Skip to main content

Pelatnas 3 TOKI 2018 Minggu 2 : Merasakan Panas Dunia...

Di minggu dua ini, penghuni kamar 343 sudah terbiasa dengan satu sama lain. Kita satu kamar suka musik jadi kamarnya selalu rame dengan musik-musik tapi kita juga milih genre musik yang mendukung pembelajaran.

Senin, 14 Mei 2018

Hari ini kamarku mau laundry, jadi kita siapin kantung laundry lalu ngedrop di tempat belajarnya di UI. Namun ternyata laundry itu hari Rabu/Jumat namun laundry kita hari ini dilayani aja :".

Materi hari ini adalah HLD dibawakan Kak Ayaz lagi. sesuatu materi yang dianggap jijik oleh beberapa orang termasuk komonitas CF. Tapi menurutku asik kok terutama ini jarang ngebug.

Saatnya soal. Aku paling pertama baca soal D. dan ini soalnya ngakak parah.

Pertama, soalnya include dua video youtube yang katanya "membantu dalam menjawab soalnya"

video 1 : https://www.youtube.com/watch?v=7svVeEhdbE8
video 2 : https://www.youtube.com/watch?v=UIkgJpKGA1Y
Aku buka linknya, langsung kututup lagi karena sadar itu lelucon. Lalu ceritanya ngakak parah dan aku ngakak silent selama sekitar 15 menit (tau kan aturan pelatnas gabole ribut). Ditambah lagi nama-nama tokohnya: Slury, Eragot, Lasman, Vetsen, Yardumno, Fatsua, Izkea, Tamapra, Rakhomnurn, Ilodjodetsoes. (when you see it, youll shit brix).

Anyways, itu ternyata soal mudah, kuackan ONESHOT dalam waktu yang singkat. Baca soal lain, dan ONESHOT lagi. Ini yang kusuka dari soal HLD, codenya jelas dan susah ngebug. Nah ada satu soal yang merupakan pengembangan dari soal classic spoj. Jadi untuk tes implementasi segtreeku, kusubmit di SPOJ dan ac, submit lagi di versi lebih susah di spoj, ac lagi. Sekarang implementasiku udah siap untuk soal ini dan... ONESHOT!. tinggal soal terakhir. Sayangnya aku gagal nyampah.

Jadi sebenernya aku ac 5 soal hari ini, 3 di TLX, 2 di SPOJ :v.

Ada sesi pembahasan, dan Steven bawain 2 soal, satu yang sudah kuackan, satunya lagi yang belum. Nah steven bahas yang sudah kuackan dulu, tapi aku pikir karena aku udah tau jadi aku main hp. Namun ketika aku noleh ke papan lagi, Steven selesai jelasin soal kedua :".

Yaudahlah, pembahasan selesai. Kita balik ke hotel. Kali ini aku semobil sama Amnu. Di mobil kita bahas postingan orang di grup OSN tahun lalu yang nanya "kenapa yang menang OSN orang cina semua?" Namun ternyata akhirnya sadar kalau itu topik sensitif dan Amnu pun bilang "Boleh gak denger kan?"


Kalau pelatnas 1, kesalahanku aku bawa terlalu banyak baju, pelatnas 2, terlalu sedikit baju, nah pelatnas tiga ini aku berasa sudah bawa cukup banyak baju. Namun ternyata aku salah kalkulasi dan aku cuman bawa 1 baju tidur .___. wat kok bisa ya?  Aku sudah bawa 3 baju untuk pelatnas, tapi bisa-bisanya cuman bawa 1 baju tidur .__. ini lebih parah dari waktu OSN aku lupa bawa celana sekolahku jadi minjem celananya orang lain -_-. Dan karena aku males, aku baru mau beli baju baru hari ini. Setelah nanya-nanya Kak Ama aku tau aku harus ke depok town square (detos) untuk beli baju tersebut.

Aku berangkat naik gojek. Sampai deh di detos. Disana aku liat tempatnya terbagi jadi dua bagian. Bagian kirinya adalah bagian "mahal" yaitu matahari sedangkan bagian kanannnya adalah bagian "rakyat" yaitu toko-toko dan kios kecil. Aku tidak butuh barang bermerek jadi ke bagian kanan.

Nah, ada kendala yang baru kualami. Ini pertama kalinya aku belanja baju sendiri! Jadi aku merasakan ada sensasi tegang gitu saat melewati toko-toko terus ditawarin masuk sama mbak-mbaknya dan aku harus nolak. Aku muter-muterin lokasinya sekitar 3x namun aku masih binggung mau beli dimana. Hingga akhirnya kupilih toko random dan aku beli disana. Aku pilih suatu baju yang keliatannya nyaman, masnya bilang kalau itu bajunya ori dan mewah, Aku bilang kalau aku butuhnya baju yang murah dan nyaman, maka aku gajadi beli baju yang itu.


Aku coba cari-cari baju lain di tokonya, hingga akhirnya  ketemu yang ga berkerah dan keliatannya cocok untuk tidur. Jadi aku beli itu. Harganya cuman 60 rb. Masnya gabilang macem-macem takut salah bilang lagi ._. Aku cuman beli satu baju, habis itu balik deh ke hotel.

aku ga ada minat untuk repeating satu soal yang aku ga AC tadi, karena keliatannya sangat menjijikkan. Beruntung ada soal-soal lain. Dengan diiringi lagu Mulan dari laptop Jason aku repeating soal-soal SPOJ. Sayang malam ini gaada yang AC. 

Aku mulai merasa kecepatan repeatingku sangat memprihatinkan. Aku paling bagus bisa repeating 1 soal perhari, sedangkan aku biasa ngutang 1-2 soal perhari. Jadi terbaik utangku bakal terus nambah. Aku jadi harus mulai mengefisiensikan diriku.

Malemnya aku ada ide untuk menerapkan "Amnu style". Yaitu tidur cepat lalu bangun jam 4 untuk belajar. Secara teori seharusnya itu bagus karena otak sudah panas sebelum pembelajaran. Jadi aku coba terapkan mulai hari ini. Sayangnya ada kendalanya, karena aku berusaha tidur cukup awal (jam 10-an), kamar masih terang benderang karena itu masih jam aktifitas tinggi. Jadi ideku adalah untuk nyari penutup mata kalau mau menerapkan strategi ini. Aku coba buka bukalapak untuk nyari barangkali ada yang jual di depok, namun aku ragu ada yang mau delivery ke bumi wiyata jam 10 malam, jadi aku coba pc kakak-kakak asisten yang cewek barangkali punya. Jadi style Amnu ditunda hari ini. 

Selasa, 15 Mei 2018

Hari ini ada pengajar baru. Kak Kwee Lung Sin atau biasa dipanggil Kak Lungsin. Waktu mau ke UI aku semobil sama dia jadi dapet spoiler kalau hari ini belajar slope trick. Beruntung materi hari ini aku sudah bisa karena ada postingannya ZsCoder di cf. 

Ada sedikit masalah dengan proyektornya yang gak mau nerima laptopnya Kak Lungsin. Jadi laptopku deh yang dipinjem dan wallpaperku wibuku keliatan jelas di layar :/.

Latihan deh. Seperti yang kuduga, soal slope trick sangat sedikit, jadi 3 dari 4 soalnya sudah pernah aku solve sebelumnya ._. Tinggal satu soal aja, soalnya tentang permutasi dan aku berusaha mencari hubungannya dengan slope trick. Sampai akhir ga ketemu dan soal itu engga AC.

Ternyata, itu soalnya ga slope trick melainkan greedy! -_-. Scoreku 340, Steven & Yehez fullscore, dan yang lain kelihatannya belum terlalu paham slope trick jadi dua soal slopetricknya ga AC, namun soal greedynya AC. Lagi-lagi, aku gabisa memanfaatkan keunggulanku dalam ilmu aneh-aneh. Percuma saja bisa yang aneh kalau yang "normal" gabisa. Tapi biar ga kecyduk aku sudah bisa, aku bilang scoreku 140 :v :v :v :v.

Aku coba tanya Kak Ama tentang penutup matanya, ternyata dia punya jadi besok bakal dibawa. Tapi, karena besok ada contest practice jadi aku butuhnya sekarang. Maka aku nanti malem berencana hunting penutup mata dan kalau ga ketemu baru pake punya Kak Ama. 

Latihan selesai dan gaada pembahasan namun ada tulisan "galang wibu" di papan yang katanya sudah ada dari tadi -_-. Lanjut deh ke hotel. Waktu itu masih jam 5-an jadi Aku langsung aja nyari penutupnya sebelum terlalu malam. Aku pertama cari di kompleks pertokoan deket BW (Bumi Wiyata) dengan jalan kaki. Namun sampai perempatan yang jauh itu gaada. Jadi kuputuskan untuk gojek ke Detos lagi.

 Sampai disana, aku langsung muter-muterin tempatnya. Kali ini, karena aku butuhnya penutup mata dengan spesifikasi bebas, aku ga ragu untuk nanya toko-toko apakah mereka jual ga. Ternyata di lantai 1 gaada. Aku coba cek basement, kuliat ada toko takoyaki, mmm takoyaki bisa jadi adalah makanan terenak di dunia dan kepingin rasanya beli. Namun aku disini lagi ada misi jadi kutahan nafsuku. Di basement ternyata isinya makanan doang, jadi aku coba naik ke lantai 2 dst dan gaada. Akhirnya aku pc kakak asisten, Kak Kenia nanyain dimana lokasi beli penutup matanya di detos. Soalnya tadi Kak Kenia yang nyaranin belinya di toko-toko deket BW.

Setelah aku pc, ternyata malah Kakaknya panik aku sendirian di luar, jadi kakaknya langsung ke detos :O. Waktu kakaknya sampai, aku masih di lantai 3 jadi aku turun ke lantai satu lagi. Ketemu deh akhirnya sama Kakaknya dan Rania yang bareng.

Kita lanjut nyari penutup matanya keliling-keliling dan akhirnya ke lantai bawah. Terus dibawah di traktir roti bakar sama Rania :D. Akhirnya kita coba cari di hypermart lantai bawah. Sayangnya ga nemu :(. Tapi aku ketemu brownies yang keliatannya enak banget jadi biar ga pulang tangan kosong aku beli itu. Antriannya panjang banget, sepertinya sekarang saatnya ibu-ibu belanja bulanan. 

Selesai beli brownies tersebut, kita pindah ke margo untuk mencoba terakhir kalinya. Konon margo city itu adalah mall terbesar di Depok, jadi kemungkinan adanya sangat besar. Untuk caranya kesana, cukup lewat jembatan penyebrangan saja. 

Sampainya di margo kita langsung cari-cari penutupnya. Pertama kita ke semacam apotek yang katanya kemungkinan ada, taunya tidak ada. Terus kita coba turun ke lantai bawah untuk nyari dan coba beli di miniso, namun tidak ada juga, kita akhirnya nyerah. Kesimpulan : Orang Depok gampang tidur. Oiya Rania beli wingstop sekarang, sayang sih padahal besok promo :(

Kita balik ke BW, terus makan. Ternyata hari ini ada spesial takoyaki!!! OH!! Makanan terbaik di dunia :D. Tanpa pikir panjang, aku langsung ambil 3/4 piring yang nyediainnya. Hari itu aku makan malem takoyaki doang.


Takoyaki, makanan terenak di dunia :)

Sampai di kamar ternyata temen-temen sekamarku lagi ada ide dengan 24 popmie sisanya, karena ketika aku balik dari belanja gagal tersebut sudah jam 8, aku cuman ikut fotoan doang...


Karya anak bangsa


Yah, aku gagal dapet penutup mata, tapi karena hari ini kontes practice, semuanya tidur cukup selid, sekitar jam 11. Aku mau coba Amnu style hari ini. Dalam mimpi "Amnu style... e e e e eee eey, seksi lady"


Rabu, 16 Mei 2018

Aku setel alarmku jam 4 -_-. Jadi jam 4 subuh alarmku bunyi aku dibangunin Yehez untuk nerapin Amnu styleku. Yaudahlah kucoba juga hari ini :). Kemarin ada CF, jadi aku coba virtual contest. Setelah gagal ngesolve soal A  DIVISI 2 selama setengah jam, aku balik tidur. Hitung-hitung mayan lagi 90 menit dapat tidur.

Kita masih membiarkan konstruksi popmie kemaren utuh, untuk tahu reaksi pembersih ruangannya.

Pagi ini adalah kontes pertama dengan sistem baru yang dibicarakan waktu APIO, yaitu paginya kontes  5 jam yang bobotnya lebih besar, lalu siangnya bisa dilanjutkan namun bobotnya lebih kecil. Aku baru sadar dengan kondisi seperti ini kemaren agak riskan untuk nyoba style baru.

Yaudah, kontes dimulai. Ini pertama kalinya dalam pelatnas 3 soalnya cuman 3 dan bukan 4. Ketika kubaca soal-soalnya, 2 dari 3 soal sudah pernah kusolve .__.


Ketika ketemu soal yang udah pernah solve

Jadi setelah beres-beres dua soal tersebut dalam sejam, aku punya 4 jam untuk jawab satu soal sisanya. Namun sayangnya gagal :(((( Dan lagi-laginya ternyata itu soal yang banyak AC. Karena soal yang aku gabisa bobot nyampahnya cuman 30, sedangkan ada yang nyampah bisa 70. Jadi lagi-lagi nilai akhirku lebih kecil karena aku gabisa jawab soal yang orang banyak AC. Aku sepertinya ngerti, aku kebanyakan latian soal aneh jadi kurang mengasah kemampuan di teknik yang dasar seperti DP & Greedy. Kalau gitu, mulai hari ini aku bakal mempertajam kemampuanku di teknik-teknik fundamental tersebut.

Lalu aku dapet penutup mata dari Kak Ama. Jadi mulai hari ini aku bisa tidur dengan tenang. Di mobil, kita akhirnya punya ide untuk minjem tape mas gocarnya untuk muter musik dengan bluetooth. Lalu karena semua seneng lagunya Avril Lavigne jadi kita mau puter lagu itu dulu

Jason : "Mau lagunya yang mana nih?"
Galang: "Bebas, semua lagunya dia bagus kok..."
"MINOSETO ARIGATO"
"KECUALI YANG ITU WOY"

Sampai di hotel, klangsung makan. Karena sudah memasuki bulan puasa, aku tahu kalau aku harus makan sebelum jam 6, karena prediksiku setelah jam 6 makanannya bakal diserbu habis. Beruntung hari ini setengah 6 udah sampai. Hari ini specialnya okonomiyaki :), walaupun ga seenak takoyaki, tetep masuk top 10 makanan favoritku, dengan rankingnya kalah satu dengan ayam bakar.


Aku selalu makan okonomiyaki yang isi gurita, tapi yang ini isinya sayuran tapi tetep enak.

Masih di meja makan, aku dikenalin game keren yang bernama "ATOMAS" oleh Rania. Jadi itu game campur-campur atom gitu, awalnya Rania mainin dan aku bingung banget tapi keren gitu atomnya meledak-ledak ._. Jadi akhirnya aku dipinjemin hpnya Rania trus buka tutorial. Ternyata seru parah gamenya, langkah-langkah harus dipikirkan dengan matang namun karena aku masih cupu gerakanku beberapa kali dipertanyakan sama Kezia yang ternyata ngeliatin aku main. Ini gamenya ajaibnya walau seberapa belibet kondisinya dengan skill yang cukup kita bisa comeback, terkadang aku sudah stuck terus tiba-tiba jarinya Rania bergerak tau-tau aja layarnya bersih lagi :O.

Tak terasa aku sudah main atomas sejaman selama Steven dan Kak Lungsin ngomongin sesuatu, akhirnya aku merasa membuang waktu berharga mengingat posisiku di pelatnas ini jadi aku balik ke kamar untuk belajar. Sampai di kamar, susunan popmienya masih utuh :).

Waktu berlalu dan kamar 343 sudah lengkap. Karena hari rabu adalah hari wingstop, jadi kita berniat pesen. Namun karena td aku bakan kebanyakan okonomiyaki (4 loyang) aku sangat kenyang. Jadi kami tunggu agak maleman untuk pesen. Yehez pun tidur.

Sekitar jam 9, akhirnya kita pesan. Kali ini kita pesannya 40 wings + nasi. Dan aku pesen yang mangga lagi. Wingsnya datang dan Yehez masih tidur. Jadi Kita mencari cara untuk ngebanguninnya. Setelah kita coba panggil-panggil, aku mau mencoba chidori (suatu kegiatan menusuk kedua belah pinggang bersamaan yang bikin kaget) namun posisi tidurnya ga menguntungkan jadi kita mencari cara lain. Karena aku sudah lapar, aku coba bilang "STEVEN UDAH NEMU SOLUSI C APIO" dan Yeheznya pun bangun dan kita makan malam :).

Ini pertama kalinya aku tidur pakai penutup mata, dan  beneran gelap total.

Kamis, 17 Mei 2018

Bangun pagi seperti biasa. Ketika aku buka penutup mataku, tiba-tiba terasa silau parah karena perbedaan intensitas cahayanya.

hari ini gaada materi, tapi format latiannya biasa, bukan contest practice dan alasannya tidak diberi tahu saat latihannya mulai. Tapi ketika liat soal-soalnya, aku langsung ngerti kenapa: hari ini soalnya gaada subtask, semua tcnya dibuka.

Kalau udah model seperti ini, sudah lazim pertama aku coba print trivial case barangkali dapet poin yang lumayan. Ada satu yang ngeprint sesuatu yang sangat trivial (10 baris) bisa dapet 86 poin :).

Keliatannya semua soal hari ini adhoc, kecuali ada satu soal yang perlu 2D data structures. Ini pertama kalinya aku ketemu soal seperti ini di pelatnas. Soalnya sangat standar yaitu cuma 2D BIT dalam Treap jadi aku setengah jam sudah AC. Untuk soal sisanya, aku sangat ga kreatif nyari solusi haram berpoin tinggi, tidak seperti Fausta yang aku bayangkan saat ini pasti sudah 300+ poinnya.

Aku coba solusi yg open tc lagi 1. Soalnya tentang menyelesaikan persamaan tiga variabel dengan tiga persamaan, soal standar anak SMA namun repot untuk dikoding. Jadi aku ada ide untuk jadiin persamaan dua variabel dan menerapkan teknik inversi matriks yang diajarkan waktu BNPCHS dengan hasil 50 poin. Uniknya, ini AC di tepat 50 tc pertama dan WA di 50 tc berikutnya. Aku pikirnya apakah ini tcnya setengah kuat, setengah lemah? -_-. Aku coba solve soal itu sampai akhir dan sekitar sekitar 90 menit sebelum kontes aku nemuin kalau tc soal itu salah :O. Ku infokan dan di regrade akhirnya. Regradenya lama banget, ada setengah jam-an gitu submissionku masih pending dan ketika akhirnya solusiku di run... tetep WA :/.

Jd hari ini nilaiku parah lagi, gaada AC. Aku mulai merasa posisiku sudah menjauh dari 4 besar. Yang aku dapet 86 poin tadi pun ternyata banyak yang modif dikit bisa 90+ poin. Tapi kan Naruto mengajarkan untuk tidak pernah menyerah jadi aku tetep semangat.

Di mobil terjadi percakapan aneh tentang bisnis ginjal ._. Jadi ada yang bilang harga satu ginjal itu mahal banget, namun ada yang bilang paling cuman ~400jt dengan argumen bahwa gamungkin ginjal mahal-mahal karena semua orang kurang mampu bakal jual karena punya dua. Counter argumennya adalah, dengan satu ginjal kita gak bisa banyak beraktifitas dan gabisa minum banyak-banyak apalagi soda. Counter-counter argumennya adalah kita bisa aja minum soda, tapi setengah dari porsi biasanya. Aku meliat dari kaca mobil bahwa mas gocarnya senyum-senyum aja. Untunglah masnya gak pikir sedang ngangkut pencurry organ xD.

Omongan tentang ginjal sudah tambah liar dan sudah bawa-bawa istilah-istilah biologis yang aku gak ngerti -_-. Jadi aku buka timeLINE dan nemu video menarik. Jadi lokasi di videonya itu di Bandung, ceritanya tentang kumpulan motor yang tunggu lampu merah dan berteduh di bayangannya jalan tol yang dimana tempat itu juga zebra cross. Ada polwan marah-marah lewat pengeras suara dan semakin lama omongannya semakin agresif hingga akhirnya dia bilang "ini masih panas dunia". Awalnya aku engga ngerti kenapa banyak yang komen bilang dia ngakak guling-guling, jadi ku ulangin videonya. dan baru dapet jokesnya dan ternyata lucu banget :v. Sepertinya Jason juga ngerti dan mulai hari ini "ini masih panas dunia" menjadi go-to line kami kalau ada kesusahan. Walau waktu itu aku nemu videonya di timeLINE, untungnya videonya ketemu setelah ku googling di https://www.youtube.com/watch?v=PWSG0xYXkGs.

Malem ini kita menganalisis perbedaan "let it go"nya Indina Menzel dan Demi Lovato. Ternyata Yehez gatau kalau itu lagunya Demi Lovato :/

Karena aku sudah punya penutup mata, aku gaperlu ikut-ikut begadang seperti temen-temen lain di kamarku, jadi mulai hari ini aku selalu tidur jam 10-11. Oiya, aku batal nerapin Amnu Style, karena gacocok bagi aku yang biasanya orang malam.

Jumat, 18 Mei 2018

Hari ini pengumuman APIO, walau udah jelas aku ga dapet medali karena nilai ampasku. Materi hari ini sangat greget yaitu Convex monge property yang pernah keluar di IOI 2016 Aliens. Keliatan temen-temenku termasuk veteran enggak ngerti, Steven aja udah ketawa-tawa bilang "nanti kalau Aliens muncul di soal latihan, kerjain kalau udah nganggur aja".  Aku sendiri mengalami nasib yang sama.

"Gal, ngerti ga?"
"ngerti.... bagian dpnya" (bagian dpnya slide 5 dari 14).

Lanjut deh latihannya. Syukurnya keliatannya dari 4 soal hari ini, yang keliatannya make materi hari ini cuman Aliens doang... tapi yang lain susah-susah juga -_-. Materi hari ini adalah definisi dari "panas dunia".

Akhirnya aku cuman AC 1 doang dan sisanya nyampah dan ada 1 yang nol. Ternyata yang nol itu aku salah baca soal dan itu ternyata soal mudah jadi nilaiku dibawah lagi :"

Ternyata ada 1 soal lagi yang make convex monge itu. Namun sangat tersembunyi dan aku baru tau setelah selesai latian.

Balik aja deh ke hotel...

Sampai di lobby, Salman sudah selesai makan dan dia bilang makanannya enak, ada takoyaki. Aku pun langsung bergegas ke tempat makan dan tanpa pikir panjang piring takoyaki ku linesweep. Lalu kita ke kamar dan mendapat kejutan. Tumpukan popmie kita sudah berubah wujud :O ternyata mas-mas cleaning servicenya menata ulang tumpukan kita. Kita kamar 343 pun menerima tantangan mas-mas cleaning servicenya.

tantangan dari mas cleaning servicenya


Balasan kamar 343


Yah, bener deh aku gadapet medali APIO. Yang dapat dari Indo ada 2: Amnu dapet perak dan Yoga dapet perunggu. Selamat, sudah masuk hall of fame :).

Sabtu, 19 Mei 2018

Hari ini kuis. Selama pelatnas ini aku selalu sadar bahwa nilaiku selalu di bagian bawah, jadi kalau aku mau tetep bersaing di pelatnas ini nilai kuisku harus bagus. Paginya tidak banyak kerjaan, langsung berangkat aja. Mulai deh...

Soalnya 4. Ada output only 1 yang panjang descnya minta ampun namun ternyata intinya cukup simple dan soal itu yang aku kerjain pertama. aku sudah dapat 50 dalam kurang dari satu jam ngerjain, lumayan.

Lalu ada masalah gitu di tlxnya. kontesnya di pause dan dilarang perangkat komputer. Untungnya aku sudah baca semua soal dan sudah inget... pemikiran dilanjutkan...

Masalah selesai dan kontes di extend. Aku gaada ide ac untuk suatu soal HLD dan kali ini aku coba teknik climbing yaitu nyampah dari subsoal terendah dan aku sukses mencapai subsoal terakhir dengan kode 200+ baris. Baca-baca soal lain dan nyampah-nyampah, akhirnya semua soal sudah tersampah sampai subsoal terakhir. Untuk soal output only, aku berhasil dapet nilai 80.

Nah, waktu tinggal 90 menit. Ada soal yang acnya solveable dengan tambahan poin 50, ada soal yang bisa di ACkan dengan tambahan poin 37. Trus aku mikir, "Hmm, soal output onlyku masih 80" jadi aku fokus untuk naikkan soal itu dan akhirnya bisa dapet 89 dalam setengah jam



Waktu lagi sejam, aku kepikiran ackan soal HLD itu namun ngoding HLD dengan sisa waktu sejam sangat beresiko. Akhirnya aku nekat dan gagal... Setidaknya aku pikir nilai output onlyku lumayan dan aku juga sudah nyampah sampai subsoal terakhir semua kan? mungkin posisiku baik.

Kontesnya selesai dan sangat tragis bagiku, ternyata soal HLD itu semua AC kecuali aku dan Fausta. Dan solusinya juga bukan HLD melainkan sparse table yang lebih mudah. Lalu soal output onlynya yg 89? yang lain dapet yang serupa.



Yah, setidaknya habis ini bisa nonton deadpool jam 7 malam. BUT WAIT, sekarang ada google code jam round 3 jam 9!! OH TIDAK! T-SHIRTKU!!! Aku melihat Kak Rey, yang ikut nonton juga merasakan hal yang sama.  Tapi dengan asumsi durasi film standar 2 jam, seharusnya bisa dikerjain di margo gcjnya.

Hari ini juga ultahnya Kak Irvin. Di mobil Aku dan Steven ngucapin melalui media yang berbeda (aku line, steven fb) namun punya steven dibales dan punyaku engga :( dan aku coba up-up tetep ga di notice sama Kak Irvin yang mahadewa itu. Sampe di hotel aku cuman makan trs siap-siap berangkat ke margo. filmnya mulai jam 7.30 sedangkat kita berangkat 6.45 dari hotel karena ada yang baru bangun ._. Yaudah berangkat deh dan aku dapet kloter kedua bersama Steven, Rania, dan Kak Lungsin.

Beruntung tidak macet dan Margo City (tempat XXInya) cukup dekat jadi kita sampai dengan banyak waktu tersisa. Aku liat kelompok lain sudah sampai duluan. Aku beli popcorn dulu. Karena harganya yang sangat mahal, aku beli yang small aja + minum. Ternyata uangnya bakal diganti -__-" jadi yang lain belinya yang lebih besar dan popcorn smallku berasa tidak berarti lagi :"

Yaudahlah nonton aja. Deadpool ini sebenarnya ada batas umurnya (17+) dan di kelompok kita masih ada beberapa yang belom cukup umur :v. Mulai deh nontonnya.

Pelatnas 3 di XXI Margo City...
yang motoin jelek ah :(


Filmnya bagus, tapi menurutku kurang lucu karena mungkin aku masih kecil(???). Tapi selesai nonton terlihat sudah pada buka HP untuk baca soal GCJ, jadi aku ikutan juga. Perjalanan ke lobby dilakukan dengan sambil baca-baca soal GCJ, tidak ada waktu yang boleh terlewati. Nah, di gocarnya aku untung sudah nemuin solusi untuk soal B dan kukoding di kamar dan AC :). Lalu aku lanjut aku bisa ACkan A dan C. Jadi, walaupun aku telat sejam ngesubmit, posisi akhirku masih rank 500-an. YAY T-SHIRT!! Aku dua tahun yang lalu gak lolos babak kualifikasi, tahun lalu round 2, tahun ini T-SHIRT!! :) berarti memang ada lah perkembanganku. Kak Rey dan Kak Lungsin juga dapet, dan yang OP itu Steven juga dapet, dan dia ngerjainnya semua di mobil M(_ _)M.

GCJku ada bug... karena aku buka soal sejam lebih telat, jadi timerku mulainya juga telat sejam.
Ini kontes sudah selesai tapi "waktuku" masih lagi sejam :P


Selesai GCJ, Kak Lungsin yang kebetulan ada di kamarku ngomongin proof soal DP Aliens ke Yehez sedangkan aku repeating soal GCJnya sambil chatan dengan Kak Irvin, dia ngasi motivasi buat aku tentang beberapa tahun lagi bisa jadi aku lolos ke finals codejam (tapi ga taun ini xD).

Aku sebenernya masih takut sama teknik convex monge itu dan berencana untuk enggak ngerjain. Tapi ketika Kak Lungsin nanya aku dah ngerti belom dan aku bilang belom, aku merasa ada kesedihan gitu jadi akhirnya aku akan berusaha untuk ngertiin, tapi enggak sekarang :v


Minggu, 20 Mei 2018

Hari ini kamarku mau berenang lagi, tapi aku tolak karena pingin ngambis. Tapi waktuku tersia-siakan untuk nonton video youtube gaje dan mereka sudah balik ketika aku masih nonton :"(.

Yaudah lalu kita makan.

Aku engga inget banyak tentang hari ini, yang jelas aku ngambis nonstop selesai sarapan dan aku baru sadar sekitar jam 2-an kalau penghuni kamarku sudah menghilang semua. Aku tidur siang lalu malemnya lanjut belajar ._.

Yah, perlahan posisiku semakin memburuk di pelatnas ini padahal aku sudah lebih ambis dari minggu lalu. Untuk pelatnas ini yang waktunya sisa lagi seminggu, ga banyak ruang lagi untuk menyalip jadi untuk minggu terakhir ini, aku berencana untuk belajar gila-gilaan dan menerobos batasku >_<.







Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Mengikuti ICPC 2018

ah, ICPC. Singkatan dari International Collegiate Programming Contest. Perlombaan paling bergengsi untuk anak kuliahan. UI sendiri cukup aktif mengikuti perlombaan ini. Aku sebagai Maba dapat kesempatan untuk mengikuti lomba ini dan dapat keluar negeri juga. hehe. Berikut cerita ICPCku tahun ini. Selamat menikmati.

Pembentukan Tim


Di UI ada seleksi untuk pembentukan tim ICPC yang nantinya akan mewakili UI ke regional yang ke luar negeri. Seleksi ini dibuka untuk seluruh UI, kating-kating sampai maba boleh daftar, bahkan untuk non fasilkom pun boleh (Pak Denny bilang pernah ada anak FMIPA lolos :O).

Seleksi ini cukup singkat. Ada 3 kontes. 2 kontes pendek dan 1 kontes panjang.

Kontes pendek itu durasinya 2.5 jam dan ngerjain di lab. Dapet poin berdasarkan ranknya yaitu max(18-rank,2). Kontesnya di Vjudge.

Kontes panjang itu durasinya 1 minggu dan dapet poin cuma berdasarkan jumlah solve. kontesnya dari selasa - selasa depannya.

Ini aku ada kendala di laptop. Jadi laptopku saat itu (ROG…

Jurnal Fasilkom Semester 1: Mengamati Budaya Trap

Bentar-bentar,
"Kok ada lagi? bukannya udah?" 
Postingan tersebut adalah karena terlalu banyak konten bagi maba :(. Ini postingan rutinnya. Oiya, karena suatu kesalahan, 2 section terakhir di postingan itu hilang :/ jadi aku terpaksa kelarin ini.
Kali ini cuma bahas 3 Section doang: - Budaya Trap Fasilkom - Akhir PMB - Perkuliahan Fasilkom Budaya Trap Fasilkom
Ah, trap. Awal masuk, pengertianku tentang trap itu adalah seseorang yang suka bilang ga belajar, taunya belajar. Namun aku makin bingung gitu lama-lama. Orang belajar di perpus -> trap, orang nanya dosen -> trap, ga deadliner -> trap.

Yang aku pahami tentang sistem trap ini:



Kata trap dipake dengan semakin liar seiring berjalannya waktu, ngerasa kaya asal pake aja. Aku cukup risih sih kalau dibilang trap. Kalau nanya, paling-paling jawabanya OSN 2017 atau Compfest 9 tahun lalu (Aku ada alasannya loh :v). Aku ga terlalu suka budaya tuduh trap ini, apakah bisa di hentikan?
Akhir PMB
PMB (Pembinaan Mahasiswa Baru…