Skip to main content

Jurnal Pelatnas 2 TOKI 2018, Minggu 3: Gochisōsama (+MIT Application)

Catatan: dikarenakan betapa gregetnya minggu terakhir ini, aku sama sekali gak sempet nulis harian seperti pada jurnal-jurnal sebelumnya. Berdasarkan nilai kuis minggu ini dan nilai-nilaiku minggu lalu, performaku divonis menurun oleh Pak Rully. Maka, minggu terakhir ini aku memutuskan untuk fokus total pada pelatnas dan ga ngeblog harian seperti biasanya. Aku baru bisa mulai menulis sepulangnya aku dari pelatnas 2. Jadi gaya penulisan pada tulisan ini bakal sedikit berbeda. Artinya gaada ROTD :(

Pelatnas 2 sudah memasuki minggu terakhir, dan seperti yang ditulis pada catatan diatas, minggu ini bisa jadi merupakan minggu yang paling menantang dalam karir komputerku.

Rabu, 7 Maret 2018

Ah, hari rabu, hari maut…

Seperti yang sudah diketahui, Setiap hari Rabu bakal diadakan kuis, semacam tes penilaian yang bobotnya sangat besar dalam menentukan siapakah yang bakal lolos ke pelatnas 3 nantinya. Setiap pagi selalu diawali dengan hal yang sama yakni dibangunin Kak Dimas (Sepertinya beberapa temen-temen mulai menyimpan dendam karena kesel diganggu tidurnya :v) . Dilanjutkan dengan berangkat ke ITS dan kuis pun dimulai.

Sama seperti kuis-kuis sebelumnya, disuguhkan 4 soal dan diberikan waktu lima jam untuk nyelesaiin. Sama seperti kuis-kuis sebelumnya, aku dua jam ngestuck di soal mudahnya karena bug sial. ternyata masalahnya cuman salah perhitungan sama fungsi ceiling -_- dan AC juga. Jadi aku Cuma punya waktu 3 jam untuk nyelesaiin 3 soal “sebenarnya” dan aku gagal total, gaada AC lagi. Nyampahku parah pula, masa ada satu soal yang aku Cuma dapet subtask 1nya doang? -_-. Aku mengakhiri kuis ini dengan skor 225, atau AC 1 dan menduduki peringkat 7. Cukup jauh dibandingkan dengan peringkat 1 (Amnu) dan 2 (Yoga) dimana dapat AC 3 dan skor 360 L. Kelemahanku ya itu, aku selalu merasa 2 jam pertama kontes ga ngapa-ngapain alias wasted. Aku lagi mencari cara untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini.

Selesai kuis, ada acara makan-makan lalu dilanjutkan dengan acara rekreasi mingguan :D. Jadi setiap selesai kuis, bakal ada acara rekreasi. Kalau minggu lalu acaranya main basket, minggu ini nonton di bioskop!. Hasil polling kemarin, semuanya milih nonton yowis ben, kecuali orang-orang yang sudah nonton sendiri-sendiri minggu lalu (Ariell, Salman, Yoga(?)) dan mereka misah nonton peter rabbit. Delesai makan, berangkatt deh ke mallnya, Grand City.

Ada beberapa mobil. Di mobilku, yang nyetir Kak Steven, lalu penumpangnya ada Pak Rully, Aku, Amnu, Alghi, AT, dan Hocky. Selama perjalanan, aku banyak berbicara dengan Pak Rully, yang paling menarik itu waktu Pak Rully nanya kok di blogku aku tulis nilai latihanku 250, padahal di hasil download panitia ditulis aku dapet 25 dan aku menjelaskan bisa jadi tlxnya ngebug, 0nya dihilangin :V. Tapi untung Pak Rully bilang gini dan berkat blog minggu dua yang keluar tepat waktu, jadi nilaiku aman damai. Kejadian menarik lain, aku kan suka banget tuh nyanyiin lagu thug life, yang “tet. tettot tet. tettot tet, dudududu” , nah tiba-tiba pas lagi nyanyiin gitu, Pak Rully bilang kalau itu lagu favoritnya Yehez :O Yeyy, motivasi tambahan lolos P3, biar bisa duet dengan Yehez!

Rombongan kita yang paling pertama sampai bioskop, dan kita nunggu di XXInya, waktu itu menunjukkan sekitar pukul 14. Dikarenakan sekarang jam sekolah, XXInya sepi parah berasa sudah tutup. Berbeda dengan di Bali dimana XXI saat jam apapun rame dan yang membedakan dua buah waktu hanyalah pakaian pengunjungnya. Yaudah rombongan yang lain akhirnya datang, dan pengajar kita minggu ini, Kak Yusuf juga ikutan nonton. Wah seru :D. Aku kasian sama mbak-mbak yang jual popcorn, karena XXInya sepi dan kita diam di area ticket, mbaknya terus nawarin kita beli popcorn, akhirnya aku beli deh.



Ternyata peter rabbit sudah ga diputer lagi maka yang kemaren milih itu bakal diganti sama tomb raider. Mulailah beberapa orang menyesal dan pingin ganti nonton tomb raider (termasuk aku). Tapi gapapa aku udah milih yowis ben, maka aku bakal bertanggung jawab. Lagian, hampir semua nonton yowis ben, termasuk Kak Yusuf jadi bakal lebih seru ini sepertinya.

Didepan bioskop, dibagiin deh tiketnya dengan system gacha. Apes menimpa lagi, aku satu-satunya peserta yang dapet kursi C, dimana yang lain dapetnya kursi E, padahal aku yang pertama ngambil -_- dan ngambilnya setelah Tama yang dapet E -_-“. Jadi, aku duduknya di deret belakang bareng panitia. Ternyata Amnu juga dapet C. Setidaknya ada teman. Berbeda dengan di Bali dimana satu rombongan bisa tuker-tuker ticket, disini sepertinya “what u get is where u sit”

filmnya mulai. Di awal-awal film, aku mulai merasa suatu penyesalan karena filmnya pake bahasa jawa dan aku ga ngerti sama sekali. Awalnya juga membosankan gitu. sial, aku harus bertahan 2 jam disini, pikirku. Namun, mulai pertengahan film, filmnya jadi menarik! Tokohnya menarik, cewenya cantik (Susan), musiknya catchy dan bikin melambai-lambai, ditambah konfliknya yang bisa dikaitkan sama kehidupan asliku. Diakhir film, lagu “Ga iso turu” itu sudah nyangkut di otakku. Aku sebagai orang Bali yang ga ngerti bahasa jawa, sangat merekomendasi film ini J. Namun, beberapa temen P2ku yang ikut nonton ini dan dari Jawa justru ga suka sama filmnya. Jadi, seperti kata sebuah quotes terkenal “Pria Punya Selera”, bisa jadi aku bias karena lagunya yang keren atau cewenya yang cantik :P.

Jadi berasa nyewa bioskop yah :v

Selesai nonton, langsung OTW ke tempat makan malam. Di restoran “PO”. Padahal di mall banyak restoran, tapi kami naik mobil lagi ke tempat yang agak jauh. Jadi, aku berasa restoran tempat kami akan makan bakalan jadi restoran yang special :D.

Memang bener, restorannya enak banget, berbagai jenis nasi goreng dan lauk disajikan, mulai dari udang mayones, cumi telor asin, ayam goreng tepung, kepiting, pokoknya lengkap dehh. Untuk kondisi makanan yang lengkap seperti ini, aku menerapkan teknik simple random sampling untuk mengetahui makanan mana yang terenak, Yakni, ronde pertama ambil sedikit dari semua, ronde kedua ambil yang enak doang. Kesimpulannya, cumi telur asin juara sebagai makanan terenak dan akhirnya aku tuang semua termasuk semua bumbunya ke piringku :P.

Sesampainya di gardena, dikasi kesempatan sama panitia untuk pesan makanan lagi, tapi, aku yang sudah KO ini memilih untuk tidur saja.

Kamis, 8 Maret 2018

Setelah euforia kemarin, hari ini berlangsung seperti biasa. Dibangunin Kak Dimas, lanjut sarapan. Bah, hari ini menu veget lagi :(.

Selesai makan, saatnya berangkat ke ITS. Lagi-lagi, soal hari ini sudah dikirim melalui E-mail ketika masih di gardena, jadi aku merasa dorongan yang besar untukku agar segera ke ITS biar bisa ngerjain soal-soalnya.

Mulai deh ngerjain. Hari ini latihan di SPOJ dengan time limit yang ekstra kecil. Style ngodingku seperti biasa, pertama kerjain pake cin/cout dulu trus submit, baru akhirnya optimisasi pake fast I/O. 

Aku baca ada soal cuma masalah implementasi doang, dan implementasiku masih kotor apalagi kulihat time temen-temenku masih 0.03 sedangkan time limitnya 0.01 jadi aku merasa solusiku yang menggunakan cin ini timenya bakal 0.10 atau berapalah. Yaudah kusubmit dan... ONESHOT 0.00!!! woww padahal pake cin dengan implementasi kotor. Memang, disini inputnya kecil jadi kesaktian fast I/O belum "berasa".

Lanjut ke soal-soal lainnya, ada satu soal dp classic lagi N^2 (N=5000) dengan time limit 2 s. Kucoba top-down, 5s. Tambah fast IO, 4 s. Tambah pragma sakti bin ajaib cuma 3.1 s. Semua tricks sepertinya sudah kulakukan agar implementasiku bersih. Akhirnya akupun menyerah dan memutuskan bahwa satu-satunya cara yang tersisa untuk mengoptimisasi solusiku adalah cara "itu". Perlahan-lahan, kuhapus fungsi rekursiku dan kugantikan dengan dengan perulangan dua lapis dan menggunakan prefix sum. Kusubmit, dan AC 1,2 s. Aku langsung cuci tangan .-. Rangking dua di soal soal ini aku rasa kurang sepadan dengan apa yang harus kulakukan.

Dua soal sisanya, ada satu soal output only dimana aku salah strategi dan milih attack soal ini selama 3 jam sebelum makan siang, padahal ternyata ini soal susah -_-. Aku tidak menambah AC lagi untuk hari ini. Hari ini makan siangnya enak, ayam goreng "rooster".

Sesampainya di hotel, tim fun contestku (Aku, Rania, Hocky) menyadari bahwa deadline sudah dekat maka kita mulai kerja lagi di lobby. Namun, hari ini kerjanya kurang efektif pertama ada Phillo, JT, Tama yang mesen Tawan jadi kami ikutan makan, setelah itu kami baru menyadari ada organ di lobby Gardena jadi malam ini terjadilah "adu skill" antara Aku, Hocky, Phillo di lobby.

Unravel m(_ _)m

 Tapi menjelang jam 10, akhirnya suatu ide soal muncull. Setelah ide tersebut muncul, kami tidur untuk membiarkan alam bawah sadar kami yang bekerja.

Jumat, 9 Maret 2018

Hari pagi seperti biasa, dilanjutkan ke ITS untuk latihan hari ini. Seperti biasa, ada 4 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 8 jam. 

Kali ini aku benar mengattack soal, namun aku bingung kok WA terus hingga akhirnya orang pertama, Hocky, AC. Namun sayang, hingga siang aku belum menemukan kesalahan algoritmaku. Siangnya, tim fun contestku pergi nyari tempat untuk bahas fun contest. Jadi solusi soal kita itu mengandung sparse table, preorder, dan case analysis. Rania jago banget nyari kasus-kasusnya :D.

Makan siang hari ini enak lagi, kalau enggak salah, soto. Tapi setelah makan di Cak Har minggu lalu, soto yang ini rasanya biasa saja .-. tapi gapapa tetep enak kok. Lanjut deh ngerjain soalnya habis makan.

Aku baru sadar kalau solusiku ternyata salah total dan daritadi aku cuman ngecek dengan testcase yang bener-bener lemah -_-. Yaudah kufix dan AC dengan waktu 3 s. Namun karena time limitnya 1.61 s maka aku masih harus optimisasi. Aku baca inputnya masih pake cin, jadi kucoba ganti jadi fast I/O dulu dan cuman dengan ganti baca input doang, timeku berubah dari 3 s menjadi 0.42 s!!

Disini barulah kelihatan kesaktiannya fast I/O dikarenakan inputnya yang monster (sampai 10^6!!). Ketika aku AC itu, Pak Rully tiba-tiba bilang dari depan "Wah Galang mulai panas!"

Sayangnya aku gaada AC lagi, jadi hari ini cuma AC itu doang dari 4 soal.

Malemnya, lanjut kerjain funcontest, kali ini kita buat deskripsi dan edit-edit soalnya lagi. Lalu ada SW dateng jadi aku tanyain materi besok apaan dan aku lanjut ambis dikamar. SW bilang dia nyesel ngasi tau aku besok materinya apa xD.

Sabtu, 10 Maret 2017

Hari ini akhirnya ada materi lagi. Yaitu Centroid decomposition yang dibawakan oleh Kak Yusuf dan Heavy-light decomposition yang dibawakan oleh SW lalu ada materi tambahan yaitu Euler Circuit oleh SW juga. Dilanjutkan dengan pembahasan soal-soal SPOJ. Hari ini rencananya bakal bahas 10 soal SPOJ, namun karena masih ada latihan hari ini, dibahas satu dulu dan dilanjutkan sisanya di sore hari.

Soal hari ini di TLX, dan soalnya sangat susah. Nah, di hari ini aku baru tau salah satu faktor yang buat aku ga fokus saat ngerjain latihan ini: gak iso turu >_>. Aku baru sadar kalau diem-diem aku suka nyanyiin lagunya karena baguss :((. Kadang liriknya suka kepleset lagi jadi "gak iso tunru" gara-gara ada Phillo .-.

Yup, soal hari ini terlalu greget, dan di akhir sesi latihan gaada yang AC lebih dari 1. Lanjut deh dengan pembahasan 9 soal SPOJ sisaan dari latihan-latihan sebelumnya. Pembahasannya bagus, namun ada beberapa soal yang aku udah bingung dari awal jadi gatau mau nanya apaan (apa itu steiner tree -__-")

Untuk makan siang, aku merasa hari-hari terakhir ini memang sengaja dibelikan makanan yang enak terus :) hari ini ada ikan asam-manis.

Malam harinya, adalah deadline untuk pengumpulan fun contest, namun tim kami sama sekali belum buat Testcase, jadi kami memilih untuk malam mingguan ke galaxy mall. Yang ikut ada Aku, JT, Rania, Toby, Hocky, dan SW. Lalu ada Grace juga, temenku dari P1 yang anak surabaya. Kita berenam berangkat dari gardena dan mesen gocar dan kebetulan mobilnya muat. Nah ini bapak-bapak gocarnya keren banget, bisa banyak bahasa (termasuk Bali). Hocky bilang meme "omaewa mo shindeiru" langsung dicyduk sama bapaknya yang ternyata ngerti dan bilang kalau "omaewa" itu bahasa kasar sekelas preman :O.

Setibanya di Galaxy, ada suatu pertemuan yang tak terduga. Ada temen sekelasku ._. lagi mau ambil tes kuliah.



Target pertama kita, nyari Grace. Kita naik eskalator mallnya yang berlantai-lantai hingga akhirnya tiba di lantai paling atas. Disini ada pameran aksesoris cewek -_-. Turun lagi dehh hingga akhirnya ketemu Grace di Foodcourt. Sekarang tinggal nentuin makanan. Hocky dan Toby mau makan babi karena katanya sudah ga stabil otaknya kelamaan ga makan babi, sedangkan aku sih bebas. Akhirnya kita ke restoran jepang, hachi hachi.Melihat harga, dan dompetku yang cuma isi uang 20rb, aku segera narik 300rb setelah selesai pesan makanan.

Aku pesen kare dori, trus ada pesen sushi rame-rame. Sushinya rasanya berbeda, rasanya lebih seger gitu dibanding restoran di Bali. Trus rasa kare dorinya juga sangat enak apalagi porsinya yang super besar. Keluar dari sana, aku sangat puas.


ternyata ada ronde dua yaitu makan eskrim di Zangrandi. Katanya ini eksrim cuman ada di surabaya(?). Kulihat menunya, dan aku yang biasanya beli eksrim paddepop harga tiga ribu tercengang melihat eskrim yang harganya bisa sampe 60 ribu! Aku beli yang singlescoop rasa leci. 
rasanya memang sangat enak. walau aku bingung kenapa leci warnanya hijau ._.

adik kelasku yang paling pinter aja ketipu :v


Selesai makan eskrim, karena sebentar lagi mau ada CF, jadi aku pamit ke gardena duluan. Ini sebenarnya sebuah kesalahan, karena di CF aku sejam pertama baru AC 0 :"). Byebye rating...

Minggu, 11 Maret 2017

Aku bangun cukup telat, sekitar jam 9. Sarapan sudah mau tutup.

Hari ini targetku cuman satu dan hanya satu: buat testcase. Selesai sarapan, aku langsung ngoding tcframe. Kebetulan aku memiliki pengalaman ngoding tcframe dari saat aku buat TOC. cuman masalahnya, aku gabisa ngompile karena masih pake windows :/ jadi aku ngoding harap-harap cemas gaada bug. Selesai buat specnya, kuberikan ke hocky untuk di compile dan hasilnya: compile error bejibun. Untuk betulin semua error tersebut saja butuh 1 jam. Akhirnya jadi deh tcnya. Cuman masalah baru muncul: solusiku dan Rania gak cocok :(

Nah ini... ngedebugnya lama parah, dari jam 12 sampai jam 4 kemajuan yang didapat sedikit. Cara kita debug adalah generate TC kecil trus bandingin outputnya. Akhirnya sekitar jam 4 Hocky dateng bantuin karena Rania mau pergi. Setelah Hocky dateng, cepet banget terselesaikan masalah debuggingnya dan jam 5 semua tc sudah beres dan solusi sudah cocok. Aku debug kodenya Rania 4 jam belum kelar, Hocky 1 jam dh kelar, berarti Hocky lebih jago ngertiin kode cewe :((.

Semua TC beres jam 5, lanjut deh benerin deskripsi. Ini Hocky niat buat descnya. bisa langsung aja dibaca hasil terakhirnya: https://www.dropbox.com/s/oba6604wkika3pv/Deskripsidemicinta.pdf?dl=0
Descnya bagus, aku dan Rania cuman koreksi masalah salah eja doang. Aku cuman ga sreg sama header di bagian pojok kanan atas korannya doang.

Selesai sudah tugas timku untuk fun contest di hari rabu mendatang. Aku pun tidur dan bangun agak malam. Aku dibangunin oleh Tama yang mau ke richeese, oh jelaslah aku ikut.

Semua mesen dua ayam, dan aku udah lama banget ga makan richeese jadi teringet kalau kejunya sangat enak. Selesai makan, kutengok dompetku dan 300 rb yang kutarik kemarin sudah habis :"". Sedih 300 rb habis dalam dua hari.

pulangnya, karena gocarnya ga muat berenam, jadi misah deh. Aku dapet mobil kedua bersama Yoga dan Alghi. Sepi di mobil :(.

Sampai di hotel, tidur...

Senin, 12 Maret 2018

Hari terakhir sebelum simulasi penentuan :) Ada penggantian pengajar lagi. Untuk minggu terakhir ini, yang ngajar adalah Kak FWP. Kak FWP ini peternak meme juga :O.

Tapi ternyata hari ini gaada materi :( latihan aja. Sebelum latihan, ada data analysis dari Pak Rully tentang skor kita sekarang. Aku masih di peringkat 5, namun nilainya mepet-mepet. Pak Rully juga jelasin pentingnya simulasi besok, dimana yang ranking terakhir masih berkesempatan untuk nyalip yang ranking 1 (AMnu).

Hari ini latihan di SPOJ lagi, tapi soalnya tipe parsial untuk pertama kalinya (bisa nyampah). Soalnya terlalu dewa, aku cuma bisa ngerjain 1 doang :( itupun cuman dapet 80. Soal tersebut inputnya cuman satu buah bilangan, aku bisa jawab secara online sampai N<=500 (80 poin) tapi untuk 20 poin terakhir, N=10^6 jadi aku kepikiran precompute semua jawaban dari 1 sampai 10^6. Precomputenya sebentar, cuman 10 menit. TAPI, handling outputnya ituloh. Sekompres-kompres outputnya, tetep aja ukurannya 5 MB. 5MB untuk sebuah output file itu SANGAT BESAR. Dengan komputer yang sudah hang-hangan karena output raksasa tersebut, dengan sabar kubuat program precomputationnya.

Aku merasa bersyukur bisa ngerjain pelatnas 2 ini di komputer ITS yang super kuat. Jika seandainya hal diatas kulakukan di laptop pribadiku, mungkin saja sudah meledak :vvvv. Yaudah, kode precomputationnya ku submit, ternyata source limit exceeded. Jadi kupake cara curang, cuma submit jawaban dari 950000-1000000. Loh WA? wah ini, pembuat tcnya pinter, gaada max testcase biar gabisa mudah precomputenya. Dan.. waktu habis. Sial, belum sempet binser TC. itu padahal tcnya cuman 2 lagi untuk dapet 100 poin :(.

Hari ini, nilai latihanku berada pada peringkat terakhir. Sedih :(

Selesai latihan, aku menyadari walaupun sekarang aku masih posisi 5 besar, ada peluang aku bisa gak lolos apabila performaku bakal terus gini. Semua gara-gara gak iso turu :((. Jadi malamnya, aku mulai deh belajar yang bener, kupelajari tentang materi-materi dan kurepeating soal "terrorist attack" yang Pak Rully sering banget minta untuk dikerjain.

Sejujurnya, aku gak seneng tipe soal gini. Ini cuma soal kombinasi dua buah konsep dan murni soal implementasi dan tentunya rawan bug. Aku sendiri yang biasanya ngebug sangat perlahan ngoding soal ini. Ketika selesai, aku cuman ngetes di samplenya yang sangat lemah lalu kusubmit deh. Hasilnya? ONESHOT AC!

Timenya beda dikit sih, dimintanya 0.12, timeku 0.19. Tapi ingat, aku masih pake cin. Kuganti jadi fast I/O, langsung 0.03!. Waw, jauh diatas special time limit itu pertanda ada kemungkinan rank 1, Dan benar saja, aku rank 1!! kembar dengan Min_25.

Yah, penyakitku kambuh lagi. Besok simulasi, posisiku ga aman, aku malah coba teknik-teknik gaje biar mau ranking 1 mutlak.

worth it :)

Malemnya, aku coba repeating soal lain, tapi gagal. Yaudah, besok simulasi.

Selasa, 13 Maret 2018


Hari simulasi. Simulasi itu tes yang paling berbobot di pelatnas 2 ini. Kita pake baju P1 lagi. Berangkat deh ke ITS.

Dudukku paling depan, tepat didepannya pengawas. Kalau diingat-ingat, posisi dudukku saat kuis selalu di bagian depan-depan aja :/. Pengawas simulasinya Kak FWP, dan sebelum mulai, dia bilang aku harus fokus ngerjainnya soalnya kemungkinan ada orang ganteng duduk depanku .___.

Simulasinya ngaret cukup lama, sekitar 45 menit. Jadi lumayan deh dapet tidur lagi :)

Simulasi pun dimulai.

Yah, aku salah attack soal... ada soal yang subproblemnya dpnya jelas, tapi aku ngotot ini kayaknya bisa math karena kalau ada itu bakal enak banget. Jadi aku ngotot nyari formulasi mathnya selama 2 jam padahal dp jelas jelas ada -_______________________-". Ini masuk daftar kesalahan terbodoh tipe baru -.-. Ujung-ujungnya, aku pake dpnya juga dan malah WA. tipikal lah, gini-gini pasti ngebug. Tapi aku gapunya waktu untuk debug karena nilaiku untuk soal lain masih 0. Akhirnya aku coba solve soal lain. Ada soal yang bisa kusampah, dan soal sisanya baru dapet subsoal 1 sekitar 10 menit sebleum kontes berakhir. Jadi total nilaiku 84. 34 + 25 + 25). Dengan ranking 9.

Disini, aku takut akan dua hal:
-ranking kuis 1: 5; Ranking kuis 2: 7; Ranking simulasi 1: 9; aku takutnya simulasi 2 bakal ngikutin pola ini :(
-rankingku makin ga amann. memang sih aku masih rangking 5, dan butuh beda 100 poin pada simulasi dua biar aku aku gak lolos, tapi tetep saja, melihat hasil tadi, itu sangat mungkin.

Aku terpukul denga hasil ini, semua orang di peringkat 8 besar simulasi ini memiliki 1 AC, sedangkat ACku nol. Tapi, masih ada kesempatan di simulasi berikutnya!!

Malemnya aku memutuskan untuk full ambis, dari jam 7, kukerjakan repeating dp dnc. Namun sayang, aku coba selesaikan satu soal dari jam 7 sampai jam 11, gak bisa :((( sedihh. Beginikah aku sekarang? sinikah aku berakhir? pikirku. Akhirnya karena ini hari terakhir repeating, aku coba deh gunain sisa waktuku untuk ackan setidaknya sebuah soal lagi dan berhasil, aku ONESHOT sebuah soal sebagai penutup repeatingku. Ga terlalu keren sih soalnya ini sebagian juga sudah ac. Aku liat soal output onlynya sudah di ACkan Rania jadi aku maunya langsung minta jawabannya. Tp dia kabur :(.


Rabu, 14 Maret 2016

Hari ini fun contest, ICPC style.

Ini timku, dengan keahlian sebagai berikut:
Rania, ahli Mat
Hocky, bisa semua
Aku, bruteforce
Lombanya bakal di TLX lokal, nama timnya aneka makanan. Ada pudding, apem, wajik, dll. Timku sendiri, namanya tim piscok. Kontes dimulai dan diberikan waktu 4 jam untuk nyelesaiin 5 soal
Berikut adalah soal-soal pada fun contest ini:
-Baliho Fun Contest Ilang, By: Salman, Amnu, Ariell.
-Raja Salman, By: Yoga, Alghi, dan AT.
-Master Faishol, By: Fausta, Phillo, dan Kezia. (kasihan Kezia di seret-seret buat ginian :(  )
-Demi Cinta, By: Galang, Rania, Hocky.
-Konspirasi BalangGlog, By: Tama, JT, dan Toby.

Di awal kontes, kita pertama ackan soal kita dulu. ONESHOT tentunya. Sisa soalnya terlalu imba :(. Yang paling solveable itu soal Master Faishol, aku dan Rania coba utak-atik mathnya namun ga ketemu sampai akhir. Akhirnya Rania coba nyambahkan soal BalangGlog tapi ga sukses(?). Kalau mau klarifikasi, langsung ke tim yang buat soal. Katanya biar mampus soalnya ada tim yang gaje descnya :vv. Ada tim yang klarif ke timku tentang soal BalangGlog, dikiranya itu timku yang buat, Wah-wah, ternyata Tama jago fitnah juga ya :O.

Tapi tetep saja tim piscok peringkat 2, yay. Dengan modal ackan problem sendiri, nyampah sana-sini. Tapi bedanya dengan timnya Salman agak jauh sih, skor dia 240 (punya sendiri, master faishol, dan nyampah soal kami). Tapi juara dua tetap juara 2. Soalnya saking sulitnya, sudah gaada yang ngerjain lagi padahal waktunya sisa lagi sejam. Pantesan nama kontesnya "Fun Contest (Yang tidak fun)" jadi kontes diberhentikan lebih dulu. Statistik soal fun contest kali ini:
-2 soal tentang percintaan (Raja Salman, dan Demi Cinta)
-2 soal tentang "pembulian" (Master Faishol (Faishol), dan Demi Cinta (Akbar))
-2 soal tentang plesetan blogku (Demi Cinta, dan Konspirasi BalangGlog) nama plesetannya sama lagi hmm
-3 soal tentang tree (Raja Salman, Demi Cinta, dan Konspirasi BalangGlog), nah ini yang parah, jadi gak fun contestnya :(. Timku milih tree karena denger-denger tim lain math, jadi bakal beda.Tau tau yang lain tree juga :(
Berarti soal timku paling mainstream karena masuk ke banyak kategori :(

Selesai kontes, ada pembahasan dari tim yang buat. Jadi berikut adalah tags soalnya:
- Baliho Fun Contest Ilang: Ad-hoc, niat trolling(?). Awalnya soal ini mau dijadikan troll dengan cara ganti bahasa TLX baru nemu deskripsi soal yang beneran. Namun gagal dan malah jadi satu deskripsi yang panjang...
-Raja Salman: Semacam LCA O(1). Soal ini querynya sampe 10^7, jadi harus O(1) untuk jawab querynya. Canggih bener, sehabis Alghi jelasin soal ini, Kak FWP ngasi materi dadakan tentang LCA O(1).
-Master Faishol: Math, Binomial Newton. Nah ternyata solusinya harus utak-atik binom. Sial gak kepikiran, padahal tadi aku dan Rania udah ngomong yang aneh-aneh seperti Burnside Lemma :/
-Demi Cinta: Preorder transversal, Sparse table, case analysis. Ini aku yang bahas sendiri, tapi kadang aku lupa casenya gimana jadi kadang dibisikin Rania dari bangku penonton :v padahal casenya maks 2 untuk tiap output query
-Konspirasi BalangGlog: Baby Shark(?) Algo, Heavy-light decomposition. Ini soalnya keren juga teknik mathnya. nice aku suka :D.

Mantap dapet juara 2, hadiah ovomaltime, biskuit keju, dan oreo :)

Selesai penjelasan, ada makan siang. Yosh hari ini enak, nasi bakar tuna!. Selesai itu, balik deh ke hotel dan aku tidur siang. Malemnya kulanjutkan soal repeating yang kemaren biar solved walaupun repeating sudah selesai. Namun tetep aja sampe jam 11 ga AC :(. Yaudah jadi aku pasrahkan saja deh besok mudah-mudahan DP DNC ga keluar.

Kamis, 15 Maret 2018

Hari diawali dengan sesuatu yang berbeda. Sudah hampir 3 minggu aku dibangunin Kak Dimas, namun di hari spesial ini, Kak FWP yang bangunin aku :D (bangunin Tama sih tepatnya).

Pagi ini adalah pengumuman MIT, satu-satunya universitas luar negeri yang aku daftar. Awalnya aku maunya buka habis simulasi dua karena aku butuh semua fokus yang ada mengingat posisiku yang ga aman. Namun, aku juga takut kespoiler kalau buka siang. Misal sudah ada yang diterima kan peluangku diterima jadi makin kecil :(. Jadi, dengan dukungan semua temen-temen pelatnasku, aku buka pengumumannya di tempat sarapan. Hasilnya, rejected.

Aku sudah buat postingan FB tentang hasil ini. komennya seru, pake bahasa Inggris. Sebelumnya, aku berniat buat satu blogpost tentang aplikasiku ke MIT, namun karena aku di reject aku rasa kurang faedah. Jadi berikut adalah "sampingan" tentang isi aplikasiku untuk MIT. ringkas aja


Setelah cek pengumuman tersebut, sudah h-40 menit simulasi 2, jadi OTW deh ke ITS. Sampe di ITS, sudah h-20 simulasi dan perasaanku masih jelek dengan rejection letter tersebut maka aku melakukan hal yang baru kusadari gak pernah kulakukan selama P2 ini: meditasi.

Selama waktu yang tersisa, aku duduk di pojokkan terus meditasi. Aku merasa sangat tenang selesai meditasi dan perasaan ditolak MIT seperti sudah hanyut beserta perasaan-perasaan jelek lainnya. Aku sudah siap untuk simulasi 2.

Hari ini fix bakal ada output only, karena Kak FWP buat tutorial caranya jawab TC output only. Output Only tipe soal yang paling kubenci :(

Simulasi dimulai :)

Pertama aku kerjain output onlynya dulu. Ada 10 TC dimana masing-masing bernilai 10 poin. Lumayan dengan brute force bisa dapet 50. Terus kujalanin bruteforce multithread untuk 5 testcase sisanya dan berkat itu komputerku jadi lama banget kalau compile ._. waktu itu, sisa waktuku lagi 4 jam.

Yaudah, aku baca soal lain sambil nunggu bruteforceku kelar. Aku baca soal C, aku kaget. "Ini ide soal yang maunya kupropose buat TOC desember .__." Tapi versi soalku lebih susah, jadi karena semua observasi sudah kubuat, tinggal ngoding aja dan dalam 15 menit sudah ONESHOT ac.

Baca B, sepertinya ini soal bonusnya, koding-koding, 10 menit sudah ONESHOT ac lagi. yey nilaiku sudah 250 dan waktuku sisa lagi 3,5 jam. Sekarang satu-satunya hal yang menghalangiku dari perfect score tinggal kecepatan komputer ITS :v.

Aku cari-cari heuristics lagi, terus aku inget Warnsdoff's heuristic dan kuimplementasi di bruteforceku dan reset ulang kerjaan yang sudah dilakukan selama satu jam. Namun worth it karena gasampe 10 menit, tiga TC (30 poin) sudah dapet (horray for suka baca artikel aneh-aneh). Waktuku lagi 3 jam, TCnya sisa lagi 2, kukerahkan semua kekuatan RAMku untuk membobol dua TC sisa ini :vv.

Aku buat beberapa kode lagi, dengan heuristic yang salah, total ada 3 kode berbeda jadi ada 6 program yang jalan di background. Sayang, sampai akhir gaada yang selesai. Aku tanya-tanya nilai dan ternyata aku rangking 2!! MANTAP!.

Lagi-lagi aku dapat pelajaran berharga bahwa sering kali aku sering nyalahin hal-hal eksternal tentang masalah yang kualami, padahal sebenarnya hal yang salah itu dari dalam diriku sendiri. Contoh diatas, selama ini aku nyalahin gak iso turu tentang kenapa aku gabisa fokus, padahal sebenernya aku gak bisa fokus karena gapernah meditasi.

Ternyata, ada beberapa yang AC A dan dengan solusi polinomial :OOO Output only, Nnya 5000, solusinya polinomial O(N), Top 10 anime plottwist 2.

Dengan ini, aku sudah "mengamankan" posisiku untuk lolos ke pelatnas tiga. Sayangnya sih temenku Tama yang selama 3 minggu ini konsisten di peringkat 8 tiba-tiba tertykoeng gajadi lolos gara-gara simulasi :(.

Selesai simulasi, balik deh ke gardena. Ketika balik, aku dan Tama langsung berangkat beli oleh-oleh kue lapis di wisata rasa. Ternyata harga kue lapis mahal juga ya, 50 rb satu kotak :/ Balik dair sana, aku istirahat bentar, trus buat postingan MIT tersebut di FB, tapi aku dipotong oleh Kak Dimas yang bilang sudah saatnya futsal, jadi aku cepet-cepet selesaiin postinganku karena selesai futsal topik MIT sudah ga "panas" lagi.

Futsal deh, timku ada Fausta, Tama, Ariell, Yoga, Toby melawan tim musuh: Salman, Amnu, Phillo, AT, Hocky, dan Alghi lalu ada Kezia juga yang ikut sebagai penonton setia. Aku jadi kiper. Baru mulai permainannya, aku sudah ditipu Hocky yang ngakunya temen .-. setelah itu aku serius ngapalin siapa aja temenku. Mainnya seru, tapi gaada yang nyatet skornya jadi rasanya imbang :v Lantainya karena pake keramik, setelah istirahat kita pindah ke lantai karpet karena kaki temen-temenku pada kapalan. Aku main sampai akhir, walaupun ga terlalu jago. Tuker-tuker lah ga selalu aku jadi kiper. Akhirnya skornya imbang :vv

Kembaran tak terduga :O

Malemnya ada "pesta" ke richeese. Kuikut lah. Saat lagi jalan-jalan di balkon gardena, kulihat Amnu yang mau kekamar, kuajakkin deh amnu mau ikut ga, dia mau :D. Amnu sebelumnya gamau ikut. Jadi karena Amnu ikut, temen-temenku jadi makin semangat karena kan jarang-jarang amnu mau ikut.

Pesennya dua gocar, berangkat deh. Mobilku ada Alghi, Amnu, Yoga. Baru berangkat dari gardena, Pa Sofyan, Bapak dari Kemdikbud nelpon bilang sudah saatnya "gajian". Gajian ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh kami namun tidak bisa dihindari bahwa kami sudah di mobil. Jadi selesai dari mall baru kita ambil. Mobil kita sampai duluan di surabaya plaza.

Amnu lucu <3

Seperti sebelumnya, semua pesan dua ayam. Ada dua "rombongan" pemesanan, rombonganku dan rombongan Tama. Rombonganku karena skillnya tinggi bisa dapet ayam dalam sekali mesen, sedangkan rombongan tama gadapet-dapet ayam :P. Gile ada yang pesen ayam lv 4. Yang level dua aja udah pedes banget :(. Puas deh, ini hari terakhirku bersama temen-temenku ini, besok aku sudah balik duluan karena mau merayakan nyepi.

Di gocar pulang, kita ngomongin CTF, mas gocarnya dengerin kita dan nanya bisa gak ya ngehack WA pacarnya .-. Kami yang semobil pun menyerahkan kepada Amnu untuk berbicara .-.

Sampai di gardena, ngambil gaji terus tidur deh.

Jumat, 16 Maret 2018

Hari ini penutupan, namun aku dan Tama gabisa ikut karena besok nyepi dan kalau ga pulang sekarang, jalanan bakal ditutup. Tama udah buka kue lapisnya satu, tapi gamau dibawa karena katanya sayang, padahal mahal.

Galang: "Tam bawa tam, sayang lho 50 rb"
Tama: "25 rb lang, kan sisa setengah"

Berangkat deh ke bandara naik gocar. Sampai disana, update blog, trus langsung aja boarding tepat waktu. Kita boarding paling pertama karena duduk tepat didepan gatenya :D.

Di pesawat, ketika diputer video skyteam, aku baru sadar ada sesuatu yang sangat besar yang aku rasa mereka berusaha menyembunyikannya dengan sangat keras... bapaknya nyerahin paspor pake tangan kiri!!!

Karena waktu penerbangannya yang singkat (40 menit), aku cuma nonton film animasi doang yaitu kura-kura ninja. Dulu aku terakhir nonton waktu masih season satu, sekarang udah season empat aja. Semuanya udah jadi mutan .-.

Sampai di Bali, Aku buka grup pelatnas dan ternyata aku lolos pelatnas 3!! asyik kabar pertama pendaratan ini berita yang sangat baik. Aku ga nyangka bisa lolos, apalagi yang lolos lainnya semua dari Jakarta dan Jateng .-. (dan Fausta, tapi Fausta kan deket jateng :v)

Tama numpang sama aku. Jalanan sudah mulai ditutup dan terjadilah balapan waktu. Karena rumah tama ditengah kota, diprediksi mobil gabisa lewat karena disanalah pusat pemblokiran jalan. Maka kerumahku dulu untuk naik motor kerumah Tama. Aku sudah 3 minggu ga naik motor dan sudah kangen banget dengan sensasinya, apalagi bersama koper seberat 5 kilo :D. Perasaan meliuk-liuk di gang-gang kota untuk ngindarin macet, perasaan pelan-pelan naik polisi tidur, wuihh seru. Jadi, setibanya di rumah Tama, aku mengucapkan salam perpisahan karena ini bisa jadi terakhir kalinya aku ketemu Tama sebagai seorang siswa SMA. Tapi aku yakin aku bakal ketemu lagi, next time kita bakal ketemu sebagai mahasiswa UI :).

Ini after movie pelatnas 2: https://www.youtube.com/watch?v=wbdCGSzycaM&t=224s

Kesan Terakhir

Suasana pelatnas dua ini berbeda dengan ketika pelatnas 1. Disini, aku merasakan hawa yang menyiratkan bahwa "ini sudah mulai serius".

Yang paling berkesan dari pelatnas dua ini jelas adalah makanannya :D. Dari pesen room service bebas di gardena setiap malem, makan siangnya yang selalu bervariasi, sampai rekreasinya ke restoran-restoran papan atas. Pokoknya makanan selama pelatnas dua ini gapernah mengecewakan deh!! Makasih makanannya :D.

Comments

  1. Moga 2k18 kita ketemu sbg Mahasiwa Fasilkom
    - Calon TOKI yang gagal di OSP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua sudah direncanakan kok :) siapa sangka aku setelah 3x gagal OSK tahun depannya bisa dapet emas OSN? mungkin saja waktumu saat kuliah :D

      Delete
  2. kak ada rekomendasi materi atau web gak,buat persiapan osp?
    butuh soalnya :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk refrensi bisa coba cek http://olimpiade-komputer.ia-toki.org/
      trus ada grup FB https://web.facebook.com/groups/olimpinfo/ bisa dicoba join, disana kakak-kakaknya pro bisa ditanya apa aja tentang soal OSP :), ada grup LINE juga, kalau mau di invite pm saya di LINE (id: akugakpunya).

      Nb: Kalau masalah OSP sebenarnya aku bukan ahlinya, karena nilai OSPku tahun lalu termasuk 20% terbawah :""

      Delete
    2. oh,iya .makasih banyak kak.berhubung kakak kemaren ikut osp 2017 kira-kira teknik apa aja yg harus dipake (selain kuli :v) dan kebanyakan tipe yg seperti apa soalnya aku kemaren liat post kakak tentang osp,maaf klo banyak tanya soalnya di sekolahku yg gak ada yg ngerti :'v jadi belum ada bayangan buat osp nanti :'v

      Delete
    3. Aku karena udah biasa program, banyak soal bagian aritmatikanya yg bisa diselesaikan dengan gunain logika pemograman. Untuk pendalaman, aku cuma dalamin rekursi aja :)

      Delete
  3. i love your blog galang! keep writing👌🏻👌🏻👌🏻

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Jurnal Fasilkom Semester 1: Mengamati Budaya Trap

Bentar-bentar,
"Kok ada lagi? bukannya udah?" 
Postingan tersebut adalah karena terlalu banyak konten bagi maba :(. Ini postingan rutinnya. Oiya, karena suatu kesalahan, 2 section terakhir di postingan itu hilang :/ jadi aku terpaksa kelarin ini.
Kali ini cuma bahas 3 Section doang: - Budaya Trap Fasilkom - Akhir PMB - Perkuliahan Fasilkom Budaya Trap Fasilkom
Ah, trap. Awal masuk, pengertianku tentang trap itu adalah seseorang yang suka bilang ga belajar, taunya belajar. Namun aku makin bingung gitu lama-lama. Orang belajar di perpus -> trap, orang nanya dosen -> trap, ga deadliner -> trap.

Yang aku pahami tentang sistem trap ini:



Kata trap dipake dengan semakin liar seiring berjalannya waktu, ngerasa kaya asal pake aja. Aku cukup risih sih kalau dibilang trap. Kalau nanya, paling-paling jawabanya OSN 2017 atau Compfest 9 tahun lalu (Aku ada alasannya loh :v). Aku ga terlalu suka budaya tuduh trap ini, apakah bisa di hentikan?
Akhir PMB
PMB (Pembinaan Mahasiswa Baru…

Teknik Rekursi untuk Menjawab Soal di Kertas

OSP kurang dari seminggu lagi dan dengan semakin seringnya muncul soal tipe ini,ingin  mencoba membahasnya. Kata orang kalau kita ngajarin orang lain jadi tambah ngerti maka jadilah post ini :v

(untuk alasan lupa dan kurangnya niat mencari soal asli, beberapa soal di post ini mungkin memiliki deskripsi berbeda dengan soal aslinya)

Pendahuluan

“banyaknya string biner dengan panjang 8 dimana tidak ada 2 angka 1 yang berdampingan adalah?”

saat membaca  soal ini, mungkin kita akan nyoba pake inklusi ekslusi yaitu banyaknya semua kemungkinan – banyaknya kemungkinan 2 angka 1 dempet + banyaknya kemungkinan 3 angka 1 dempet -… tapi, kasus banyak bakal mabok. Trus nyoba kuli aja, kelamaan. Jadi disini solusi yang tepat adalah menggunakan rekursi.

Misal F(n) banyaknya string yang memenuhi syarat tersebut dengan panjang n. Misalkan juga kita punya F(n) dan F(n-1), maka kita bisa mendapat F(n+1) sebagai berikut:

F(n) tidak mungkin memiliki 2 angka 1 yang berdampingan. Maka, jika didepan setiap kemungk…