Skip to main content

Sebuah Halaman Baru

random pic biar thumbnailnya ga spoiler

Wah aku sudah kuliahan sekarang, lebih tepatnya sudah dua bulanan aku menjalani perkuliahan. Sekarang statusku adalah anak kost proletar (har har)

Beberapa perbedaan paling drastis yang aku rasakan:
- Kalau di SMA tugas itu H-1 jam, disini tugas aku kerjain sesaat setelah dikasih (tetep numpuk -_-)
- Kalau di Bali liburan tidur jam 1, bangun jam 10. Disini mau libur, mau kuliah, tidur jam 10 bangun jam 6!!
- Di Bali sering mager jalan, mau ke rumah tetangga pun pake motor. Disini baru sadar kalau bensin itu mahal dan jalan kaki di area UI sangatlah menyegarkan.
- Di Bali aku tidak jarang makan 5x dalam satu hari, kalau disini makan 3x adalah suatu berkah #deritaanakkost
- Ahh tidur siangkuu :(( Aku pas di Bali gapernah bimbel biar bisa tidur siang, sekarang walau kelas lebih sedikit sama aja boong kalau ada kelas pagi + siang.

Dulu aku waktu SMA bangga banget 2 tahun ga main games untuk ngejer OSN, sekarang ga main games adalah suatu kewajiban ya untuk bertahan disini (matkul, tugas, ICPC, "projek rahasia") bahkan sekarang waktu refreshingku sudah terjadwal :v :v (cuma 6 jam perminggu).

Tak terasa sudah setahun lebih aku nulis dengan tulisan sudah sampai 24 walaupun 10 merupakan tulisan pelatnas wkwkwkkwk. Tenang-tenang, aku selalu mengingat blog ini dan sudah memiliki draft postingan yang akan keluar dalam waktu dekat ini (nope, bukan compfest, lebih seru gan).

Namun, untuk sementara aku telah mengambil sebuah langkah yang aku rasa cukup besar dan mungkin sudah bisa ditebak: Yup, blogku sudah ganti nama dari galangblog jadi Jurnal Galang.

Ngomong masalah nama blog, aku jadi ingat dulu gimana pusingnya mencari nama blog. Aku mikirin gituan mungkin sampai 2 minggu karena aku tuh orangnya ga kreatif dan dulu sempet ngadain sayembara di grup olimpinfo dan mendapatkan beberapa nama-nama yang walau keren namun tidak cocok dengan jalan ninjaku. Ide terbaik berasal dari Vince, GalaYatra.

Akhirnya aku punya ide daripada namanya aneh-aneh aku milih nama yang simpel "GalangGo Blog" yang intinya blog ini tentang hidupku dan beberapa hal yang ingin aku bahas (e.g: informatika) dan aku merasa dampak dari penamaan tersebut adalah blogku terkesan lebih fokus pada kontennya daripada "wajah"nya (maaf apabila kalimat ini tidak masuk akal). Beberapa hari kemudian sadar ternyata nama tersebut tidak enak diucapkan dan "Galang blog" pun lahir :)

Semakin lama, aku merasa nama "Galang blog" mungkin terlalu umum.
 "Galang blog? bahas apaan nih?"
Aku sangat menikmati menulis jurnal-jurnalku (bukan diari ya) dan dari sini aku menemukan fokus utama blogku yaitu jurnal-jurnal.

Galangblog pun di dilahirkan kembali, menjadi Jurnal Galang

Apa masa depan dari blog ini?

- Aku bakal membuat jurnal tentang pengalaman-pengalamanku mengikuti lomba-lomba nanti di perkuliahan.
- Bakal menulis kegiatan-kegiatan khususku nanti di perkuliahan (jika ada).
- Beberapa materi Informatika/CP yang menurutku menarik. (Yang jelas bukan materi OSK/OSP :( )

Tapi intinya sekarang blog ini jelas tujuannya lebih ke jurnal-jurnal daripada materi.

Aku juga beli domain dari Google dengan harga yang lumayan murah menurutku (anak kost)  yaitu 169 rb pertaun. Tujuanku adalah untuk sebagai bukti komitmenku untuk blog ini.

Semoga dengan perubahan ini, aku dan blogku dapat berkembang ke arah yang lebih baik :)

Berikut adalah preview postingan selanjutnya:



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menjadi Maba yang Penuh Ketidaktahuan

UI baru saja selesai UTS tadi, dan UTSnya sangat greget. Postingan sebelumnya sebenernya hanya untuk bilang kalau sekarang aku punya domain, ini postingan yang sebenernya. Jadi kali ini aku bakal buat nyeritain gimana aja sih selama 3 bulan pertamaku kuliah di UI.  Catatan: bukan berarti bakal ada update tiap 3 bulan ya, wkwkwk. Kurang lebih postingan ini jadi karena sangat banyak kegiatan-kegiatan "orientasi" yang aku alami dan sudah terlalu banyak bahan. Aku yakin nanti kegiatan perkuliahannya bakal membosankan dan mungkin saja bakal update 1x pertahun. Kamus: Maba = Mahasiswa Baru. Pacil = Fasilkom. Kutek = Kukusan Teknik (daerah di belakang UI) Kukel = Kukusan Kelurahan (daerah di belakang UI) Detos = Depok Town Square (Nama suatu pusat pembelajaan di Depok) kuis = ulangan PA = Pembimbing akademis (Paling mirip dengan "wali kelas" di SMA) KAMABA Singkatan dari Kegiatan Awal Mahasiswa Baru. KAMABA  dibagi me

Mengikuti ICPC 2019 Bagian 1: Jakarta Regional

Halo, sudah lama tidak berjumpa! Semester ini aku terlalu banyak kegiatan jadi lupa ada blog ini. Jadi, liburan semester ini bakal ada banyak blog-blog yang bakal keluar ^_^. Kali ini, aku bakal nyeritain pengalamanku mengikuti ICPC lagi tahun ini. ICPC,  The International Collegiate Programming Contest  adalah lomba programming yang setiap tahun diadakan. Tentunya aku ikut lagi dong. Apalagi, sudah dibekali ilmu dari matkul TKTPL saat semester 2. Peminat CP di UI lumayan banyak, jadi diadakan seleksi untuk masuk tim intinya. Aku lolos :D. Pembentukan Tim Aku gak perlu mikirin mau ngetim siapa, karena komposisinya sudah ditentukan oleh Pak Denny. Aku dapat tim bareng Kak Norman dan Budi. Aku lumayan seneng dengan timku. Tahun lalu, aku ngetim Kak Norman juga jadi sudah tahu kemampuan masing-masing. Budi, aku sudah sering ketemu saat ngajar di pelatnas 2 dan pelatnas 3 dan skillnya jago, Aku mikirnya dia bakal ngecarry kita, hehe. Oh, kita kebagian regional Kuala Lumpur. Jad

Jurnal Fasilkom Semester 6: Konteks

Halo lagi, Ketemu lagi di blog semesteran ini. Kali ini aku mau ceritain gimana sih aku menjalani semester 6 di Fasilkom UI. Kondisinya masih pandemi, jadi kegiatan perkuliahan masih full online. Pada semester ini, kalian akan ketemu dengan satu-satunya matkul di Fasilkom yang kuambil di tiga semester . Sebelum-sebelumnya kegiatanku selalu sibuk yah :| Semester 3 ngambil 22 sks + 3 organisasi + asdos Semester 4 ngambil 22 sks + PIC compfest + asdos Semester 5 ngambil 17 sks + part-time Bareksa + asdos Waduh semester 6 sibuk apa aja nih? -_-, semester 6 ini aku: gak ngambil sks banyak (dibawah 20) gak part-time/full-time gak ikut kepanitiaan lagi, apalagi jadi ketuanya gak ikut kegiatan external "Wah Galang mau santai?" tujuannya begitu :( Pingin sekali-sekali ngerasain gabut jadi aku menghindari hal-hal yang potensi sibuk, aku bahkan resign dari part-timeku karena ingin fokus akademis.  Sayangnya sepertinya aku magnet kesibukan, berasa gak tenang aja kalau ada waktu gabut. Ba