Skip to main content

Jurnal Fasilkom Semester 1: Mengamati Budaya Trap

Bentar-bentar,
"Kok ada lagi? bukannya udah?" 

Postingan tersebut adalah karena terlalu banyak konten bagi maba :(. Ini postingan rutinnya. Oiya, karena suatu kesalahan, 2 section terakhir di postingan itu hilang :/ jadi aku terpaksa kelarin ini.

Kali ini cuma bahas 3 Section doang:
- Budaya Trap Fasilkom
- Akhir PMB
- Perkuliahan Fasilkom
Budaya Trap Fasilkom

Ah, trap. Awal masuk, pengertianku tentang trap itu adalah seseorang yang suka bilang ga belajar, taunya belajar. Namun aku makin bingung gitu lama-lama. Orang belajar di perpus -> trap, orang nanya dosen -> trap, ga deadliner -> trap.

Yang aku pahami tentang sistem trap ini:

Ketika seorang trap dituduh trap.


Ketika 2 trap bertemu

Kata trap dipake dengan semakin liar seiring berjalannya waktu, ngerasa kaya asal pake aja. Aku cukup risih sih kalau dibilang trap. Kalau nanya, paling-paling jawabanya OSN 2017 atau Compfest 9 tahun lalu (Aku ada alasannya loh :v). Aku ga terlalu suka budaya tuduh trap ini, apakah bisa di hentikan?

Akhir PMB

PMB (Pembinaan Mahasiswa Baru) itu istilah ospek jurusannya fasilkom. Cukup lama waktunya, dari Agustus sampai November. Selain bertujuan untuk saling mengenal seluruh elemen di Fasilkom, panitia PMBlah yang menentukan status IKM Aktif maba fasilkom. Acara-acara PMB selalu dilakukan hari sabtu, dan aku selalu tidak hadir karena lomba/urusan lain.

Acara puncak PMB itu MK. Acaranya nginep + jurit, tipikal puncak ospek. Tapi penginapannya lumayan bagus :O. Diakhir MK ada award-award buat maba, aku secara tak terduga dapat penghargaan terlucu cowo.

Pemenang award terlucu cowo dan cewe, tak terduga xD

Kak Rey juga datang, konon ini makrab pertamanya dia. MK ada acara kirim surat ke panitia, dan dia ngira aku kirimin dia surat, aku masih normal ya >:(.

Suasana MK (?)

IKMku?

Ga sia-sia ngerjain tugas-tugasnya
Ternyata 'tetangga'ku juga demikian

Trivia: Aku bawa koper ke MK untuk menikmati hari terakhir menjadi maba

Perkuliahan Semester 1

Semester 1 ini semua maba Ilkom mengambil 6 matkul. Berikut kurang lebih kerjaaanku untuk masing-masing matkul. Silahkan menebak diurutkan berdasarkan apa.

1# MPK Agama (Hindu)

Populasi agama hindu satu UI

Semua mahasiswa UI wajib mengambil kuliah agama. Di UI, tidak wajib mengambil kuliah agama yang seiman dengan agama yang dianut, karena bentuk matkulnya lebih ke "eksplorasi" bukan "praktek" agama tersebut.

Agama Hindu cuma ditawarin 1 kelas se-UI. Kelasnya di Fakultas Hukum. Walau matkul wajib, lintas fakultas tetep lintas fakultas, daftarnya lewat "jalur belakang".

Kalau kuliahnya, pertemuan pertama kami dibagi kelompok yang dipakai seterusnya. Kelompokku cewe semua :"v, jadi biasanya keputusan-keputusan, aku selalu kalah...

Ini termasuk kuliah yang cukup ringan. Pertemuan hanya sekali seminggu dan hanya 1 jam. Berbeda dengan di Bali yang pelajaran agama bisa 2 pertemuan, 3jam++. Tapi aku ngerasa ilmu dari sini lebih banyak dari seluruh SMP + SMA digabung. iya wong aku dulu sekip ae

Pernah juga satu bulanan aku ga dateng kuliahnya, Alasannya karena aku lomba (Contohnya ICPC Thailand).  Sekalinya kosong, dosennya yang izin. Sampe-sampe ada fase dimana aku lupa kalau ngambil kuliah agama...

2# MPK Tennis

saat kuliah gaboleh bawa HP. Ini foto saat mengerjakan tugas akhir

Selain agama, UI juga mewajibkan ngambil kuliah Olahraga/Seni. Aku milihnya tennis biar seger. Kuliah tennis juga cuma 1 jam perminggu jadi cukup ringan. Dosennya sangat berpengalaman, katanya jadi wasit pas Asian Games kemaren. Yang ngambil tennis pada jam ini dari pacil ada juga Alghi dan Ariq.

Waktu SMP, penjaskes itu praktek doang, mainnya asal-asalan ae. Pas UAS tewas karena kita ga tau konsepnya. Pas SMA, penjaskesnya banyakkan teori, ditambah lagi guruku hamil. Jadi sama aja pas UAS tewas karena teorinya ngapal. Nah UI ini walaupun cuma sejam, kombinasi teori+prakteknya pas, diajarin teori dulu, terus praktekkin teorinya. Nempel deh :). Oiya, waktu aku sekolah dulu, penjaskes itu 3 jam.

UTS matkul ini teori. Dulu aku takut banget sama ulangan penjaskes teori. Tapi sekarang aku 10 menitan sudah kelar :). Mantap memang, kualitas pengajaran olahraga juga sangat diperhatikan. Kalau UASnya sih praktek, ini gamasalah juga bagi aku.

Trivia: Kuliah wajib pake baju putih berkerah. Bajuku yang memenuhi syarat cuma baju OSN 2017. Jadi tiap jumat sore aku menghimbau kelas tennis 4 pentingnya menabung saham.

3# MPK Bahasa Inggris

Sekarang, kalian mungkin sudah menyadari bahwa MPK itu matkul yang diwajibkan UI.

Kuliah ini satu-satunya kuliah yang membutuhkan buku bacaan semester ini. Gratis pula dari UI. Tujuan matkul ini ya belajar bahasa inggris. Persaingan di kelas sangat terasa, apalagi aku sekelas dengan Akbar si imba.

Dosennya, Miss Nana, baik banget. Kira-kira tiap kuliah kerjaan kami menjawab soal di buku, tapi ga ngebosen gitu. Tiap akhir kuliah selalu ada acara show and tell dan kuis, masing-masing berhadiah permen Milkita. Show and tell itu cerita apa saja, kalau kuis itu jawab soal teka-teki. Aku cukup sering dapat sampe-sampe missnya sengaja ga milih aku >_<

Tugas-tugas MPK B ing ini macam buat paragraf, essai, review artikel, dll. Kadang aku ngerasa kerjaanku jelek banget, tapi missnya selalu memuji gitu jadi termotivasi :)

Ada juga tugas besar yaitu group presentation. Ini berkelompok tiga orang untuk mempresentasikan topik apa saja. Kelompokku milih Norse Mythology dan slide kami 144. Missnya ini encourage bertanya. Aku simpulkan satu-satunya pertanyaan yang mungkin ditanya untuk presentasi kami adalah "Kenapa milih topik ini" jadi aku siapin jawabannya H-1.

ketika beneran ada yang nanyain itu waktu presentasi

Kelompok lain ada yang bawain  materi music, wibu, friendzone, bahkan narkoba. Banyak yang memiliki topik menarik, tapi tetap kelompok kami menang award best presentation :). Kami dapat hadiah 1 bungkus milkita, jadi hari itu aku minum 2 gelas susu di kelas :). Kelompok kami memang OP sih, terdiri dari aku. Egi, Salman :)

Saat kuliah terakhir, missnya ngasi awards untuk kelas ini. Ada 3 kategori, UTS tertinggi, speaker terbaik, dan best student overall. Aku dapat best student :D.

Dapat hadiah buku dan coca-cola :D

Bahasa Inggris ini menurutku kelas yang paling menarik semester ini. Missnya memang suka ngasi awards-awards gitu jadi semangat :"). Kalau ada yang membaca blog menemukan nama "Arina Azizah" di SIAK, tidak usah ragu-ragu untuk dipilih :)

Pesan missnya :D
Trivia: Aku ngefollow missnya di IG karena kadang ngepost spoiler nilai ._.

4# Matematika Diskrit 1


sumber: Mathematics mathematical Memes

Materinya sampe UTS tentang logic-logic macam kalimat logika, kuantor, dan penarikan kesimpulan, membuatku berpikir kalau ini matkul mirip materi OSK.

Ternyata materinya setelah UTS itu induksi dan fungsi. Terakhir aku belajar ini kayanya pas SMP. Cukup menarik karena diajarkan banyak hal-hal baru seperti kardinalitas. Dosenku, Bu Arlisa, ngajarnya sangat jelas, dan meriksa ulangannya objektif. Maksudnya objektif itu adalah gapeduli kertasnya coret-moret kaya UTSku, tetep bakal dibaca sampai ngerti oleh ibunya. Artinya juga apabila jawaban panjang tapi memang salah, bakal disalahin :(

Dosenku juga terbuka banget terhadap protes. Kalau misal ngerasa logic kita bener namun disalahin, bisa protes. Aku pernah dan nilaiku dinaikkin, yay!

Kelas matdisku populasi TOKInya paling banyak. Ada Salman, Yoga, Kezia, Alghi, dan Akbar. Persaingannya di kelas untuk nilai keaktifan sangat berasa!

Trivia: Asdosku inisialnya BA, awalnya aku kira ini singkatan dari Bu Arlisa xD.

5# Dasar-dasar Pemrograman 1

belajar clean code di DDP 1

Sesuai namanya, ini belajar caranya ngoding. Bahasa yang dipake adalah Python, sangat membanggakan. Python bahasa yang sintaknya sangat mudah, bahkan kadang-kadang aku ngoding tulis nama fungsi asal-asalan dan taunya ada beneran xD.

Bahasa Python juga memiliki banyak support library. Seperti Turtle, library untuk membuat gambaran. Jadi tugas-tugas pemrogramannya menggunakan turtle ini (bukan shell yang membosankan).

Kalau DDP, tugasnya itu sedikit, tapi pengerjaannya lama. Istilahnya TP (Tugas pemrograman) dan 1 matkul ini cuma 4 kali TP. Tiap TP pengerjaannya ~2 minggu dan nanti kita bakal "demoin" 30 menit ke asdos kita. Aku ga hoki dapat Kak Rey sebagai asdosku >:(.

Untuk tugas akhir, kami diminta untuk eksplorasi library bebas. Karena library python yang sangat banyak, proyek-proyek temenku keren-keren semua! ada yang buat snakes, encryptor, Dota miner, pewdipie vs T-Series the Game, forum diskusi, online judge, dkk. Sedangkan aku? aku sakit, jadi buat minesweeper :"

gaada yang spesial sih, just plain ol' minesweeper

Aku ngerasa bahasa python adalah pilihan yang tepat untuk mengajar pemrograman. Terbukti dari banyak yang masuk fasilkom tidak bisa ngoding, bisa membuat proyek yang bagus-bagus.

6. MPKT B

Apa yang dijanjikan pada awal semester

Ini matkul wajib UI, dengan konten yang terbanyak, ga heran sih 6 SKS. Aku mendapat kesempatan untuk jadi ketua kelas. Glenda memegang jabatan wakil sekaligus sekretaris kelas.

Berikut hal-hal yang dipelajari dalam MPKT B ini:

Sebelum UTS:
- Sistem kerja bumi
- Karakteristik bumi (ukuran, sifat-sifat, lapisannya)
- Material kandungan bumi dan lempeng-lempengnya
- Ekosistem dan keanekaragaman hayati
- Biogeografi
- Sistem keseimbangan alam
- Statistika sederhana (mean, median modus, kuartil)
- Fungsi-fungsi spesial (convex, concave, dll)

Setelah UTS:
- Perkembangan TIK
- Pertumbuhan populasi manusia
- Pembangunan Infrastruktur
- Kesehatan tubuh
- Material-material dalam pembangunan
- Cara kerja beberapa bencana alam (gempa, tsunami, kebakaran hutan)

Belajarnya juga ga dangkal. Untuk setiap materi diatas, diberikan sebuah pdf berisi bab tersebut dari sebuah buku pelajaran yang bersangkutan. Mantap jiwa.

Sebuah bacaan MPKT untuk satu bulletpoint diatas.

Ya untungnya setiap materi kami pelajari secara berkelompok (1 kelompok : 7 orang). Terasa sih efektifitasnya dalam membagi-bagi tugas. Mungkin ini sih maksud dari softskill yang dilatih. 

Dosenku salah satu yang terkenal serem MPKTnya. Ternyata karena waktu yang diberikan untuk mempelajari materi cukup singkat, dan setiap presentasi selalu di hekel dengan dasyatnya. Setiap orang hanya presentasi sekali seumur hidup, aku beruntung dapat topik yang aku kuasai.

Makasih Walpole dan Greenspans telah mewarnai masa kecilku :"v

Sejujurnya, aku ngerasa dosenku baik. Mungkin karena faktor umur saja kadang-kadang ada sifat yagitunya. Beliau sudah ngasih tahu cara dia nilai tugas-tugasnya, jadi aku ikutin aja maunya, 100 terus :".  Hari terakhir kami nonton film, Hotel Transylvania 3.

Kenang-kenangan untuk Bu Rosila

Penutup

Gaada ide sumpah, kata-kataku udah habis untuk tulisan diatas :". Ini blognya aku cicil dari habis UAS dan baru kelar sekarang karena banyak kesibukkan-kesibukkan. Menurutku semester 1 ini masih cukup santai perkuliahannya, aku belum dihajar kerasnya fasilkom yang terkenal itu. IPku masih mencerminkan revolusi industri terbaru.

Sudahkah anda bisa menebak berdasarkan apa mata kuliah diatas diurutkan? berikut jawabannya:

Durasi kuliah

Comments

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Mengikuti ICPC 2018

ah, ICPC. Singkatan dari International Collegiate Programming Contest. Perlombaan paling bergengsi untuk anak kuliahan. UI sendiri cukup aktif mengikuti perlombaan ini. Aku sebagai Maba dapat kesempatan untuk mengikuti lomba ini dan dapat keluar negeri juga. hehe. Berikut cerita ICPCku tahun ini. Selamat menikmati.

Pembentukan Tim


Di UI ada seleksi untuk pembentukan tim ICPC yang nantinya akan mewakili UI ke regional yang ke luar negeri. Seleksi ini dibuka untuk seluruh UI, kating-kating sampai maba boleh daftar, bahkan untuk non fasilkom pun boleh (Pak Denny bilang pernah ada anak FMIPA lolos :O).

Seleksi ini cukup singkat. Ada 3 kontes. 2 kontes pendek dan 1 kontes panjang.

Kontes pendek itu durasinya 2.5 jam dan ngerjain di lab. Dapet poin berdasarkan ranknya yaitu max(18-rank,2). Kontesnya di Vjudge.

Kontes panjang itu durasinya 1 minggu dan dapet poin cuma berdasarkan jumlah solve. kontesnya dari selasa - selasa depannya.

Ini aku ada kendala di laptop. Jadi laptopku saat itu (ROG…

Teknik Rekursi untuk Menjawab Soal di Kertas

Teknik rekursi buat OSP OSP kurang dari seminggu lagi dan dengan semakin seringnya muncul soal tipe ini,ingin  mencoba membahasnya. Kata orang kalau kita ngajarin orang lain jadi tambah ngerti maka jadilah post ini :v

(untuk alasan lupa dan kurangnya niat mencari soal asli, beberapa soal di post ini mungkin memiliki deskripsi berbeda dengan soal aslinya) pendahuluan

“banyaknya string biner dengan panjang 8 dimana tidak ada 2 angka 1 yang berdampingan adalah?”

saat membaca  soal ini, mungkin kita akan nyoba pake inklusi ekslusi yaitu banyaknya semua kemungkinan – banyaknya kemungkinan 2 angka 1 dempet + banyaknya kemungkinan 3 angka 1 dempet -… tp kasus banyak bakal mabok. Trus nyoba kuli aja, kelamaan. Jadi disini solusi yang tepat adalah menggunakan rekursi.

Misal F(n) banyaknya string yang memenuhi syarat tersebut dengan panjang n. Misal kita punya F(n) dan F(n-1), maka kita bisa mendapat F(n+1) sebagai berikut: Karena F(n) tidak mungkin memiliki 2 angka 1 yang berdampingan, maka didepan …