Skip to main content

Pelatnas 3 TOKI 2018 Minggu 3: Odd Future


I keep my ideals alive, when destiny calls
Everything is like a rust escaping me
And we're livin in a darker history
Every single excuse i've ever made
I just gotta learn to throw them all away
And i think i remember all my lies
I was always living with dead eyes
And now i gotta live everyday, more alive!

Aku merasa lirik dari anime boku no hero ini sangat bisa dikaitkan dengan perasaanku dalam minggu terakhir ini.
(Lirik B.Ing biar ga full wibu: https://www.youtube.com/watch?v=WJxWIsI0DNc)

Senin, 21 Mei 2018

Minggu terakhir di pelatnas, pokoknya minggu ini aku gamau mikir banyak selain belajar. Gaada lagi ke acara random ke detos untuk beli baju (walaupun baju rumahanku cuman 2). Aku udah blokir youtube di hpku juga.

Hari ini ada pengajar baru, yaitu Kak Sergio. Aku inget dulu waktu masih kelas 11 ikut compfest terus nyapa Kak Sergio di toilet dan dia menghindar, jadi aku termotivasi untuk melakukan sesuatu yang membuat Kak Sergio notice aku :) dan sekarang aku bakal diajarin Kak Sergio.

Setidaknya, bakal diajarin Kak Sergio, karena hari ini gaada materi dan dilakukan contest practice.

Aku baca soalnya dan ada soal DP on Tree classic. Aku beruntung karena kamarku sudah jago soal DP on Tree optimisasi jadi soal itu aku ackan dengan cepat. Aku gak yakin kamar lain tau optimisasi looping subtree biar biar kompleksitasnya turun dari O(N^3) jadi O(N^2). Lalu ada soal lain yang implementasinya berat, aku submit dan ONESHOT ac. aku seneng banget, sudah AC dua dari 4 di kontes practice dengan waktu yang lumayan.

Dua soal lainnya sangat menantang. Satu soal konstruktif yang aku sangat benci, satunya lagi soal tentang query yang keliatannya menarik, jadi aku kerjain yang itu. Sayang ga dapet :(.

Dilanjut latian biasa, Soal yang aku oneshot ac di null, jadi soalnya ga dianggap latian hari ini karena katanya TCnya lemah banget. :". Tapi yang lebih kena efeknya adalah Salman yang ACnya cuman soal itu.

Latian selesai dan seperti yang aku duga, soal konstruktif yang aku benci banyak yang AC, dan yang ac soal DP on Tree tidak ada selain kamarku. Namun poin kita sama karena aku ga ac soal konstruktif itu, ah aku sudah bosen dengan pola ini.

Kemaren aku dan Steven main ke kamarnya Kak Sergio, dan hari ini Kak Sergio yang main ke kamarku. Gak banyak yang dilakukan di kamarku, selain main PUBG sama Steven. Aku tetep ngambis-ngambis. Jam 10-an aku sudah ngantuk jadi aku tidur duluan (Kak Sergio masih di kamarku).

Selasa, 22 Mei 2018

Hari ini adalah materi pertama dari Kak Sergio. Ini sejujurnya salah satu materi yang aku tunggu-tunggu: Persistent data structure! Aku terakhir ngoding ginian dua tahun yang lalu waktu persiapan compfest 8 dan sejak saat itu gapernah ngoding ginian lagi :v. Tapi idenya masih segar di otak.

Kecewa, judulnya persistent data structure, tapi yang dibahas cuman persistent segtree... kirain bakal bahas persistent lain kaya misal persistent AVL atau UFDS. Tapi akhirnya Aku dan Yehez penasaran persistent UFDS kaya gimana jadi dijelasin deh di papan, ternyata bisa di implement pake segtree yang nyimpen parentnya dan itu yg di update-update.

Soal latiannya memang menantang, tadi gaada dijelasin persistent trie tapi ada soalnya dan aku AC. Gila, trie biasa aja masih rawan bug, ini yang persistent langsung ONESHOT ac.

Sayangnya yang lain aku kurang beruntung, ada dua soal persistent segtree dimana aku ga ac. satunya cuman butuh observasi lagi dikit, satunya lagi no clue... Ada juga soal tentang grid yang aku kira persistent, taunya parrarel binser (more anime betrayals).

Selesai latian, saatnya bagi-bagi baju Pelatnas 3 :). Aku bantuin bawa beberapa bajunya kebawah dan berat banget, padahal cuma 10 baju? ternyata ada baju asisten juga...

Malemnya ambil baju deh di kamar panitia (kamarnya Kak Sergio), wakilnya kamar 343 ada Aku dan Steven.

"eh ini gaada tulisan P3?"
when you c it, youll shit brix


Bajunya model lengan pendek, namun ada satu baju zonk yang lengan panjang dan itu karena Kezia mesennya "potong lengan" dan malah dapet lengan panjang.

Selesai ambil baju, kita malah nongkrong di kamarnya Kak Sergio lagi. Setelah beberapa saat ada orang lain yang mau ambil bajunya, jadi biar gaada "skandal" apa-apa aku pun sembunyi di balik tv. Yang dateng ternyata Rania tempat persembunyianku ketahuan :(. Jadi akhirnya kita bertiga deh main-main di kamarnya Kak Sergio dan mulai ngomongin topik-topik.

Beberapa topik yang kita omongin tapi yang aku kita ngomong evolusi gigi manusia dimana aku tahu beberapa orang yang bisa makan tulangnya ayam KFC karena laper. Lalu kita juga menjawab teorema kalau ada orang nge message kita dan kita block terus kita baru baca messagenya apakah dihitung read ga, ternyata jawabannya TIDAK! (sampai kita unblock).

Sekarang sekolahku graduation. Aku awalnya mikir mau ijin sehari doang hari ini karena graduation bakal seru banget apalagi Smansa Denpasar sangat keren kalau masalah acara. Sayangnya karena posisiku di pelatnas ini cukup memprihatinkan maka aku harus mengambil semua kemungkinan. Dan melihat hari ini materinya cukup oke buat aku, aku rasa tidak ikut graduation bukan pilihan yang buruk.

Rabu, 23 Mei 2018

Baru kemaren dapat baju, sekarang sudah diminta pakai, uhuy.

"Nambah lagi baju yang gak bakal gue pake"
"Yah koleksi museum nambah"

Banyak yang gak suka sama desain bajunya, padahal aku sendiri cukup suka sama bajunya apalagi bagian belakangnya. Menurutku baju-baju OSN & Pelatnas keren-keren dan kadang aku pake jalan-jalan juga. Orang Bali ga terlalu ngeh sama OSN jadi mereka gak permasalahin, beda dengan ceritanya Rania dimana dia pake baju OSN ke mall terus merasa diperhatikan terus ._. (Maklum, DKI jurmum OSN lagi)

Tujuan kita pake baju TOKInya adalah agar kita ikut seminar yang diadain sama Univ Berkeley siangnya. Menurutku waktunya ga tepat banget karena sekarang materinya heuristics dan banyak parah, ada IDA*, Hill climbing, local beam search, random restart, genetics algorithm, dkk,dll, dst. Pokoknya slidenya 70+. Aku langsung jatuh cinta sama genetics algorithm <3, itu ibaratnya seperti potongan puzzle yang hilang dariku selama ini. Aku selesai pelatnas berhasil menyelesaikan soal legen OSN 2016 wisata palembang pake algo tersebut.

Kak Ayaz first time main game dinosaurus, udah 3000!


Beberapa mengekspektasi soalnya bakal output only semua, dan itu menambah alasan untuk tidak ikut seminarnya karena output only harus generate solusi :v. Sepertinya kakak-kakak asisten juga setuju jadi kita mulai berkonspirasi cara-cara menghindari seminarnya.

Latihan dimulai dan kecewa output onlynya cuman 1, soal IOI pula... Yaudah aku strategi biasa, generate solusi lalu kerjain yang lain. Aku juga memastikan sudah baca semua soal jadi bisa "kerja" waktu seminar.

Waktu menunjukkan jam 12, saat istirahat. Aku sadar bahwa seminar mulai jam 1, jam selesai istirahat. Jadi jam 12.30 aku memimpin temen-temenku untuk mulai ngoding lagi :vvvv Waktu adalah uang dan kita mulai koding lagi deh selama setengah jam.

Waktu menunjukkan jam 1 dan saatnya ke seminar. Tidak lupa aku jalanin BFku dengan harapan nemuin solusi. Aku juga bawa beberapa kertas orat-oret agar bisa kerja saat seminar. Aku liat Fausta membawanya ke level selanjutnya dengan bawa satu buku tulis xD.

Seminarnya tentang robot-robot dan intentednya buat S2 ._., aku sama sekali ga ngerti apa yang diomongin maka daripada ngurusin lilitan-lilitan kabel di slide, aku ngurusin lilitan ular yang ada di soal hari ini :P berhasil nemu solusi acnya saat seminar.

Seminar selesia jam tiga lewat sedikit (ngaret gan), dan aku langsung lari ninja ke ruang latihan, tapi aku stop di toilet dulu. Walau aku duluan banget sampai lift, karena mampir di toilet jadinya udah ada yang duluan sampai. Tanpa banyak basa-basi kita langsung lanjut latihan. Untungnya latiannya diperpanjang sampai jam 5. Jadi lumayanlah waktu lagi 2 jam untuk nyampah-nyampah.

Nilaiku hari ini jelek lagi, karena aku fokus AC soal C, jadi ga nyampah dan nilaiku kecil :" padahal nilai Mazeku lumayan gede dan banyak yang ga ngerjain. Asemlah udah minggu tiga masih aja ada kejadian kaya gini.

Yaudahlah, selesai latihan langsung balik hotel, terus aku selesai makan langsung ijin ke kamar dan ga ngobrol karena pingin ngambis. Sampai ditanyain sama Rania dan aku bilangnya ya mau belajar ._.

Kamis, 24 Mei 2018


Hari ini kontes practice lagi. Dan bisa jadi hari tersuram di pelatnas 3ku.

Aku pertama serang soal D, Soal coin change biasa tapi judulnya "nugget ayam" merajuk ke mcnugget theorem yang aku tahu berkat blognya Kak Ayaz. Tapi aku liat ga perlu teori aneh-aneh selain nemuin boundnya sekitar 6jt-an. Yaudah aku hajar pake dp coin change biasa dan lolos sampe subtask kedua terakhir. Aku lalu dapet ide untuk speedup pake bitset dan masih ngebug. Lalu, ketika aku mau submit, muncul announcement "Waktu soal D dikurangin" dan whush! time limit yang awalnya 2 s jadi 100 ms! semua submissionku mendadak jadi nol.

Aku pikir ini gara-gara solusiku yang ga intended, jadi kita gaboleh make dp coin change dan harus manfaatin mcnugget theorem itu. Karena aku hanya tahu mcnugget dasar jadi aku skip dulu ke soal lain. Ada soal B yang merupakan soal tersusah compfest dua tahun lalu, tapi kali ini bisa disampah jadi aku coba sampah dan lumayan dapet 48 poin.

Waktu istirahat, ternyata yang salah di soal D bukan aku, tapi lagi-lagi Fausta yang AC dengan cara yang lebih haram. Jadi sudah deh sekarang kalau ada masalah rejudge pasti kerjaannya Fausta. Yaudah deh istirahat selesai, lanjut kontes.

Nah, dua soal sisanya itu gabisa disampah! soal A subtasknya cuman 2 dan subtask pertama aja udah susah. soal C itu ACM style 100 atau 0. Jadi karena sudah mentok di B, aku serang A sampai habis dan engga ketemu. Jadi hari ini nilaiku dua soal dapet nol. D 30, B 48, dengan total 78. Dimana yang lain semuanya 200+. Hari ini peringkatku paling bawah :(

Ternyata yang mcnugget itu udah bener pake dp coin change, cuman di pruning dikit jadi kalau ada dua bilangan i,j dimana i kelipatan j, i nya gausah dianggap dan itu AC. Kalau soal C, Salman sama Fausta AC pake hashing (aku juga nyoba ini tapi wa tc 1) namun katanya panitia ga intended.

Kak Rey : "POKOKNYA SEMUA YANG AC C HARAM!!!" gak bisa nemuin counter tc

Di mobil kan kebetulan ada Rania & Kezia. Nah aku kan iseng aja nanya awal mulanya Rania ikut olimpiade. Tapi malahan berubah jadi Rania dan Kezia ngomong tentang orang-orang imba di Mat. Aku dan Steven bingung ini ngomongin siapa karena kita murni komp ._. jadi biar ga kalah kita mulai deh ngomong orang imba di komputer :v.

Yah, dengan besok latihan terakhir, dan dengan performaku yang aku rasa sangat kurang selama ini. Harapanku tinggal TOKI OPEN doang. Aku tambah ngambis mulai malem ini.

Sekitar sore aku ngidem pizza, tapi selesai makan malem aku sama Steven ke kamarnya Kak Sergio lagi. Aku manfaatkan ini untuk mengorek sebanyak mungkin ilmu yang mungkin. Balik-balik eh taunya Jason mesen pizza ga bagi-bagi -_-. Sepertinya kita kamar 343 sudah terintegrasi kehidupannya.

Jumat, 25 Mei 2018

Hari terakhir latihan. Besok sudah TOKI OPEN. Menariknya hari ini engga contest practice padahal engga ada materi. Yaudahlah mulai aja.

Hari ini aku juga parah performanya. Aku sampai siang ngerjain soal D. Aku udah dapat ide observasinya, tapi ada suatu detil kecil yang bikin unsolveable. Soal-soal lain juga keliatannya susah banget.

Siangnya ada acara yang keren yaitu makan bareng dosen-dosen dari Fasilkom. Acara seperti inilah salah satu alasan kenapa aku pilih kuliah di UI. Dosennya juga baik-baik, ketemu Pak Denny juga yang pelatih tim ICPC UI dan ditanyain warnanya di CF, aku yang masih biru tua sih diem aja ._.

Baru sore 90 menit sebelum kontes nemu observasi jelas yang buat D jadi gampang. Aku AC itu. Untuk soal-soal lain, aku sudah tidak ada ide lagi. 15 menit sebelum kontes aku tengok kanan-kiri dan sudah pada main games -_-!. Sial, soal hari ini pasti intendednya mudah dan aku cuman AC 1!.

Dan bener saja. sekitar setengah dapet 400, setengahnya lagi 300+, dan aku sendiri yang 100-an :"

Oke, aku tetep optimis besok. Aku pokoknya ga banyak ngelakuin hal-hal aneh dan aku mulai latsol-latsol soal-soal OSN negara lain. Pokoknya aku bisa!

malemnya Kita pesen pizza lagi dan mesennya dari Pizza Maria (atau Pizza Mania ya? lupa deh). Waktu ambil pizzanya ketemu Kak Irvin dibawah tapi dia tidak mau ngomong walau sudah dipancing pizza xD.

Selama ini, pizza terenak yang pernah aku makan itu dari pizza hut. Ternyata pizza ini lebih enak dan... Sehat?! Aku tidak merasakan ada kandungan micin sedikitpun, dan rasanya seperti bahan bakunya seger. Kami pesen pizza salmon sama pizza keju, dan salmonnya terasa seger banget. Enak deh. Kenapa ya makanan-makanan enak gaada di Bali? :( Untunglah beberapa bulan lagi aku bakal pindah ke daerah ini.

best pizza so far


Sabtu, 26 Mei 2018

Dreaming!
Reverse in my mind, between the silver line my heart's in the sky
Through the darkest night!
Lets run till the dawn's first light!

Hari ini toki open. Aku dari kemarin selalu ngulang quotes yang aku buat sendiri "they say i needed luck, so i gave them a miracle!". Ini soal toki open bisa diakses disini: https://training.ia-toki.org/problemsets/113/problems


Sebelum mulai kontes, kami perang siapa yang bisa di puncak registration ._.

===kontes mulai

amplop soal. aku simpen sebagai kenang-kenangan

Aku baca soal pertama, soal tipe kreatif sih dari penilaiannya menurutku. Jadi kuskip.

Langsung tertuju pada soal C, ini kan yang N^2 log N lumayan gampang jadi kukoding deh. Tapi TLE jauh dan cuma dapet yang subtask lebih kecil. Mengingat bahwa soal IOI style itu time limit engga ketat, jadi pasti intendednya subtask ini N^2. Jadi, aku kerahkan semua ilmu pruningku untuk lolosin N^2 log N dan lolos!!

Lanjut B, ini juga subtask kedua terakhirnya gampang cuma bipartite matching. ONESHOT dapet.

Nah waktuku tinggal 2 jam, aku mulai deh kerjain yang A. dapet ide cek sebuah line vertikal sama horisontal dan aku dapet 83 poin. Aku pake teknik random dan fluktuasi dapet 86. Waktu tinggal lagi sejam, aku punya pilihan untuk ngejar subtask terakhir B atau C, atau terus ngerjain A. aku pilih kerjain A.

Aku mulai coba teknik haram seperti ngeskip beberapa titik + random semakin menggila. spam submission sampe token habis dan dapet maks 89. Pertama kalinya tokenku habis dalam suatu kontes.

=== kontes selesai

mengabadikan momen token habis

Ternyata pilihanku ngejar A merupakan pilihan yang bagus. Temen-temenku yang lain juga ga ada yang bisa dapet subtask terakhir B dan C kecuali Amnu yang fullscore. Karena nilai Aku lumayan, jadi aku hari ini rank 3 simulasinya. Lumayan, lumayan.

Nah habis itu Kak Agus buka laptop untuk ngeluarin sesuatu yang bernama jackbox.tv. Nah ini kami (peserta, asisten, SC TOKI OPEN) main games-games online gitu. Pertama kita mainnya games bohong, jadi ada soal, terus masing-masing peserta masukkin jawaban bohong. Nanti setiap peserta harus nebak jawaban yang bener dan kalau ada yang milih jawaban salah, peserta yang buat jawaban tersebut dapet poin.

Nah, selama main ini, pertanyaannya emang intended susah banget biar seru. Ada beberapa momen lucu seperti ada yang masukkin jawaban nama hotel tercinta (bumi wiyata) dan ada juga yang milih .-. Tapi memang ini gamenya intinya ngakak-ngakak doang. Aku pernah masukkin istilah harry potter dan nipu dua orang. ada soal "si blablabla kaget ketika nemu ... di halamannya" aku masukkin celhalopod dan berhasil nipu 3 orang :v padahal itu mahluk laut dan aku nulisnya typo. Tapi kalau dihitung total sukses bohongnya, orang yang paling banyak berhasil ngibulin orang tidak lain adalah yehezSKILL.

Nah ada juga games bracketerring namanya. Ini gamesnya harus rame. Jadi ada kategori dan kita masing-masing masukkin kandidat gitu. Nanti kandidatnya diadu-adu dan kita voting siapa yang terbaik. Aku suka game ini karena orang-orang pelatnas objektif :v ga kebayang deh gimana ga serunya kalau misal aku main di sekolah.

Kategori pertama adalah "nama palsu apa yang paling baik digunakan"
Nah ini di nama "Jokowi" lolos ke babak final Nah di babak semifinal lagi satu ada kandidat "Prabowo" dan kita bilang bakal seru kalau misal "Jokowi" sama "Prabowo" ketemu di final. Sayangnya Prabowo kalah di semi :((

Ronde yang kedua itu misteri gitu. Jadi tiap peserta diminta masukkin quotes, nanti baru keluar kategorinya. Nah mulai keluar quotes aneh-aneh tapi akhirnya aku milih "Naruto mengajarkan kita untuk tidak pernah menyerah". Keluar kategorinya yakni "apa yang akan anda bilang apabila anda terjebak di rumah berhantu" nah quotesku pas banget :v dan menang mutlak :v :v. ngakak anjirr sampe sakit kepala.

Ronde ketiga, kategorinya ganti-ganti tiap babak. Nah ini lucunya bukan di kategori-kategorinya sih. melainkan topiknya disuruh masukin binatang, dan ada yang masukkin nama orang...

Yah, intinya rangkaian games jackbox ini sangat ngakak. Pertama kalinya aku ngakak sampe sakit kepala. Recomended apabila punya grup main objektif.

Tak terasa udah 2 jam-an ngakak-ngakak. Ditawarin mau main ke board games cafe ga tapi aku udh capek jadi aku milih skip. Ternyata dikit juga yang setuju jadi akhirnya ke hotel deh.

Di hotel aku ga banyak aktifitas, lanjut ambis buat day 2 nanti.

Mesen ayam geprek keprabon...
"Ini sudah bukan panas dunia lagi" -Jason



Minggu, 27 Mei 2018


Hari ini aku memakai pagi-siang untuk repeating soal-soal. Aku masih ada 9 soal yang belum aku repeating. Tukang bersih-bersih kamar tidak jadi penghambat, aku tetap bawa orat-oret dan repeating diluar. Aku sukses repeating 4 soal sampai siang.

Malem hari, aku pakai untuk latihan soal-soal baru. aku latihan soal BOI dan aku baca editorialnya sebagai bekal besok. Malemnya karena masih ada waktu, aku repeating satu soal lagi dan suksess. Jadi, list yang belum aku repeating tinggal 3 dan ini sepertinya bakal jadi hutang abadi. Duh jadi inget P2 hutangku masih belasan :"" makasih kamar 343 yang bikin aku semangat repeating.


Senin, 28 Mei 2018

Hari terakhir ngerjain soal di pelatnas 3.

Sebelum kontes, terjadi perang unregister lagi, tapi kali ini kami berburu nomor cantik. Aku paling niat unregister 100x, tapi selalu ditikung orang lain. Selamat kepada orang-orang yang berhasil:

Salman - 23456
Rania - 23332
Yehez - 23132
Fausta - 22999
...
Galang - 23467 (so close...)

===kontes mulai aja deh

Jadi soal A aku rasa bisa pake sparse table, koding sejam, AC.

Nah soal B, aku nemu observasi matchingnya setengah jam, koding pendek, AC juga.

Waktuku sisa 3 jam, tinggal soal tetris itu aja.

Nah, ini dia. Ini tes penentuan terakhir kan, harus serius kan, nah, aku malah buat observasi gaje kalau solusi optimal tingginya ga lebih dari 9 (paling muat di representasi bitmask). Aku pikir ini bakal solusi AC, aku koding kan, malah 1 jam wasted untuk kodingan gagal.

Yaudah, aku coba cari aman koding yang n<=18. Nah ini banyak bug, akhirnya aku sedih ketika waktu habis, aku ga dapet subtask ini padahal lagi dikit aja.

=== kontes selesai

Seperti yang kuduga, banyak yang dapet subtask n<=18. dan nilaiku diluar 4 besar. Hilang sudah deh kesempatanku untuk masuk gang of four :). Kesel sih, aku masih juga ngelakuin hal-hal edgy padahal lubang ketidaklolosanku udah dalam, sekarang jadi tambah dalem aja.

Aku sama Jason nyanyi-nyanyi
"When you try your best but you dont succeeeeddd"
"When you got what you want but not what you neeedddddd"
"eh aku mau IOI kok, tapi ga dapet"
"oh..."
*tiba-tiba yehez ikut nyanyi*

Yaudah kita main boong-boongan lagi, tapi setelah sekain permainan karena pemainnya ga seru cuma kita-kita peserta pelatnas aku jadi main mario kart aja. Aku cupu parah mainnya, selalu gagal di belokan. Intinya aku sama Yehez rebutan ga peringkat terakhir deh. Setelah puluhan kali main, aku langsung jago dan bisa juara 2 :O.

Pengumuman deh, dan aku beneran engga lolos. Selamat kepada Amnu, Steven, Yoga, dan Salman yang udah lolos. Kami yang gak lolos dapet hadiah hiburan termos buatan jepang...

Pelatnas 3 ini aku sudah fullpower. Aku udah fokus belajar komputer doang setelah pelatnas 2, bahkan temen sekamarku seperti yang aku mau (bareng 2 veteran IOI). Aku seneng karena sudah dikasih kesempatan untuk nunjukkin kalau kekuatan penuhku masih belum cukup :)

Walaupun aku engga lolos, aku seneng banget udah bisa jadi bagian dari TOKI 2018. Aku yang dua tahun lalu yang masih kesusahan buat hello world, engga bakal kebayang kalau bakal sedekat ini dengan IOI. Aku juga seneng beberapa orang-orang yang aku idolakan dan dulu ngerasa ilmuku kalah jauh sekarang bisa beradu di level yang sama. Aku inget dulu aku saking mindernya kalau nanya kakak TOKI selalu pakai "kak" (Steven sm Yehez dulu kupanggil kak :v) dan sekarang malah ada yang nerapin gituan ke aku -_-.

Dropping!
The resolution of the future were looking away in the day-to-day
Lets try to stop living a lieeee!

Habis itu ada makan-makan enak, ada mac and cheese! Aku nambah dua kali dan puas banget. Ada ayam+ikan dengan berbagai saos juga (balado, asam manis, black pepper??). Aku coba semua deh.

Welcome to IA-TOKI :)

Selesai itu, kami gabut lama banget sampe jam 7 di UI, akhirnya aku mengambil inisiatif nanya udh boleh balik belom dan ternyata udah boleh. Jadi kami secara perlahan mulai menghilang...

Steven & Jason menghilang, aku & Yehez pesen martabak manis.

aku memulai hobi baru yaitu baca manga. Selama pelatnas ini aku selalu kesel digodain spoiler shokugeki terus sama Steven & Jason jadi akhirnya malem ini aku nekat mulai baca & langsung habisin. Aku bacanya diselingi sama main Mario Kart yang udah tambah jago huehue. Yehez mainnya ngidupin kontrol gerak jadi dia mainnya sambil gerak-gerak kaya mau olah raga :v.


Tak terasa, aku udah baca manga sampe jam 2 subuh dan akhirnya kekejar. Byebye godaan spoiler gaje :P.


Selasa, 29 Mei 2018

Bersih pagi-pagi, nemuin snack brownies yang aku beli waktu minggu pertama!
posisinya di pojokkan meja. Sial lupa total. Kami kamar 343 segera habisin dalam sehari.

Hari ini kita ada rekreasi terakhir yaitu ke board games cafe. Mobil gocarku yang ada Steven sama Jason nyasar cukup jauh jadi kita jalan kaki melawan arus ke cafenya. Sampai disana sudah ada Kak Irvin dan Kak Prabowo beserta kakak-kakak asisten juga. Kita cek menu makanan dan akhirnya semua yang gak puasa mesen carbonara.

Dari sekian banyaknya pilihan permainan, kelompok kami milih main... monopoli.


Monopolinya pake kartu gitu mainnya. Kelompokku ada 3 orang IOI (Salman, Yoga, Amnu) jadi terasa banget panasnya saat bermain. Kita main monopoli beberapa ronde akhirnya bosen juga, pindah ke kelompok sebelah. Ada yang main tebak-tebakan dan aku ikut. Selesai itu udah deh selesai mainnya. Ada yang mesen ekstra carbonara bungkus untuk makan malem ._. sial tidak kepikiran!

Waktu di cafenya aku encounter dengan bencong pertama. Ternyata bencong yang 3D sangat berbeda dengan yang di video-video youtube, yang 3D ada aura lucunya.

lagi main mata-mata


Di mobil menuju hotel, mobilku mengucapkan selamat tinggal kepada TLX yang sudah menemani kita dari awal belajar komputer, sampai contest-contest dan latihan di pelatnas. Makasih ya TLX :)

Malemnya aku gainget ngapain si, soalnya Jason udah pulang dan bawa mario kartnya. Steven juga udah pulang.

Martabak manis, ronde 2.



Rabu, 30 Mei 2018


Pagi-pagi bangun untuk sarapan, terus siap-siap berangkat ke bandara. Kamar kami masih ada popmie banyak banget dan untungnya Kak Rey mau ambil. Pagi gitu ada yang bawa kresek gede dibilang snack yang ga dipake masukkin sini aja. Nah aku liat ada beberapa beng-beng di dalemnya terus aku ambil 2 :v (like banyak banget woy, ayo dibagi lah beng-bengnya :( ).

Aku naik gocar ke bandara bareng Yehez. Waktu di mobil baru sadar aku lupa foto dab sama Yehez. Yah...

Di bandara aku beli yoshinoya terus boarding deh. Pesawatku duluan boardingnya jadi aku berpisah sama Yehez. Tapi katanya nanti bakal ketemu di ICPC Jakarta. Oke aku bakal belajar lagi biar bisa lolos ke ICPCnya yang di Binus itu.



Penutup

Selesai sudah perjalananku sebagai TOKI 2018. Makasih kepada TOKI telah membuat setahun terakhir di SMAku ini menjadi sangat greget! Aku akhirnya sudah merasakan persaingan komputer di level yang paling tinggi. Semoga blog pelatnas ini bisa bermanfaat untuk kedepannya dan semoga perjalanan pelatnasku bisa dinikmati. Oiya untuk alasan yang jelas, blog tentang P4 gaada ya...

Terimakasih juga kepada Kakak-kakak IA-TOKI yang udah buat acara pelatnasnya, maafkan aku yang kadang gak jelas yah ._. Kakak-kakak asisten dari Fasilkom juga mantap, makasih udah care sama saya dari mesenin gocar sampai nemenin sarapan & makan malem :).

Terakhir, aku masih bakal tetep lanjut kok nge-CP. Aku bakal ikut ICPC juga. Aku juga rencana belajar CTF (udah siapin kali linux huehue). Blog ini juga bakal masi aktif, cuma nanti mungkin materinya yang lebih banyak untuk mengkompensasi ceritanya yang berkurang.

Makasih bagi yang udah baca cerita pelatnasku sampai habis, Aku Galangkangin Gotera, dan selamat kembali beraktifitas!

Bagus juga mengakhiri perjalanan TOKIku dengan submission AC.

Comments

  1. :') gua nyesel baru kenal CP pas kelas 1 itupun masih pake pascal

    ReplyDelete
  2. kak, gmana dulu belajar CPnya, semacam materi Backtracking, DP susah banget untuk mencari transisi/mikirin ide transisi antar casenya kak, jujur ak cuma bisa nyelesain soal adhoc yang mudah saja kak.. di codeforces kalau lagi kontes gk ada yang AC (div 2) :( .gmana caranya biar levelku meningkat, Aku berfikir kenapa orang-orang dengan mudah menemukan penyelesaian/mendapatkan ide suatu problem, apa memang ada perbedaan bakat ya kak ?, dulu waktu COMFEST orang-orang yang gk aku kenal malah pro banget sampe bisa nyelesain soal DP pake bitmask. Sepertinya logika aku kurang banget kak, mohon direspon ya kak, aku tahu CP dari kelas 2 SMA, sekarang kelas 3, pengen ngekoding tapi SBM menunggu wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf respon telat :( kalau belajar CP, sebaiknya belajar dari dasar dulu. Misal mau belajar DP, sebelumnya pelajari dulu bruteforce dan rekursi. Ditambah lagi mengerjakan soal itu dari yang mudah dulu :). Kalau mau latihan DP misalnya, bisa coba solve dari soal DP termudah: https://codeforces.com/problemset?order=BY_SOLVED_DESC&tags=dp

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Mengikuti ICPC 2018

ah, ICPC. Singkatan dari International Collegiate Programming Contest. Perlombaan paling bergengsi untuk anak kuliahan. UI sendiri cukup aktif mengikuti perlombaan ini. Aku sebagai Maba dapat kesempatan untuk mengikuti lomba ini dan dapat keluar negeri juga. hehe. Berikut cerita ICPCku tahun ini. Selamat menikmati.

Pembentukan Tim


Di UI ada seleksi untuk pembentukan tim ICPC yang nantinya akan mewakili UI ke regional yang ke luar negeri. Seleksi ini dibuka untuk seluruh UI, kating-kating sampai maba boleh daftar, bahkan untuk non fasilkom pun boleh (Pak Denny bilang pernah ada anak FMIPA lolos :O).

Seleksi ini cukup singkat. Ada 3 kontes. 2 kontes pendek dan 1 kontes panjang.

Kontes pendek itu durasinya 2.5 jam dan ngerjain di lab. Dapet poin berdasarkan ranknya yaitu max(18-rank,2). Kontesnya di Vjudge.

Kontes panjang itu durasinya 1 minggu dan dapet poin cuma berdasarkan jumlah solve. kontesnya dari selasa - selasa depannya.

Ini aku ada kendala di laptop. Jadi laptopku saat itu (ROG…

Jurnal Fasilkom Semester 1: Mengamati Budaya Trap

Bentar-bentar,
"Kok ada lagi? bukannya udah?" 
Postingan tersebut adalah karena terlalu banyak konten bagi maba :(. Ini postingan rutinnya. Oiya, karena suatu kesalahan, 2 section terakhir di postingan itu hilang :/ jadi aku terpaksa kelarin ini.
Kali ini cuma bahas 3 Section doang: - Budaya Trap Fasilkom - Akhir PMB - Perkuliahan Fasilkom Budaya Trap Fasilkom
Ah, trap. Awal masuk, pengertianku tentang trap itu adalah seseorang yang suka bilang ga belajar, taunya belajar. Namun aku makin bingung gitu lama-lama. Orang belajar di perpus -> trap, orang nanya dosen -> trap, ga deadliner -> trap.

Yang aku pahami tentang sistem trap ini:



Kata trap dipake dengan semakin liar seiring berjalannya waktu, ngerasa kaya asal pake aja. Aku cukup risih sih kalau dibilang trap. Kalau nanya, paling-paling jawabanya OSN 2017 atau Compfest 9 tahun lalu (Aku ada alasannya loh :v). Aku ga terlalu suka budaya tuduh trap ini, apakah bisa di hentikan?
Akhir PMB
PMB (Pembinaan Mahasiswa Baru…