Skip to main content

Jurnal Pelatnas 2 TOKI 2018, Minggu Kedua : Ketika Pragma Menyerang

Wah, tak terasa sudah seminggu aja di ITS. Walau materi sudah mulai menantang, aku tetep menikmati kok disini. Lanjut aja ya ke jurnalnya

Rabu, 28 Februari 2018

Hari ini hari yang istimewa, karena ini hari sebelum ultahku, namun besok adalah hari setelah ultahku :v. Selain itu, hari keistimewaan lain dari hari ini adalah diadakannya kuis 1 Pelatnas ini. Aku sebenarnya sudah menanti-nanti hari ini karena menurutku kuis ini seru banget soalnya. Yaudah rutinitas pagi di Gardena dan langsung aja ke lokasi kuis. Jadi, kuis adalah suatu kontes yang bobotnya besar untuk nentuin kelulusan ke pelatnas berikutnya.

Denah duduknya berbeda seperti hari-hari biasa, sudah diacak lagi. Aku sih cuman geser kekiri sekali aja. Jeda waktu aku sampai dan kuisnya dimulai cukup lama, sekitar setengah jam. Aku pun menghibur diri dengan nyari minesweeper. But wait... gaada minesweeper.

Yaudah aku akhirnya menghibur diri dengan review lagi materi kuisnya. Kan minggu ini diajarin 4 materi:
-Maxflow
-Bipartite matching
-DP with convex hull optimization
-DP with DNC optimization.
dan soal kuis ada 4, jadi kan pas tuh 1 soal untuk masing-masing materi :v.

Lalu ada kabar bahwa kalau buka google bakal di redirect ke SPOJ padahal seharusnya di block
"tanda-tanda harus buat repeating nih"

Waktu kuis dimulai.

Aku baca-baca soal, sekitar setengah jam kuhabiskan cuman untuk baca soal. Lalu aku coba attack problem B karena itu math, namun gagal. 90 menit wasted.

waktu sisa lagi 3 jam, dan skorku masih 0. Aku mulai khawatir.

Akhirnya nemu problem (C) solveable pake maxflow, kukoding dan WA di sample. Kucek padahal oke-oke aja. Ternyata aku ngeprintnya kelebihan spasi .-. gak nyangka bakal buat kesalahan newbie kaya gitu. Selain itu, soalnya juga banyak tricky dan setelah 2 jam baru AC, aku ngedab.

Waktu sisa lagi satu jam, aku sampah soal namun cuma dapet sampai subtask 1 :(. waktu lagi 30 detik dan aku baru selesai kodinganku yang kuharapkan bisa dapat beberapa poin. Karena waktu mepet, aku ga compile dan langsung gas, bakal seru nih kalau dapet poin. Kusubmit dan waktunya berakhir TEPAT setelah aku submit. Orang pada tepuk tangan dan aku masih nungguin submissionku. Ku refresh dan hasilnya... Compile error.. :/. Waktu berakhir dan aku mengakhiri dengan nilai 186. Ternyata soal yang kusampah itu sekitar 90% pada AC :( yah sedih. Scoreboardnya dibuka dan aku peringkat 5, hmm masih ada harapan.

Kuis selesai

Namun, ternyata soal C di rejudge dan Salman & AMnu jadi AC, Jadi skor mereka 300+, wah gapnya terlalu jauh :(

Selesai itu, ada sesi makan dan makanannya menarik, ayam dengan krim. Selesai itu, ada sesi pembahasan soal terdahulu. Lalu waktu sudah menunjukkan jam 5, dan ada istirahat sampai jam 6 sebelum diajak makan diluar. Nah disini aku ada pilihan: main basket diluar, atau main avalon di dalam. Aku maunya pilih basket, namun setelah itu karena aku sadar aku butuh mengasah otak melihat nilai kuisku, aku akhirnya memutuskan untuk main avalon.

Playernya ada 10, setengah dari panitia, setengah peserta. Yang panitia selalu dapat jahat dan selalu menang. Imba :( apalagi ada Kak Agus yang jago bohong.

Main avalon sambil sambil nunggu makan malam

Moderator: "Merlin liat siapa yang jahat"
Merlin: "sudah"
...

Selesai avalon 3 ronde yang dimenangkan oleh yang jahat, berangkat deh ke lokasi makan. Di soto Cak Har. Mobilku nyasar dan kita sampainya telat banget. Sampai disana mesen dan langsung disuguhkan sotonya. Kesan pertama saat liat sotonya, itu soto kaldunya beneran dan kelihatannya enak banget. Setelah semua dapat, kami makan. Dan memang benar, ini soto uenak banget.

Sangat recommended

Suasana P2 di restoran Cak Har


Selesai dari tempat soto, kakak panitianya nawarin serabi, namun aku terfokus sama hasil-hasil OSK dari daerah lain jadi ga merhatiin. Sedih gadapet serabi karena ngurusin hasil OSK Serdang Bedagai :(

Balik deh ke hotel, entah kenapa aku ngerasa perjalanan baliknya lebih cepet. Sampai di hotel, aku bahas-bahas kuliah sama Rania,JT, dan Toby. Jadi aku tuker-tukeran essay sama Rania. Silau saat baca essaynya Rania *_* kosakatanya kompleks banget, tidak seperti essayku yang bahasanya sederhana.

Setelah itu ada dilemma lagi, aku dikasi soal OSK dan pingin buat kunci jawabannya, atau ikut CS academy. Akhirnya kuputuskan sekolah datang duluan, jadi aku coba jawab soal OSKnya. Penasaran juga kaya gimana sih soalnya.

Tuh jawabanku :) cuman ngerjain satu jam karena lelah minta ampun
Keren ya kosongnya di nomor 9,14,19,24,29

ROTD
"Yang diterima di MIT biasanya medalis IMO, IOI, IPho,.."
Galang: "Tapi juara Yugioh belum ada kan?"

Kamis, 1 Maret 2018

Hari ultahkuuu!!
...
...
lagi 731 hari.

Walau gitu, temen-temen dan keluargaku tetep nganggep aku ultah. Tapi entah kenapa aku memiliki firasat baik tentang hari ini.

Observasi pertama: sarapannya ayam goreng tepung untuk pertama kalinya. dan itu makanan favoritku.

Berangkat deh ke ITS. Disana karena soal latihan hari ini sudah dikirim, maka tanpa brefing langsung aja ngerjain.

Observasi kedua: soal hari ini math, (semi) favoritku.

Aku kerjain soalnya dan siang sudah AC 2. satunya oneshot first AC pula :D. Snack paginya juga enak parah. Ada lemper, trus ada kue kuning gatau itu apaan tapi enak banget. Makan siangnya, Ada ayam asam-manis, salah satu makanan favoritku. Selesai makan siang, tinggal hajar lagi dua soal. Ada satu soal dimana Hocky udah ac, tapi Salman belum; pikiranku "wah pasti haram nih". Ternyata setelah kuobservasi, solusinya lumayan mudah dan kukoding bisa AC, walau ngebug dulu. Yee soalnya lagi 1 dan waktunya sisa 3 jam.

Namun soal terakhir ini, mathnya parah. Intinya sih dikasi banyak query yang bentuknya a,b. trus diminta nilai kpk(a,b) + kpk(a+1,b) + kpk(a+2,b)+ ... + kpk(b,b). querynya bisa 100000, a,b bisa sejuta. Ini aku nemu solusi O(T N^2/3) yaitu di konstruksi berdasarkan faktornya, tapi aku yakin bakal TLE apalagi server SPOJ yang relatif lambat. Jadi aku mengurungkan niatku dan mencari solusi lain. Aku sudah keluarkan semua kemampuanku, masalahnya ini soal sangat straightforward dan ya harus tau lah tricksnya ._. jadi jam setengah 5 aku untuk pertama kalinya menyerah jawab soal. Akhirnya aku coba selesaiin repeating. Solusi sudah selesai, tinggal submit. Tiba-tiba kakaknya bilang waktu habis, jadi kusubmit tanpa compile tanpa testing, niatnya sih biar ada efek dramatisnya, dan hasilnya... compile error...

Yang lain sudah turun namun aku, salman, dan kezia masih di lab untuk bahas soal. Salman lagi jelasin tentang soal jual beli ke Kezia dan Kak Sergio. Salman mengasumsikan penjualnya cowok, terus aku koreksi, kan penjualnya belum tentu cowok :P.

Lalu kita ke lantai bawah, sayangnya mobilnya penuh jadi aku dan Kezia ditinggal :(. Untung ada mobil datang lagi, jadi cuma aku dan Kezia berdua aja yang naik. Selama pelatnas ini, assigment naik mobilnya  menggunakan algo while(masih_muat) then tambah_orang(); dan baru pertama kali merasakan mobil yang penuh kelonggaran. Di mobil aku dan Kezia bahas soal repeating yang tadi kukerjain. Nah saat bahas, aku dapat ide untuk optimisasi ide namun belum ku test samsek, tapi kujelasin ke Kezia seolah-olah aku udah AC pake cara itu :v. Jadi, sampai dihotel, aku coba selesaikan solusinya, dan aku bersyukur ternyata solusi tersebut valid. Kusubmit dan dapet 0.51 s pake cin. Ku optimisasi pake fast input/output. langsung 0.09 s?! Aku terkejut, karena time limitnya cuma 0.17, jangan-jangan aku rank 1 nih... Oiya, ini juga nunjukkin kesaktiannya getchar dan putchar untuk input monster, hanya ganti input doang timenya bisa turun 0.43 s.

Cuman ditambahin getchar doang, langsung meloncat jadi rank 1 :D
SS ah, kapan lagi bisa dapet rank 1. Bisa jadi hadiah ultahku :)

Padahal solusiku gapake linked list seperti intendednya, cuma pake vector yang insert/deletenya O(N) karena observasinya deletenya cuman terjadi N kali jadi kompleksitas akhirnya tetep O(N^2). Aku juga tau kalau linked list STL itu lelet karena random access allocation makanya sepertinya lebih baik pake vector gini xD.

Untuk malam ini, aku pesan ayam goreng (bukan penyet) yang ternyata sama aja enaknya, bahkan mungkin lebih enak?? Lalu, aku reschedule tiket pesawat garudanya untuk kepulangan. Aku telpon call center garudanya dan mbaknya baik banget dan mau ngurusin aku. Reschedulingnya cepet banget dan gasampe 5 menit beres. Cuman kendalanya sehabis dibacain nomor rekeningnya, tiba-tiba telponnya ditutup dan aku pikir, wah, kok to the point banget orangnya. Tapi ternyata setelah kucek lagi, ternyata pulsaku yang habis -_-. Yaudahlah yang penting info pentingnya dapat. Tapi ternyata saat bapaknya Tama mau bayar, gabisa .-. waduh kita takut salah nyatet rekening. Terpaksa deh telpon garudanya lagi dan dapet orang yang beda. Untungnya mereka udah ada data tentangku jadi rasanya sama seperti ngomong dengan orang sebelumnya dan noreknya langsung dikasi tau. Ternyata bayarnya bukan transfer melainkan ke bagian tiket pesawat garuda. Call center garuda -> recommended :)

Walaupun secara teknis ini bukan ultahku, aku sangat seneng apabila ada yang ngucapin HBD ke aku :" berikut komplasinya :))
ini grup kelas





(grace gak ngucapin)

HBD juga buat Grace dan Glenda!! :D Yang ini baru beneran ultahnya 1 Maret XD


ROTD
"0 itu bilangan ganjil woy"

Jumat, 2 Maret 2018

Hari ini dimulai dengan kepanikan karena celana dalamku menipis. Padahal kemaren barusan ambil laundry, masa sih yang kulaundry cuman satu celana doang. Setelah kucek, yaelah ternyata laundryku belum kubuka dan tumpukan baju rapi di lemariku itu sisa baju yang gapernah kupake -_-. aman bos.

Hari berlangsung seperti biasa. Soal sudah dikirim waktu masih di hotel, maka aku bergegas mencari mobil berikutnya biar bisa cepat ngerjain. Sampai di ITS, langsung deh pengerjaan seperti biasa. Ada suatu soal, yang ac sudah banyak banget, namun aku belum kepikiran. "wah kayaknya haram" pikiranku, apalagi aku denger tawa-tawa dari belakang. Dapet deh idenya yaitu backtracking dan kusubmit, oneshot AC. Ternyata solusinya ga haram, cuman mudah aja dan ga kepikiran.

Untuk 6 jam berikutnya, aku gaada AC satupun. Ada satu soal yang kusolve pake DP N^2 namun TLE terus, padahal constraintnya N=5000 dan itu N^2nya sudah kuoptimize. Diakhir sesi latihan, Kak Sergio jelasin kalau itu solusinya greedy, Top 10 anime plot twists.

Banyak "pertarungan sengit" hari ini




Selesai latihan, aku dan Tama berniat sembahyang ke pura karena sekarang bulan purnama. Pertama ke gardena dulu ganti baju, Lalu dijemput lagi sama kakak-kakaknya untuk dianter ke puranya. Ketika dijemput, aku kaget karena mobilnya full, ternyata kakak-kakaknya sekalian makan. Selesai sembahyang, dijemput kakaknya trus diajak makan ayam bakar :D. Memang aku sudah lama ngidem ayam bakar, di gardena adanya ayam penyet doang :(

Walau tampilannya O(1), rasanya O(n!)


Foto sama kakak-kakak yang ngantering Sembahyang. Rame yah :D


Bagus banget aku dapat kesempatan untuk ngumpul-ngumpul dengan panitia, trus di mobil juga rame ngomongnya walaupun aku gatau mau nyumbang gimana jadi diem aja ._.

Sampai di hotel, aku berguru tentang pragma dengan Hocky, lalu repeating soal, nonton anime yang sebenarnya sudah rilis hari rabu namun sibuk terus, tidur deh.

ROTD
"Jangan lupa isi #pragma GCC optimize("O3"), biar O(1)nya jadi O(1/2).

Sabtu, 3 Maret 2018

Hari ini paginya gaenak badan, tenggorokanku sakit. Aku bisa mikir dua kemungkinan sih. Satu: kemaren begadang ngerjain repeating, dua (ini yang lebih mungkin): kemaren nama di gelas minumku hilang, jadi kuambil gelas random yang kukira tanpa nama dan taunya aku baru sadar saat siang kalau namanya ada jadi biar ga kecyduk kugosok-gosok namanya .-.

Yaudah, aku memulai hari dengan susah, aku sarapan, lalu kucek soal sudah dikirim maka aku ambil kloter pertama untuk berangkat ke ITS. Sampai disana langsung kekukerjain soalnya.

Soal hari ini susah banget .-.. aku cuman ngerjain satu soal aja sampai siang, soal math. Aku bingung ini mathku salah dimana, ternyata aku salahnya memang salah rumus .-.. Btw, ini pertama kalinya aku mengaplikasikan integral di koding :D. walau akhirnya ga AC.

"bagi pragmanya dong" sepertinya bakal jadi quotes legend di P2 ini :)

Ya, dari deskripsi diatas, sudah dapat ditebak nilaiku hari ini, 0! Aku juga terpukul bahkan kakaknya bilang Pak Rully nanyain kok aku gaada AC :(. Aku sebenernya bisa salahin sakitku sih, tapi bisa jadi kecupuanku sudah mulai tidak bisa ditutupi lagi :/

Malem ini kami peserta P2 bakal sampai tengah malem di ITS karena bakal ada kontes COCI. Sambil nunggu COCI, kami dapat banyak snack, diantaranya ada martabak manis, martabak asin, lalu aneka chiki-chiki dan soda, berasa seperti acara kemah :D. Maleman lagi sekitar jam 7, hidangan utama datang! ada bebek dan eskrim sebagai pencuci mulut. Bebeknya enak walau rada keras namun eksrimnya sangat lembut dan ada berbagai rasa, seperti milo, rum raisin, kitkat, vanilla, dst. Ternyata yang buat adalah Kak Steven Chandra, mentor fun contestku :v. Aku ambil yang rasa milo karena menarik, tapi baru tau ada yang rasa rum raisin, rasa yang lebih enak .-. Tapi gpp deh.

Aneka makanan sambil menunggu COCI

Martabak Ayam Jamur! Lebih enak dari martabak di Bali

Bebek goreng! walau dagingnya agak keras, tapi tetep enak.

Eskrim Milo buatannya Kak Steven Chandra. Lembut dan enak.

Aneka camilan

Aku mengamati bagaimana sekelilingku melewati waktu menunggu COCI, didapat observasi sebagai berikut:
Ada yanng Mabar

Ada yang nonton

Sedangkan aku sendiri? setelah makan, aku berniat nonton anime yugioh. Selesai nonton, setengah jam lagi sudah saatnya COCI jadi aku siap-siap.

Garis besar COCI ini:
A dan Bnya time waster, implementasi doang. Aku setengah jam baru AC. Untuk soal C, kirain ini soalnya bruteforce m^3, kukoding dan lolos sample. untuk soal D, ini aneh banget jadi kuskip. Baru mulai soal E aku berasa ngesolve problem. Sayangnya gabisa kusolve. Waktu itu waktuku tinggal 90 menit. Jadi aku implement D 30 menit, lalu skip E, baca F deh iseng. Tapi ternyata aku bisa dapet solusi fullnya! maxflow!!. Kulihat waktuku tinggal 30 menit. Kukoding dengan WPMku yang pas-pasan dan sayangnya waktunya habis!! :((

Lalu aku baru dikasi tau kalau Bf M^3 solusi Cku salah total!! waduh cuman bener 3 deh...

Aku nungguin hasilnya sampai jam 1 dimana akhirnya dikasi tau Tama. Yang mencengangkan, solusi Cku yang salah total dapet 80 poin (cuman salah 1 testgroup) dan solusi Dku kena RTE?! ternyata karena aku salah handle multiple numbers. Padahal dah cek :(. Belakangan ini COCIku ga akurat banget, berbeda dengan tahun lalu dimana aku jarang banget ga AC kalau bisa solve problemnya.

ROTD
"udah buat analisis?"
(AC 0) :((

Minggu, 4 Maret 2018

Aku bangun pagi sangat telat, sekitar jam 9. Pagiku disambut dengan Tama yang ngingetin sarapan sudah mau tutup jadi aku bergegas kesana. Bener saja, gelas minumnya sudah habis :(.

Menu makanan di gardena mengikuti cycle 7 hari, dan aku gasuka menu sarapan hari minggu karena menu veget :(. Tapi aku makan juga lah, tahu + telor + nasi ditambah kecap yang banyak :v

Selesai sarapan, aku nonton dragonball dan selesai nonton tak terasa sudah jam 11 karena nunggu buffering dulu :/ Habis itu aku buat tentang hari kemaren karena kemaren seharian jadi gadapet nulis tentang kemaren. Siangnya aku baru serius dan kukerjain repeating soal PWORDS (soal minggu lalu). Sebenernya, aku sudah dapet solusinya namun ngebug. Baru ketemu bugnya yaitu ternyata operator == lebih tinggi prioritasnya daripada operator >. sial.

Yaudah kusubmit. Langsung lolos special time limitnya sih. Namun aku melihat bahwa aku sudah AC tanpa tambahin optimisasi apapun, bahkan aku masih pake cin. Jadi aku menargetkan optimisasi soal ini biar bisa ranking 2 :D (rangking 1 sudah gak terkejar :(( ).

Aku optimise dari jam 4. Kode dp bitmask simple jadi 200 baris. Sudah ranking 3 sih dan timenya udah jauh dari temen-temenku namun belum memenuhi targetku. Jadi aku tidur siapatau dapet inspirasi untuk pruningnya. Ketika aku bangun. dapet inspirasi dan kusubmit langsung meloncat naik 20 ms dan menjadi rangking 2 sesuai targetku :D. Trus kubuat observasi bahwa temen-temenku submit pake CLANG sedangkan aku aku G++ jadi kucoba submit pake CLANG dan naik 5 MS. mantap!! Padahal gapake pragma yang sakti bin ajaib :v

Untuk siang ini karena minggu, aku pesen gofood. siangnya ricebox ayam saos mangga, malemnya bento ikan. Daging ikannya rasanya hambar sih, not recommended.

Malemnya, aku baru sadar kalau alih-alih 5 jam mengoptimisasi cuman untuk nyombong, aku bisa repeating 2 soal lagi -_-". Sebuah hari minggu yang tersia-siakan. Apalagi hari ini aku gaada ninggalin kamar kecuali untuk ngambil gojek dan sarapan.

Hasil "produktivitasku" hari ini.

Namun karena aku merasa bersalah, aku pun repeating soal lain dan sukses mengackan sekitar jam 1 malam...

ROTD
(jam setengah 10)
"We lang, tidur. Harus tidur sekarang kalau mau dapet 8 jam tidur"
"Ah, dah gak jaman lagi tidur 8 jam"
"Jamannya bangun setelah 8 jam ya lang..."

Senin, 5 Maret 2018

Hari ini dimulai dengan kabar bahwa pengajar baru, Kak Yusuf sudah datang di Gardena kemarin malam. Mantap pengajarnya IOI lagi. Melihat pengajar-pengajar P2 ini, Kak Rey satu-satunya pengajar Non-IOI yang diundang *_* memang Kak Rey panutanQ.

Aku sampai cukup awal di ITS, jadi ada waktu senggang gitu. Walau aku sudah AC lewat time limit soal repeating yang kukerjain kemarin malam (0.01 s), aku lagi merasa ambis dan pingin jadiin timeku 0.00 s. Kebetulan aku ada ide buat optimisasi lain.

Cek kecepatan:
-Getchar_unlocked, check
-Putchar_unlocked, check
-Operasi mod dan pembagian minim, check
-Pass by reference, check.
hmm, kok masih 0.01 yah?


BOOM! 0.00 s :)

Hari dilanjutkan dengan materi graph connectivity (articulation point, bridge, SCC) oleh Kak Yusuf. Dari observasiku, Kak Yusuf ini logatnya berbeda banget dengan pengajar-pengajar sebelumnya dan dengan logat seperti ini aku jadi berasa lebih dekat dengannya. Materinya juga menarik, style pptnya juga pas dengan style yang kusuka (putih bersih).

Ya materinya singkat cuman setengah jam. Lanjut latihan hari ini. Sekilas soal BCD kelihatan simple, namun seperti biasa, keberuntungan tidak berada di pihakku.

Sampai jam 3, nilaiku masih 0 Bebek untuk hari ini, padahal waktu latihannya lagi 2 jam. Tiba-tiba nemu ide soal D, kukoding dan ONESHOT AC dilanjutkan dengan 10 menit kemudian nemu optimisasi memori untuk C dan AC lagi. Wah mantap, 10 menit dua AC. Dilanjutkan dengan debugging B yang sudah dari pagi. Sampai akhir ga ketemu. A ga kusentuh :(

Nulis pake pulpen hijau, jadi berasa keren gimana gitu tulisannya :D

Lalu Pak Rully ngumumin kalau habis kuis bakal ada rencana nonton dan mau dirundingkan filmnya apa. Dibuatlah polling :).

Ketika sesi pembahasan, solusiku sama persis dengan solusi juri namun entah kenapa WA. Jadi akhirnya karena sudah ngedebug seharian, kodinganku di debug Kak Yusuf. Yang lain sudah pada balik jadi aku dapat kesempatan langka untuk ngomong berdua sama Kak Yusuf .__. aku berusaha memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin. Sampai di kamar, aku send kodeku terus dibantu nyari kesalahannya oleh Kak Yusuf sehingga akhirnya Kakaknya dateng ke kamarku untuk debugging bareng. Setelah debugging sejam sambil meminum jus semangka masing-masing, kami menemukan bugnya yakni ada typo kecil. Parah. "JANGKRIK" Saat ketemu Kak Yusuf, langsung ragequit.

Dari apa yang terjadi hari ini, aku dapat bahwa Kak Yusuf ini berbeda banget dari pengajar yang lain. Kak Yusuf sampai mau bantuin debuggin kodeku, terus ngajarinnya juga sabar banget bahkan peduli waktu sesi tanya-jawab pembahasan dengan cara nanyain beberapa orang udah pada ngerti enggak. Terus kan aku semobil sama Kak Yusuf waktu balik, aku bilang makasih ilmunya hari ini terus dibales "Iya memang tugasku seminggu ini berbagi ilmu" WAHH :)))) Bisajadi panutan baruQ.

Malem ini aku pesen ayam goreng dan enak, lalu maleman lagi Tama dateng bungkusin pizza dari panties. Ini pizzaanya enak :D.

ROTD



Selasa, 6 Maret 2018

Materi lagi :( kemaren sudah dapat bocoran kalau bakal dapet string. Takutt sama string :((

Materi hari ini ada 4 submateri:
-Hashing
-KMP
-trie
-SA (Seorang Ariell Suffix Array)

Materinya lumayan ngerti, cuman agak ngangkut di KMP aja tapi akhirnya ngerti kok. Latihan dimulai.

Seperti hari-hari sebelumnya, aku satu soal ngebug terus dari pagi sampe jam 3. Ini sih udah ga heran lagi bakal kaya gini. Sekitar jam 3, nemu bugnya yaitu salah satu tanda harusnya <= aku tulis <. Benerin, AC. 10 menit kemudian nemu soal lain dan AC ONESHOT. Waktu ngerjain lagi 2 jam. Comeback start in
3

2

1

0

...
...
...

-1

-2

-3

(loh kok gak mulai-mulai?, Memang, aku juga nungguin tadi tapi sampai akhir ga comeback-comeback :"(  )


Makan siangnya kali ini enak banget lagi :v
Ayam goreng + suatu bumbu

Yah, aku tetap mengakhiri dengan AC 2. Kalau kemaren ACnya C & D, sekarang A & B. Berarti besok A, B, C, D dong :vv. Oiya, sudah sewajarnya hari selasa adalah hari horror, karena bakal ada sesuatu yang menentukan kelulusanku ke pelatnas 3. Yaitu, apakah laundry baju P1ku untuk kuis besok bakal dateng tepat waktu nanti malem :((

Syukurnya dateng :D. Ambis mode: ON.

ROTD
"Amnu, disekolahnya ada yang suka bolos gak?"
Amnu: "Gak, mana bisa"
(sekolahnya asrama).

Comments

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Pelatnas 3 TOKI 2018 Minggu 3: Odd Future

I keep my ideals alive, when destiny calls
Everything is like a rust escaping me
And we're livin in a darker history
Every single excuse i've ever made
I just gotta learn to throw them all away
And i think i remember all my lies
I was always living with dead eyes
And now i gotta live everyday, more alive!

Aku merasa lirik dari anime boku no hero ini sangat bisa dikaitkan dengan perasaanku dalam minggu terakhir ini.
(Lirik B.Ing biar ga full wibu: https://www.youtube.com/watch?v=WJxWIsI0DNc)

Senin, 21 Mei 2018

Minggu terakhir di pelatnas, pokoknya minggu ini aku gamau mikir banyak selain belajar. Gaada lagi ke acara random ke detos untuk beli baju (walaupun baju rumahanku cuman 2). Aku udah blokir youtube di hpku juga.

Hari ini ada pengajar baru, yaitu Kak Sergio. Aku inget dulu waktu masih kelas 11 ikut compfest terus nyapa Kak Sergio di toilet dan dia menghindar, jadi aku termotivasi untuk melakukan sesuatu yang membuat Kak Sergio notice aku :) dan sekarang aku bakal diajarin Kak Ser…

Mengikuti ICPC 2018

ah, ICPC. Singkatan dari International Collegiate Programming Contest. Perlombaan paling bergengsi untuk anak kuliahan. UI sendiri cukup aktif mengikuti perlombaan ini. Aku sebagai Maba dapat kesempatan untuk mengikuti lomba ini dan dapat keluar negeri juga. hehe. Berikut cerita ICPCku tahun ini. Selamat menikmati.

Pembentukan Tim


Di UI ada seleksi untuk pembentukan tim ICPC yang nantinya akan mewakili UI ke regional yang ke luar negeri. Seleksi ini dibuka untuk seluruh UI, kating-kating sampai maba boleh daftar, bahkan untuk non fasilkom pun boleh (Pak Denny bilang pernah ada anak FMIPA lolos :O).

Seleksi ini cukup singkat. Ada 3 kontes. 2 kontes pendek dan 1 kontes panjang.

Kontes pendek itu durasinya 2.5 jam dan ngerjain di lab. Dapet poin berdasarkan ranknya yaitu max(18-rank,2). Kontesnya di Vjudge.

Kontes panjang itu durasinya 1 minggu dan dapet poin cuma berdasarkan jumlah solve. kontesnya dari selasa - selasa depannya.

Ini aku ada kendala di laptop. Jadi laptopku saat itu (ROG…