Skip to main content

Jurnal Pelatnas 1 TOKI 2018, Minggu Pertama: Adaptasi

Catatan: Ini JURNAL, bukan diary

Jadi aku setelah 4x nyoba ikut OSN dan gagal di OSK terus, akhirnya bisa mengikuti event paling bergengsi untuk perlombaan sains SMA: Pelatnas. Aku akan mendokumentasikan ada saja yang perhari. walaupun tulisan ini mungkin berbeda dengan cerita di blogpost lain karena ini hanya berfungsi sebagai jurnal, namun aku berharap masih dapat dinikmati dan diambil suatu hikmah dari pengalamanku.

NB: tiap akhir hari aku coba post QOTD, kalau gaada, JOTD, kalau gaada ya dikanggo OOTD.

Sebulan sebelum pelatnas

Sebulan sebelum pelatnas aku sudah dipusingkan dengan hal, yaitu liburan ke jepang. Jadi keluargaku ada rencana liburan akhir oktober namun takut bentrokan sama pelatnasku. namanya juga liburan terakhir sebagai keluarga, bapakku pernah nyuruh aku bilang kakak-kakak toki untuk majuin pelatnasnya :v jadi aku tanyain Kak Rey, lah kan TOKI juga. yang penting bisa bilang aja. aku juga stress karena sebulan sebelum pelatnas kok belum dikirim suratnya. syukurnya ada grup LINE yang ngasi tau jadwal jadi tenang :)

Seminggu sebelum Keberangkatan

Setelah pulang dari compfest, aku berinisiatif untuk mengkordinir tim Bali untuk keberangkatan pelatnasnya. Kita rencana pake garuda 9:25 namun kecewa saat membuka traveloka tiket jam tersebut sudah habis jadi aku buru-buru beli tiket terdekat dan akan meminta uang ganti di kemudian hari.

2 hari sebelum pelatnas Tama dan Rama belum kunjung mentransfer. jadi aku ancam tiket mereka akan ku refund xD. langsung bbrp jam kemudian mereka transfer.

Malam sebelum keberangkatan, 3 orang di kelasku termasuk ketua kelas merayakan ulang tahun. nah jadi aku harus nyiapin 3 kado. karena aku terfokus packing aku lupa untuk bungkus kadonya saat aku mau pergi ke pestanya!. jadi aku beli kertas kado dijalan dan kubungkus di motor. (aku bawa gunting dan selotip dari rumah)

Hari keberangkatan

Pesawat kita ambil jam 8:45. jam setengah 6 sudah bangun dan jam setengah 7 kurang berangkat. sampai disana kita janjiannya di BK. namun BK tutup. saat mau ke kedatangan aku ketemu Tama jadi bareng aja. di kedatangan aku mencari Rama, tiba-tiba dia dateng, "nyari siapa?" katanya.

Jadi Tampaknya mereka semua ada yang nganterin. si Tama ada temen-temennya dari klub komputer, sedangkan Rama bawa keluarga besar. aku seperti biasa sendiri.

Saat di mesin X-ray, tasku tercidoek. masnya bilang ada gunting. OH IYA!. bekas bungkus kado kemarin. mbaknya saat buang ke tong sampah bilang "maaf ya..."

pesawat delay 30 menit. saat boarding remote tvnya Tama ga peka. saat bener, headsetnya rusak. trus Tama malu-malu lagi gamau pencet tombol manggil pramugari terpaksa aku yang pencetin. tapi pramugarinya ga datang-datang dan Tama tambah stress. kubilang karena pesawat mau take-off jadi pramugarinya juga lagi duduk. akhirnya Tama nobar di Tvku.

Saat sudah mengudara baru pramugari datang dan hidup damai.

Saat tiba di bandara Soetta, aku buka LINE dan liat ariel, dkk lagi main PES di bandara dan berharap mereka masih disini. Tama bilang ga mungkin.


coba lagi


Karena sama-sama mau naik bus Damri, kita berencana berangkat bareng. tinggal nunggu Akbar. sayangnya karena dia pake lion jadi beda terminal. sudah 2 bus ke Bogor kita lewatkan untuk nunggu Akbar. sambil nunggu bahas NPC.

Bus datang dan cuman ada 4 tempat duduk. mas damrinya bilang bagi 2 aja karena bogor lagi rame. jadi tim Bali + akbar duluan naik. setibanya di bus aku langsung tertidur pulas. aduh enaknya. aku bangun karena pahaku dikeplak Rama. sudah sampai!

Saat turun kita langsung di bombardir tawaran taksi dan aku tolak semua. aku merasa bakal hujan dan melihat ada KFC diseberang jalan. jadi aku mengajak rombonganku untuk berteduh di KFC. sesaat setelah kita sampai, hujan deras mengguyur jalanan.

Kita salah antre untuk beberapa saat. kita ngantre di tempat orang ngambil pesanan. panteslah ga jalan-jalan. Aku nyoba mesen ayam keju dan enak banget! kejunya banyak ga kaya di BK atua rich*ese yang harus celup. selama ini kukira jelek taunya enak. aku bakal pesen itu terus. setelah selesai makan kita ngobrol karena hujannya deras banget. akhirnya kita menentukan untuk gerak saja karena kelihatannya hujannya ga bakal reda. kita pesen uber. Tama perhatiin terus laju ubernya di map, kalau melenceng Tama udah siap-siap nelpon drivernya. Sesampainya di hotel amaris, petugasnya nginfoin kalau ini hotel amaris yang salah dan tadi sudah ada korban. pesen uber lagi deh...

Sampai di hotel yang benar, first impression adalah hotel kita sebelahnya hanamasa. sepertinya kalau ada yang lolos P2 sudah tau mau dirayain dimana.

Aku sudah memasang target awal. aku berencana ingin mengincar posisi ketua kelas. Di grup WA ada yang nanya apakah ada yang mencalonkan diri, tanpa ragu aku maju.

Sampainya di hotel yang benar, langsung ngegabut di kamar faishol. setelah itu siap-siap beli payung dan camilan. berangkat bareng ke lippo mall (tetanggaan). payungnya lebih mahal dari yang kuduga. aku sempet nawarin mau cari di indomaret aja gak? ternyata gak mau. aku juga beli aqua gede 2 biji. selesai semua itu, aku langsung ke kamar untuk tidur.

Aku diamkan pintu kamarku kebuka dikit biar temen sekamarku bisa dateng. ternyata tidak dateng-dateng dan yang ada hanyalah aku diserang nyamuk. akhirnya kututup. aku kira dia tak bakal datang tapi ternyata dia datang juga malamnya. temen sekamarku selama acara pelatnas ini namanya Alvin Hariman dari Medan.

Hari pertama (Senin, 25 September)

bangun pagi jam 6. sarapan. saat aku duduk di meja sarapan, aku lihat ada Bu Inge. selesai sarapan, mandi, dll trus siap-siap. maunya ke kamar Faishol dulu karena pasti rame, namun melihat jam lebih baik aku langsung turun aja. trus aku posting foto ke grup P1 bilang untuk segera kebawah.

Hari pertama akan segera dimulai. Kita jalan kaki ke kampus IPB. jalannya lumayan deket. sampai disana tidak ada jeda lama langsung pembukaan dan sambutan. setelah itu langsung saja materi. materi pertama di pelatnas 1 ini dibawakan oleh Bu Inge, presiden TOKI.

Materinya tentang dasar bahasa C, lalu pointer dan materi problem solving. sejujurnya aku agak pusing dengan materinya, tapi kujalani saja. masa hari pertama sudah nyerah. Dikenalin juga istilah-istilah pelatnas seperti "piring dewa". siangnya ada istirahat yaitu makan nasi. trus istirahat 1 jam dipakai untuk adu riddles garing. aku pun tak kalah untuk ngeposting riddle di grup.


saat ngirim aku baru nyadar kalau itu typo parah, jadi ku perbaiki.



selesai itu, ada materi lagi tentang rekursi dan dikasi PR. lalu lanjut materi tentang pointer dan linux oleh Kak Agus. saat waktu menunjukkan jam 6, materi selesai dan balik ke hotel. oh iya ada nasi kotak. jadi sepertinya selama pelatnas ini makan malamnya nasi kotak. sampe di kamar kucek dan mataku merah!. waduh ini pertama kalinya aku belajar dalam jangka panjang.

Oke, untuk ngerekap, sepertinya inilah jadwal umum pelatnas untuk seterusnya:
8:00-12:00 materi, istirahat 1 jam, 1:00-6:00 materi.dari senin sampe sabtu.
dengan kata lain, mirip seperti full day school, cuman sabtunya masuk.

Besok aku dan Rama berencana untuk lari pagi di kebun raya, tinggal nyebrang saja sampai. aku berniat setel alarm jam 5:00. tapi setelah mikir-mikir kayaknya 5:30 cukup.

Oh iya, aku resmi menjadi ketua kelas pelatnas 1 ini, diangkat oleh Kak Auzi

QOTD: "gak apa deh kamarmu berantakan, yang penting directorymu rapi" -Bu Inge

Hari kedua (Selasa, 26 September 2017)

Alarmku terkenal cukup keras. pagi harinya aku dibangunin jam 5:30 dan ternyata alarmku sudah bunyi selama 5 menit. Alvin sudah terganggu karena saat aku mau matiin dia sudah mau mendahului. aku mikir, cukup ga ya kalau mulai lari sekarang. kelamaan mikir eh sudah jam 6. batal deh....

sarapan biasa, trus mandi, siap-siap deh berangkat deh.

Saat mau sampai, aku sudah yakin akan jalannya namun Kak Agus menunjukkan jalur alternatif. setelah sampai di ruangan, langsung saja materi LINUX oleh Kak Agus. aku walau pengguna windows sejati sejak lahir, aku sudah familiar dengan command-command linux karena terpaksa make di acara besut kode tahun lalu, jadi ga banyak hal baru yang kulakukan hari ini.

sekitar jam 9, aku inget prank yang mau kulakukan. yaitu foto kelas yg nunjukkin jam (jam 9) trus nanti jam 9 malem post di grup kelas, bilang "ini lho kegiatan pelatnas, panjang menyerah". jadi aku bilang mau foto materi padahal yang kufokuskan adalah foto kelas yang jamnya kelihatan, dengan samar.

selesai linux, inilah momen yang kutunggu-tunggu: LATIHAN!. aku sempet khawatir tau-taunya latihan pake linux, taunya tidak! kita latihan pakai soal.

Jalan kaki ke lab, trus langsung aja duduk. first impresion komputerku, sangat mantab. yang lain wallpapernya normal, wallpaper komputerku anime. ditambah lagi saat aku buka sublime, source code AVL tree keluar.

Rico: "itu dapet darimana?"
Galang: "barusan buat"

trus aku buat program tester, masalah muncul karena aku bingung mau save dimana. biasanya, kalau aku pake komputer orang aku save di "documents" karena sepi jadi gampang nyarinya. nah ini gaada documents. jadi aku coba save di desktop namun susah banget nyari filenya. jadi aku buat folder sendiri :) yey.

OK pengerjaan dimulai, ada 4 soal yang perlu dikerjakan dalam waktu 7(?) jam

hari ini sih bisa dibilang pemanasan. ngerjain soal yang sudah mainstream
A. Menjinakkan BOM (OSN 2016)
B. Batas nilai (OSN 2012)
C. Daratan dan es (OSN 2017)
D. Best place (NOI 2017)

Kebetulan semua soal sudah pernah kukerjakan sebelumnya dan pernah ku ACkan kecuali daratan dan es dimana aku hanya dapet 36.

Nah inilah jeleknya kalau aku nemu soal sulit yang pernah kukerjain: aku tau ribetnya ngoding soal itu jadi males. baca A, ok rumus jijik lanjut. B, ok implementasi, baca C. ewww. baca D, nah ini tinggal rumus aja.

OK habis itu aku baca B, saat pertama kali ACkan di TLX aku pakai PQ, namun sekarang pingin coba pake sorting aja karena males buat PQ. koding dan AC. aku pikir "wih soal bom pasti cepet ku ackan karena pernah ac, sisanya tinggal "balas dendam" sama daratan dan es". salah besar

aku desain fungsi yang rapi banget untuk soal itu, solusiku cuman 50 lines kalau ga salah. submit dan TLE 8. wtf?? trus coba debug-debug sampe makan siang ga nemu. ok break 1 jam. lanjut.
debug lagi 3 jam, tetep tle 8. aku tau ini pasti karena tebakan akhirku meleset, tp kenapa bisa gitu?? kulihat waktu lagi 2 jam dan daratan es belum kusentuh. jadi terpaksa aku buka akun tlxku dan pelajari sourcenya lalu ketik ulang. AC

daratan dan es, aku dari awal sudah kepikiran solusinya, namun tubuhku selalu bilang "bukan ini" padahal jelas jelas ini. akhirnya aku baru membuktikan solusinya 30 menit sebelum waktu habis. pertama aku coba case n=25 untuk mastiin fungsi dfsnya bener. setelah bener dan implementasi ide utama, compile error 2 halaman keluar. waduh -_-. benerin semua makan waktu 10 menit karena bbrp error sangat tidak biasa. testing-testing kok ga keluar ya solusinya. akhirnya waktu habis dan nilaiku untuk soal ini adalah 18. cukup ironis karena saat OSN, dengan waktu yang lebih sedikit aku berhasil dapat 36 untuk soal ini.

Lalu bahas nilai, Tama nilainya lebih gede, dia dapat nilai 350. lalu AMnu dan Salman, the mastah AC soal itu. ada sesi pembahasan. aku mencalonkan diri untuk memberi pembahasan soal menjinakkan bom. amnu ngebawain pembahasaan daratan. akhirnya aku ngerti juga solusinya. (walau aku sudah punya solusi sendiri).

sampe kamar gajelas 1 jam nonton youtube. trus nunggu kok repeatingnya ga keluar-keluar. PC Kak Agus ternyata ada masalah teknis. langsung ku selesaikan soal daratan. ternyata masalahku tadi siang adalah aku kebalik baris dan kolom -_-. yang penting ac lah di repeating.

Malemnya aku bertekad, Pokoknya besok HARUS lari.

QOTD: "MAGIC!!" -Kak Agus

Hari Ketiga (Rabu, 27 September 2017)

Alarm sudah bunyi jam 5 pagi. aku pergi ke kamar Rama, yaitu 506. Nah sampe di depan, aku mulai bingung, dia kamar 506 atau 508 ya? coba kucek di daftar kamar dia 508, tp dia bilang di grup 506. yaudah jadi aku coba lari sendiri aja. nah sampe dibawah saat keluar, gelapp banget. serem gitulah.batal deh balik tidur.

Aku bangun jam 6:30. langsung sarapan trus siap-siap seperti biasa. berangkat deh ke IPB. sepertinya ini akan menjadi rutinitas setiap hari. hari ini hujan saat berangkat, jadi payung kita akhirnya berguna.

Sampai disana, seperti biasa dulu, materi hari ini adalah number theory oleh Kak Agus. karena materinya math, aku udah membayangkan soal latihannya pasti asik! karena kalau masalah math aku punya banyak teori-teori aneh.

snack hari ini, pisang goreng keju ala Bogor


Latihan dimulai!

beginilah pengerjaanku:

Aku bacanya kebalik, D-C-B-A. karena aku buka semua soal di tab baru. baca D langsung jijik. baca A, nah ini lumayan. walau deskripsi panjang tapi soalnya menarik untuk dikerjakan. aku coba buat selisih dari 10 bil fibonacci pertama dan nemu pola kalau 5 itu konversi soal dan konversi asli sama. jadi optimalnya pake 5 trus karena selisihnya 0. jadi solusi soal ini tinggal ngeif aja untuk 5 kasus (0-4). soal A AC

trus baca B. wah ini math tulen. aku coba jabarin ala-galang dan dapet rumusnya dalam bentuk m. tinggal looping Anya aja karena kurang dari sejuta masih bisa. ngoding dapat ngebug dikit tp akhirnya bener. mau submit eh udah di pause, saatnya makan siang. Latihan hari ini, sesi pertama cuman 1 jam.

Masih ada beberapa orang ngotot yang gamau ninggalin ruangin. akhirnya kupaksa juga. diluar aku nyiduk nyiduk orang yang bahas soal. trus main werewolf. aku jadi penjaga. sialnya werewolfnya menang.

Tak terasa 5 menit lagi latihan dimulai lagi. jadi akupun siap-siap. solusi Bku udh jadi tinggal submit. kontesnya masih di pause jadi lanjut nyari solusi. solusi C udah ketemu ternyata itu adhoc ga aneh-aneh. udh setengah jam lewat belum di unpause juga. akhirnya aku sebagai ketua kelas pelatnas 1 tahun ini, pergi ke ruang juri dan nanya. akhirnya latihan dimulai lagi.

Submit B,C berturut-turut. dapetnya 15 dan 55. waduh padahal yakin 100. yang C sih mudah debugnya. ternyata aku salah looping. modif dikit trus 100.

aku masih pake double ngitungnya, akhirnya aku ganti long long biar aman. trus masih WA juga. aku coba reduksikan rumusnya jadi lebih sederhana lagi. tp tetep WA!!. udah 2 jam rasanya ngedebug dan ga dapet-dapet. ternyata oh ternyata, salahnya di fungsi comparator sorting yang masih pake int!. itu di bagian paling atas letaknya jadi ga keliatan -_-. ganti dan AC 100.

Waktu tinggal lagi 3 jam. akhirnya baca juga soal jijik itu. dan baru baca gaada modulonya, jadi tambah jijik aja. Muncul ide gila pake log sama double. jadi aku coding itu. intinya semua nilai di log. saat mangkatin matrisknya daripada ngali kan bisa tambah. tapi sayangnya error presisi keras dan ternyata walau sudah di log tetep saja nilainya bisa lebih gede dari 10^18. akhirnya aku ganti solusi pake long long. idenya kalau suatu nilai udah >=10^9, kujadiin 10^9. modif dikit fungsi doubleku dan sudah siap. lagi lagi ngebug ampas dan lama debugnya. aku notice matriks^2 = matriks^3. ternyata ada typo saat merbaikin fungsi perkalian matriknya. ya seperti yang kau duga, benerinnya butuh waktu lama. setelah itu submit dan AC di oneshot! AC 100.

aku sudah perfect score dan waktu tinggal 1 jam. jadi aku ngeteh di luar. aku seperti biasa ngetroll bilang lagi nyari inspirasi karena soal susah. lagi 15 menit biar gaada yang curiga aku balik lagi ke komputer dan diem disana sampe 5 menit terakhir. ceritanya lg nyoba ackan D.

Waktu habis dan aku mengakhiri latihan ini bersama dengan 3 orang lainnya (Salman, Amnu, Inigo) dengan nilai 400. sesi pembahasan deh. yang bawain pembahasan itu yang dapet perfect score karena pas 4 orang. aku dikasi bahas soal A namun aku request soal D, karena ingin bahas solusiku yang log (padahal ga AC pake yang itu xD). hampir saja tercjidoek saat ditanya caranya jumlahin elemen di perkalian matriksnya gimana, soalnya gaada rumus untuk log(a+b), namun karena skill aku berhasil mengalihkan perhatian jadi sampai akhirnya dibahas solusi yang beneran.

Setelah itu, balik ke hotel. hari ini hari laundry. aku sebagai ketua kelas sudah menjadwalkan laundry datang malam ini dan siap diambil di lobby. jadi temen-temenku taro tas laundrynya trus kutungguin sampai laundrynya dateng. saat laundrynya dateng kebetulan Salman, Yoga, dan Andrew ada yang mereka bantuin ngangkut. ternyata masnya kesini bawa motor ._. jadi masnya pergi dulu ngambil angkot. nunggu sekitar 30 menit untung ada Salman dan Yoga yang nungguin. setelah itu aku laper banget karena balum makan jadi aku makan deh di kamar. Udh AC semua jadi ga repeating.

JOTD: "Sulap bandara"

Hari Keempat (Kamis, 28 September 2017)

Hari ini lagi-lagi wacana lari pagi terulang. bangun jam 5, tidur lagi.

tapi kali ini memarah. karena aku dibangun jam 7!. waduh lagi setengah jam sudah berangkat. jadi aku siap-siapnya "mode sekolah". saat sarapan aku sangat terkejut karena sarapan ramai! kebetulan sekali semua orang bangunnya telat. setelah selesai siap-siap aku langsung saja ke lobby. disana semua sudah ngumpul kecuali "si telat".

berangkat deh ke IPB. hari ini Materinya masih oleh Kak Agus, kali ini tentang Kombinatorika. karena gak mungkin lolos OSK kalau ga ngerti kombin, maka materi ini di fast forward banget dan akhirnya selesai 1 jam lebih awal. jadi waktu latihan lebih lama.

karena kebiasaan buka semua soal aku baca D terlebih dahulu. beruntung banget karena ini soal super mudah. dan ini bisa jadi merupakan soal batch dengan constraint tersedikit yang pernah kulihat (20 ms). langsung aja kusolve pake binser. oh iya awalnya ini soal ada typo, ditulis N<=10^15 (N itu jawabannya) jadi aku takutnya kita bisa dapet D dalam bentuk bignum gitu. kebetulan ada Kak Agus disebelah jadi langsung kutanya ternyata itu typo. soal D AC.

trus baca soal C. waduh baca ada kata "jam digital" langsung jijik. skip. baca B, wah wah soal OSN yang pernah ku ACkan. tanpa pikir panjang koding dan soal B AC.

baca A. liat constraintnya gede solusinya pasti pola. gaada pilihan lain selain ngerjain ini. jd buat observasi-observasi math dan akhirnya kuhajar juga dan AC. ternyata observasi panjangku ga perlu, karena ada observasi simple yang bisa dipakai yaitu kalau N>=130 pasti ada jawaban jadi tinggal bruteforce n^4 aja kalau N<130.

satu jam sebelum makan siang, dan aku sudah meng ACkan 3 soal. wah bakal rekor nihh. setelah melewati kejijikan soal C, ternyata kalau sudah di formulasikan ga ribet. bahkan simple kalau kubilang. namun solusiku sepertinya ada bug karena dapet WA. yah keburu makan siang. kecewa.

Waktu istirahat dilewati dengan mian werewolf. sayangnya karena para pemain takut sama aku, aku selalu dibunuh pertama. saat ga jadi werewolf dibunuh werewolf, saat jadi werewolf dibunuh warga desa. :(. waktu istirahat diselesaikan lebih awal karena jam 12:30 sudah kembali ke kelas.

Kembali ngerjain. setelah debugging dan ga ketemu aku memutuskan untuk dapetin parsial dulu biar ga kebablasan. ok sudah dapet. nah lalu karena soal ini mudah generate TC akhirnya aku generate TC-TC dan kubandingkan output program bf ku dan program asliku. akhirnya ketemu bugnya yang kecil parah. dan AC.

saat aku AC, masih jam 2. sedangkan latihan selesai jam 5.yey bisa rileks. namun Kak Agus datang dan nanya mau soal tambahan, aku mau jadi yang sudah AC semua, (aku,Salman, Amnu) diberikan soal tambahan yaitu soal SPOJ MON2012. ini soal lumayan membakar waktu karena sampai selesai aku ga berhasil ac.

Karena sudah stress ngerjain soal itu akhirnya aku main slither.io di komputer lab sampe waktu habis. kulihat amnu masih ngambisin soal itu namun ga dapet. sesi pembahasan.

aku bahas soal A dan kukenalkan solusi mathku. lalu saat bahas B, Dibahas Grace, ini soal dibahasnya kelamaan padahal ini soal OSN yang tagnya easy namun dibahasnya 30 menit. trus loncat ke D, Dibahas Inigo. baru C, aku mendapat sesuatu hal yang keren dari pembahasan Cnya Salman. selesai tepat jam 6 trus balik ke hotel.

Baru mau masuk lobby ada kakak panitia nanya kok gaikut ke botany. yah sial ditinggal sama temen-temen. sampe di kamar tidur dulu biar seger. lalu lanjut beraktivitas.

JOTD:
*ceritanya Akbar melakukan sesuatu yang aneh*
"sepertinya Akbar perlu dibuka lagi ni saat lagi mandi"

Hari Kelima (Jumat, 29 Oktober 2017)

Malam kemaren tiba-tiba aja kamarku dingin -_-. jadi bangun pagi ga optimal.

rutinitas biasa, sarapan, dll. trus saat sampai di IPB aku baru nyadar aku gabawa payung!. waduh.

Hari ini gaada materi dan adanya diskusi. diskusi itu bebas tentang apa aja tentang pelatnas ini.
"3 minggu lagi, 14 dari kalian akan pulang... 16 sisanya, akan pulang juga" -Kak Agus
trus bahas 2 soal termaut yaitu daratan dan es dan virus kotoranium. kali ini dibahas langsung oleh Kak Agus. diskusi selesai jam 10 dan contest jam 1 jadi ada ngangur lumayan lama.

ada pertandingan seru

pertandingan antara Rama dan Budi,
Rama baru saja menster menterinya Budi, namun apabila mentri kabur maka raja akan dimakan


pergi ke lab, dan aku menghabiskan waktuku main agar.io. awalnya maunya cf round 336 namun karena aku sudah pernah ngerjain jadi diganti menjadi cf 298 (div 2). (virtual participation)

speed contest dimulai.

baca A, langsung kepikiran solusinya kalau n gede pasti d. ternyata membentuk pola. dan special casenya kalau n<=3. yaudah ac.

Baca B. langsung kepikir DP yaudah koding. sebenernya aku yakin solusinya pasti bukan dp karena ini soal B namun mengingat ini speed practice dan aku mempertimbangkan untuk nemu solusinya perlu minimal 10 menit dan aku bisa ngoding dpnya dalam 5 menit akhirnya aku koding dp aja. ternyata ngebug karena WA. bugnya tak terduga.

yang C, ini soal math. setelah utak-atik rumus dapet.

nah wakuku sisa 90 menit untuk D,E,F. coba solve D tapi gadapet, yaudah sampe akhir ga ac. intuisiku ini pasti simple algonya, coba buat dan dapet WA TC 8, nemu bug dan di fix, dapet WA tc 7.

waktu habis. banyak yang ac soal D :(. aku dikasi solusi greedy dan aku coba proof dan dapet. ada 2 jam waktu untuk repeating soal seminggu ini. namun karena sudah ac semua jadi kuhabiskan untuk main agar.io dengan nama "CILUKBA!". cupu sekali aku. aku nyoba nyari nama lucu untuk bakteriku namun yang terbaik ya itu. aku merasa kalah saat ngeliat ada temenku yang namain bakterinya "kotoranium"

tak terasa sudah jam 6, jadi balik ke hotel. di perjalanan tiba-tiba hujan deras jadi aku langsung lari, aku lari lumayan cepet jadi ga basah-basah amat. sialnya sampe di pintu Alvin belum dateng jadi nunggu. sampe kamar langsung mandi sebelum sakit.

Malemnya laundry datang. karena yang nyetor uang baru sedikit akhirnya bayarnya pake uangku dulu. lalu yang mau ambil laundrynya harus nyetor uang dulu ke aku. hasilnya aku punya banyak uang kecil padahal  totalnya sekitar 250 rb.



QOTD
*bahas soal F cf tadi*
"Setidaknya aku bisa nentuin bakal ada solusi atau gak..." -Galang

Hari Keenam (Sabtu, 30 September 2017)

rutinitas biasa. hari ini sebenernya psikotes, namun karena psikoternya ga dateng diganti latihan biasa. hari ini gaada materi jadi langsung ke lab. latihannya ga di TLX namun di situsnya agricoder karena di TLX salah set jam. jadi jam 8:30 dimulailah latihan hari ini. ada 4 soal hari ini:

Mulai deh ngerjain...

Yang a langsung aja kepikiran ini bisa direduksi jadi soal dp klasik yang ngambil ngambil barang, kalau ngambil barang ke I gabole ngambil barang ke I+1. trus koding deh DP bottom up. soal ini AC.

soal B, awalnya pingin keren pake multiset karena itu kepikiran duluan. koding trus dapet bug aneh. semacam illegal file access gitu. jadi setelah 30 menit debug artinya terpaksa pake cara normal yaitu two pointer. soal ini AC.

trus baca D, mual gitu. lanjut C. ini nemu observasi greedy yaitu paling optimal pergi ke pohon yang tertinggi yang lebih rendah dari tempat sekarang, kalau gaada pergi ke pohon paling tinggi. caranya tinggal simulasi aja. aku yakin ini solusi amortized O(n) dan kukoding AC sip.

akhirnya ngerjain C juga, waktu tinggal 2 jam. santaii. kepikiran kalau ini baris dan kolom bisa independent. coba kukoding dan WA, intip scoreboard dan aku rank 1!. belum ada yang ac C. bingung padahal observasinya mudah. yaudah lanjut ngerjain. DPku wa di 2 tc. karena waktu lagi 20 menit belum ketemu terpaksa pake "cara curang bongkar TC" dan ketemu tcnya 468 467. tapi ntah kenapa wa karena ini tcnya gede. yaudah jadi sampe akhir ga ke bug fix.

oiya habis itu disuru submit di TLX dan Dku karena hanya WA 2 TC maka dapet nilai 92. not bad. trus ternyata solusi Cku itu bisa O(NK) dan tcnya lemah. makanya orang pada ga AC soalnya mereka udah tau. inilah kenapa TC lemah itu fatal.

ada sesi pembahasan, A dibahas Hocky, B oleh Tama, C aku, D Salman.
 ternyata untuk D ada solusi DP yang jauh lebih sederhana. setelah pembahasan langsung balik hotel karena malemnya ada TOC. akhirnya dapat tidur siang!!

di hotel ya aku tidur siang. saat bangun aku siap-siap TOC. awalnya maunya di IPB namun karena hujan jadi di kamar masing-masing dengan pintu dibuka. jadi kadang ada panitia lewat gitu untuk ngawasin. kami di instruksikan untuk mengerjakan divisi 1

TOC ini aku kena sial karena salah attack soal, aku kira C mudah karena tinggal di optimisasi dari 18 pertanyaan menjadi 16. taunya AMnu sudah ac B jadi kuikutin. udah dapet konstruksi dan submit 2 detik sebelum kontes. aku ajak Alvin ayo kita lihat bakal AC gak, taunya TIDAK!! . yah nasib aku berakhir dengan Ac 1 itupun soal bonusnya.

selesai TOC liat announcement dan ada sebuah paragraf yang menarik

Tercjidoek

habis itu begadang sampe jam 1 karena jarang dapet kesempatan begadang. besok acara bebas jadi bebas.

QOTD: "Teman saya ultah hari ini, apakah di otomatis jadi PKI?"

Libur (Minggu, 1 Oktober 2017)

walaupun begadang, aku tetap bangun pagi yaitu jam 7 (biasanya jam 6).  diawali dengan sarapan lalu tampaknya gaada acara dari panitia jadinya bebas. aku pingin nonton Kingsman jadi aku kumpulin yang mau nonton.

akhirnya di fix yang ikut nonton ada 6 orang, yaitu:
-Aku
-Rama
-Akbar
-Zafir
-Hocky
-Richard

awalnya rencana nonton jam 12:30 namun karena makanan baru dateng diundur jadi nonton jam 1. nah jam 12:06 sudah pada ngumpul dibawah namun kekurangan 1 orang yaitu Akbar. karena takut kehabisan tiket maka aku dan Hocky ke kamar Akbar. ternyata dia masih mandi. Kamar Akbar kunci kamar mandinya rusak jadi kita buka pintunya. biar cepet lah.

akhirnya karena lama maka kita duluan, nanti Akbar naik gojek saja. kami jalan kaki kesana. itu mallnya tepat disebelah IPB jadi ga jauh-jauh amat. dan ternyata itu memang mallnya IPB. tampaknya sedang ada acara nikahan di mall karena didepan ada penjor bertuliskan nama pasangan.

Rama: "wah ada penjor!"
Hocky: "penjor? itu namanya janur!"
Rama: "Penjor!"
Hocky: "Janur!"
-civil war-

berdasarkan browsing tadi pagi, aku tau XXInya lantai 2. sampe didalam aku lia ada eskalator jadi langsung kunaiki, kita pun tercengang karena sampai atas sudah penuh dengan acara nikahan bahkan ada bodyguard yang senyum liatin kita, akhirnya kita lansung muter balik mengambil eskalator turun. mall ini lengkap banget, semua major fastfood kuliat ada, pantesan temen-temenku suka main kesini.

langsung aja ke lantai 3 tempat bioskopnya,beli tiket dan aku bayarin Akbar dulu. trus keluar aku liat ada crepes aku pingin beli walau mahal 30rb. di bali crepes itu 3000 dan enak. sekitar 12:50 temen-temenku udh masuk dan aku masih nungguin Akbar dateng. akhirnyaa dia dateng juga dan aku pun masuk. Akbar mesen berger jadi lama.

kiri-kanan:
Rama,Akbar, Hocky, Zafir, Richard, aku.

nonton deh filmnya. Kingsman asik banget, untuk sesaat aku lupa bahwa aku sedang pelatnas. selesai filmnya kita mau langsung pulang kecuali Hocky yang mau "ronde 2" nonton IT bersama keluarganya dan Richard mau shopping.

tidak lupa diluar aku fotoan sama penjornya, lumayan sudah lama ga ketemu yang mengigatkan dengan Bali.

Selamat juga kepada Rizkia dan Dias :)

Di jalan terangkat topik template. Akbar pingin punya template sedangkan aku bilang ga perlu, Gennady aja gapake. trus Akbar bilang templatenya "include bits sama using namespace".

sampe di hotel sudah mau jam 5 jadi aku tidur siang, hari ini hari menerimaan laundry jadi aku harus nungguin temen-temen naro laundry jam 7. lumayan lah dapet tidur siang, selesai itu aku balik ke kamar.

Saat makan malam, aku merasa ada sakit yang tak wajar di gigiku bagian kiri. kucek itu sisa makanan namun ak perhatiin ada sesuatu yang tak wajar. setelah inspeksi berkali-kali ternyata itu karet yang dipasang untuk misahin gigiku -_-. jadi ceritanya aku mau pasang kawat bawah, sebelumnya dipasang karet dulu biar ada space. nah karena waktu lepasnya h-7 berangkat jadi cuman dicopot aja karetnya dan ga pasang kawat. tampaknya kelupaan satu. karena sudah 2 minggu lewat dan aku sering makan keras, pelan-pelan karetnya masuk ke celah gusi dan sekarang hanya bagian atasnya saja yang keliahtan.

aku coba request dental floss di grup malah di PHPin sama Hocky. setelah sekitar 45 menit mencoba mengeluarkannya dengan pulpen runcing, akhirnya pulpennya nancep juga di karetnya dan kutarik dengan cepat agar ga banyak sakit, kumur-kumur dan airnya merah total.

Operasi: Sukses.
Feels like dokter bedah.

Setelah ngaca lagi kulihat gusiku bolong lumayan noticeable (atau itu ternyata pulpenku yang blobor). lalu malemnya kamarku di telpon Pak Julio bilang banyak yang belum ambil nasi. namun setelah ditampung di kamarku dan gaada yang ambil akhirny kita sumbangkan ke hotel.

JOTD:
"Ikan apa yang jago ngoding?"
"Ikan Salmoan dan Pausta"

Kesan umum minggu ini

Jadi ini pertama kalinya aku ngikutin acara "karantina" selama lebih dari seminggu. Pelatnas ini acaranya sebulan dan jadwalnya sangat padat. belajarnya sampe jam 6 sore dan sabtu masuk. tapi karena aku memang seneng komputer jadi aku lumayan enjoy saja.

dikarenakan aku biasa tidur siang, jadwal ini sangat merusak siklus tidur siangku. namun aku sudah beradaptasi jadi sepulang dari IPB aku selalu tidur selama 1 jam sebelum beraktifitas kembali.

aku juga masuk ke lingkungan nasional (walau banyakan jawa) dan beberapa budayanya sangat berbeda dengan saat di Bali. beberapa kali aku ngomong hal-hal yang berikaitan dengan Bali yang merupakan pengetahuan dasar di Bali namun ternyata sangat asing disini. contoh:

*ngomongin sesuatu yang pedes bersama Kak Agus*
Galang: "Mana pedesan sama Kober kak?"

*Hocky lagi ribut gaje saat latihan*
Galang: "Hocky suud..."
Hocky: "???"

*Komputer labku hang parah*
Galang: "WE TAM KOMPUTERKU NGANCENG"
semua: "????!!!!"
Galang: "ohhh, itu bahasa bali artinya macet"

Comments

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Mengikuti ICPC 2018

ah, ICPC. Singkatan dari International Collegiate Programming Contest. Perlombaan paling bergengsi untuk anak kuliahan. UI sendiri cukup aktif mengikuti perlombaan ini. Aku sebagai Maba dapat kesempatan untuk mengikuti lomba ini dan dapat keluar negeri juga. hehe. Berikut cerita ICPCku tahun ini. Selamat menikmati.

Pembentukan Tim


Di UI ada seleksi untuk pembentukan tim ICPC yang nantinya akan mewakili UI ke regional yang ke luar negeri. Seleksi ini dibuka untuk seluruh UI, kating-kating sampai maba boleh daftar, bahkan untuk non fasilkom pun boleh (Pak Denny bilang pernah ada anak FMIPA lolos :O).

Seleksi ini cukup singkat. Ada 3 kontes. 2 kontes pendek dan 1 kontes panjang.

Kontes pendek itu durasinya 2.5 jam dan ngerjain di lab. Dapet poin berdasarkan ranknya yaitu max(18-rank,2). Kontesnya di Vjudge.

Kontes panjang itu durasinya 1 minggu dan dapet poin cuma berdasarkan jumlah solve. kontesnya dari selasa - selasa depannya.

Ini aku ada kendala di laptop. Jadi laptopku saat itu (ROG…

Jurnal Fasilkom Semester 1: Mengamati Budaya Trap

Bentar-bentar,
"Kok ada lagi? bukannya udah?" 
Postingan tersebut adalah karena terlalu banyak konten bagi maba :(. Ini postingan rutinnya. Oiya, karena suatu kesalahan, 2 section terakhir di postingan itu hilang :/ jadi aku terpaksa kelarin ini.
Kali ini cuma bahas 3 Section doang: - Budaya Trap Fasilkom - Akhir PMB - Perkuliahan Fasilkom Budaya Trap Fasilkom
Ah, trap. Awal masuk, pengertianku tentang trap itu adalah seseorang yang suka bilang ga belajar, taunya belajar. Namun aku makin bingung gitu lama-lama. Orang belajar di perpus -> trap, orang nanya dosen -> trap, ga deadliner -> trap.

Yang aku pahami tentang sistem trap ini:



Kata trap dipake dengan semakin liar seiring berjalannya waktu, ngerasa kaya asal pake aja. Aku cukup risih sih kalau dibilang trap. Kalau nanya, paling-paling jawabanya OSN 2017 atau Compfest 9 tahun lalu (Aku ada alasannya loh :v). Aku ga terlalu suka budaya tuduh trap ini, apakah bisa di hentikan?
Akhir PMB
PMB (Pembinaan Mahasiswa Baru…