Skip to main content

Jurnal Pelatnas 1 TOKI 2018, Minggu Kedua: Rumah baru?

Tak terasa, satu minggu di pelatnas sudah lewat. kali ini aku akan coba merekam kejadian-kejadian selama minggu dua.


Senin, 2 Oktober 2017

sudah hari belajar lagi, jadi rutinitas biasa. namun hari ini mungkin masih terbawa euforia kemarin jadi telat parah. semua sudah siap taunya ada beberapa yang nametagnya ketinggalan.

Hari ini kita diajarkan oleh Pak Rully, materinya tentang ADT/STL. berbeda dengan minggu lalu karena paginya koding di laptop dulu. soal dari TLX juga sudah di post dan aku liat sekilas ini tentang disjoint set. kalau soal di TLX hari ini ada 4 juga

pertama aku kerjain dulu tugasnya Pak Rully yaitu soal SPOJ DANCE dan MLAND. baca DANCE, dan ini merupakan salah satu tipe soal yang aku gak seneng, pola dan perlu barang untuk di visualisasi. jadi kuskip. baca MLAND, nah ini deskripsinya ribet gitu tapi bukan masalah bagiku yang akan ngambil tes TOEFL bulan depan. nah soal ini lumayan asik cuman ngetes kemampuan buat kruskal sama UFDS. kukoding dan jawabanku meleset gitu, output sample juri 0.111 dan punyaku 0.115 tapi YOLO lah kusubmit. waduh, AC :|.

trus tinggal optimisasi dikit biar timenya mau 0.01. jadi iterasi ternarynya kukurangi. tinggal modif dikit biar jadi binser dan selesai juga. jujur saja buat binsernya lebih susah karena rawan presisi. EPS harus kuset jadi 10^-9 biar ac (padahal diminta 3 digit terakhir doang). setelah itu aku liat soal TLX dan aku masih inget soal almost union-find karena pernah ngerjain dulu di kattis jadi secepat kilat kukoding. kalau yang Kimia itu masih implementasi sederhana UFDS jadi selesai juga keduanya dalam kurang dari 30 menit. makan siang telah tiba! asik sudah AC 2.

Selesai makan siang, aku lanjut coba baca C kepikiran impelementasinya ribet gitu, yaudah lanjut D. ini DPnya jelas kelihatan tinggal gimana ngitung median semua subarray dengan cepat. nah setelah observasi ketemu problem ini bisa diselesaikan dengan two heap algorithm. implementasi DPnya mudah dan oneshot aku AC. trus baca C, ya gaada pilihan selain koding solusinya. submit dan dapet 65. kupikir WAnya pasti overflow, setelah 2 jam debug ga ketemu. kan sudah jelas tiap kita panggil union(x,y) x dan ynya pasti set berbeda jadi gaperlu di cek, maka iseng aku tambahin assert(find(x)!=find(y). submit dan dapet 39 -_-. kalau ginisih udah jelas bugnya di fungsi find. ternyata bugnya fatal banget harusnya aku dapet 0. yaudah tambahin 1 baris dan AC. yosh 400 lagi.

selesai waktu pengerjaan, gaada pembahasan. jadi ada sosialisasi ngisi formulir trus balik ke hotel. di hotel aku coba hajar DANCE lagi dan ga bisa-bisa optimisasi jadi 0.01. tiba-tiba Alvin bilang "wah mantap 0,1" trus aku kaget aku pake fastio aja 0,02. ternyata setelah aku liat submissionnya maksudnya dia 0.1 bukan 0.01.

JOTD:
*ngomongin werewolf*
Galang: "Tambahin anak malang ee"
Refindo: "aku kenapa?"

Selasa, 3 Oktober 2017

 saat mau sarapan ketemu Pak Rully di lorong akhirnya ngobrol solusinya DANCE. sarapan trus berangkat deh. seperti biasa ada saja yang telat, aku masih berusaha mencari solusi agar gak ada yang ngaret.
telur lada hitam ala Refindo

Hari ini materinya graph transversal, yaitu DFS, BFS, dan topological sort. diajarin pewarnaan dalam transversal, selama ini aku cuman tau visited dan non visited aja.setelah itu seperti biasa,latihan!.

Baca A, deskripnya pendek banget. kukira ini soal bonus. tapi setelah nyoba-nyoba kok gadapet ya, skip. baca B, waduh ini susah. skip lagi. baca C, awalnya ini ga dibilang jawaban akhir setiap karakter satu huruf, jadi bisa ribet banget solusinya. setelah nyoba-nyoba akhirnya ada announcement kalau deskripsi di update. yey jadi mudah, soal ini AC.

baca D, awalnya ini kelihatannya susah banget karena banyak variabel. tapi setelah diteliti ini ternyata cuman cycle finding doang trus hitung kpk setiap cycle dari C+1<=i<=N-D. jadi bisa dihitung deh t nya ada brp. AC.

Makan siang! aku main werewolf tapi langsung dibunuh padahal seer. sepertinya aku terlalu jago untuk main disini :(. yaudah balik ngoding aja

Baca A lagi, setelah bereksperimen dengan berbagai macam algo aneh, aku sadar bahwa menuhin syarat jarak <=3 itu sangat mudah. jadi solusiku cuman dfs biasa, kalau kedalaman sekarang habis dibagi 2, maka print baru lanjut dfs. selain itu lanjut dfs baru print setelah semua anak sudah di print.(ceritanya backtracking). lol 40 line AC. denger-denger ada solusi yang memanfaatkan 2 fungsi ._.

waktu sisa 3 jam dan tinggal B. waktu itu aku ga nganggep itu graph istimewa, cuman nganggep bahwa titik-titik itu cuman memperindah deskripsi soal. yaudah jadi solusiku aku coba pake kosaraju algorithm trus DP. yah MLE... -_-. bingung dah mau ngapain observasi ga dapet-dapet. akhirnya nyerah.

Aku langsung mencari Salman. ternyata itu memanfaatkan kalau graphnya "Planar", sesuatu yang aku pernah denger namun tak pernah peduli untuk mempelajari, jadi titik-titik itu memang bagian dari solusinya. sial curang :( . poinku hari ini 330, setelah semingguan dapet 400. tapi keliahtannya cuman Salman doang yang dapet 400.

sampe di hotel aku ackan soal itu di repeating setelah tau apa itu planar graph.

QOTD
*ngomongin werewolf*
"kalau amnu jadi werewolf, pas siang hari dia bakal bilang "aku werewolfnya""

Rabu, 4 Oktober 2017

Hari ini ada hal yang tidak biasa di pagi hari... SENAM!.

semua bermula saat kemarin ada yang share video Faishol lagi senam, muncullah ide untuk senam hari ini. Senam sebenarnya mau dipimpin oleh Refindo dan Akbar. saat masuk kelas diminta untuk ke luar untuk memulai senam. aku terkejut karena videonya Faishol ditaro di macbook dan dijadikan panduan senamnya. karena Refindo dan Akbar gaada yang mau mimpin akhirnya aku deh yang mewakili. senamnya seru lagunya, gerakaannya "digeboy-geboy".

videonya Faishol: https://www.youtube.com/watch?v=jvxxaBpjsik

Selesai senam terasa segar gitu, mungkin karena sudah lama ga gerak. lanjut materi deh oleh Pak Rully. hari ini tentang MST. dikasi soal latihan trus dikerjain. jam 10 latihan deh di TLX. hari ini soalnya menurutku jauh lebih susah dari kemarin-kemarin

Baca semua soal kok susah-susah ya. akhirnya C yang paling straightforward kukerjain dan AC. intinya sih anggap semua gardu itu sudah terhubung di awal. trus ada ide untuk A. tp keburu makan siang. orang sudah baca bisik AC 3, ACku baru 1...

Akhirnya aku makan siang cepet trus ambis. A ku aku buat tabel DP yang N^2. itu TLE di 1 case. aku lama baru nyadar ini mungkin disebabkan oleh algoritma kruskalnya karena aku baru nyadar 500000log2(500000) itu 95000000. tp karena males ganti jadi prim akhirnya aku buat fastio aja :v. lumayan lah ngurangin 300 ms dan AC.

Baca B, gara-gara baris terakhir, aku jadi mikir ini jgn-jgn soal COCI apalagi deskripsinya pake bahasa inggris dan coba terjemahannya di TLX dan lumayan mentah. tapi aku gamau googling karena aku juga berintegritas. aku nemu observasi keren yaitu pisah-pisah jadi grup berdasar bisa dihubungi pake jalan aspal doang gak,trus jalanin kruskal di tiap grup untuk nemuin jalan batu maksimal yang bisa ditaro. nanti digabungin namun WA. bodohnya aku kira ada bug dan menghabiskan 3 jam untuk debug baru ak tau ini algonya banyak counter case. akhirnya waktu lagi 60 menit aku baru kerjain D. aku dapet ide kalau ini dikaliin aja gitu ._. coba submit dan dapat 54. aku kira ada overflow taunya gaada dan algoku ternyata salah total (baru tau saat kontes selesai). waktu habis dan aku cuman AC 2 dengan total nilai 274 (54 di D, 20 di B).

aku sadar nilaiku turun terus dari kemarin. berarti aku harus lebih semangat lagi dalam belajar. malemnya laundry dateng. karena uang jajanku lagi menipis aku gabisa bayar dulu maka aku minta temen-temenku ke kamar untuk bayar. namun sayang dikit yang melakukan jadi aku minjem uang Alvin. setelah "balik modal" dari orang-orang saat laundry dateng aku balikin kokk uang-uangnya

QOTD
"gaada kodenya jelek, yang penting ACnya indah"

Kamis, 5 Oktober 2017

Sepertinya Senam bakal menjadi kegiatan rutin sekarang, sial harus bangun lebih pagi (thanks Refindo dan Akbar). hari ini aku jadi tau mana orang yang gasuka olah raga. Karena Refindo dan Akbar belum siap mimpin maka hari ini aku lagi yang mimpin, beruntunglah beberapa orang sudah nonton video senamnya jadi bisa ngikutin. saat senam Kak Irvin pengajar kita hari ini lewat, namun dia tidak melihat kita senam :(.

carilah 3 orang di foto ini yang gak ngikutin senam

Selesai senam lanjut materi. Hari ini ganti pengajar lagi, kali ini materi dibawakan oleh Kak Irvin, yaitu shortest path. langsung saja dihajar ketiga algoritma shortest path dan setelah itu langsung bahas 3 soal. terasalah perbedaan kalau suka sama materi dan kalau gasuka. kalau disekolah lagi presentasi, slide ke 6 saja sudah ngantuk, kalau ini, tak terasa sudah slide ke 44 xD.

lanjut deh latihan seperti biasa (atau gak biasa? hmmmm)

baca A, dijkstra kelihatan jelas, cuman banyak detail yang buat ribet padahal sebenernya mudah. skip dulu karena aku rasa implementasi lumayan. baca B, ah soal ini lumayn straightforward. observasi pentingnya bahwa kita cuman perlu nyimpen lokasi 1 portal, karena kita akan pake portal lagi satu kita tembak dan langsung pergi kalau lagi di tembok. jadi statenya 4: kordinat posisi, dan kordinat portal. karena constraintnya kecil, bahkan solusi dengan 6 state bisa ac (simpen portal kedua) dan karena pingin main aman aku koding 6 state. namun setelah koding 2 baris bfsnya aku lansung merasa malas karena harus ngetik visited dll, apalagi aku isi precompute tembok terdekat jadi disimpen di pair dan ngetiknya lama. akhirnya aku pake yang 4 state aja xD. ac dengan cepat dan elegan.

baca C dan D, susah. udh keburu makan siang dan baru AC 1. saat makan siang aku main werewolf dan AKHIRNYA ga dibunuh paling awal tanpa alasan yang jelas. selesai main, aku langsung ke balik lab yang sudah rame, saatnya ambis.

yang jelas aku bisa A, tinggal C dan D, aku milih D karena idenya lebih kelihatan. yang jelas ini kita binser nilai Ynya trus hitung dengan nilai Y segitu tiap pegas jarak maksnya brp. saat lagi sketching graph sample 2 tiba-tiba kelihatan jelas observasinya yaitu ngecek apakah nilai Y bisa atau ga itu pake shortest path. soal ini AC.

trus tiba-tiba ruangan ribut, ngomongin C yang di rejudge. aku jadi tau lah kalau C itu mudah karena banyak yg solve namun aku memutuskan main aman dan kerjain A. karena ini implementasinya kalau barbar bakal ribet, maka aku reka-reka dulu di kertas. setelah ketemu implementasi yang elegan ku implementasi lah. hasilnya WA di TC terakhir!. bugfic malah RTE. nah disini pelan-pelan waktuku mulai terkuras. tak terasa sudah 2,5 jam aku bugfix TC terakhir ini, aku sudah coba assert size pq, assert indeks out of bound namun hasilnya nihil. akhirnya aku tak sengaja liat array visitedku dan facepalm keras. aku nulis dimensinya kebalik!. aduh bodohnya, kok ini RTEnya baru di TC terakhir yah :/. fix langsung AC dengan lega.

waktu lagi 90 menit dan soal C belum kucoba sama sekali. entah darimana kepikiran, dapet ide kalau ada solusi optimalnya yang cuman ganti-ganti suatu node doang. yaudah karena constraint kecil itu bisa di BF tiap node jalanin DFS maks N kali. aku sih harap-harap cemas karena ini cuman intuisi kuat, aku coba buktiin namun ilmu ga nyampe. submit dan... AC oneshot!!! yippi fullscore dan waktu lagi 60 menit.

Aku memutuskan untuk istirahat di luar, ngobrol gitu. ada yang mau apply ke MIT, wih keren banget.

trus biar aku ga dicurigai dapet 400 maka aku balik lagi ke meja kera. pura-pura ngerjain soal gituh padahal yang nyoba proving yang C. sampe akhir ga nemu.

di sesi ini aku membuat klarifikasi untuk setiap soal...
klarifikasiku yang portal dijadiin announcement, yay


setelah lama vakum, sesi pembahasan BALIK LAGI. namun karena pengajar beda maka stylenya juga beda. satu soal dibahas oleh aku (portal) dan 3 dibahas Kak Irvin. dia bilang solusi nyimpen 3 state di soal A bakal TLE sedangkan solusiku ac dengan 80 ms. aku diem saja karena ini masalahnya bisa beneran di rejudge.

balik hotel, dan hari ini hari penyetoran laundry. sistem seperti biasa aku tungguin dibawah. selesai diangkut aku ingin mempelajari senamnya Faishol. aku liat viewsnya sudah 590 padahal 2 hari yang lalu masih 12, pasti anak TOKI yang nonton biar bisa senam dengan bener.

Jumat, 6 Oktober 2017

Tak terasa sudah hari jumat saja. waktu berasa cepat banget selama pelatnas ini karena jadwal latihannya dari pagi sampai sore, trus sampe hotel tidur, repeat.

Hari ini diawali dengan kegiatan biasa, lalu lanjut ke IPB seperti biasa. ditanya mau senam atau ga dan beberapa bilang "sudah sehat". jadi senam ditiadakan (untuk selamanya?)

materi hari ini bisa jadi salah satu materi yang aku tunggu-tunggu: divide and conquer (+meet in the middle) karena menurutku ya seru ajah ._.. materinya masih oleh Kak Irvin. hari ini Kak Irvin sering nipu-nipu gitu bawain materinya :(.

disini kita juga mengenal berbagai macam proofing, antara lain:
-proof by master's theorem
-proof by induction
-proof by submission

 lanjut deh latian. soal hari ini:

mulai deh pengerjaan. aku duduk di sebelah Salman, terasa sensasinya.

saat baca judul soal dan liat pertahanan yogya, aku langsung tau mau ngerjain apa. tidak lama setelah AC itu, aku mengackan A dan C juga. ini sebelum makan siang. aku sih ngerasa mungkin memang dibuat ringan soalnya karena besok bakal kuis.

saat makan siang seperti biasa Rama bawa kartu.kali ini kita nyoba main kartu biasa. Richard ngasi tau permainan kartu yang mensimulasikan stack. lumayan seru. habis itu kita main game "24" dimana dibuka 4 kartu random trus gunain operasi aritmatika untuk dapetin nilai 24. ya namanya anak komputer, saat orang tau kita main ini, langsung berkerumunan rame. jadi sebagai tantangan ditambah aturan yaitu selain operasi tambah kurang kali bagi dan kurung, boleh pake operasi bitwise juga (and, or, xor, shl,shr).

alur tiap ronde baru: pertama kita hitung seperti biasa, kalau setelah 2 menit belum ada yang ketemu mulai terdengar gumaman sayup-sayup angka satu dan nol. Toby menang banyak.

lanjut ngerjain. sisa soal terakhir. nah ini. inti soalnya dikasi A,B,C,S. trus disuruh nyari nilai x,y,z dimana (0<=x,y,z dan x+y+z <=S) yang memaksimalkan x^a * y^b * z^c.

setelah proofing didapat bahwa nilai maksimum untuk suatu fixed x kalau dibuat grafik itu unimodal maka ku ternary. namun presicion error. jadi kuturunin rumus untuk 1 lapis ternary jadi O(1), tetep precision error. setelah nyoba nyari barangkali ada bug selama 3 jam, akhirnya kuturunin lapisan teratas ternary dan dapat algoritma O(1) (rumus). ini sih gamungkin precision error. namun, ya tebak: masih WA!. trus entah apa yang kulakukan, hapus hapus komen trus coba submit lagi, eh AC --".

aku coba jabarin caranya aku dapet rumus O(1) tersebut, sekalian pamer skill :P.

(ini berasumsi tidak ada x,y,z yang sama dengan 0, kalau ada ya 0 donk hasilnya :( )

jadi pertama misal nilai z sudah kita fix, dan misal s = S-z. maka kita harus maksimalkan x^a . (s-x)^b. perhatikan bahwa apabila nilai tsb maksimal, maka nilai a*ln(x) + b*ln(s-x) pasti maksimal. maka kita cari nilai maksimal dari a*ln(x) + b*ln(s-x).

tinggal di turunin saja.(turunan ln(x) = 1/x). trus cari yang = 0.
a/x - b/(s-x) = 0
a/x = b/(s-x)
as-ax=bx
x=as/(a+b).

maka untuk suatu z yang fixed, nilai dari x^a (s-x)^b akan maksimum saat x= as/(a+b).
sekarang apabila nilai z variabel, kita substitusikan ke persamaan awal saja. kita harus memaksimalkan:
(a(S-z)/(a+b))^a * ((S-z) - (a(S-z)/(a+b))^b * z^c
perhatikan bahwa semua variabel diatas sudah fixed, kecuali z, maka kita bisa cari nilai maksimum dengan menurunkan terhadap z dan cari dimana =0.

agar tidak ribet kita guankan trick tadi yaitu turunkan lnya
a*(ln(a) + ln(S-z) - ln(a+b)) + b*ln((S-z) - (a(S-z)/(a+b))) + c*ln(z)

turunkan terhadap z
-a/(S-z) + b*(a/(a+b) - 1)/((S-z) - a(S-z)/(a+b)) + c/z = 0
b*(a/(a+b) - 1)/((S-z) - a(S-z)/(a+b)) + c/z = a/(S-z)
b*(a/(a+b) - 1)/(1 - a/(a+b)) + c(S-z)/z = a   (kedua ruas kita kali (S-z)
-b + c(S-z)/z = a
cS-cz=az+bz
cS=z(a+b+c)
z=cS/(a+b+c)

maka z yang optimal adalah z=cS/(a+b+c). setelah ketemu z, maka x dan y bisa dicari dengan rumus-rumus diatas. dan tinggal keluarin x,y,z. bahkan dengan rumus ini kita gaperlu nyari tau jaraknya berapa, yang pasti ini optimal xD.



oh iya, kalau misal di antara (a,b,c) ada yang 0, maka rumus diatas ga berlaku karena ada yang kita bagi dengan 0, maka untuk itu aku handle sebagai kasus terpisah tergantung banyaknya 0. (mudah kok cuman 3 kasus doang, kalau semuanya 0 maka jawabannya (0,0,0), kalau 2 nolnya maka jawabannya (S,0,0) (S itu ditaro di nilai yang gak 0) dst...

ini soalnya presisinya kejem banget btw ._. bandinginnya selisih logaritma natural <10^6.

Aku AC soal ini sekitar 1 jam sebelum kontes selesai, jadi nongkrong diluar bersama Salman, Dkk. lalu datang Pak Rully. Pak Rully ternyata sudah baca blog minggu pertamaku dan nanyain berbagai macam hal. setelah itu Pak Rully membuka topik tentang masa depan saya di perkuliahan. Beliau memberi opsi kuliah di Rusia yaitu di ITMO. disana ada ada coach legend "Andrew Stankevich" trus Pak Rully sudah membayangkan namaku disebelahnya, "Andrew Stankevich, Galang, trus bawahnya ada wang si tong"
hari ini gaada pembahasan karena besok ada kuis. malemnya ada cf dan kupake latihan. hari ini aku beruntung soal C cepet dapet observasinya . mantap rating naik +123.

QOTD:
*Tama nunjukkin krupukku di sebelah tangannya*
Tama: "ini punyamu?"
Galang: "punyamu sekarang"

Sabtu, 7 Oktober 2017

Saat mau sarapan, restorannya rame banget, full gitu bahkan sampai ada yang makan di tempat prasmanannya. selesai sarapan langsung jalan ke lab.

hari ini hari kuis, jadi kuis itu semacam simulasi selama 5 jam. bobotnya gede makanya dijaga ketat seperti saat OSN. dibagiin nomor ruangan dan aku mencari tahu siapa yang bakal duduk sama aku. aku tanya-tanya kok gaada yang dapet B13, ternyata itu satu-satunya kartu yang belum diambil dan satu-satunay yang belum ngambil adalah: Salman. mantap sebelah mastah lagi. sambil menunggu masuk ruangan ada acara sulap lagi.

 saat mau unjuk kebolehan, sudah dipanggil untuk masuk ruangan, nasib-nasib. dipanggilnya berdasarkan hasil OSN jadi aku cepet masuknya. 4 dari 5 emas ada di ruangan B (termasuk aku). kebayang lah "panasnya" ruangan B. ya soalnya ada 4 sih.

ya karena soal kuis menarik jadi aku ingin beri gambaran umum soalnya, dan kali ini aku akan lebih mendetail gitulah saat deskripsiin ngerjainnya karena ini mirip banget sama suasana lomba.

ya seperti biasa di setiap lomba, pertama aku baca dulu semua soal. saat aku baca D aku tersenyum karena dulu aku ikut kontes di atcoder dan soalnya ini sama lah (kebetulan juga ilustrasinya mirip). aku inget solusinya kaya buat berpotongan kaya zig-zag gitu. namun aku bingung gimana handle ujungnya. jadi aku skip, lol. (yah namanya juga kontes setahun yg lalu) (waktu terpakai : ~1 jam)

baca B, kelihatannya mudah dan coba koding greedy, WA. bingung. setelah sekitar 30 menit baru nyadar kalau memang algonya salah (waktu terpakai: ~1 jam). lanjut A deh, nah ini pertama aku coba buktiin observasiku yaitu sorting berdasar A+B (proof by submission). kusubmit dan dapet 23. artinay terbukti. lanjut buat yang bisa ada pasangan, aku coba suatu greedy dan nemu counter. trus cepet gitulah nemu observasinya yaitu kita bisa coba kalau ambil 1 pasang,2 pasang, dst optimalnya brp. koding dan WA??!!. debugnya lumayan lama karena aku yakin bener deh. trus aku inget pengalaman: cek comparator sorting dan bener saja!! ada hal aneh yaiu:
if(a)
return a<b;
itu sebenernya yang if(a) aku mau nulis sesuatu tapi aku batalkan dan lupa kuhapus, kebetulan banget itu sintaksnya bener, jadi fungsi comparatorku return false kalau a=0. -_-. hapus line itu dan submit, AC. (waktu terpakai: ~1 jam).

baca C karena belum tersentuh, jadi kuskip karena geometri. turunin rumusnya dan dapet, tinggal gimana handle kiri ke kanannya aja. bingung, skip. (waktu terpakai: ~30 menit)

 kerjain D lagi, kan aneh masa udah pernah ngerjain dan lupa. coba berbagai posisi gila yang masih mengacu pada apa yang kuingat. seperti motongnya vertikal. tapi ga nemu-nemu karena masih bingung tentang bordernya gimana. (waktu terpakai: ~30 menit)

waktu tinggal lagi 1 jam, dan baru nyadar ada line tersembunyi di soal: selain x,y=1, ternyata x=r dan y=C juga dijamin gaada ungu!!! ohhh aku facepalm keras karena udh menghabiskan 90 menit waktuku untuk suatu hal yang seperti ini. yaudahlah buat algo konstruksinya dan submit lalu AC. (waktu terpakai ~5 menit)


Galang on fire.  (walau C masih 0 dan B hoki 30).

aku attack C dulu. karena masih 0. ya biar aman aku buat algo naif n^2 dulu. setelah dapet 43 maka aku yakin rumusku bener tinggal buat observasi... ga dapet.

waktu sisa lagi 15 menit dan aku pindah ke B. dapet ide algoritma yang bisa fullscore, ngetik cepet, namun semenit sebelum kontes berakhir gabisa di compile, akhirnya ga keburu benerin :(. nilai akhirku 100 + 30 + 43 + 100 = 273.
scoreboard dibuka dan aku rank 1, tapi kali ini hoki karena pernah ngerjain soal D.
kapan lagi bisa gini yah? :\


selesai kontes ada istirahat 1 jam. adu sulap lagi. tak terasa sejam sudah lewat, pokoknya kita sempet berspekulasi mau ngapain habis ini, teori yang bagus sih dari Tama:
"Nanti bakal disuruh mikir kesalahan kita selama seminggu trus mikir konsekuensi"

dan aku lupa ngapain saja. habis itu ke lab ada pembahasan trus repeating. dimana aku main agar.io karena sudah AC semua :)

aku lihat amnu lagi buka planet di google (lupa ah aplikasinya apaan, di google gaada). trus terjadilah pecakapan berikut:
Galang: "wahh ini bisa buka cybertron ga?"
amnu: "cuman bisa yang deket-deket aja"
Galang: "ih lumayan deket kok"
(amnu nyoba nyari, loadingnya lama)
amnu: "mungkin karena jauh, jadi loadingnya lama"

makasi Rania kuenya :)

setelah jam 5 boleh pulang. aku tidur dan bangun jam 8. aku lupa kalau ini lagi tidur istirahat. habis itu aku refreshing karena besok gaada materi. acara besok adalah jogging!!

QOTD:
*Tama solusi A pake greedy tp banyak if*
Galang: "We Tam! pasti haram solusimu!"
Tama: "Ya kasi aku tc, aku cek kalau aku ada buat ifnya atau gak"

Minggu, 8 Oktober 2017

Telpon kamar bunyi, Alvin angkat. telponnya dari resepsionis dibilang sudah boleh turun. langsung aku bergegas, cek sudah jam setengah 6. waduh telat setengah jam dari jadwal yaitu jam 5.  aku lupa pasang alarm!. yaudah cuci muka trus kebawah.

dibawah sudah ramai tapi tampaknya ga semua ikut jogging. kakaknya ngabsen. sebagai bekal jogging, setiap orang dikasi air minum tanggung dan pisang segar. joggingnya ngelilingin kebun raya (di bagian luar) trus nanti masuk dari ujung lain. niat awal jogging, namun akhirnya jadi jalan santai. kecuali Refindo yang beneran jogging sampai bajunya basah seperti disiram air.

trus masuk kebun raya. didalam kita keliling-keliling gitu.

ayo dibeli-dibeli



kami berusaha menerjemahkan ini artinya apa.
beberapa versi terjemahan
"planted by friends and family" - Budi
"buanglah sampah pada tempatnya" - Rama

cacing besar alaska


naik jembatan gantung



foto favoritku :')

Selesai itu balik hotel. nah kebetulan ada Kak Irvin trus aku penasaran sama suatu soal buatannya jadi aku tanya. sayangnya Kak Irvin mau balik nanti malem jadi dijelasinnya disana saja. trus karena perlu kertas diundang deh ke kamarnya Kak Irvin. dapet pencerahan gitu. disana juga ada Pak Auzi dan Kak Nino. trus nongkrong diskusikan macam-macam, seperti NTU dan NUS dan alumni TOKI misterius... .

saat mau pergi, Pak Auzi ngasi jokes tentang ganti file extensions. trus aku bingung karena aku tuh sering banget ganti file extension terutama dari PNG ke JPG  namun Kak Irvin dan Pak Auzi bilang itu gak mungkin bisa. akhirnya Pak Auzi nyoba di komputernya dan berhasil. Kak Irvin langsung teriak-teriak dan Pak Auzi juga kebingungan "jadi selama ini buat apa ya belajar X".

hari ini dikasi 100 ribu untuk beli makanan. siangnya aku sama alvin ke botani. saking banyaknya pilihan makanan jadi bingung, akhirnya aku memutuskan untuk makan di: KFC...

malemnya aku baru tau kalau adik-adiku 2 tim lolos NLC ,satu tim kelas 11, satu team kelas 10. rangking lumayan gede juga. berarti sekolahku sudah semakin baik :). waktu aku ikut kelas 10 padahal timku sama emas AIMO,tp galolos penyisihan xD (KO di soal pola yang gaje). tahun depan nyoba lagi dan lolos peringkat 67. ini adek-adekku lolos peringkat 16 dan 22 :).


suasana pembinaan NLC...

prestasi ini tentunya harus dirayakan

karena gaada adik-adikku, maka aku merayakan berdua sama Tama.
yup, aku pesen ayam bakar dan sushi.

 pulang dari botani, aku merasa lelah. namun aku sudah beradaptasi dengan pelatnas ini. bahkan sekarang kalau kubilang kamar hotel sudah bagaikan rumah

kamar rumahku lebih bersih kokkk
ini karena tiap sore dibersihin.

mungkin nanti bakal menjadi masalah saat aku kembali ke rumah 2 minggu lagi xD. yasudah, malem ini aku tidur agak awal (jam 11) karena besok ada materi maut geometri. tak terasa banget sudah dua minggu aku di Bogor dan sebentar lagi saja sudah pengumuman kelolosan pelatnas 2. tapi untuk sekarang, aku mengakhiri minggu ini dengan memejamkan mata

QOTD: 
"Orang Indonesia makannya pake tangan" -Galang, sambil nyelupin sushi pake tangan












Comments

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Pelatnas 3 TOKI 2018 Minggu 3: Odd Future

I keep my ideals alive, when destiny calls
Everything is like a rust escaping me
And we're livin in a darker history
Every single excuse i've ever made
I just gotta learn to throw them all away
And i think i remember all my lies
I was always living with dead eyes
And now i gotta live everyday, more alive!

Aku merasa lirik dari anime boku no hero ini sangat bisa dikaitkan dengan perasaanku dalam minggu terakhir ini.
(Lirik B.Ing biar ga full wibu: https://www.youtube.com/watch?v=WJxWIsI0DNc)

Senin, 21 Mei 2018

Minggu terakhir di pelatnas, pokoknya minggu ini aku gamau mikir banyak selain belajar. Gaada lagi ke acara random ke detos untuk beli baju (walaupun baju rumahanku cuman 2). Aku udah blokir youtube di hpku juga.

Hari ini ada pengajar baru, yaitu Kak Sergio. Aku inget dulu waktu masih kelas 11 ikut compfest terus nyapa Kak Sergio di toilet dan dia menghindar, jadi aku termotivasi untuk melakukan sesuatu yang membuat Kak Sergio notice aku :) dan sekarang aku bakal diajarin Kak Ser…

Mengikuti ICPC 2018

ah, ICPC. Singkatan dari International Collegiate Programming Contest. Perlombaan paling bergengsi untuk anak kuliahan. UI sendiri cukup aktif mengikuti perlombaan ini. Aku sebagai Maba dapat kesempatan untuk mengikuti lomba ini dan dapat keluar negeri juga. hehe. Berikut cerita ICPCku tahun ini. Selamat menikmati.

Pembentukan Tim


Di UI ada seleksi untuk pembentukan tim ICPC yang nantinya akan mewakili UI ke regional yang ke luar negeri. Seleksi ini dibuka untuk seluruh UI, kating-kating sampai maba boleh daftar, bahkan untuk non fasilkom pun boleh (Pak Denny bilang pernah ada anak FMIPA lolos :O).

Seleksi ini cukup singkat. Ada 3 kontes. 2 kontes pendek dan 1 kontes panjang.

Kontes pendek itu durasinya 2.5 jam dan ngerjain di lab. Dapet poin berdasarkan ranknya yaitu max(18-rank,2). Kontesnya di Vjudge.

Kontes panjang itu durasinya 1 minggu dan dapet poin cuma berdasarkan jumlah solve. kontesnya dari selasa - selasa depannya.

Ini aku ada kendala di laptop. Jadi laptopku saat itu (ROG…