Skip to main content

Lika-liku ultah 4 tahun sekali

Hari ini merupakan sebuah hari yang sangat spesial :D.

Aku ulang tahun!!



Apa istimewanya? bukannya setiap tahun bakal ulang tahun? ohohoho tidak semudah itu ferguso! aku salah satu orang sial yang mendapat tanggal lahir 29 Februari. Lebih tepatnya, 29 Februari 2000.

Bentar, mana post lainnya? fasilkom part 2? icpc part 2? apakah masih ditulis. Masih dong. Cuma ini post singkat aja sih, karena sepertinya kalau mau nulis ini harus nunggu 4 tahun lagi. Intinya cuma bahas tentang apa yang kurasakan selama menyadang tanggal ultah "spesial ini". 

"Wah! keren banget ultahnya 29 Februari!"

Keren bagimu mungkin? beberapa derita anak kabisat:

Gak bisa dapat promo ultah



Menjelang Februari akhir, aku selalu galau liat promo-promo ultah bertebaran, khususnya restoran. Yah, beberapa restoran ngecek KTP baru mau memberikan promo-promonya. Jadinya aku ded-lah.  So close, yet so far...

"Loh? kan bisa dateng 1 maret?" 
"bisnis adalah bisnis bro :("

Gak berhak menerima ucapan HBD

Sering dapat pertanyaan:
X: "Kalau gaada tanggalnya, kamu biasa diucapin tanggal 28 atau 1 maret?"

Jawabannya:
Gak diucapin.

Namanya juga "Hari ulang tahun". Gaada harinya, kok ngucapin? hmm...

Memang lazimnya gak ngucapin kok kalau gaada tanggalnya. Ada beberapa yang ngucapin, tapi biasanya kutolak karena aku gak berhak nerima :"(.

Aku inget dulu waktu ikut Pelatnas 2 TOKI di ITS. Acaranya Februari dan biasa ITS ngasih suprise buat yang ultah. Nah, aku gak dikasih dong :"(. Yah maklum sih, tanggalnya gaada. Tapi pingin kuenya jg sih sebenernya :|

Karena ini, aku sudah terkondisi untuk gak terlalu mikirin ulang tahun. Sebelum ini, ada 3 ultah yang aku inget (ke-2, ke-3, dan ke-4). Frekuensinya terlalu sedikit, jadi tidak pernah terbentuk di otakku untuk mengusik ulang tahun. 

Tapi tentunya saat aku ultah, aku ngarep dong diucapin. Pingin tahu gitu lah, gimana sih rasanya diucapin HBD :D. Enak juga ternyata.

Gak bisa dapat harga bayi

"Lah Galang umurmu 5 tahun ya sekarang?"

Seandainya ini bener, saat ini aku masih bisa unlimited main-main ke dufan/waterboom dong? :D. Sayangnya, definisi umur adalah sudah berapa lama hidup, bukan berapa kali ulang tahun.

Jadi, umurku sekarang 20, tapi baru ngerayain ulang tahun ke-lima.

29 Februari ini, ngapain aja?

Aaa ini menyentuh sekali!! hampir nangis :))
makasih Rania

Aku ngapain aja di istimewa ini? berikut hariku:

Bangun pagi

Aku bangun pagi lalu sarapan crackers seperti biasa. Lalu aku review kanji-kanji selama sejam. Kulanjutkan dengan membalas ucapan-ucapan HBD dari temen-temenku. Aku lakuin ini sambil nyari paper DP (dynamic programming) bagus untuk tugas kritik paper matkul MPPI (semacam matkul penelitian yang aku ambil). Aku ngobrol-ngobrol dengan Moses tentang riset-riset yang menarik dan diberi referensi penerapan convex opmization untuk trading saham. Hmm, menarik. Tapi papernya 70 halaman dan mengingat bobot tugasnya hanya 10%, aku menemukan paper lain yang keren dan hanya 7 halaman.

Makan siang

Aku mau makan sushi deh. Awalnya aku denger ada tempat makan sushi harga medium jadi aku pergi kesana. Yhaa tutup. Yaudah, karena 4 tahun sekali, aku pikir lets go big or go home!, pergilah aku ke sushitei. 

four years for this
Di cek KTPnya dong :D

Aku makan sendiri (gamau traktir >:( ). Di lokasi ada waiting list panjang. Tetapi karena aku sendiri aku langsung diberikan tempat duduk. Di sushi bar pula! nice!! pertama kali nyoba duduk di sushi bar sushi tei. Bagi yang gatau, itu yang ada conveyor sushi yang langsung bisa diambil. Aku cobain beberapa dong tentunya.

Kalau untuk yang aku pesen sendiri, aku cuma pesen 3 item. 2 sushi (1 tuna, 1 salmon kepiting) + 1 salmon keju panggang gitu. Sisanya aku sikat sushi barnya. 

Salmon panggang + Keju. Enakk!!

Uahh, enak banget! yang disayangkan aku gabisa makan banyak karena sushi mengandung nasi. Tapi aku cukup puas lah dengan pengalaman ini. 

Ah yes, karena ini gak all you can eat, aku bebas nongkrong disana sampai puas. Jadi bisa nambah jika ingin. Aku juga jadinya bisa makan pelan-pelan, menikmati banget lah tekstur ikannya :D. Total aku makan kira-kira 2,5 jam. Dari jam 12 sampai jam setengah 3. 

Oiya, aku perlu memberi shoutout kepada mbak kasirnya. Habis bayar, dia ngucapin arigato gozaimasu dengan nada dan intonasi yang tepat & menyerupai yang aku denger di anime. Aku udah sering makan di restoran jepang dan aku jarang denger kata itu disebut, lebih jarang lagi (kayanya ga pernah?) denger diucapkan dengan penyebutan yang benar. Nice! keren banget mbak! maaf galiat namanya hehe :|

Sehabis makan

Niat awalnya sih mau wifian di Fasilkom untuk nonton anime. Tapi perutku kepenuhan wakakakak. Aku langsung ke kasurku untuk tidur siang tanpa berhenti ditengah jalan. Aku sampai kamar jam 3, langsung tidur, dan kira-kira bangun jam 6.

Malam Hari

Habis bangun, aku ngerjain PR TBA. PRnya sangat kuli. Ada 10 soal, dan 2 jam aku baru selesai 2! X(. Jam 8 kurang, Kak Alham ngajak aku untuk jadi moderator TOKI Spotlight. Benernya aku mulai bertugas di TOKI Spotlight selanjutnya, tapi moderator aslinya berhalangan sehingga aku pengganti dadakan wakakakak.

Galang: "Kak, ada scriptnya?"
Kak Alham: "Enggak, karena kita bukan settingan"
Maksudku ada list pertanyaannya sih, but ok...

Oiya, TOKI spotlight adalah sebuah acara TOKI untuk highlight alumni-alumni TOKI yang sukses. Acaranya streaming live di youtube, namun masih bisa ditonton selesai stream. Untuk TOKI Spotlight yang ini, kalian bisa tonton disini

Jadi moderator seruu. Aku memang suka bacot. Udah 2 tahun jadi komentator OSN. Tetapi beda sensasinya ngomong langsung dan spam komen (komentator OSN). Spotlight ini aku masih kurang percaya diri nanyanya. Selain Kak Alham sudah banyak nanya. aku S1 sendiri :"( Kak Ammar & Kak Alham S3 jadi rasanya agak minder nanya. Cuma penyesuain aja kok, maklum, moderator dadakan wkwkwk. 

Ah, si Akbar nelpon aku pas streaming. Minta aku melambaikan tangan ke kamera. Gak jelas memang -_-"

sehabis streaming, diajarin TBA dong sama Kak Ammar
Kak Ammar ini topik S3nya termasuk TBA katanya. Ntap!

Penutup

"Loh? LOH??? kamu cuma makan siang dan ngerjain tugas? Gak ada niat ke Jerman ketemuan Weiss Schnee gitu?? kan 4 tahun sekali???"

Oke, ulang tahunku memang jarang, dan aku ngerasa memang harus dirayain. Tapi, seperti yang sudah kujelaskan sebelumnya, kejarangan ini membuatku "kehilangan perasaan" ulang tahun (ngerti gak ya maksudnya?). Intinya, karena udah jarang ulang tahun, aku mengganggap ulang tahun sebagai bonus, bukan sesuatu yang aku tunggu-tunggu. Jadi, aku tidak merayakan seolah "besok meninggal" :)

Tapi, tetap dong, saat ultahku datang, aku tersentuh dengan  dengan semua ucapan dan foto-fotonya yang unik. Untuk semua orang yang telah mengisi ultahku, thankyou ya!

Keren banget HAHA
cr: Kholish

Comments

Popular posts from this blog

Intern Semester 1: AI Engineer di GDP Labs

Intern atau magang, suatu kegiatan untuk merasakan suasana kantor. Daripada tidur-tiduran ngewibu gajelas selama sebulan, lebih baik ngoding 8 jam sehari di kantor kan?
Pertama tahu GDP Labs dari lomba BNPCHS 2017. Waktu penutupan, Pak On Lee, CEO GDP Labs, bawa seminar. Terus kan di akhir acara aku kenalan dan dikasih kartu nama :D
Aku awalnya berminat mau magang semester 2, namun temenku Rania semester 0 udah magang di GDP Labs. Aku jadinya daftar magang winter sebagai AI Engineer dan keterima :) Aku ditaro di bagian GLAIR (GDP Labs Artificial Intelligence Research).
Bagian-bagian dari blog ini: - Tentang GDP Labs - Kosa Kata Machine Learning - Onboarding (19 Desember 2018) - Minggu Pertama (26 - 28 Desember 2018) - Minggu Kedua (2 - 4 Januari 2018) - Minggu Ketiga (7 - 11 Januari 2018) - Minggu Keempat (14 - 18 Januari 2018) - Minggu Kelima (21 - 25 Januari 2018) - Minggu Keenam (28 - 31 Januari 2018)
- Penutup
Iklan Sejenak Tentang GDP Labs
GDP Labs itu bagian dari GDP Venture. GDP…

Jurnal Semester 2 Fasilkom: Aksiologi Nguli?

Yes! sudah 1 tahun aku di fasilkom! Berhubung maba, disamping mengambil 23 sks, aku juga mengambil 5 organisasi/kepanitiaan; mencari sOft SKilL kata mereka. Aku pikir ada cukup banyak bahan untuk ngeblog. Rencana awalnya, mau kubagi dua part. Tapi, organisasiku beberapa masih jalan jadi nanti yang dua part semester tiga aja. Ya, dikesempatan ini aku cuma bakal rekap matkul-matkulku semester ini.

Seperti biasa, coba tebak urutan dari kemunculan matkul-matkul ini! jawaban di akhir blog.

Dasar - Dasar Pemrograman 2 (DDP2)
Kalau DDP1 kemarin tujuannya agar biasa dengan bahasa pemrograman, DDP2 ini diajarkan teori pemrograman lebih definitif menggunakan bahasa yang berbeda, Java.

Ujung-ujungnya gabanyak beda sama DDP1 si. Belajarnya macam rekursi, OOP, GUI (javafx) gitu-gitu. Pak Stef kerennya ingat nama semua murid-muridnya jadi kalau ada yang nanya, bapaknya mempersilahkan dengan nyebut namanya.

Ada kegiatan lab setiap hari senin sore. Labnya dimulai jam 4, tapi jam 3 soalnya sudah dibuk…

Fasilkom Semester 3 Bagian 1: Kerja dan Kelompok

Yess! jurnal semesteran is back. Ini tahun yang super sibuk bagiku. Jadi, aku bakal bagi jurnalnya jadi 2 bagian: akademis dan nonakademis. Alasannya biar ga panjang-panjang dan bisa fokus aja sih. Ya, selamat menikmati.

SIAK WAR & Nasib Matkul SIAK WAR, waktu memilih matkul bagi anak UI.

Bukan galang namanya kalau ga kalah siak war. Waktu war, aku masing magang di OVO. Aku udah double-triple check kalau wifi OVO yang kenceng bisa buka SIAK. Aku sudah rela datang ke kantor sebelum waktu mulai kerja demi war. Tapi, kok siaknya gamau kebuka ya? aku kiranya down. Taunya, temen-temenku bisa. REEEE.

Aku struggle terus selama beberapa menit. Gak bisa-bisa! Oh noo. I saw my life flash before my eyes. Akhirnya, aku kepikiran ganti ke tethering HP dan siak lancar jaya. Tapi apa boleh buat, perang sudah selesai dan aku tidak mendapatkan 5 dari 7 matkul yang aku inginkan.


Kalah war efeknya jangka panjang. Seminggu aku habiskan membuka website siak & scele untuk mengecek penambahan kapas…