Skip to main content

Pelatnas 3 TOKI 2018 Minggu 1 : "Pelatnas Musical"

Pelatnas 3 sudah berakhir. Untuk alasan ambis, aku sama sekali ga nulis blog selama pelatnas. Namun aku rasa itu bagus, karena sekarang blog P3 bisa kurangkai jadi lebih bagus dan ga cuman jadi jurnal doang. Selamat menikmati.

Persiapan?

Selolosnya dari pelatnas 2, aku mulai latihanku untuk pelatnas 3. Sebenernya semua materinya aku udah bisa, tinggal latihan-latihan aja. Karena aku juga udah ga sekolah dan tinggal UN doang, maka aku fokuskan untuk pelatnas 3 ini. Adikku juga ngenalin aku semacam energy bar untuk semangat dalam belajar. Kucoba dan bener saja! kalau sudah lelah dan makan gitu tiba-tiba semangat lagi.

Aku juga beli laptop baru, ROG STRIX setelah 6 tahunan make laptop asus kecil. Bakal lumayan ini apalagi untuk latihan soal output only. Minggu kedua sebelum pelatnas dimulai kugunakan untuk full ngerjain toki open tahun lalu. Sebenernya ini tidak intended sih. Aku baru sadar hari sabtunya kalau minggu ini cuman kupakai untuk solve soal TOKI open :". tak apalah.

Minggu terakhir kugunakan untuk simulasi dari olimpiade luar negeri dari berbagai negara barangkali nanti ada teknik yang bisa dipake saat pelatnas. formatnya pagi simulasi 5 jam, malem baca editorial. Rencana ini sukses :) aku lancar solve soal BOI, POI, CCO, dan COI tahun-tahun sebelumnya.

Keberangkatan

Jadi Pelatnas 3 (P3) itu dari 6 Mei sampai 30 Mei. Aku karena udah jadi alumni sekolahku sebenernya bisa langsung cabut aja tanpa bilang-bilang kesekolah, tapi karena aku masih bawa nama SMANSA jadi aku pamit juga. Berangkat dehh.

Kalau P1 ditemenin sama Tama & Rama sampai Bogor, P2 ke bandara naik mobil sekolah dan dianterin temen satu kelas sampai bandara, P3 ini aku berangkat ke bandara naik Gojek sendirian :". Yah karena kali ini aku memang berjuang benar-benar sendirian.

Sebenernya, aku sudah ngeprint soal-soal IOI 2016 untuk dikerjain di pesawat, tapi karena aku jarang-jarang naik garuda jadi aku malahan nonton pitch perfect 3 :v. Kapan lagi bisa nonton film-film layar lebar secara gratis dan legal? Seperti biasa, aku sampai sebelum filmnya selesai. Jadi aku turun dari pesawat dan ambil bagasi. Aku sudah muterin tempat ambil bagasinya namun ga ketemu juga yang Bali dimana. Akhirnya aku nemu lokasi flightku dan kutunggu-tunggu kok ga dateng-dateng, ternyata itu cuman bagian bisnis class doang -_-. Aku tanya dimana lokasinya dan langsung dapet, pergi deh.

Sesampainya di luar, saatnya nyari taksi. Aku cek dompetku dan ternyata duitku sisa lagi 210 rb doang. Aku tanya kalau naik bluebird ke depok berapa, dan dapet harga 370 ribu.

Iya, memang uangku bakal diganti, tapi kalau aku gabisa bayar dulu kan sama aja boong. Akhirnya aku nekat mesen gojek :) kuliat harganya lumayan cuma 190 ribu. Ini pertama kalinya aku pesen gojek keluar dari bandara. sebelumnya cuma nganterin doang. ketika aku dijemput di parkiran, ada rasa thug lyfe gimana gitu. Ketika ngelewatin petugas bandara aku nyanyi "they see me rollin' they hatin".

Oiya benernya aku sama Yehez mau bareng, tapi pesawatnya delay dan dia baru nyampe waktu gojekku dh dateng, jadi kutinggal :(. Aku minta masnya berhenti di ATM kalau lewat soalnya perlu narik untuk bayar masnya dan kita berhentinya di ATM gramedia depok.

Sesampainya di hotel, aku cek daftar kamar dan aku sekamar dengan Salman dan Jason. Keduanya belom dateng. Aku ketemu sama Pak Usman dari Dikbud di lobby untuk ngomong-ngomong. Pak Usman nanya mau cemilan apa, trus aku bilang beng-beng, tango,pop-mie. Setelah itu kamarku siap dan aku tidur di kamar. Aku turun sudah malam dan saatnya makan. Sudah ada Yehez, Steven, dan Rania juga. Pertama bahas-bahas tentang UN dimana ternyata tidak benar bahwa soal UN fisika itu ngambil dari soal IPho seperti yang dibilang oleh netizen di twitter kemdikbud. Lalu ada nilai UN Bindonya Steven yang sampai 98. Tidak mau kalah, aku pamer kalau setengah lebih dari temen sekelasku dapet 100 di UN Biologi, aku sekalian promosi deh kalau sekolahku juga menang sertifikat sekolah berintegritas, dll. Disini juga sempet ngomongin thanos dkk, dimana Steven sama Jason pendukung Thanos sedangkan aku engga.

Aku juga mementaskan sastra yang kutulis di LINE belakangan ini sebagai perpisahan SMA, Yang ini:

Aku sadar aku bukan tautologi, yang selalu jujur,
Tapi aku harap aku bukan geometri, yang sering mengecewakan.

Aku sadar aku bukan interval tree, yang bisa segala-galanya,
Tapi aku bukan sparse table, yang tidak bisa belajar dan berubah.

Aku sadar aku bukan Dinic's algo, yang aktif mencari solusi sebanyak mungkin,
Tapi aku harap sudah seperti complete search, yang selalu ada ketika dibutuhkan :)

aku sadar bahwa aku tidak sebaik O(n), O(log n), apalagi O(1),
aku hanyalah seorang O(n^2) yang berusaha menjadi O(n log n).

Hidup ini adalah sebuah algoritma, sederetan prosedur yang pasti ada akhirnya,
Namun akan indah apabila algoritma yang ini eksponensial, yang perlu waktu lama untuk selesai :)

Yehez: "sparse table kan bisa di update, tapi NlogN".


Senin, 7 Mei 2018

Ah, hari pertama latihan. Aku terkadang merasa kalau setiap pelatnas berusaha menawarkan pengalaman yang "berbeda" dari pelatnas yang sebelumnya. Kemaren aku menyimpulkan kalau masalah makan, kalau makan pagi P1 menang, makan siang P2 thebest jauh, makan malam P3 menang dikit(?). Pagi ini ada lagi: mode transportasi ke Universitasnya. Pelatnas 1 hidup sehat jalan kaki, pelatnas 2 mobil panitia, pelatnas 3 taksi online :v.

Ini sebenernya udah ke-empat kalinya aku ke Fasilkom tapi sebelum-sebelumnya aku hanya diem di lab/keliling-keliling hallnya. Pelatnas 3 kali ini memberiku kesempatan untuk "mengenal lebih deket" kampusku dalam 3 bulan mendatang :D.

Ruang latihannya di lantai 6, jadi naik lift keatasnya. Komputer latihannya lagi dipake persiapan SBMPTN besok jadi untuk minggu ini kita latihan pake laptop sendiri. Aku seneng karena baru habis beli ROG jadi bisa mengimba sejenak dengan kekuatan precomputasi laptopku :P.

Dibagikan password wifi yang akan kita pakai selama P3, dan tempat duduk bebas boleh milih yang akan dipakai sampai P3 berakhir juga. Aku duduk paling ujung dan disamping Rania. Sayang sih buat Rania harus ngestuck dengan kegajeanku selama sebulan :).

Oiya, mulai P2, ga selalu ada materi setiap hari karena materinya tinggal dikit. Dan P3 materinya tambah dikit lagi. Hari ini gaada materi jadi langsung latian. Ngeliat soal-soalnya, sepertinya topik latian hari ini adalah "nge-if"

Di P3 ini juga ada suatu unsur baru, yaitu kopi. Ada kabar bahwa kopi pelatnas UI adalah kopi terbaik dan aku juga baca blognya Kak William Gozali katanya sampai sekarang itulah kopi terenak  yang pernah dia minum. Jadi, aku yang jarang minum kopi hari ini ngambil secangkir. Setelah minum seteguk, tiba tiba aku dapat ide untuk suat soal dan kuACkan. Kuambil satu teguk lagi, sakit kepala. Dan itulah terakhir aku minum kopi di pelatnas ini.

Ada satu soal dimana kemampuan laptopku bener-bener diuji. Aku generate bruteforce solusinya dan dari situ nemu pola dan AC. Setelah latian selesai, ternyata hanya aku dan Salman doang yang ac soal itu. Aku pake pola, salman pake DP UFDS gitu. Tapi walau gitu, ada 2 soal yang banyak ac, sedangkan aku ga ac. Satu soal APIO dan satu lagi soal ngeif parah (yang ternyata sampai akhir pelatnas 3 belum bisa ku solve). Jadi walau aku menang 1, tapi aku kalah 2 jadi overall nilaiku lebih jelek dari yang lain untuk hari ini :(.

Selesai latian, langsung balik hotel dan makan malam. Karena ini hotelnya berbintang, makan malemnya enak. (makanya aku bilang kalau makan malem, P3 menang :D). Selesai makan dan masih di tempat makan, aku mengalami krisis eksistensial, "gimana keberadaanku di TOKI  tahun yang akan datang? apakah kalau aku gak lolos IOI orang bakal tau aku? :(" setelah puas merenung aku main ke kamarnya Yehez & Steven untuk minta bantuan ngesolve soal-soal tadi.

Galang:(lagi mikir dan mengumam) "untuk setiap masknya..."
Yehez: "...ada mbaknya..."
*ehm*
Galang: "untuk setiap bitmasknya..."
Yehez: "...ada  bitmbaknya..."
*ehm*
Galang: "untuk setiap STATEnya..."
(hening)
Galang: (lanjut mikir)

Soal mask-mask tadi, waktu pembahasan Amnu bilang solusinya pake DP SOS, dan itu mengakibatkan Aku, Yehez, dan Steven nyari-nyari solusi yang DP SOS. Hingga akhirnya kita udah nyoba aneh-aneh dan ga ketemu. Ternyata, solusinya bukan DP SOS melainkan dp bitmask biasa #ditypuamnulagi.

Setelah itu mereka mereka bantuin ngerjain soal-soal lain. Disini aku ngerasa kalau ternyata Steven dan Yehez itu orang-orang yang keren dan aku pingin lebih sering hangout sama mereka. Cuman kadang aku harus hati-hati aja dengan pilihan kataku, kalau ga...

Galang: "bukannya kalau kita pake dp gini bakal jelek?"
Yehez: "Just like you..." (cuz you make me mo-o-o-o-oove)

Aku akhinya keluar untuk siap-siap tidur sekitar jam 12 malem. Kondisi kamarku sudah gelap gulita: JT sudah tidur, dan Salman masih menghilang jadi aku langsung tidur aja. Malem itu kamarku dingin parah dan ACnya gabisa dimatiin.


Selasa, 8 Mei 2018

Day two!, kemaren untuk mengantisipasi bakalan ada pembukaan, kita pake seragam. Hari ini sama, kita pake seragam juga. Setelah mandi aku baru sadar kalau jaketku hilang :(. Aku inget dan rasanya ada kemungkinan jaketku ketinggalan di restoran waktu makan malem kemaren. Aku ke resepsionis dan bilang apakah ada nemu jaket hitam. Ditanya atas nama siapa? "Kemdikbud". wow. ada rasa gimana gitu saat bilang gitu :O. Ditelpon dan ternyata bener jaketku ketinggalan :) jaket ini jaket penting dan gaada lagi di dunia.

Dan ternyata gaada pembukaan :(. Tapi hari ini ada materi baru yaitu BCC (Biconnected Components) oleh Kak Ayaz. Selain itu, kita juga belajarnya di ruangan lain yaitu ruang rapat B! Waktu masuk serasa mau rapat besar gitu. Mejanya bundar dll. Yaudah mulai ada materinya. Aku sebenernya udah tau materi ini dan bahkan pernah ngoding. jadi hari ini aku santai aja :P.

Latian dimulai di ruangan itu. Duduknya bebas, namun walaupun meja bundarnya cukup luas, aku kok liat banyak yang duduknya tepat bersebelahan ya >_>. tetep aja, aku foreveralone :"

Latian hari ini ada 2 soal mudah yang pernah kukerjain, ada 1 soal biasa, dan satu soal lagi itu sekilas seperti soal upgrade dari P1. Soalnya cuman disuru nyari total luas kuardat dari semua segitiga yang mungkin dibentuk dengan N titik latis. Ini soal pernah muncul waktu P1, tapi waktu P1 Nnya cuman 1000. Nahini Nnya satu juta -_-. Kubuka lagi soal P1 untuk nyari perbedaannya, tapi gaada! yang membedakan "cuman" soal yang P3 ini minta luasnya di kuadratin. Karena aku ga ac soal yang P1, maka soal ini kuskip.

kegiatan istirahat latihan


Selesai latian, ternyata oh ternyata memang propertinya karena luasnya di kuadratin, rumusnya bisa di mathkan dengan elegan ._.. yah kena plottwist terus...

Tapi, hari itu selain yg veteran, belum pada lancar ngoding BCC jadi aku unggul lagi, yey! sayang lagi-lagi aku gabisa manfaatin keunggulanku dengan ga ackan soal B, jadi aku cuman unggul 40 poin doang.

Sebaliknya di hotel, aku lagi main ke kamar Steven & Yehez untuk minta bantuan debug soal jump (TOKI OPEN 2017), satu-satunya soal yang aku belum ACkan.

Galang :"Lho kok aneh?" (dalam hati: oh shiet)
Yehez: "just like you..."

Kali ini aku main di kamar mereka sampai lebih malem. Sampai-sampai keributan kita kedengeran ke kamar sebelah dan salah satu penghunnya yang merupakan peserta P3 ngepc aku nyuruh pergi :". tapi waktu kubuka sudah di unsend jadi artinya pesta berlanjut :v (beruntung aku punya dua versi LINE untuk ngecek apa aja yang udh di unsend).

Yaudah waktu sudah larut, aku balik ke kamar. Di jalan aku berpikir, seandaiinya saja aku bisa sekamar dengan mereka... AH, itu cuman mimpi doang :)

Sesampainya di kamar, kondisi seperti biasa, Jt tidur, Salman belum balik.

Rabu, 9 Mei 2018

Pagi ini, Pak Usman bilang harus kemas-kemas karena mau pindah kamar. Pikiranku "yey bakalan dijadiin dua dua kamarnya". Jadi aku kemas-kemas dan naro di lobby.

Hari ini ada sesuatu yang horror, The return of SPOJ...

Soal-soalnya bakal dikirim lewat email, biasanya yang ngirim itu Pak Rully, tapi hari ini yang ngirim Kak Agus. Aku baca dan seperti biasa, soal-soal spoj sangat menantang dan susah ._.

Aku saat makan siang belum ada AC. Akhirnya setelah makan aku bisa ackan 1 soal. Lalu ada soal super tricky setelah ngedebug, sekitar 10 menit sebelum kontes akhirnya AC juga. dan aku cuma AC 2.


Sampai di hotel, kamar baru dibagiin, dan ternyata aku sekamar dengan Steven dan Yehez :)))). Jadi sekarang 1 kamar isinya 4 orang. Ada Salman, Fausta, Yoga, dan Amnu satu kamar, dan Aku, Jason, Steven, Yehezkiel di kamar seberang. Aku sama Yehez sebelum pelatnas sudah pernah berteori tentang berdasarkan apa kamarnya dibagikan. Karena berdasarkan daerah sudah ada counternya, jadi kesimpulan waktu itu adalah berdasarkan gender. Sekarang akhirnya bisa disimpulkan(?) berdasarkan apa, karena yang K**** berada di satu kamar.


Sesampainya dikamar, aku ngegabut dan muter terus lagu pelangi-pelangi yang dikasih tadi saat latihan. Lalu kita pesen wingstop. Ini pertama kalinya aku makan wingstop dan rasanya enak banget apalagi yang mango. Kita juga mesennya banyak banget, 30 wings untuk berempat! 


Pesta wing :)

Kamar ini juga rame, karena semuanya pencinta musik, kamar ini gapernah sunyi. Selalu saja ada musik entah dari laptop Steven atau Jason, atau langsung dari suaranya Yehez. Aku gapernah nyumbang sih...

Malem itu aku cek submission untuk salah satu soal, dan aku liat timenya Pak Rully bisa dicapai yaitu 0.37s. Waktu itu timeku masih sekitar 1s++. Jadi seperti biasa, daripada repeating soal lain, malem ini aku ambis rangking 1 di soal ini. Setelah berusaha mengoptimisasi dari jam 9 sampai jam 12, akhirnya aku bisa mencapai time 0.30 s dan terhitung sampai saat ini aku masih rank 1 :D. Dengan ini,  sekarang (Juni 2018) aku punya 3 soal spoj dimana aku rank 1: CYCLERUN, GCATC, dan INS14M.

Jejak dulu...

Lalu, aku liat submission soal yang barusan kujadikan rank 1 dan submissionnya penuh dengan SPAMku. Aku diingetin temen sekamarku kalau thn lalu ada kejadian orang ditegur karena ngespam, jadi ku disqualify semua submissionku. Tak kusadari, submisisonku waktu latihan ikut ke disqualify, mampus.

Kamis, 10 Mei 2018


Hari SPOJ lagi, dan yang ngirim kali ini Pak Rully. Soal hari ini aku rasa lebih solvebale dari hari sebelumnya :).

Mataku sudah tertuju kepada salah satu soal. Aku kepikiran solusi N^4*C yang sangat jelas, namun dengan N=100 dan C=20, jelaslah TLE kalau time limitnya wajar. But wait... timenya 30s :O. harusnya kan 2*10^9 operasi bisa lolos dengan asumsi 1 detik itu 10^8 operasi. Yaudah kukoding, gradingnya lama banget ._.. Udah tau timenya 30s, tcnya ada 15 lagi. Jadi kalau aku TLE, bakal makan waktu 7 menit cuman untuk grade 1 doang!!. Yup bener, aku TLE untuk dua submission pertama. Dan sambill nunggu verdict tersebut, aku sudah nemu observasi untuk soal lain ._.. Oke, aku nemu optimisasi untuk soal 30s tadi, dan kusubmit. Sambil nunggu gradingnya yang kurasa bakal lama, aku ambil minum. Lalu disamperin sama Pak Rully bilang kalau walaupun aku AC, timenya  Pak Rully jauh lebih tinggi dari punyaku. Artinya : Aku AC soal itu!!!. Wow, pertama kalinya AC soal dimana orang lain tau duluan.

Yak, untuk soal ini aku "juara" lagi. Tapi juaranya karena timeku kelewat lama :V. Disaat yang lain timenya 1s-5s (Selamat Rania berhasil dapat rank 1 di soal ini), timeku 130s!!! (perlu diingat bahwa ini time kolektif dari semua tc). Tapi seperti kata Vin Diesel, "Ga peduli mau 1s atau 130s, AC ya AC". Aku juga gaada rencana mau optimisasi ginian, wong aku juga gayakin solusiku halal. Setidaknya, aku first solve soal ini :).

Terus aku ngerjain soal lain dengan tema data structure. Sudah banyak yang AC pertanda aku harus ngerjain itu. Kukerjain dan AC :). Uniknya, Pak Rully nyamperin aku beberapa saat sebelum kusubmit nanyain "Kok soal data structurenya ga disentuh?".

Soal tinggal 2, dan waktunya masih banyak. Keduanya keliatannya solveable. Aku attack 1, namun aku kekurangan "trick" yang bisa buat lolos time limit. Jadi aku gagal dan sampai akhir hasilnya sama seperti kemarin, AC 2.



Saat pembahasan, Soal itu dibahas Yoga dan  ternyata trick yang kubuhkan untuk lolosin soal tadi adalah bitset, suatu hal yang gapernah kupake. Ternyata bitset STL kenceng juga. Untuk soal yang lagi satu, ternyata aku gabaca kalau graphnya planar! ga dikasi tau di soal dan orang-orang dari kamar 343 (kamarku) gaada yang sadar pula. Ternyata deskripsi yang bilang kalau graphnya planar adalah "The ski tracks will not run through tunnels nor on bridges". Kita kamar 343 ngira itu jokes doang karena jelaslah harus lewatin jalannya, ternyata maksudnya itu graphnya planar :/

Lalu aku tanyakan Pak Rully tentang solusiku yang didiskualify, dan syukurnya sudah dicatat.

Sampai di hotel, yaudah aku repeating beneran kali ini, dan sukses ngehajar 2 soal spoj kali ini, semua berkat alunan merdu lagu "Be a Man"nya Mulan dan lagu-lagu disney lainnya yang memberi warna kamarku. "Repeating di kamar ini seru" -Jason.

Jumat, 11 Mei 2018

Hari ini libur, karena ada hari raya gitu. Aku niatnya paginya mau repeating, tapi malahan tidur sampe jam 9 sampai kita sekamar kelewatan sarapan :". Jadi kita pesen gofood cheesy chicken yang ternyata sangat enak.


Rasio ayam:nasinya sangat baik (condong ke ayam)


 Lalu siangnya akhirnya aku bisa tidur sianggg!!. Pelatnas ini jadwalnya sangat melelahkan, latsol dari pagi sampai jam 4 sore. Kalau dirumah, aku sengaja gaikut les apa-apa biar bisa tidur siang dan niatku seminggu sebelum pelatnas aku bakal coba gatidur siang namun selalu jadi wacana. Dan hari ini aku dapat tidur siang, memang, tidur siang itu adalah suatu anugrah yang tak patut di sia-siakan.

Aku bangun cukup malam, sekitar jam 6. Makan terus gabut sampai malem. Besok ada APIO jadi kita kamar 343 tidurnya cepat.

Sabtu, 12 Mei 2018

Hari ini APIO!! Aku mikir, kalau misal aku galolos IOI, setidaknya bisa masuk hall of fame lewat APIO ini :). Kita mulai jam 9, tapi sudah sampai di UI jam 8. Jadi tidur sejam. Hari ini adalah hari pertama kita make komputer UI lagi, karena sebelumnya komputernya dipake tes SBM. Aku tes compile dan ini compilenya cepet gila, jauh melebihi laptopku. yaudah, mulai aja pengerjaan APIOnya. soalnya: http://apio-olympiad.org/2018/

--pengerjaan dimulai

Aku baca soal A, dan aku pikir ini bakal jadi soal "easy"nya. Jadi aku baca semua soal aja dulu. Aku ketemu soal C, yang dimana aku langsung kepikiran solusi BCC. Aku jawab dulu subtask yang minta tree dulu, setelah AC kuimplement BCC. Tapi WA...

Hmm... Padahal implementasi BCCku sudah teruji dan gakmungkin ngebug. Jadi kupikir pasti algoku yang salah. Aku debug-debug terus. Dan tak terasa waktu tinggal 2 jam!!!!. Oh no... soal lain masih 0. Tapi aku ngotot pokoknya ini soal mudah pasti yang lain pada ac.

Waktu tinggal satu jam, dan nilaiku masih 31 (poin dari subtask tree). Aku punya beberapa pilihan, namun logikaku adalah, kalau aku cuman sekedar "nyampah" soal lain, sedangkan yang lain pasti ada aja AC, maka aku kalah, maka aku memilih ACkan soal ini atau mati.



Waktu sisa 10 menit, kurasa pilihanku mati...

Aku bisa sampah 5 poin dari soal A and thats it. Apioku cuman 36. Jangankan medali, jadi 6 besar Indo aja rasanya sudah gamungkin :(

== kontes selesai

But wait... Nilaiku gedean dari nilai steven & Yehez. Oww... ternyata yang lain memiliki masalah yang sama ternyata di soal C, yang ternyata sangat tricky. Hanya Amnu aja yang tidak terjebak dengan nilai 100+, dan Yoga yang sukses nyampahnya. Diakhir, kita di eva oleh kakak-kakak TOKInya yang walau ga seserem eva di sekolahku, tetep mengandung komponen utamanya yaitu Kakak-kakak "senior" ngumpul rame-rame, atmosfer tegang, terus disuru mikir kesalahan masing-masing.

Aku sendiri menjelaskan logikaku tadi dan aku baru sadar kalau taktik yang selama ini kupakai akhirnya backfire. Inget waktu OSN? waktu day 1 Aku sampai jam terakhir debug soal daratan dan es, namun akhirnya ketemu bugnya, dan kemudian bisa comeback dapet 80 di soal B. Day 2 aku sampai jam terakhir belum baca B sama sekali, tiba-tiba sekali baca langsung dapet ide dan AC. Dari dulu aku selalu bilang kalau aku berusaha menghilangkan "comeback style"ku ini, namun aku masih anut sampai sekarang, hingga akhirnya "strategi" itu gagal di momen yang sangat kritis ini, dan hasilnya walau aku masuk 6 besar, aku tidak yakin nilai segitu bakal cukup untuk medali.

Hari itu, dimana masaku programming SMA tinggal 2 minggu lagi, aku bertekad akan mengubah strategiku untuk lebih banyak nyampah selama kontes.

Setelah selesai evaluasi, terdengar beberapa alunan bertema kesedihan, seperti misalnya Yehez nyanyi "Kuingin Marah, melampiaskan"

Selesai APIO, ada jalan-jalan. Untuk jalan-jalan pertama ini, kita bakal ke margo city bersama kakak-kakak asistennya untuk main di timezone. Jadi 1 pelatnas bakal dikasi 1 kartu doang, tapi saldonya banyak parah (~500 rb). Kita ganti-gantian pake kartunya dan nyebar.

Aku pertama ke permainan Bowling sama Yehez. Lemparan pertama oleh Yehez dan dia kena gutter ball. Lalu giliranku, kulempar dengan ganas dan dapet STRIKE! :). Lalu Yehez ngerti kalau ngelemparnya harus ganas, jadi dia ngelempar lebih ganas lagi namun kena gutter ball yang lebih ganas. Giliranku ngelempar, sayang cuma kena 10. Akhirnya Yehez ngelempar, dan dia dapet STRIKE. Karena strike dia boleh ngelempar lagi, dan dia STRIKE lagi :O, dia lempar lagi, ga strike :(. Waktu main habis, dan kita dapet tiket dikit banget. Saatnya berburu kartu geseknya karena sudah menghilang entah kemana.

Setelah ketemu, aku coba main balapan motor dengan kendalinya duduk di motor beneran. Ternyata kontrolnya payah dan aku finish terakhir. Habis itu kuincer kartunya, dan aku main basket. Nah ini lumayan seru, sayangnya aku kurang cepet dan cuman bisa sampai babak kedua. Habis itu, main "judi" yaitu yang gesekkin kartu, trus ada bola jatuh dan dapet tiket tergantung bolanya jatuh di lubang mana, sayangnya kepergok sama temen-temenku XD.

Lalu kucoba main hocky dengan lawan JT tapi dia serem banget mainnya dan aku kalah telak :(. Lalu akhirnya aku nemuin permainan yang cocok buat aku, permainan balok. Jadi yang kita berusaha ngestack balok setinggi mungkin dan setiap ada yang salah lewat baloknya bakal kepotong. Kalau bisa stack 50 balok bakal apet 500 tiket. Kuperhatikan, game ini ga ngegacha, murni skill. Jadi kuhabiskan sisa waktuku di game ini. Setiap kartunya diambil dan aku kalah, aku pinjem lagi untuk minta kembali dan main ini. Akhirnya pencapaianku cuman sampai 47 balok, lagi dikit sih, tapi lagi beberapa kali gesek harusnya bisa... gaapa dah. Saldo kartu habis.

Saat saldo habis, kita lanjut makan. Kita makannya di sushi tei. Udah dibooking dan disiapin ruangan khusus buat kita. Didalem sana, masing-masing dapat jatah 100k, namun kita memilih untuk membentuk "blok" agar bisa mesen lebih banyak. Terbentuklah 3 blok, blok asisten, dan 2 blok peserta. Di blokku syukurnya lebih suka sushi sama kaya aku, dan aku bersyukur ga gabung blok sebelah karena prefernya ramen (kurang suka mie jepang, gaada micinnya).

Kita strateginya, masing-masing mesen satu bento, lalu sisanya dipakai sushi. Aku pesen katsu goreng + telur orak-arik. Untuk sushinya ada macam-macam, ada kepiting, cumi, salmon, dst pokoknya semua temen-temennya spongebob sudah kita pesen.




Makannya enak, apalagi ada ocha yang free refill. Amnu yang merupakan blokku sisa setengah :(. Terus muncul trend baru untuk pelatnas ini, yaitu cari lirik-lirik lagu yang bisa diganti jadi Amnu. waktu itu kita dapat dua:
-Amnu you were trouble when you walk in...


-You say I'm crazy 
'Cause you don't think I know what you've done
But when you call me baby
Amnu I'm not the only one

Selama pelatnas ini, bakal ada banyak tambahan baru...

Terus kita coba Yoga juga

- Yoga something I need
In this world full of people, there’s one killing me

Tapi kita berhenti karena terlalu mudah nyari yang bisa diganti yoga. jadi fokus Amnu aja.

Selesai makan, tak terasa sudah malem. Sampai hotel kulihat jamnya bentar lagi mau ada atcoder, jadi kamar 343 bergegas untuk ke kamar. Beruntung kita sampai tepat waktu. Namun ketika kita sampai kamar ada bencana terjadi. Ada kecoak raksasa :O, jadi kita panggil resepsionis suruh bunuh, jadi di semprot baygon. Ketika lagi atcoder, tiba-tiba kecoaknya muncul lagi. Aku, Jason, dan Yehez jerit-jerit namun Steven diam saja ngerjain atcoder. Akhirnya kita pinjem baygonnya dan semprot terus sampai bener-bener mati. Aku lanjut atcoder telat setengah jam syukurnya bisa AC 2 :)


Minggu, 13 Mei 2018

Hari ini kamarku berenang. Aku gabawa pakaian renang jadi aku pake celana biasa doang. Kolamnya gede dengan bentuknya yang persegi panjang, dan ada perosotan airnya juga. Sesampainya di kolam, kita pertama ke loker untuk naro barang-barang.

Sepertinya pagi ini ada suatu badan yang pake kolamnya untuk les renang. Jadi banyak anak-anak kecil pake papan renang lagi berenang. Untungnya, kolamnya sangat besar dan mereka hanya pake setengah kolam saja. Jadi, kami pakai setengah sisanya yaitu bagian dimana airnya dalam ._.

Untung, kami semua bisa berenang, dan air pagi itu sangat hangat. Namun ketika aku mendayung kaki beberapa kali, aku kok ngerasa masa jenis kolam  ini lebih besar dari kolam pada umumnya ya? gerakanku berasa lebih berat gitu. Yaudah gaapa, aku kan udah renang dari TK, gamau kalah dong sama temen-temenku.

Pertama berenangnya melebar beberapa kali, nah disini aku mulai merasa kakiku yang pegal. Hingga akhirnya kita mencoba untuk memanjang! Yup, kita akan memotong anak-anak yang sedang berenang dengan papan renang tersebut. Jadi yang berenangnya cepet ada Yehez dan Jason, terus aku rada jauh gitu dibelakang. Ada sensasinya gituloh ketika ngelewatin anak-anak yang les renang "move b**** get out the way". Aku cuman kuat 1x bolak balik, lalu nyerah. Ternyata Yehez juga kecapekan. Jadi berenangnya kita cukupkan sampai sini.

Karena yang lain sudah ada baju ganti sedangkan aku tidak, jadi aku ke kamar duluan. Di lobby, ternyata ada titipan paket dari Pak Usman, isinya snack macem-macem dan setiap orang bawa 1. Tasnya cukup besar, dan aku bawa 4 ke kamar sendirian :(.


Selesai mandi, aku balik ke bawah untuk sarapan. Disana temen-temen sekamarku masih ada semua. Lalu selesai makan dan balik ke kamar, mereka kaget melihat tas-tas besar itu. Steven dan Yehez yang veteran bilang baru pertama kali dalam 2 tahun pelatnas ada gini-ginian

ada pop mie, tango, beng-beng, ultra milk, vitamicin. Semua yang aku minta ada.
Itu segitu untuk 1 orang :)


Hari dilanjutkan dengan repeating soal-soal lagi, hinga siangnya aku tidur. Ketika aku bangun sudah jam 6 sore, dan Kamarku kosong. Steven, Jason, dan Yehez belum balik dari gereja. Jadi aku ke makan malem aja.

Ternyata di ruang makan sudah ada mereka, nonton berita rusuh mako brimob yang ternyata di depok! setelah kupelajari siaran live tersebut, lokasinya tidak jauh dari hotel kita! Jadi kita merenung apakah worth it untuk pergi ke lokasi untuk sekedar masuk tipi doang. Akhirnya kita milih lanjut makan.

Selesai makan,  ke kamar, ada musik-musik lagi, lalu tidur :).

Comments

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Mengikuti ICPC 2018

ah, ICPC. Singkatan dari International Collegiate Programming Contest. Perlombaan paling bergengsi untuk anak kuliahan. UI sendiri cukup aktif mengikuti perlombaan ini. Aku sebagai Maba dapat kesempatan untuk mengikuti lomba ini dan dapat keluar negeri juga. hehe. Berikut cerita ICPCku tahun ini. Selamat menikmati.

Pembentukan Tim


Di UI ada seleksi untuk pembentukan tim ICPC yang nantinya akan mewakili UI ke regional yang ke luar negeri. Seleksi ini dibuka untuk seluruh UI, kating-kating sampai maba boleh daftar, bahkan untuk non fasilkom pun boleh (Pak Denny bilang pernah ada anak FMIPA lolos :O).

Seleksi ini cukup singkat. Ada 3 kontes. 2 kontes pendek dan 1 kontes panjang.

Kontes pendek itu durasinya 2.5 jam dan ngerjain di lab. Dapet poin berdasarkan ranknya yaitu max(18-rank,2). Kontesnya di Vjudge.

Kontes panjang itu durasinya 1 minggu dan dapet poin cuma berdasarkan jumlah solve. kontesnya dari selasa - selasa depannya.

Ini aku ada kendala di laptop. Jadi laptopku saat itu (ROG…

Jurnal Fasilkom Semester 1: Mengamati Budaya Trap

Bentar-bentar,
"Kok ada lagi? bukannya udah?" 
Postingan tersebut adalah karena terlalu banyak konten bagi maba :(. Ini postingan rutinnya. Oiya, karena suatu kesalahan, 2 section terakhir di postingan itu hilang :/ jadi aku terpaksa kelarin ini.
Kali ini cuma bahas 3 Section doang: - Budaya Trap Fasilkom - Akhir PMB - Perkuliahan Fasilkom Budaya Trap Fasilkom
Ah, trap. Awal masuk, pengertianku tentang trap itu adalah seseorang yang suka bilang ga belajar, taunya belajar. Namun aku makin bingung gitu lama-lama. Orang belajar di perpus -> trap, orang nanya dosen -> trap, ga deadliner -> trap.

Yang aku pahami tentang sistem trap ini:



Kata trap dipake dengan semakin liar seiring berjalannya waktu, ngerasa kaya asal pake aja. Aku cukup risih sih kalau dibilang trap. Kalau nanya, paling-paling jawabanya OSN 2017 atau Compfest 9 tahun lalu (Aku ada alasannya loh :v). Aku ga terlalu suka budaya tuduh trap ini, apakah bisa di hentikan?
Akhir PMB
PMB (Pembinaan Mahasiswa Baru…