Skip to main content

Jurnal Pelatnas 2 TOKI 2018, Minggu Pertama: Harambe

Ah, tak terasa sudah 4 bulan semenjak Pelatnas 1. Aku diundang lagi ke pelatnas 2. Kali ini di ITS. Seperti biasa, aku bakal buat jurnal tentang kegiatan harianku di pelatnas ini. Jurnal loh ya, bukan diary. Seperti biasa, diakhir setiap hari bakal ada ROTD (Receh of the day).

Dikarenakan pelatnas ini mulainya hari Rabu, maka blog ini akan mengikuti.

Masalah soal, karena aturan posting soal pelatnas sedikit ketat, mohon dimaklumi kalau aku banyak menggunakan "soal lain", "soal ini", "soal itu".

PJJ

Berbeda dengan P1 dimana mulainya dua minggu sebelum pelatnas, PJJ P2 mulainya sebulan sebelum pelatnas. Setiap minggu, bakal dikirimin 5 soal untuk dijawab. Soalnya menggunakan online judge E-Olymp. Sudah sewajarnya setiap minggu soalnya bakal semakin susah, dan ketika aku membaca soal minggu pertama... bah sudah susah :(. Selain itu, terkadang grammarnya jelek jadi ga ngerti maksud soalnya jadi aku viewnya pake bahasa asal (bahasa rusia) trus ku google translate; jauh lebih bagus.

Untuk PJJ secara keseluruhan, minggu 1 sampai 3 aku bisa ngerjain semua dengan waktu mepet-mepet deadline, biasa minggu sore/malem baru AC soal terakhir. Ini karena aku ngurusin KTI. Minggu keempat, walau itu minggu kritis dimana hari minggunya bakal presentasi KTI, aku sadar bahwa sudah saatnya lebih fokus ke PJJ maka dalam dua hari semua soalnya sudah kuhabiskan.

Untuk masalah tiket, kami sudah pesan 3 minggu sebelum pelatnas. Kami awalnya mau mesen garuda jam 2. Sudah tinggal pencet pesan. Nah aku kan konfirmasi sama Tama, setelah setuju, aku booking. Error dia. Setelah kurefresh, yah sudah penuh garudanya -_-. sial telat 3 menit. Akhirnya pake citilink jam 12.

H-3 Pelatnas, kulewati dengan nonton black panther berdua aja....


Rabu, 21 Februari 2018

Hari ini adalah hari keberangkatanku ke pelatnas. Sesuai rencana aku bakal dianter sekolah pake mobil dinasnya. Aku berangkat ke sekolah pakai baju bebas, bawa koper, dengan jam sesuai dengan jam sekolah. Sampai disekolah, aku ikut upacara dulu untuk pengumuman kepala sekolah baru. Habis itu ada pengumuman dari wakasek, "Untuk SMART (klub mtk) Smansa kelas 10 dan 11 segera ke tiang bendera" Ternyata untuk fotoan sama aku.


Ini klub mat sekolahku :)


Lalu, langsung deh aku ke mobilnya di depan sekolah, lalu berangkat. Awalnya temen-temenku ga dikasi nganterin, tapi di detik-detik terakhir akhirnya dikasi :D.

Di gerbang tol, kita kena macet, nah disebelahku ada orang yang buka jendela terus ngeluarin kakinya. Maunya kan aku latihan jadi netizen jaman now, tapi saat mau foto aku lupa lagi pasang timer jadi mobilnya keburu pergi.

Sampai disana, beberapa temen-temenku sudah nyampe duluan karena ternyata jalan yang gapake tol ga macet. Namun ada juga yang belum sampai. Tama lama sekali ga dateng, sekitar setengah jam nungguin akhirnya kucyduk juga di burger king.

Squad P1

Squad P2

Setelah check-in, dll. Langsung ke ruang tunggu. Nah saat mau masuk gatenya, aku liat ada tulisan gate 3 di lorong kiri jadi aku ajak Tama kesana, taunya setelah diikutin balik lagi ke kanan, Yah. Boardingnya jam 11.45, waktu itu udah jam 11.45 tapi kok gak dipanggil, akhirnya kami cek kenapa kok ruang tunggunya sepi. Ternyata sudah pada boarding dan ini panggilan terakhir... akibat keasikan bahas AVL tree. Jadi kita naik busnya sendirian.

Di pesawat aku dan Tama tidur. Saat bangun, udah sampai aja. Iyakan terbangnya cuma 40 menit. Berangkat jam set 1, jam 12.

Tiba di bandara, langsung dapat bagasi. Lalu kami siap mental untuk menghadapi tawaran-tawaran taksi bandara. Aku bilangnya sudah ada yang jemput, Tama mengikuti. Maunya nyari KFC karena aku pingin nyoba yang salted egg itu tapi ternyata gaada di terminal ini, jadi makan di AW deh. Setelah itu pakai taksi bandara yang ada notanya.

Sesampainya di penginapan, aku sekamar sama Tama. Aku juga liat yang satu daerah dijadiin sekamar layaknya bipartite matching. Salman sekamar sama AMnu. Aku langsung tidur karena capek. Sekitar jam 5 aku dibangunin sama Tama yang mau ke galaxy mall sama Ariell, Fausta, dan Alghi, jelaslah aku ikut. Tapi mobil grabnya penuh dan aku ditinggal :", aku naik gojek sendiri.

Sampai di mall, aku pergi ke foodcourt tempat mereka. Muter-muter nyari makanan, akhirnya beli ayam sama seperti Tama. Tapi yang lain kok pergi, ternyata mereka beli AW. Karena kami selesai duluan maka kami nyamperin mereka di AW, mereka juga lagi minum-minum. Aku iseng tanya-tanya pada milih apa di SNM, ternyata pada gaikut SNM ._.

Belanja keperluan
thai tea 50 rb .-.

Baliknya pesen gocar menggunakan HPku. Orderan pertama hpnya gabisa dihubungi, tau-tau di cancel. Orderan kedua, baru mau dihubungi, eh dicancel. Orderan ketiga baru dapet. Masnya nunggu diluar mall, karena tembok mallnya cukup tinggi jadi lompatnya pakai skill, aku salah lompat jadi pahaku kram .-.

Sampai dihotel, baru tau kalau disini makanannya pesen sendiri dan kalau mesen di hotel bakal ditanggung. Eh si Tama mesen lagi, padahal tadi disana udah makan ayam dua biji. Aku sih udah puas dengan makanan tadi, lagian masih ada rotiboy yang kubeli di bandara.

Beginilah kamarku selama sebulan kedepan

Tentang kamarnya. Berbeda dengan amaris (P1) dimana itu hotel dan serba dibersihin, kalau disini, kita ga banyak dapat fasilitas selain handuk, kasur, tv dan kamarnya kita atur sendiri. Tapi, kamarnya super nyaman untuk ditidurin dan aku selalu terlelap tidurnya (mungkin karena soalnya ya(?))

ROTD
"kasian kamarnya Salman sama amnu, kebarakan. Pada adu aura".

Kamis, 22 Februari 2018

Bangun jam 6, terus mandi, sarapan. Waktu sarapan ketemu Kak Rey. Dari sebulan sebelum pelatnas aku sudah curiga kalau Kak Rey bakal jadi pengajar, sampai h-1 pelatnas pun belum mau ngaku. Akhirnya saat ditanya panitia baru ngaku.

Berbeda dengan saat P1 yang jalan kaki, disini berangkat dianter naik mobil. Ada 3 mobil yang disiapkan panitia. Berangkat deh ke Fakultas Informatika ITS. Aku semobil dengan Kak Rey dan beberapa orang lainnya (lupa :( )

Sampai di lokasi, dipandu Kak Rey ke ruang latihannya. Sampai di dalam sudah ada Pak Rully dan panitia dari ITS lainnya. Aku taunya Kak Theo aja karena aku ikut NPC tahun lalu (2016). Ada sambutan dari Pak Rully, lalu dari Organizing Committeenya, lalu dari Kak Theo. Mulai deh Latihannya.

Berbeda dengan P1 dimana setiap hari dapat komputer yang berbeda,
sepertinya inilah workspaceku selama sebulan kedepan.

Untuk soal latihannya, dikasi 4 soal dari SPOJ. Sampai makan siang, aku gabisa AC satu pun .-.

Makan siangnya soto, sotonya enak sayang lupa foto.

Lanjut latihan. Aku daritadi terpaku sama satu soal, aku coba ganti haluan ke soal lain. Ternyata ada soal yang mudah, kukoding, WA .-. Kirain ada bug minor, ternyata setelah sejam debug, ada tricky yang kelewat. Setelah dibenerin, AC. Timeku 2,3 s sedangkan special time limitnya 0,38 s. Aku masih tenang, dengan menggunakan beberapa teknik yang kutau, timenya bisa jadi 0,36 s.

Lalu kutengok lagi soal yang tadi, ternyata bugnya di fungsi rekursi. benerin, AC deh...

Sisa waktuku lagi 3 jam, dan 2 soal sisanya maut. Kulewati dengan berusaha mencoba. gagal. Setidaknya sudah mencoba sampai detik terakhir :).

Selesai latihan, balik ke hotel, aku pesen ayam penyet. sangat enak dan pedas.

Recommended :)

Terus, aku tanyain tentang satu soal yang aku ga ackan, tapi banyak yang AC termasuk Tama temen sekamarku. Ternyata solusinya haram (cout<<9). Bagi yang mau nyoba, problemnya SPOJ alcatraz4.

ROTD
"masa sih internet di garena lambat, tadi aja buka facebook lite lancar"

Jumat, 23 Februari 2018

Ya tradisi pagi, mandi, makan, sarapan. Sambil nunggu jemputan, Tama cek email ternyata soalnya udah dikirim. Berangkatt deh ke ITS.

Sampai disana, diruangan kami didiemin aja jadi ambil inisiatif langsung kerjain soal. Aku baca suatu soal, kepikiran solusi maxflow. Tapi setelah kejadian kemaren, aku coba solusi super haram dan AC 0.00 s. Mantap, aku sudah mulai berpikir sederhana. Oneshot pula.

Oiya, aku baru nyadar juga kalau Rania baru datang ._.

Lalu ada pembukaan dari orang dinas. selesai itu, dibacain tim fun contest (kontes buatan sendiri). Timku sama Rania dan Hocky. Pertanda bakal ada soal math(??)

lanjut deh latihannya. Aku sebenernya ada ide untuk soal lain, tapi karena malas ngodingnya kucoba soal yang lain. Akhirnya aku inisiatif ngoding soal itu juga dan ga seribut yang kuduga, aku berhasil ngoding BBST tanpa nyontek. submit dan oneshott.

Saat jam makan, akhirnya ada hiburan: main avalon! Yang main:
-Aku
-Tama
-Rania
-Hocky
-Toby
-Kak Rey
-Kak Steven
-JT

Aku, Tama, sama Rania jd yang jahat. Permainannya berlangsung mulus, di ronde ketiga udah ada 2 misi yang gagal. Lalu Kemenangan untuk tim jahat di permainan 5 tak bisa dihindari dan akhirnya yang jahat yang menang :D. Ternyata Hocky merlinnya, tak terduga karena selama permainan ngebacot terus, bahkan pas dia jadi ketua, dia reject rencananya dia sendiri.

Lanjut latihan.

Seperti kemaren, 2 soal lainnya aku coba kerjakan semaksimal mungkin, tapi gagal :/ setidaknya sudah mencoba.

Balik ke hotel, aku pesen ayam penyet lagi karena enak, aku pesen dua nasi, karena kemaren ayam penyetnya dikasi 2, kirain porsinya segitu. Eh ternyata ayamnya hari ini cmn 1, mana aku pesen nasi 2 lagi :(. Yasudah kumakan habis.

selesai itu, Hocky ada inisiatif untuk laundry, aku dan Tama pun nitip sama Hocky. Hocky -> calon ketua kelas.

ROTD
Pertarungan sengit...


Sabtu, 24 Februari 2018

Hari sabtu, jika saat P1 adalah hari kuis, P2 ini adalah hari biasa.

Dilanjutkan dengan kegiatan pagi yang biasa, mandi, sarapan, dll.

Tapi ternyata ada yang gak biasa saat sampai di ruang latihan. Materi pagi! Dibawa oleh Kak Rey. Materinya tentang maxflow. Materinya bagus, tapi sayang proofnya kurang :(  (walaupun dh tau sih proofnya .-.).

Lanjut latihan,  Latihannya di TLX dan dikasi 4 soal.

4 jam pertama latihanku: MEMPRIHATINKAN.
Ada dua buah soal maxflow klasik. kukoding dan submit. pada WA terus. Aku bingung, lah ini kok maxflow biasa tapi WA. Aku debug sampai siang ga ketemu juga masalahnya. Akhirnya selesai makan siang aku copas kode maxflow ACku dari PJJ, lah loh kok WA?!. Aku mulai mempertanyakan, apakah selama ini aku ac soal maxflow pake cara haram?

Makan siangnya enak :)
Ikan goreng asam manis.


Tiba-tiba, dekat jam 2 aku baru sadar, Aku ga masukkin back edge!!! Jadi masalahnya bukan di maxflownya, tapi di masuk-masukkin edgenya -_-. Yaudah kubenerin, langsung 2 soal AC.

Untuk soal ketiga, soalnya mincut, itu observasinya mudah, jadi aku oneshot ac. Soal keempatnya ngebug. Total skorku: 330.

Pembahasannya dibawakan oleh Kak Rey, sekalian perpisahan karena besok sudah balik ke UI.

Selamat tinggal Kak Rey :)

Aku tanya-tanya nilai, ternyata soal yang aku ga ac, banyak yang ac dan justru soal mincut itu cuman aku doang yang ac :O. Tapi karena nyampah mincut 40, yang ga ac itu nilainya lebih gede (340) jadi ya sama aja aku kalah :/

Sampai di hotel, aku debug solusiku, ternyata oh ternyata salahnya di suatu tanda (harusnya - aku tulis +). Aku pun bingung kok solusi ginian bisa dapet poin. Gara-gara satu tanda aku gajadi comeback dapet 400 :(. Hajar lain kali deh.

Karena ini malam minggu, aku pesen gofood KFC salted egg. Dari dulu udh ngidem nyoba makan ini akhirnya kesampaian. Terakhir kan KFC buat ayam isi cokelat dan gagal. Aku kan suka tu salted egg, kayaknya ini bakal enak. Aku coba, dan ternyata memang enak banget, recommended.

ROTD
*baru tau kalau di hotel bisa mesen mix juice*
"Apa yang yang enak dicampur sama pepaya?"
"ayam"

Minggu, 25 Februari 2018

Karena hari ini libur, kemaren aku begadang sampai jam 1 (jam Surabaya) nonton dragons race to the edge. Paginya aku setel alarm jam setengah 8, tapi aku bangunnya jam setengah 9 dan dibangunin Tama yang ngingetin waktu sarapan sudah mau selesai.

Selesai sarapan, Aku sadar kuota internetku habis, dan perlu snack, jadi aku berangkat ke galaxy mall naik gojek (dipinjemin hotspot oleh Tama). Disana aku juga beli mac and cheese instan. Kan perlu susu, aku bingung, ini boleh pake ultramilk engga? :v. Aku ambil risiko, beli ultramilk.

Sampai di hotel, aku kan maunya bahas fun contest, tapi timku (Hocky dan Rania) lagi ibadah. Jadi aku masuk-masukkin foto-foto buat postingan ini, terus lanjut nonton. Siangnya aku maunya pesen ayam bakar, tapi mengurungkan niat dan akhirnya pesen ayam penyet hotel + mixed juice.

Aku bisa ngerasain semangka dan lemon doang :/


Jam 2, baru aku tidur baru dihubungi Hocky tentang fun contest. Aku bilang sorenya aja deh, jadi aku tidur :)

Aku dibangunin oleh suaranya Hocky dan Rania diluar. Wah mereka sudah mulai diskusi! aku pun bergegas kebawah. Loh kok orangnya gaada? ternyata mereka diatas (nyariin aku(?)) jadi kita memulai diskusi fun contestnya di lobby. Sambil diskusi, kita juga pesen nugget (ini enak) dan tahu penyet (ini pedes banget). Didapet lah ide fun contestnya yang seru :v. Kita mulai diskusi jam 5.

Proofing fun contest.

Proofing lagi .-.

Habis itu, ngobrol deh. ngomongin cewe cantik di daerah masing-masing .-.

mix juiceku masih banyak, dan sangat disayangkan apabila dihabiskan begitu saja. Kulihan jam, sudah jam 7, jadi saatnya makan!. Inget beli mac and cheese jadi kuminta bantuan hotel untuk masakin.

Setelah nunggu, hotelnya bilang kalau sebaiknya aku aja yang masak. okedeh, saatnya beraksi. Ada Hocky dan Rania yang jadi saksi kalau aku bisa masak.

Halo, saya MASTAH chef Galang, kali ini akan memandu caranya membuat mac and cheese.
Kita memerlukan 1 bungkus mac and cheese instan, 1 kotak ultramilk, dan 1 blueband.

Langkah pertama, didihkan air lalu tuangkan macaroninya kedalam panci, aduk selama 8 menit

Lalu, Tiriskan airnya. Masukkan kembali macaroni kering ke panci, tuangkan susu, margarin, dan bumbu keju
aduk hingga kelihatannya enak

1 porsi besar mac and cheese siap untuk dihidangkan

Saat masak, sebenernya banyak dibantu rania sih, sayangnya dia pergi sebelum masakannya selesai jadi gadapet foto. Sebagai gantinya aku berikan quotes-quotesnya memasaknya:
"gal tuangnya yang bener"
"gal ini susunya belum 75 mili"
"gal margarinnya inget 4 sendok, itu baru 3"
"gal itu ngaduknya kapan selesai? airnya udah nguap semua"

Ketika aku makan, lobbynya lagi kosong. Jadi kunikmati sendiri :v. Sampai dikamar tak terasa udah jam 9 aja. Aku mandi,dll. Terus Tama belum makan, jadi aku pesenin gofood panties pizza. Saat kubuka bungkusnya, aku terkejut karena kukira semua pizzanya kebalik.

ternyata pizzanya didalam

ROTD
*ceritanya kamar kita gapernah dibersihin*
"Lang, gimana caranya bilang mau kamarnya dibersihin?"
"Mas, checkout"


Senin, 26 Februari 2018

Hari ini dimulau dengan lebih awal, tepat jam 12 malam, aku mengikuti CF.

Tama sudah tidur, jadi aku bawa tasku untuk cari tempat pengungsian. Aku ingat Salman pasti ngeCF juga, jadi aku ngungsi kesana. Salman lagi nonton bola, Amnu tidur, aku taro set-up laptopku di mejanya dan... Salman keluar, dia ngerjain di kamar lain. Untuk CF tengah malam ini, yang menemaniku ngerjain hanya  Amnu yang tertidur.

Mulai deh aku ngerjain (CF 456). Ini cfku parah deh performanya, AC A, terus AC D, B sm C gabisa .-. (C kehabisan waktu). Sayang sih, padahal aku sudah megang status sebagai biru dengan rating terbesar di dunia (1899). sayang banget harus turun.

Saat kontes selesai, kudengar suara ribut diluar, ternyata ada beberapa orang lain yang ngeCF juga antara lainnya Hocky, Jason, Rania, Toby, Phillo. Kita pun bahas-bahas soal sambil nunggu sistem testing. Itu kita liat submission trus Hocky selalu bilang submissionnya orang India itu kerabatnya tushar roy -_-. Yaudah benernya aku udah pasrah sih cfnya, AC 2 :(. Jadi aku tidur. Saat lagi tidur, aku masih bisa denger suaranya Rania di bawah. Maunya turun lagi, tapi kompleksitas tidurku sudah eksponensial.

Paginya bangun untuk melakukan kegiatan rutin, aku cek Hocky ngeline aku jam 2 malem ngomongin cfnya yang rank 1 di standingnya "comeback is real" .-.

Berangkat aja ke ITS, untuk materi misteri berikutnya. Berbeda dengan P1 dimana jadwal full dikasi, ini materinya masih misteri jadi setiap hari selalu suprise materinya apaan. Hari ini aku di caught off guard dengan materi yang belum pernah ku implementasi: Dp Convex hull optimization.

Materinya ngerti, apalagi Kak Sergio yang bawa. Tapi waktu latihan, aku ngebug lagi :(. Beda dengan maxflow kemarin dimana aku bener-bener tau kodeku, kalau yang ini aku baru pertama implementasi dan implemennya hard :((( (geometri). Jadi aku bingung mau mulai dimana. Trus aku baca-baca lagi kodenya Kak Sergio di dropbox, loh kok beda banget dan aku rasa kodenya salah. Waktu istirahat kutanyain, dan ternyata pengertianku benar-benar terbalik .-. aku pun menggila karena 3 jam aku mengejar hal yang salah.

Yaudah, selesai istirahat kuackan 1. Lalu lanjut ke soal berikutnya, ini juga masih klasik, tapi entah kenapa ngebug lagi :/ aku debug dan jam 4 baru AC :(( Waduh waktu lagi sejam. Aku cek soal lain, ah ini bisa nyampah n^4. Sayangnya waktu habis :(. Yah kecewa. Ini sepertinya latihan terburukku untuk saat ini, 1 jam sebelum kontes baru AC 2. Tapi memang sih materinya rada tricky.

Selesai itu, ada sesi pembahasan, lalu aku balik ke hotel. Laundry datang tepat waktu, trus aku dilemma mau kerjain repeating atau USACO (hari terakhir bisa ngerjain). Beruntungnya aku dimudahkan dalam membuat pilihan, karena aku gabisa buka SPOJ :v

Malem sekitar jam setengah 11, aku merasa bersalah karena ga ngerjain SPOJ. Tapi ya aku gabisa akses SPOJ :") aku coba akses di HP juga gabisa. Akhirnya hpku di "hack" sama Tama. Yee akhirnya bisa bukaa :DD OTW repeating.

Jam 12 lewat 16, aku tiba-tiba panik. Karena belum buat analisis yang deadlinenya jam 12. Lalu aku ingin cepet-cepet buat. Tapi aku diingatkan Tama kalau jam laptopku masih WITA, aman. Tapi ternyata, saat aku mau buka source codeku di TLX, latihannya kekunci ._. (wajarlah nyiapin buat besok). Jadi aku buat analisis dan kodenya nyusul besok :/

ROTD
*ceritanya laundrynya fix 30000 minimal per orang, 5 kg*
"we tam, laundryku jadi satu aja ya, biar hemat"
"udah penuh lang tasku"
"yaudah laundrymu masukin tasku aja, masih kosong"

Selasa, 27 Februari 2018

Hari ini adalah hari terakhir sebelum kuis besok. Ya biar gak klise aku bakal skip langsung ke ITS aja.

Disana paginya ada pembahasan AROPE, dikenalin struktur data baru yaitu "ROPE". Lanjut ke materi hari ini, DP DNC optimization. Ini lebih mudah aku ngertiin daripada yang kemaren. Yang bawain materi masih Kak Sergio.

Saatnya latihan deh, Ternyata soalnya lebih susah dari kemaren -_-. Soal kemaren aku ga ac sampai siang karena bug, kalau yang ini, ga ac karena memang gabisa .-., aku baru baca soal A sampai menjelang makan siang. Kukoding akhirnya AC juga.

Makan siang hari ini enak banget :)
Saat makan siang, main avalon lagi. Kali ini Kak Sergio ikut main. Aku jadi percival. Saat giliranku, kugunakan untuk membongkar identitas yang jahat dan aku berhasil membongkar kalau alghi dan Tama jahat. Lalu aku juga bisa bongkar Rania jahat. Cuman aku gatau yang caranya menyampaikan yang baik dan benar. Akhirnya yang jahat yang menang :(

Lanjut latihan. Aku baru ac 1, tinggal tiga sisanya yang susah-susah. Bahkan ada soal IOI dimasukkin (holiday) dan submitnya harus pake functional programming. Sampai akhir aku kerjain soal B, cuma dapet 55. Ditengah latihan diumumin kalau A di rejudge, kucek submissionku yang sudah AC, aku syok, astaga jadi 0 :(. Ku cek verdictnya apa, oalah ternyata masih pending. Kalem setelah ditunggu jadi AC.

Mau nyampah soal lain tapi waktu habis. Skorku kali ini 178, gaapa masih ada lain kali.

Sorenya ada pembahasan, aku sudah tercerahkan dengan caranya. Aku baru sadar kalau soal D ada typo di soalnya, aku jadikan alasan karena WA :v

Setelah itu, ada beres-beres untuk backup file karena besok mau dihapus untuk kuis.

Siapatau ketularan ilmunya M(_ _)M
Yang lain sudah balik, namun aku, Kezia, Hocky masih di ruangan karena masih mau bahas soal IOI tadi sama Kak Sergio. Akhirnya kami sadar ada risiko bakal ditinggal mobil, jadi kami turun. Dibawah ternyata mobilnya belum balik dan kami dipertemukan dengan Salman, Jason, dan Yoga. Terus bahas "kolam" (banjir) dan buat jokes-jokes tentang kolam. Aku dengan bangga bilang di Bali ga pernah banjir, maksudnya yang parah sampe harus ngungsi gitu. Banjir biasa sih sering tapi masih bisa berkendara seperti biasa.

Sampai di hotel, karena besok OSK dan aku pingin berikan semangat pada calon-calon TOKI 2019, aku berinisiatif buat rekaman suara dari temen-temen P2ku ini. Satu orang bakal ngucapin satu kata. Berikut hasilnya: https://soundcloud.com/galang-kangin-223198963/semangatosk

Aku pesen ayam penyet lagi dan mix juice, kali ini ditawarin mau mix apa. Aku bilang semangka + jeruk tapi yang dateng melon :/, yaudah yang penting enak.

Aku maunya ambis buat simulasi besok, tapi sadar bahwa banyak hal yang mesti kukerjakan, (Upload blog, ngumpulin suara tadi, makan) jadi ketika aku selesai, sudah jam 10. Yaudah aku belajar sebisanya.

ROTD


Galang: "Di Bali ga pernah banjir"
(kayaknya nungguin aku bilang sesuatu)
Galang: "kenapa? emang bener kok. Gaada punchlinenya"

Comments

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Mengikuti ICPC 2018

ah, ICPC. Singkatan dari International Collegiate Programming Contest. Perlombaan paling bergengsi untuk anak kuliahan. UI sendiri cukup aktif mengikuti perlombaan ini. Aku sebagai Maba dapat kesempatan untuk mengikuti lomba ini dan dapat keluar negeri juga. hehe. Berikut cerita ICPCku tahun ini. Selamat menikmati.

Pembentukan Tim


Di UI ada seleksi untuk pembentukan tim ICPC yang nantinya akan mewakili UI ke regional yang ke luar negeri. Seleksi ini dibuka untuk seluruh UI, kating-kating sampai maba boleh daftar, bahkan untuk non fasilkom pun boleh (Pak Denny bilang pernah ada anak FMIPA lolos :O).

Seleksi ini cukup singkat. Ada 3 kontes. 2 kontes pendek dan 1 kontes panjang.

Kontes pendek itu durasinya 2.5 jam dan ngerjain di lab. Dapet poin berdasarkan ranknya yaitu max(18-rank,2). Kontesnya di Vjudge.

Kontes panjang itu durasinya 1 minggu dan dapet poin cuma berdasarkan jumlah solve. kontesnya dari selasa - selasa depannya.

Ini aku ada kendala di laptop. Jadi laptopku saat itu (ROG…

Teknik Rekursi untuk Menjawab Soal di Kertas

Teknik rekursi buat OSP OSP kurang dari seminggu lagi dan dengan semakin seringnya muncul soal tipe ini,ingin  mencoba membahasnya. Kata orang kalau kita ngajarin orang lain jadi tambah ngerti maka jadilah post ini :v

(untuk alasan lupa dan kurangnya niat mencari soal asli, beberapa soal di post ini mungkin memiliki deskripsi berbeda dengan soal aslinya) pendahuluan

“banyaknya string biner dengan panjang 8 dimana tidak ada 2 angka 1 yang berdampingan adalah?”

saat membaca  soal ini, mungkin kita akan nyoba pake inklusi ekslusi yaitu banyaknya semua kemungkinan – banyaknya kemungkinan 2 angka 1 dempet + banyaknya kemungkinan 3 angka 1 dempet -… tp kasus banyak bakal mabok. Trus nyoba kuli aja, kelamaan. Jadi disini solusi yang tepat adalah menggunakan rekursi.

Misal F(n) banyaknya string yang memenuhi syarat tersebut dengan panjang n. Misal kita punya F(n) dan F(n-1), maka kita bisa mendapat F(n+1) sebagai berikut: Karena F(n) tidak mungkin memiliki 2 angka 1 yang berdampingan, maka didepan …