang ga semenarik tahun lalu karena banyak yang sama. aku solvingnya mentally aja.

selama coder class aku gaada submit dan nilaiku 0 terus. yang memimpin coder class tiap minggu adalah Fausta m(_ _)m

Penyisihan 13 Agustus 2017

semua sudah tau apa yang kulakukan saat satu jam terakhir, tapi adakah yang tau apa yang kulakukan 4 jam pertama?

Penyisihan compfest, ada 5 soal
A,B,C,D,E.

jadi aku kerjainnya dari awal namun baru submit di jam terakhir. oiya aku menghindari liat scoreboard untuk melatih skill problem solving

berikut ringkasan singkat saat saya mengerjakan masing-masing soal:

A. sudah jelas jawabannya A*B*C. tp bingung kenapa bisa 5. setelah coba-coba baru nyadar kalau itu cuman troll doang. jadi jawabannya A*B*C-1

B. ini cuman adhoc.

C. ini aku kerjain sebelum D karena salah baca constaint D. sudah muncul ide greedynya yaitu pertama titik finishnya dianggap semua titik yang bisa dicapai hanya menggunakan jalan harga 0 dari finish. nah kukoding dan saat submit dapet 79. kupikir kan karena constaint kecilnya AC, pasti masalahnya cuman di modulo aja. kucek dan ga ketemu. ternyata 7 menit sebelum kontes berakhir baru nyadar kalau algoku ada kesalahan kecil, namun susah diperbaiki yaitu kalau ada 2 jalan dengan harga sama, aku hanya pergi ke salah satu jalan. ini memerlukan perombakan algo total dan tidak keburu. Berarti TC contraint kecilnya lemah banget karena case dasar kaya gini aja AC -_-

D. ini awalnya kukira M<=100000. jadi harus diselesaikan dengan greedy atau math observasi. ciah padahal udah nemuin observasi-observasi keren tinggal nyatuin. nah aku penasaran jangan-jangan ini soal decider penyisihan ini. intip scoreboard. lah -_- banyak yang AC. jangan-jangan bisa greedy nih. ternyata setelah dibaca dengan teliti yaelah M<=1000. kalau gitu sih dp saja.

E. ini kukerjain ketiga. aku ngerancang cycle finding yang keren pake vector.

Setelah "menyelesaikan" A,B,C,E bapakku dateng bawain rendang jadi aku makan, setelah itu kerjain D.

Aku ada waktu lagi 1 jam sebelum saatnya submit jadi kuhabiskan dengan nonton anime. waktu freeze telah tiba! saatnya penentuan, kusubmit sekaligus dengan hasil sebagai berikut:


Pertama kucek E. oh ternyata kesalahannya bodoh yaitu aku baca K sebagai integer. benerin dan AC. nah kesalahan di C tadi yang sudah ku deskripsikan diatas. aku sempet lama sekali bingung dan mikirin ini overflow dimana sampai ngebom submission.

nilai akhirnku sebelum di freeze

Ada 2 hal yang melatarbelakangi kenapa aku tunggu sejam terakhir untuk submit
-melatih akurasi untuk BNPCHS
-Kak Rey bilang pas OSN tahun lalu ada yang ranking 50+ trus setelah freeze dapet perak. saya menjadi tertantang!

H-1 Final (16 September 2017)

persiapanku untuk babak final: gaada xD. aku menemukan hobby baru dan itu kutekuni secara terus menerus. latihan kompku cuman PJJ yang kukerjakan selama 30 menit trus tinggalkan. alhasil sebenernya aku ga siap banget ngikutin final compfest ini.

Aku berangkat hari sabtu siang, namun aku dispen dari pagi karena malas sekolah. aku ke bandara Halim.

Nah saat aku mendarat aku sudah menentukan akan mencoba menaiki gojek ke hotelku (hotel santika). aku sudah baca caranya di Halim yaitu jalan ke bunderannya. jadi disana aku pesen. aku ini terkenal kebal panas di bali, saat upben selalu paling depan, namun saat aku menunggu pesanan kepalaku pusing karena panas banget. sepanes-panesnya Bali rasanya tidak akan menandingi Jakarta.

Naik deh gojeknya. aku sih ngarepnya naik tol biar kena angin sepoi-sepoi namun kita malah mengambil rute normal yang macet total. tapi masnya jago nyelap-nyelip jadi ga kena efek macetnya.

sampai di hotel capek banget langsung tidur.

Setelah bangun, Kak Rey sempet bilang mau ke Santika ga jadi-jadi. karena aku butuh sedikit persiapan untuk besok maka aku undang Vince ke hotelku. awalnya kita maunya belajar dulu, trus makan, baru balik belajar. namun karena dia lama datengnya dan saat dateng aku sudah lapar, jadi kita makan dulu.

Janjiannya kan di lobby Santika, namun Vince takut masuk karena ada sekuriti di depan, jadi janjiannya di lapangan parkir deh. setelah turun aku melihat Vince sudah menunggu sampil menenteng tas macbooknya. di lapangan parkir santika depannya sudah ada pintu masuk mall.

Vince bilang dia itu "pemakan segalanya". ini menyulitkan mau makan apa karena semua pilihan bebas. jadi kita naik lantai 2, cek gaada tempat bagus, naik lantai 3, gaada tempat bagus, turun lagi -_-. trus aku ada ide kenapa gak ke "mall yang lagi satu" yang di depan hotel. jadi kita keluar dari samping, jalan, trus masuk lewat depan. alangkah terkejutnya aku kalau ini mall yang sama. tapi kalau tidak begitu aku tidak akan sadar bahwa ada ichiban sushi. akhirnya kita makan disana.

bingung mau minum apa, akhirnya ngikut aja

Nah kali ini Vince hemat mesennya. salmon sushi sama nigiri 2 biji. sedangkan aku? bento set + sushi mahal. berkebalikan saat di Dcost binus.

Waduh ternyata porsiku di luar dugaan!. bento setnya gede banget, tapi sushiku aku bagi 2 dengan kedok "berbagi" padahal sebenernya sudah kenyang :v. total bill 221 rb. aku totalin jd jd aku bayar 121 rb. artinya Vince 100 Rb.

Vince bilang dia harus balik jam 9, kalau gak bakal terciduk karena dia tinggal di asrama. saat itu jam 8 jadi masih punya waktu 1 jam untuk belajar. bergegas ke kamarku. kita pelajari soal CSacademy dan kita gunakan 1 jam itu untuk menganalisis soal DP susah. sampai Vince mau pulang pun kita belum menemukan jawabannya jadi akhirnya cek pembahasan dan terkagum akan tekniknya. aku sempet bingung sih karena menurutku rumusnya salah, tapi Vince membuat observasi kalau mas-mas editorialnya kebalik nulis rumus.

"Mantap, terus dah aku masuk blogmu!" -Vince

Vince pulangnya setengah 10 sih. sebelum pulang aku tanya dia sudah mandi belum. ternyata belum! yess karena aku juga belum mandi.

Vince pulang, saatnya serius...


Sebelum tidur aku baru nyadar kalau aku belum tau rundown acara besok, kapan registrasi dll.. jadi aku ngespam di grup. untung ada Kak Rey yang mau ngasi.


orang lain mungkin liat sebaiknya sampai jam 7.
tapi aku liatnya boleh nyampe jam 8...


Hari-H final (17 September 2017)

aku bangun jam 6.30. Mandi dulu trus sarapan. sarapan hari ini gaada daging darat :(. adanya sup tulang ikan. jadi aku makan tahu dan telor saja. dan dessert yang banyak.

saat aku makan dessertnya yang sangat manis, gigiku langsung ngilu. bisa jadi efek karet dokter gigi yang telat dicabut. tapi kondisi tersebut tidak akan kubiarkan menghalangi performaku nanti.

Selesai sarapan, waktu sudah 7.30. namun aku santai saja karena kemarin kulihat ada puluhan gojek nunggu di depan mall. aku langsung saja ke bawah dan pesan gojek. pengalamnku tahun lalu gojeknya gamau masuk ke santika karena bayar parkir jadi aku pergi ke depan mall. benar saja langsung dapat, dan berangkatt.

Kalau tahun lalu nyasarnya di jalan menuju UI, ini nyasarnya di UI. aku ngerasa kita sudah mengelilingi setelah keliling UI saat ketemu fasilkom.

Sampai di fasilkom, bagian depan masih rame. minta baju trus ganti dehh. di ruangan aula sudah rame dan aku melihat ada si imba SW lagi tidur jadi aku duduk di sebelahnya lalu Inigo bangunin SW menandakan aku sudah dateng.

Suasana Aula saat pembukaan

Lalu setelah sambutan sedikit langsung saja keruangan. HP ditinggal di aula, katanya aman. aku dianter sama Kak Norman yang langsung nanya kenapa Tama gaikut. aku sih bilangnya soalnya rankingnya dia kecil.

Sudah tradisi sampai ruangan lomba aku pingin BAB. karena lagi practice session ga kenapa juga. toiletnya jauh banget karena yang dekat lagi rusak. Saat mau Bab kulihat ada cheatsheet ketinggalan di atas WC. jadi selama aku BAB aku baca-baca cheatsheetnya. "wah jadi gini levelnya lomba programming senior". selesai menuntaskan tugas aku bawa cheatsheatnya. maunya kubalikin ke pesertanya tapi gatau punya siapa jadi kubalikin ke panitia. hmm gimana ya kalau misalnya aku BAB saat lombanya udah mulai terus ketemu cheatsheetnya :|. makanya aku bawa cheatsheetnya biar hal tersebut tidak terjadi :).

Saat melewati tempat makanan. kulihat kakak-kakak peserta SCPC sudah makan, jadi kuambil satu lemper (yang ternyata kualitas ecek-ecek).

Saat balik, aku kerjain warm-up dan gadapet kertas. soalnya soal-soal compfest tahun lalu dan tahun ini. soal pertama itu soal aglio spageti. ini juga merupakan soal warm-up final tahun lalu. nah aku kena karma karena tahun lalu aku ngetawain orang disebelahku yang ngebug di soal tersebut sedangkan aku sendiri ngebug selama 20 menit. ternyata bugnya aku lupa kalau cin>>s bacanya tanpa spasi -_- (yaampun fatal banget, ga kepikiran nyoba spageti yang isi spasi)

soal keduanya itu soal B penyisihan tahun ini. itu kukerjain dengan cepat untung gaada bug. nah soal ketiganya itu makan malem (D tahun ini). itu males banget kukerjain tanpa orat-oret jadi kuskip. akhirnya pemanasan selesai namun lomba dimulai 15 menit lagi. jadi peserta JCPC ngopi & nongkrong diluar.

Aku pingin ke toilet lagi saat 5 menit menjelang dimulainya lomba. jd aku berlari. saat aku kembali waktu mulai lagi 2 menit dan meja tongkrongan sudah kosong. aku ke ruangan dan ke komputerku dan bersiap-siap.

Pengerjaan dimulai.

Pertama aku buat dulu 6 source code biar mudah ngesavenya.

soal ada 6:
A. Pengurangan Chanek
B. Balapan aneh
C. Pagar Indah
D. Mencari Gaji
E. Percobaan FPB
F. Belanja Robot.

Baca A dulu. dapet observasi kalau ada 1 positif trus sisanya negatif jawabannya nilai mutlaknya.  t banyak corner casesnya.  ada kasus kalau semuanya negatif, semuanya positif,n=1.  setelah 20 menit ngoding akhirnya AC :D

Baca B. skip.
tp pas baca C kepikiran B yaitu untuk bagi 2 kasus. bisa gak dari petak i ke petak target dengan langkah ganjil, dan bisa gak pake langkah genap. tp ya aku urus ntaran. baca C. entah kenapa males, skip.

Baca D. nah ini baru. kepikiran topological sort. trus aku incer AC. tp kasusnya banyak dan yang P=1 pun WA. akhirnya mau dapetin poin di P=1 dulu. hapus kasus-kasusnya tp WA. entah kenapa WA gatau. setelah 2 jam ngefix ga dapet-dapet akhirnya skip.

Baca E. waduh pola, skip dulu.

Baca F. nah ada kata kuncinya yaitu tiap (i,j) pasti (ai kelipatan aj) atau (aj kelipatan ai). nah aku sih mikir pasti ada hubungannya dengan properti ini. dengan cepat dapet observasi kalau knapsack secara greedy berlaku yaitu selalu ambil mulai dari fungsionalitas_i/harga_i. jadi di sorting dulu. nah masalahnya sekarang gimana caranya dapetin jawabannya dengan cepet. aku incet sampe subtask 4 dulu.

Setelah utak-atik dan coba-coba berbagai ide, ga dapat yang work akhirnya aku pasrahkan dapet subtask 2. aku ga buat knapsack, cuman jalanin brute force algo diatas. setelah coba-coba lagi. waktu masih lagi 2 jam dan scoreku masih 141 -_-.

Akhirnya aku inget ada B dan C. aku baca B lagi dan manfaatkan kalkulus yaitu t optimal pasti
 t=-b/2a. trus kalau t<langkah minimum maka minimumnya t=langkah minimum.

jd untuk setiap titik aku hitung jarak minimumnya apabila langkah genap, dan langkah ganjil. trus pake rumus O(1) trsebut. biar aman aku jadiin rangenya selebar 12. submit dan AC.

Yee comeback. eh belum.

Disini muter-muter lagu "you say run" dari anime.

Baca C. maunya incer AC tp inget waktu. incer k=1 dulu. pake rumus O(1) tp ngebugg. 30 menit benerin bugnya, akhirnya setelah bug kukira sudah bener, waktu lagi 1:02:00. jadi mulai muncul sifat iseng yaitu tunggu 2 menit. sambil nunggu coba incer yang n=3000.

2 menit yang lama berlalu. kusubmit, dan WA!. setelah debug 20 menit ternyata kesalahannya lupa nganggep kasus dimana bisa ditempel trus ga nyambung -_-. sebelumnya aku cuman nganggep warna yang kalau diganti bisa "nyambungin" doang. setelah diperbaiki dan disubmit akhirnya dapet pointnya sampe subtask tersebut.

waktu lg sekitar 30 menit. D dan E masing 0. bahkan E belum dapet dicoba sama sekali. jadi pertama aku coba benerin D ku yang seharusnya tembus subtask 3. tp bugnya belum ketemu akhirnya nyoba E. aku sih kira ini soal pattern tp karena waktu lg dikit aku sampahin subtask 1 sama subtask Ai=Aj terlebih dahulu. yang subtask 1 sih mudah bruteforce n^2. dapet 10 poin.

TLE  -________________-".

15 menit benerin bugnya. ternyata cuman salah urutan fungsi. jadi kan untuk jawab subtask 1 aku panggil fungsi sub1(); yang kondisinya cuman ngecek apakah k=1. trus untuk jawab subtask ai=aj aku panggil fungsi sama(); kurang lebih gini fungsinya di main:
sub1();
sama();
ngerasa ada yang salah?. ya kalau k=1, trus n=100000 dan semua elemen sama masuk ke bruteforce subtask 1. ini aku debug sampe ngecek modular exponentationku loh :).

submit dan dapet 26. aku terkejut. loh kok kecil. ternyata memang nilai subtasknya kecil xD.

waktu lagi 15 menit. dan aku masih harus ngedebug D yang 0. aku ngebayangin pasti yg lain pada bisa. dan sampai akhir pun aku ga bisa-bisa ngedebug :(. aduh sedihnya ada yg 0 :(.

kontes selesai. aku mengakhiri dengan nilai 320.

dan sudah kuduga nilai yang lain untuk D pada tinggi-tinggi. vince aja dapet sampe subtask kedua terakhir.

aku liat scoreboard, dijamin udh ada 4 kepala diatasku. tp masih ada harapan untuk dapet HM rank 5 :")


trus ngobrolin nilai. sayangnya para mastah seperti Kezia, SW, Inigo, Salman masih ga percaya sama aku padahal aku jujur :(

yaudah akhirnya ke aula ada talkshow. nah ini ada semacam mahasiswa yang basa-basi dulu. dia nanya sambil ketawa, siapa yang bisa jawab B dan dengan polos aku doang yang angkat tangan. (ya memang aku ac B :P)

lanjut sesi yang ditunggu yaitu sesi pembahasan. tp karena sudah tepar jadi ga nangkep banyak.

Lalu ada sesi hadiah untuk kategori "aneh" menurut panitianya. aku dapet hadiah kategori peserta terjauh. mantap setidaknya dapat sesuatu di compfest ini.

"Pergi jauh-jauh cuman dapet susu beruang" - Kak Rey

aku perhatiin rundownnya dan ternyata acaranya kecepetan 1 jam. habis pembahasan jadi nunggu dulu busnya biar bisa ke awarding night.

Saat sekitar 1 jam gabut baru aku inget. "OH IYA, PJJ!!". aku udh ngodingin 2 soal sih jadi tinggal submit aja. pas buka laptop tiba-tiba diumumin bus udah siap. tp karena aku penasaran aku tetep kokoh duduk di kursi. pokoknya submit dulu!!.

akhirnya karena panitia pun sudah keluar, aku submit sambil jalan. yang pertama dapet WA, namun yang kedua dapet AC. yess.

Diluar ngobrol lagi dengan kelompok mastah dan masih ga percaya kalau aku 320. akhinya disuruh naik bus dulu. Aku, SW, Inigo, Vince termasuk salah satu orang pertama yang masuk bus. karena gaada kerjaan aku pun memberikan teka-teki kimia yang aku baca di TL anak OSN.

"Kenapa benzena susah nyari pacar?"

baru mau kukasi tau jawabannya. semakin banyak orang yang masuk. dan setiap ada yang masuk selalu kutanyain riddlenya.

Galang: "Kenapa benzena susah nyari pacar?"
Inigo: "TEKA TEKI DARI GALANG! AYO TEKA TEKI DARI GALANG! YANG BENER DAPET POTONGAN HADIAHNYA GALANG!"

akhirnya setelah bus full dan semua nyerah aku pun memberi tahu jawabannya

Galang: "Karena dia aromantik"
(hening total)
X: "please jangan macet"

jadi selama di bus akhirnya kita adu riddle terus. "semakin garing semakin bagus". beberapa yang kuinget

"apa yang cowo pas siang, cewe saat malem?"
"reylando" (aku ga ngerti yang ini dan aku ikhlaskan)
-SW

"siapa bapaknya inovasi?"
"avanzasi"
-Inigo

"siapa kakaknya galang?"
"penegak"
-Kak FWP

ketika mau sampai, aku liat ada bangunan 2 lantai khusus gramedia. keren banget aku sangat terkejut. di Bali gramedia itu selalu bagian dari mall.

sampai di grand margo, aku langsung nyelonong liat makanannya. dan enak-enak ada chicken teriyaki dan ikan asam-manis. aku baru sadar kalau yang lain masih jauh dibelakang akhirnya aku balik.

karena dibilang lagi 30 menit baru mulai. aku sama Vince mampir ke gramedia. Vince gabawa tas jd nitipin barangnya di tasku. sampainya di gramedia reaksi pertamaku adalah "wih keren gramednya luas". trus aku ke lantai 2 liat-liat Barrons. ketemu buku khusus test TOEFL. maunya beli. trus aku pikir, "perlu gak ya?" akhirnya ga beli.

Tak terasa sudah cukup lama numpang baca dan akhirnya ga beli apa-apa. karena perut laper jadi beli crepes diluar. Aku sih beli crepes aja sedangkan vince beli minuman juga. karena sudah hampir saatnya pembukaan, kita makan sambil jalan.

saat sampai di gerbang hotel ternyata Vince belom makan jadi kita duduk di pinggir jalan untuk makan. (nyesel ga foto ini, romantis banget). trus crepesnya bikin haus sedangkan aku gabawa minum. dengan terpaksa bear brand hadiah compfest kuminum :").

Ketika balik, terlihat antrean panjang untuk daftar ulang. namun SW datang dan aku akhirnya ikut ngantre disana karena kenal. daftar ulang dll, trus ambil makan. uenak banget makanannya aku ambil banyak banget biar ga habis.
catatan: piring ini ukurannya 2x lebih besar dari piring "normal"
porsi ini bisa dibilang setara dengan porsi makan 1 hari


Nah waktu yang dikasi untuk makan banyak banget. aku udah makan, trus ngambil es buah beberapa kali, trus dapet ngobrol. pertama kali ngambil es buah aku ambilnya di tempat VIP karena gatau. pas mau balik ngambil dicegat pengawasnya xD. aku awalnya ngira es buah cuman ada disana jadi bersyukur udah dapet ambil, namun ketika aku sombongin ke orang, dia bilang kalau  diluar ada.

Nah aku dan Inigo juga dapet diskusiin jalur olimpiade sainsnya UI. kan aku di email nih dan aku bingung harus ngapain. ternyata emailnya harus di bales dan dengan polosnya aku diemin aja :v. dan aku baru tau kalau emas juga dapet, kukira cuman P2 aja yang dapet.

Inigo: "jadi nanti kamu upload nilai rapot, trus kalau rata-ratanya 7 baru diterima"
Galang: "kalau rata-ratanya 9 gimana?"

Setelah ngobrol cukup lama, akhirnya acara dimulai. pembukanya dua penyanyi. aku ga denger apa yang mereka bilang namun karena suaranya bagus jadi menikmati. selesai acara tersebut, Inigo balik.

Inigo: "yak kembali ke awkward silence"
(mc ngomong)

lalu nyanyiin Indonesia Raya. kalau disekolah aku termasuk salah satu yang semangat nyanyinya. namun disebelahku si SW memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, aku liat dia pernah mendukung anti-rasis apa gitu di timelinenya jadi terasa banget semangat nyanyinya dan aku kalah. maunya sih kukerasin lagi nyanyinya tp takut salah ucap. "udah keras, salah lagi"

Habis itu ada sambutan. semua sambutannya keren bangett. Bacanya berwibawa, tidak putus-putus, tegap, gapake teks, dan menatap penonton dengan elegan. apalagi orang pertama, terasa aura gentleman gitu lah. beda banget dengan saat aku yang memberi sambutan yang saat penyebutan penghomatan hadirin saja ngadat xD.

Habis itu langsung pengumuman juara JCPC. dan seperti yang kuduga Inigo dapet HM 5. hilanglah kesempatanku dapat juara karena ada 4 kepala diatasku. jadi aku berfungsi sebagai tukang foto dan pemberi informasi.

2 juara JCPC diwakili
habis itu aku keluar untuk fotoan bersama SW barangkali ada nular ilmunya. ada pemenang academy lagi fotoan dan lama banget. foto bertim, sendiri-sendiri, bertim, rame-rame sama panitia, pasang pasangan (3 kemungkinan), dst. dan kita nunggu lama banget. akhirnya muncullah kesempatan

mudah mudahan imbanya nular m(_ _)m

foto sendiri



Setelah itu aku udah ga sedih kalau aku kalah, walaupun terakhir aku kalah itu kelas 11. awal.
setelah dipikir unik juga. lomba terakhri dimana aku kalah itu compfest, sedangkan sekarang aku kalah di compfest lagi. hmmm >_<

Waktu menunjukkan jam 8 WIB. masih lama acaranya namun aku sudah ga berkepentingan lagi jadi aku pun balik ke hotel, diikuti SW dkk. sampe di hotel aku meluapkan kekecewaanku dengan memanfaatkan kecepatan wifi yang tinggi untuk nonton anime.

H+1 lomba

karena gaada pesawat malam, aku menginap lagi di santika. pesawatku jam 2 jadi aku berniat menghabiskan pagi hariku di kamar hotel bermalas-malasan. namun aku dibangunkan oleh telpon dari bapakku untuk mengingatkanku menjadi produktif. aku tersadar dan mulai menulis blog ini. aku sudah merampunkan sebagian sehingga saatnya berangkat. aku milih berangkat jam 11 biar aman dan mengantisipasi macet. karena ke bandara naik gojek resiko, maka aku naik grab.

sampe di bandara, di X-ray depan aku masukin hp dan dompet ke tempat khusus itu. tapi nasibku lagi malang karena wadahnya terkena terkanan tas saat mau masuk x ray dan didorong oleh penutup radiasi x-ray. aku perhatiin dengan khawatir saat wadah semakin terbalik sehingga akhirnya wadah terbalik. aku buru buru melewati x-ray tubuh dan kaget ketiga dompetku gaada di wadah. aku cari dan ternyata jatuh di bawah conveyor.

kulihat ada antre membanjiri. aku pikir yah harus antre panjang. taunya itu pesawat batik. di citilink ada sel check in, enak banget buat yang ga bawa bagasi jadi aku lakukan itu. saat pencetakan tiket, aku denger suara pencetakan namun boarding pass tidak keluar. setelah ku cek ternyata nyangkut dan masuk di mesin. jadi aku keluarin pulpenku untuk utak-atik biar mau keluar dan berhasil.



trus ke ruang check in. lanjut ngetik dan tak sadar sudah saatnya boarding. boarding deh dan aku taro laptopku di kantong kursi karena berniat lanjut blogging namun aku ketiduran. saat bangun sudah mau sampe jadi tanggung ga kubuka laptopya. sampai di Bali bapakku nelpon bilang ada acara yang lebih penting yang harus dihadiri jadi gabisa jemput jadi aku naik taksi bandara.

maunya naik grab tapi masih ga berani mesen dan bandara bali jauh banget jalannya. jadi aku berniat nanya brp sih harganya taksi bandara. pergi ke counter kan

Galang: "pak kalau ke renon berapa harganya?"
Petugas: "RENON?? 175 Ribu! (mengambil walkie talkie) 79 siap? 79 meluncur ke renon"
Galang: "..."

padahal cuman nanya harga doang. maunya sih bilang kalau cuman ada 100 ribu di kantong tapi masnya galak dan keliatannya  siap mukul jadi terpaksa pasrah. padahal kalau dari rumah ke bandara naik grab cmn 60 ribu.

Sampe di taksi ditanya mau pake argo atau harga. aku sih mikirnya pake argo barangkali lebih murah. jadi kubilang pake argo. sudah menjadi kebiasaanku untuk ngecek kebenaran tarif argo. dan kali ini perhitunganku pas yaitu 7000/km (bener bener bulet, gaada pembulatan apapun). eh buset mahal banget taksinya. dan sialnya sampe rumah ternyata dengan argo ternyata sama aja jatuhnya 175 rb.

Sampe dirumah cukup sore, jadi malemnya bisa istirahat total.

H+2 lomba

ternyata staminaku masih terkuras. hari ini ada pelajaran yoga (semacam olahraga spiritual) dan karena olahraga ini bikin tenang jasmani,  saat gerakan berbaring, aku ketiduran!. sialnya ga dibangunin dan akhirnya dibangunin gurunya saat sudah selesai.

Sepulang sekolah kubuka kulkas dan kulihat ada banyak bear brand di kulkas :))

Penutup

Aku memang sedah fokus hal lain, dan selama dua minggu terakhir aku hanya mengerjakan PJJ doang, itu menyebabkan "insting" kodingku berkurang. yang paling berasa dari efek itu adalah gagal bugfix bug yang aneh, dimana saat OSN aku bisa bugfix MLE yang aneh, kali ini salah urutan fungsi aku butuh waktu lumayan untuk menemukan.

Masalah saingan, secara teknis ini saingannya lebih ringan dari pada saat BNPCHS karena setidaknya 1 emas OSN tidak hadir, namun secara realitas mereka memang sudah belajar giat dan aku tidak, jadi saingan ini lebih berat xD

Tapi aku tidak ada menyesali, saat lomba aku sedang kondisi prima dan ini memang berarti skillku kurang. Ini menjadi pengingat bagiku, walaupun aku sudah punya kerjaan lain, aku tetap anak komputer,  aku tetap peraih emas OSN, jadi aku akan selesaikan tugas-tugasku sampai akhir.

 aku memang kalah di lomba ini. tapi pengalamanku selama acaranya sangat berkesan :)

Comments

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Pelatnas 3 TOKI 2018 Minggu 3: Odd Future

I keep my ideals alive, when destiny calls
Everything is like a rust escaping me
And we're livin in a darker history
Every single excuse i've ever made
I just gotta learn to throw them all away
And i think i remember all my lies
I was always living with dead eyes
And now i gotta live everyday, more alive!

Aku merasa lirik dari anime boku no hero ini sangat bisa dikaitkan dengan perasaanku dalam minggu terakhir ini.
(Lirik B.Ing biar ga full wibu: https://www.youtube.com/watch?v=WJxWIsI0DNc)

Senin, 21 Mei 2018

Minggu terakhir di pelatnas, pokoknya minggu ini aku gamau mikir banyak selain belajar. Gaada lagi ke acara random ke detos untuk beli baju (walaupun baju rumahanku cuman 2). Aku udah blokir youtube di hpku juga.

Hari ini ada pengajar baru, yaitu Kak Sergio. Aku inget dulu waktu masih kelas 11 ikut compfest terus nyapa Kak Sergio di toilet dan dia menghindar, jadi aku termotivasi untuk melakukan sesuatu yang membuat Kak Sergio notice aku :) dan sekarang aku bakal diajarin Kak Ser…

Mengikuti ICPC 2018

ah, ICPC. Singkatan dari International Collegiate Programming Contest. Perlombaan paling bergengsi untuk anak kuliahan. UI sendiri cukup aktif mengikuti perlombaan ini. Aku sebagai Maba dapat kesempatan untuk mengikuti lomba ini dan dapat keluar negeri juga. hehe. Berikut cerita ICPCku tahun ini. Selamat menikmati.

Pembentukan Tim


Di UI ada seleksi untuk pembentukan tim ICPC yang nantinya akan mewakili UI ke regional yang ke luar negeri. Seleksi ini dibuka untuk seluruh UI, kating-kating sampai maba boleh daftar, bahkan untuk non fasilkom pun boleh (Pak Denny bilang pernah ada anak FMIPA lolos :O).

Seleksi ini cukup singkat. Ada 3 kontes. 2 kontes pendek dan 1 kontes panjang.

Kontes pendek itu durasinya 2.5 jam dan ngerjain di lab. Dapet poin berdasarkan ranknya yaitu max(18-rank,2). Kontesnya di Vjudge.

Kontes panjang itu durasinya 1 minggu dan dapet poin cuma berdasarkan jumlah solve. kontesnya dari selasa - selasa depannya.

Ini aku ada kendala di laptop. Jadi laptopku saat itu (ROG…