Skip to main content

Sebuah Halaman Baru

random pic biar thumbnailnya ga spoiler

Wah aku sudah kuliahan sekarang, lebih tepatnya sudah dua bulanan aku menjalani perkuliahan. Sekarang statusku adalah anak kost proletar (har har)

Beberapa perbedaan paling drastis yang aku rasakan:
- Kalau di SMA tugas itu H-1 jam, disini tugas aku kerjain sesaat setelah dikasih (tetep numpuk -_-)
- Kalau di Bali liburan tidur jam 1, bangun jam 10. Disini mau libur, mau kuliah, tidur jam 10 bangun jam 6!!
- Di Bali sering mager jalan, mau ke rumah tetangga pun pake motor. Disini baru sadar kalau bensin itu mahal dan jalan kaki di area UI sangatlah menyegarkan.
- Di Bali aku tidak jarang makan 5x dalam satu hari, kalau disini makan 3x adalah suatu berkah #deritaanakkost
- Ahh tidur siangkuu :(( Aku pas di Bali gapernah bimbel biar bisa tidur siang, sekarang walau kelas lebih sedikit sama aja boong kalau ada kelas pagi + siang.

Dulu aku waktu SMA bangga banget 2 tahun ga main games untuk ngejer OSN, sekarang ga main games adalah suatu kewajiban ya untuk bertahan disini (matkul, tugas, ICPC, "projek rahasia") bahkan sekarang waktu refreshingku sudah terjadwal :v :v (cuma 6 jam perminggu).

Tak terasa sudah setahun lebih aku nulis dengan tulisan sudah sampai 24 walaupun 10 merupakan tulisan pelatnas wkwkwkkwk. Tenang-tenang, aku selalu mengingat blog ini dan sudah memiliki draft postingan yang akan keluar dalam waktu dekat ini (nope, bukan compfest, lebih seru gan).

Namun, untuk sementara aku telah mengambil sebuah langkah yang aku rasa cukup besar dan mungkin sudah bisa ditebak: Yup, blogku sudah ganti nama dari galangblog jadi Jurnal Galang.

Ngomong masalah nama blog, aku jadi ingat dulu gimana pusingnya mencari nama blog. Aku mikirin gituan mungkin sampai 2 minggu karena aku tuh orangnya ga kreatif dan dulu sempet ngadain sayembara di grup olimpinfo dan mendapatkan beberapa nama-nama yang walau keren namun tidak cocok dengan jalan ninjaku. Ide terbaik berasal dari Vince, GalaYatra.

Akhirnya aku punya ide daripada namanya aneh-aneh aku milih nama yang simpel "GalangGo Blog" yang intinya blog ini tentang hidupku dan beberapa hal yang ingin aku bahas (e.g: informatika) dan aku merasa dampak dari penamaan tersebut adalah blogku terkesan lebih fokus pada kontennya daripada "wajah"nya (maaf apabila kalimat ini tidak masuk akal). Beberapa hari kemudian sadar ternyata nama tersebut tidak enak diucapkan dan "Galang blog" pun lahir :)

Semakin lama, aku merasa nama "Galang blog" mungkin terlalu umum.
 "Galang blog? bahas apaan nih?"
Aku sangat menikmati menulis jurnal-jurnalku (bukan diari ya) dan dari sini aku menemukan fokus utama blogku yaitu jurnal-jurnal.

Galangblog pun di dilahirkan kembali, menjadi Jurnal Galang

Apa masa depan dari blog ini?

- Aku bakal membuat jurnal tentang pengalaman-pengalamanku mengikuti lomba-lomba nanti di perkuliahan.
- Bakal menulis kegiatan-kegiatan khususku nanti di perkuliahan (jika ada).
- Beberapa materi Informatika/CP yang menurutku menarik. (Yang jelas bukan materi OSK/OSP :( )

Tapi intinya sekarang blog ini jelas tujuannya lebih ke jurnal-jurnal daripada materi.

Aku juga beli domain dari Google dengan harga yang lumayan murah menurutku (anak kost)  yaitu 169 rb pertaun. Tujuanku adalah untuk sebagai bukti komitmenku untuk blog ini.

Semoga dengan perubahan ini, aku dan blogku dapat berkembang ke arah yang lebih baik :)

Berikut adalah preview postingan selanjutnya:



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Mengikuti ICPC 2018

ah, ICPC. Singkatan dari International Collegiate Programming Contest. Perlombaan paling bergengsi untuk anak kuliahan. UI sendiri cukup aktif mengikuti perlombaan ini. Aku sebagai Maba dapat kesempatan untuk mengikuti lomba ini dan dapat keluar negeri juga. hehe. Berikut cerita ICPCku tahun ini. Selamat menikmati.

Pembentukan Tim


Di UI ada seleksi untuk pembentukan tim ICPC yang nantinya akan mewakili UI ke regional yang ke luar negeri. Seleksi ini dibuka untuk seluruh UI, kating-kating sampai maba boleh daftar, bahkan untuk non fasilkom pun boleh (Pak Denny bilang pernah ada anak FMIPA lolos :O).

Seleksi ini cukup singkat. Ada 3 kontes. 2 kontes pendek dan 1 kontes panjang.

Kontes pendek itu durasinya 2.5 jam dan ngerjain di lab. Dapet poin berdasarkan ranknya yaitu max(18-rank,2). Kontesnya di Vjudge.

Kontes panjang itu durasinya 1 minggu dan dapet poin cuma berdasarkan jumlah solve. kontesnya dari selasa - selasa depannya.

Ini aku ada kendala di laptop. Jadi laptopku saat itu (ROG…

Teknik Rekursi untuk Menjawab Soal di Kertas

Teknik rekursi buat OSP OSP kurang dari seminggu lagi dan dengan semakin seringnya muncul soal tipe ini,ingin  mencoba membahasnya. Kata orang kalau kita ngajarin orang lain jadi tambah ngerti maka jadilah post ini :v

(untuk alasan lupa dan kurangnya niat mencari soal asli, beberapa soal di post ini mungkin memiliki deskripsi berbeda dengan soal aslinya) pendahuluan

“banyaknya string biner dengan panjang 8 dimana tidak ada 2 angka 1 yang berdampingan adalah?”

saat membaca  soal ini, mungkin kita akan nyoba pake inklusi ekslusi yaitu banyaknya semua kemungkinan – banyaknya kemungkinan 2 angka 1 dempet + banyaknya kemungkinan 3 angka 1 dempet -… tp kasus banyak bakal mabok. Trus nyoba kuli aja, kelamaan. Jadi disini solusi yang tepat adalah menggunakan rekursi.

Misal F(n) banyaknya string yang memenuhi syarat tersebut dengan panjang n. Misal kita punya F(n) dan F(n-1), maka kita bisa mendapat F(n+1) sebagai berikut: Karena F(n) tidak mungkin memiliki 2 angka 1 yang berdampingan, maka didepan …